Friday, September 3, 2010

14 Minggu

Hai..hai...Akhir-akhir ini blog malah saya isi dengan ajang curhat ya parents...gapapa yah, soalnya lagi antusias banget dengan pengalaman kedua saya menjalani kehamilan di tahun ini. 

Tanggal 1 kemarin saya dan uda nganter dedek untuk poto-poto ke Dr. Ivanna. Sebenarnya pengen datang pas tanggal 31 Agustus, karena saya sempat merasa tidak nyaman pada bagian perut (yah...bahasa jawanya "suduken") perut terasa ditusuk-tusuk. 

Karena di kahamilan kedua ini masih merasakan trauma kehamilan pertama, maka saya jadi cerewet tanya sama teman-teman saya yang sudah pernah hamil, apakah normal rasa seperti itu. dan jawaban yang saya kumpulkan adalah:

- Ms. Nia: Waduh...iya gak ya?? aku udah lupa tuhhh???!!! (gubraggghhh) 
                  yahhh...gapapa lah, tanya lagi sama yang lain...
- Ms. Wati : Seingatku, aku gak ngerasain kaya gitu tuh Miss, kayanya pas trimester awal tuh nyaman-nyaman ajah (dalam hati saya "waduuuhhhhhh...jangan-jangan ada yang nggak beres dengan kehamilan saya ini" parno.com)
............tapi sodaraku kayanya ada yang pernah cerita begitu deh (Ms. Wati menambahkan setelah agak lama terdiam)

"Ahaa!!!!!!" berarti normal...normal.... batin saya girang dan mengurungkan niat ke Dr Ivanna lalu menundanya esok hari (dan tanggal 1 saya sudah gajian hehehehe)

Akhirnya tibalah saat itu, setelah menunggu kurang lebih 45 menit dengan rasa deg deg plas...kami masuk ke ruang periksa. Dedek langsung dilihat dari Ultrasonografi dan (dalam bayangan saya) dedek tersenyum dengan manisnya. 

Dr Ivanna menunjukkan, "Bu, ini kepalanya, ini tangannya, ini kakinya" 
hati saya berbuncah, kantong kehamilan itu terlihat penuh...rasa bahagia sudah tak tertahan, saya tidak bisa berhenti tersenyum (sampai kering itu gigi)
Setelah diukur, panjang dedek sudah 6,5 cm. Kata Dr. Ivanna, itu adalah ukuran normal untuk janin usia 14 minggu. Ada juga bagian yang saya lihat kelap-kelip seperti kunang-kunang...apakah itu???!!! ternyata itu adalah gambar jantung dedek yang sedang berdenyut. Subhanallah indah sekali......

Saking senangnya saya sempat hampir terlupa problem saya, untungnya Uda mengingatkan. Setelah saya tanyakan, jawaban Dr. Ivanna cukup melegakan saya, katanya itu karena saya kurang minum. Pada saat hamil, proses pencernaan berjalan lebih lambat, sehingga kalau kurang cairan, maka rasa di perut tidak akan nyaman. Kata dokter sih tidak bahaya, cuma memang rasanya tidak nyaman. 

LEGAAA!!!!!! Dedek sehat dan Saya bersama Uda supersenang :)

Untuk vitaminnya, saya diberi nulacta mom, yang isinya adalah :

Composition:
Each licaps of Nulacta for Mothers contains:
1. Fish Oil 18/12 EPA/DHA 373mg
2. Peppermint Oil 3mg
3. Vitamin E 4mg

Pharmacology:
Fish Oil 18/12 EPA/DHA
- The number one source for EPA/DHA is from fish. In fish there is an omega-3 fatty acid which is eicosapentanoic acid (EPA) and decosahexanoic acid (DHA).
- DHA is available in high amount in the brain cell and human retina.
- DHA is needed in the early stage of the development of human brain and retina.
- DHA is an omega-3 fatty acid which is needed for development of brain function, central nervous system, and vision for the first 6 months.
- In addition, omega-3 is proven to prevent coronary heart disease and reduce
atherosclerosis, and have anti inflammation and anti tumor habit.

Peppermint Oil
- Peppermint Oil helps to reduce nausea and vomiting.
Vitamin E
Prevent fish oil from oxidation.
Nulacta for Mothers is used for:
Support in the development of brain in baby, and also meeting the nutrients needs for mothers. 

dan Proxidan, yang saya tanya ke mbah google dan isinya adalah :

Komposisi :
Tiap licaps mengandung,
d - alpha Tocopherol.............................................................. 400 IU

Keterangan produk:PROXIDAN 400® licaps mengandung natural vitamin E(d - alpha tocopherol) merupakan antioksidan yang dapat mencegah auto oksidasi dari lemak tak jenuh dan mempunyai efek protektif terhadap kerusakan sel yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Kegunaan:
Sebagai Antioksidan.

Peringatan dan perhatian:Tidak boleh melebihi dosis yang telah ditetapkan karena akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Diantaranya bisa mengurangi penyediaan vitamin A, menghambat absorpsi atau aksi vitamin K, menyebabkan diare, nyeri lambung dan rasa lesu.

Dosis:
Dewasa : 1 licaps sehari.

Hehe...sekian rekap minggu ini. Target panjang dedek minggu depan adalah 8,2 cm lhoo...semoga kekejar yaa... Mohon doanya :)


No comments:

Post a Comment