Wednesday, December 29, 2010

Hypnobirthing seru juga yaaaa


Melihat dedek dengan USG 4D

Kesempatan liburan dari tanggal 23 Desember 2010 hingga 3 Januari 2011 *hampir 2  minggu hehehe* saya manfaatkan untuk mudik ke Jogja. Bertemu dengan uti dan kakung dedek selalu membuat liburan saya terasa lebih menyenangkan. Berbekal hasil USG 4D dari dokter Ivanna di pemeriksaan minggu ke 29 *siap-siap dipamerin ke orang rumah* saya bersiap untuk pulang kampung.

Setelah diberi obat nulacta, bio cal 95 dan ironyl kemarin, untuk 2 minggu k depan saya diberi vitamin yang berbeda. Nulactanya masih sih (isinya minyak ikan), tapi ada 2 vitamin yang diganti: sekarang saya mengkonsumsi ossovit (calcium citrate, vitamin D3, vitamin K1, Magnesium, Zinc) dan Biosanbe (Mineral, Vitamin, Folic Acid, Sorbitol).

Oh ya saat minggu 29 kemarin saya sempat sakit nih, sulit banget untuk duduk lama, rasanya seperti ada yang ganjel gitu kalo saya duduk. *saya kira karena cygest yang saya pakai*  Saya lalu konsultasi dengan adik saya tersayang yang seorang apoteker *merasaberuntungdotcom* minta saran untuk obat pereda sakit yang aman buat ibu hamil. Waktu itu saya disarankan pakai borraginol N atau borraginol S, sediaan yang dipakai lewat *maaf* dubur. Sehingga saat saya menjadi bride's maid di nikahan sahabat saya, saya sudah bisa merasa agak nyaman saat duduk agak lama.

Oh ya, jadi lupa kalau mau cerita soal hypnobirthing class yang saya ikuti ya…Saya mulai ikut kelas hypno saat mengijak usia kehamilan 26 minggu. Kebetulan RB Rahmi tempat saya ikut kelas tempatnya di dekat rumah saya. Disini saya dapat banyak ilmu tentang hipnobirthing. Dan merasa lebih siap menyambut kehadiran dedek ke dunia dengan perasaan tenang dan lebih relaks.

Sesi pertama hypno saya diajarkan untuk latihan focus, komunikasi dengan bayi, serta beberapa penjelasan tentang manfaat hypnobirthing untuk ibu hamil. Senengnya juga, suami saya boleh ikut masuk dan menemani saya selama kelas hypno, jadi Uda juga tau lebih banyak tentang program hypnobirthing yang saya jalankan ini.Manfaatnya Uda jadi lebih supportive dengan hal-hal yang terkait hypnobirthing.

Sebenarnya sih hypno hampir sama fungsinya dengan senam hamil, bedanya kalau senam hamil menyiapkan ibu secara fisik, kalau hypno menyiapkan secara mental spiritual *apaaaa sssiihhh????* pokoknya secara holistic lah…bahasa kerennya body, mind, and soul.

Banyak sugesti yang akan diberikan saat proses hypnosis, diantaranya bahwa kita adalah ibu yang kuat, baby kita tumbuh sehat, tubuh kita mampu bekerjasama dengan ritme bayi untuk mendapatkan persalinan yang lancar, nyaman dan meminimalisir rasa sakit.

Tidak sabar untuk sesi hypno selanjutnya dehhhh….

10 comments:

  1. Hai Mbak Lia......

    Deg-degan yah....

    He he he he
    Tentunya persiapan psikis emang nggakkalah penting ketimbang fisik sendiri yah ?

    Have wonderful time for the upcoming baby ;)

    ReplyDelete
  2. Oh iya, Mbak...salam kena yah...
    makasih udah mampir ke blognya Penda Bintang semoga tali silaturahmi senantiasa terjalin :)

    ReplyDelete
  3. hai mba hani...terimakasih kunjungan baliknya, nanti sering2 share juga yaaa....

    ReplyDelete
  4. wah...semoga kandungannya sehat n lahirnya gak ada masalah ya mbak. btw kok bisa sih berat bdn cuma 37, aku yg single n nggak hamil aja 45. mau turun lagi 3kg susah bgt *malah curhat (╯_╰")

    ReplyDelete
  5. waaah, lagi nunggu kelahiran yaa, mbak.. saya baru tau persiapan psikis semacam ini ada kelasnya. Smoga nanti pas hari H lancar dan si dedek juga sehat ya.. Amin

    makasih sudah mampir di blog saya mbak :)

    ReplyDelete
  6. bbrp hari yg lalu saia prnh dgr ttg kelas hypnobirthing ini, mbak...
    penasaran siyh, tapi saia kan blm hamil...hehehe
    semoga kehamilannya lancar ya, mbak.... :)

    ReplyDelete
  7. Selamat ya atas kehamilannya...
    Baru tahu nih tentang hypnobirthing ini *telat.com* :p

    ReplyDelete
  8. Selamat Tahun Baru 2011... semoga tahun ini memberikan lebih banyak kebahagiaan dan kebaikan bagi kita semua.

    ReplyDelete
  9. sepertinya aku ini ibu yang ndableg.
    tiga kali hamil ga pernah ikut kelas-kelas khusus. jalan aja, dan masih pecicilan seperti biasa.

    alhamdulillah semuanya lancar.....

    ReplyDelete
  10. @Sysil: hehe...karena saya mungil banget syl... sampe sekarang aja masih suka dikira anak kuliah hehehe...dulu bidan desa selalu ngolok-olok saya bergizi buruh :( sedih yaaa

    @mba mala: amien...sama-sama mbak. Mohon doanya ya...

    @Vany: asik lho van, besok kal hamil ikutan kelasnya yaa... hehehhe kapan nikahnya ni? jangan lupa undang-undang hehehe

    @Mba Reni: Selamat tahun baru juga mbak...amien...tanpa hypno Shasa lairannya lancar kan?

    @La: Alhamdulillah La, berarti emang La ibu yang kuat heheee...bagi-bagi resep donk La...

    ReplyDelete