Sunday, April 11, 2010

Good habit

Sabtu kemaren, sekolah (tempat aku bekerja) mengadakan parent's meeting. Kami membahas banyak hal terutama soal acara Open House SPEAK FIRST Primary School (Sekolah Bilingual) yang akan diresmikan 17 April 2010 besok serta event Kartini's Day.

Ada yang menarik saat ternyata kami punya sisa waktu untuk sharing pengalaman tentang anak. Seperti judul posting diatas, topik hangat yang dibahas kali ini adalah mengenai kebiasaan baik yang perlu untuk dikenalkan kepada anak, termasuk diantaranya soal mandi, gosok gigi, potong kuku, keramas, sarapan dan seabrek kebiasaan baik yang lain.

Banyak parent yang mengeluhkan kalau putra putrinya belum bisa menjalankan rutinitas dengan baik. Contoh aja nih, kerena beberapa waktu lalu salah seorang parent mengirimkan pesan singkat untukku, aku jadi tertantang untuk mengadakan sidak (inspeksi mendadak xixixix) dengan menanyakan pada salah satu muridku (dia anak TK A)

Aku     : Have you take a bath?
Anak   : (menunjukkan gestur "tidak" dengan menggelengkan kepalanya)
Aku     : Why?
Anak   : Kan kemarin sudah, Miss... (wajah tanpa berdosa diperlihatkannya dengan sangat sukses)

Wew.... lha berarti kalau sudah sekali madi, gak perlu mandi lagi ya??? xixixixi...

Hm...susah juga ya kalau punya anak yang belum bisa memahami pentingnya good habit dalam kehidupan keseharian. Ada juga anak yang sama sekali tidak mau sarapan (alhasil di kelas saat aktivitas sebelum snack ia selalu mengeluhkan lapar), which is mengganggu konsentrasi dia dan teman yang lain saat menerima informasi.

Mungkin tips ini bisa membantu, coba parents bekerjasama dengan anak membuat daily routine's schedule. Isinya ada 3 kolom, jam (lebih baik dalam bentuk gambar), aktivitas (dalam bentuk gambar juga) dan kolom kosong untuk menempelkan bintang (sebagai checklist bahwa aktivitas ini sudah dilakukan). Boleh menggungting gambar dari majalah atau jika anak punya hobby menggambar, ajak anak menggambar aktivitas yang dilakukan setiap hari dalam tabel.

Contoh tabel :

06.00    bangun pagi + rapikan tempat tidur
06.15    mandi + ganti baju
06.45    sarapan
07.00    berangkat sekolah
dst...

Jika mereka sudah mengerjakan aktivitas dalam tabel, mereka boleh menempelkan bintang di samping kolom aktivitas sebagai tanda mereka sudah mengerjakannya dengan baik. Hal ini ternyata berguna lho untuk anak-anakku di TK. Mereka jadi semangat untuk sikat gigi, mengumpulkan PR tepat waktu, begitu juga mengumpulkan laporan sekolah.

Selamat mencoba! semoga berguna.

Warm regards

2 comments:

  1. unik juga caranya.. tapi kalo ortunya males bikin2 jadwal ya susah juga... ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah, saya kok jarang lihat ortu males ya? hehe.. kalo ortu sibuk sih banyak. Tapi kalau Kis sudah punya anak nanti, Nyonya Kis pasti mau bikin jadwal kaya gini hehehe...

    ReplyDelete