Wednesday, April 13, 2011

Senangnya bisa memberi ASI

Haiii...kebetulan Shoji lagi tidur, bunda buka lappie untuk berbagi cerita ahh...

Menjadi ibu baru adalah hal yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Ternyata setelah menjalani sendiri baru merasakan betapa beratnya tugas seorang ibu *jadi ingat ibu saya huhuuu* Itulah membuat seorang pekerjaan menjadi ibu adalah pekerjaan mulia dengan imbalan surga :)

Setelah melahirkan Shoji, saya langsung pindah menumpang di rumah ibu. Badan masih belum sehat benar namun sudah harus mulai mengurus si kecil. untungnya untuk bagian cuci mencuci dibantu ibu dan memandikan bayi bisa dipegang oleh bidan. Tapi ada bagian yang tidak bisa digantikan oleh siapapun yaitu "menyusui".

Sejak hamil saya sudah mulai merawat payudara, memakai massage yang diajarkan bu bidan dan memakai cream untuk melembutkan nipple yang saya dapat dari dokter. Banyak orang bilang saat menyusui pertama akan sakiiitttt rasanya, karena bayi baru lahir belum memproduksi air liur dan permukaan lidahnya masih kasar. Hiiyyy membayangkannya semppat bikin takut juga.

Namun saya sudah membulatkan tekad dan menguatkan iman, sebisa mungkin lulus ASIX, padahal pas hamil air susu saya tidak juga keluar (banyak teman cerita pas 7 bulan ASI udah merembes ke baju) Tapi syukur Alhamdulillah begitu Shoji lahir, Asi sudah keluar, meskipun sedikit. Shoji yang lahir dengan berat 2,45 kg tentu sangat membutuhkan ASI untuk membuat berat badannya normal, hal itu yang membuat saya semakin semangat dan berusaha percaya bahwa produksi ASI saya akan mampu memenuhi kebutuhan Shoji.

Saya yang sangat suka aktivitas keluar rumah, sejak ada Shoji jadi ibu rumahan. Selain saya tidak tega meninggalkannya, saya juga khawatir kalau Shoji kehausan sewaktu saya tinggal. Saya belum jago memerah menggunakan tangan, apalagi saat itu payudara saya sakit dan bengkak, kata orang tua "ngrangkaki" akhirnya saya membeli pompa ASI dan pilihan saya jatuh pada tommee tippee, produk dari Inggris bisa dilihat di sini 

ini gambar kardusnya

Ini kelengkapannya



Jadi kalau payudara mulai sakit atau Shoji mau saya tinggal, saya selalu siapkan ASI perah untuk dia, jadi dia nggak akan kehausan.

Yang saya suka dari breastpump ini:
1. Sparepartynya gak banyak, cuma terdiri dari 3 bagian, jadi kalau mau sterilisasi/ mau nyuci enggak susah
2. Manual, jadi bisa disesuaikan kecepatan dan besar daya hisapnya.
3. Corong tempat PD yang besar dan terbuat dari karet yang lentur, bikin PD gak sakit
4. Dapet sterilizer box, breastpad, sama sparepart untuk ganti kalau rusak
5. Kalau buru buru dan gak sempat merah pake tangan, ini bisa jadi senjata andalan.

Semoga kami lulus ASIX yaaa.... :)

4 comments:

  1. wah senengnya dah jadi mommy dan diberi keturunan yang ganteng kaya shoji..hehehe... ini tommy tippe mirip sama medela yaah?

    ReplyDelete
  2. yang busui yang busui :)nikmatnya bisa menyusui..jd inget dulu waktu awal2 menyusui Queen. ASI sbnrnya udh keluar,bahkan wktu hamil udh merembes pula sampai ke baju.yg jd mslh tu nipple aku yg kecil..Queen yg kehausan ga sabar krn ga nemu2 nipplenya..pdhl dr hamil udh tau ilmu menyusui.."bayi tdk menyusu pada puting" tp tetep aja yg namanya newbie, aku gmpng panik...blm nemu yg namanya pelekatan yg benar.alhasil dpt deh yg namanya nipple crack..sempet putus asa dan kepikiran mau ngasih sufor aja krn kasian liat Queen yg tiap laper nangis kejer..beruntung aku selalu dpt dukungan dari suami dan keluarga utk tetap memberikan ASI.
    Alhamdulillah sampai saat ini Queen msh ASIX..semoga lulus sarjana ASIX sampai umur 6 bln nanti dan diteruskan sampai Queen umur 2th..atau sampai dia menyapih dirinya sendiri..pengen ngerasain yg namanya weaning with love..kok jd aku yg curhat ya ? yg pny blog yg mana sih ? :P
    Thx sharingnya bunda Shoji...semangat menyusui yah ! :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah .. Soji dpt ASI. Berilah ASI ekskusif hingga 6 bln , manfaatnya luar biasa. Selamat ya...

    ReplyDelete
  4. @ ma Queen: oh...mba ima pake medela ya?
    aq juga sempet lecet puting mba...
    oh ya...sangat diperbolehkan kok sharing disini, kan emang buat ajang sharing :)

    @mba sukma: amieen...semoga bisa lulus asix ya mba...

    ReplyDelete