Friday, November 26, 2010

Hypnobirthing

Sebenernya sejak kehamilan pertama dulu saya pengeeennnn banget untuk melahirkan secara normal dan mengikuti pelatihan hypnobirthing. Bukannya apa-apa sih...yang jelas saya ingin bayi saya nantinya bisa lahir dengan cara alami karena menurut banyak ahli, bayi yang proses kelahirannya tenag biasanya akan jadi pembawaan hingga ia dewasa nanti.

Banyak googling dan surfing internet untuk cari-cari info tentang hypnobirthing membuat saya makin tertarik dengan metode melahirkan ini. Jika ada yang tertarik bisa buka disini atau disini. Intinya sebenarnya mempersiapkan seorang ibu yang mau lahiran supaya beliaunya tenang dan punya pemikiran positif tentang proses kelahiran. Proses kelahiran bukan suatu hal yang bikin stress atau takut (karena kecenderungan banyak orang menceritakan tentang sakitnya proses persalinan) atau sebuah perlombaan atletik ^karena banyak pendamping persalinan sering berteriak..."Ayo bu!!! sebentar lagi...ayo!!! lebih kuat!!!!^ hehhehe... HEBOHHHHH dehhhhhhh!!!!

Dalam hypnobirthing, bayi akan dilahirkan secara alami, karena pada intinya bayi sudah tahu kapan ia harus lahir dan gak perlu dipaksa-paksa. Bunda hanya membantu dengan sedikit usaha dan lebih banyak relaks dan fokus dengan proses kelahiran buah hati.

Suasana di persalinan hypnobirthingpun sangat berbeda. Ruangan akan dibuat temaram, dengan musik yang menenangkan, dan pendamping persalinan yang bertugas membuat sang ibu merasa nyaman dengan melakukan pijatan di bagian tulang belakang ibu untuk membuat ibu lebih relaks. 

Saya sampai sempat-sempatin ke Jogja untuk mencari buku Hypnobirthing Mongan Method di Gramedia. Bahkan meskipun sang penjaga toko mengatakan "sudah habis mbak.." saya tetep ngubek-ubek rak buku bagian kedokteran. Dan saat menemukan buku itu!!!!! Alhamdulillah...senang banget rasanya....

Cover depan buku aslinya akan terlihat seperti ini :
buku asli dalam bahasa Inggris (www.hypnobirthing.com)


Sementara halaman depan buku terjemahan akan terlihat seperti ini:


gambar diambil dari www.hypno-birthing.web.id

Persalinan itu menyenangkan kok Bunda, jadi buat calon baby kita juga merasakan indahnya persalinan yang tenang dan berkesan. Dia pasti akan mengingat saat terindah ini hingga akhir hidupnya :)

4 comments:

  1. wah, saia br dgr ttg hypnobirthing ini, mbak...
    semoga mbak aya nanti bisa melahirkan scr alami ya... :)

    ReplyDelete
  2. @Vany: thanks ya Van :) Amiennn....

    ReplyDelete
  3. gleg...
    baca postingan ini aku jadi mendadak mules ...ingat momen waktu lahiran dulu ya...hihihi...

    Silahkan cari informasi sebanyak banyaknya Aya:)
    dan pilihlah yang menurut Aya terbaik yaaa...

    Mudah2an pada saatnya nanti semuanya lancar...
    dan kalo bisa sang suami mendampingi di sebelahmu, takutnya dikau butuh orang untuk dianiaya...hihihi...

    ReplyDelete
  4. Eh Aya...sori...
    tadi aku salah kasih alamat blog ya...
    Blog ku yang itu udah gak pernah di apdet soalnya :)

    ReplyDelete