Wednesday, December 29, 2010

Perjuanganku di 29 minggu

wajah saya di hadapan report yang menumpuk

Masa dedek usia 29 minggu itu adalah masa-masa penuh perjuangan buat saya. Bukannya apa-apa, setelah di minggu 27 lalu dokter mengatakan pada saya bahwa posisi dedek melintang dan saya diminta banyak-banyak melakukan posisi sujud.

Posisi dedek yang melintang ternyata membuat badan saya tidak nyaman, karena saya harus menjaga supaya rahim tidak kontraksi sebisa mungkin dan perlu banyak-banyak berbaring.

Di saat yang sama, saya harus menyelesaikan tugas saya sebagai seorang guru yang baik *a.k.a membuat report akhir semester* Yang perlu digarisbawahi disini report sekolah kami yang mengacu pada The Creative Curriculums for Early Childhood dan dikombinasi dengan kurikulum nasional dibuat dari observasi hasil checklist dan report mingguan yang dituangkan dalam 3 parameter utama yang dipecah lagi menjadi poin-poin perkembangan anak.

Namanya juga report anak TK, sifatnya bukan kuantitatif yang Cuma mengisikan angka atau huruf dalam satu halaman kertas, report kami sangat detil, ada 18 halaman yang isinya adalah comment naratif  tentang perkembangan anak dalam bentuk paragraph dan ditulis tangan.

Ini yang terjadi saat anak-anak libur

Hal itu yang mengharuskan saya untuk duduk manis selama 8 jam *belum lagi kalau harus lembur dan mengerjakan sebagian report di rumah* lho kok malah curhat…

Karena itulah, saat membuat report saya lalui dengan penuh perjuangan sampai -sampai saya menulis report sambil tiduran *mohon maaf untuk parents yang menerima report dengan tulisan kurang jelas xixixix* Tapi itulah suka duka jadi seorang guru dan sekaligus calon ibu. Saya menikmati peran saya saat ini.

Oh ya, saya jadi ingat, kemarin saat periksa di minggu 27, Dr Ivanna memberi saya vitamin nulacta untuk ibu, ironyl untuk penambah darah, dan biocal 95 untuk tambahan kalsiumnya. Untuk mencegah kontraksi rahim, dokter memberi saya cygest progesterone yang efeknya bikin saya mual setengah matai seperti ibu hamil muda.

Untungnya di minggu 29 si dedek udah gak melintang dan posisi kepalanya sudah di bawah. Itu juga mungkin efek saya ikut kelas hypnobirthing kali yaaa??? Nanti saya bagi cerita tentang kelas hypno saya di postingan berikutnya yaa….

Salam sayang :) 

2 comments:

  1. selamat ya atas kehamilannya... moment yang membahagiakan sekali ... dinikmati mbak. Dan semoga sehat slalu dan semua berjalan lancar.
    Ups ... jadi teringat 12 th yg lalu, kehamilan yang saya tunggu2 slama 8th.

    Makasih ya mbak udah bertamu di SUKMA , btw ada blog saya yg lain juga (Hariyanti Sukma) silahkan bertamu juga disana ya mbak....

    ReplyDelete
  2. Mba Sukma, trimakasih atas kunjungan baliknya...
    oke deh, nanti saya berkunjung ke blog yang lain :)

    ReplyDelete