Wednesday, January 11, 2012

Peralatan perang MPASI


Ngelanjutin postingan kemarin yaa…rasanya kok kurang afdol klo ngebahas MPASI tanpa ngasi tau peralatan perang yang dibutuhkan. Setelah ngebahas perlengkapan untuk ibu hamil di sini dan perlengkapan perang ASI X untuk ibu bekerja di sinih, sekarang saatnya ngebahas perkap perang MPASI. 

si superkerenblender

Kalau mulai MPASI pertama, karena hanya buah Shoji biasanya cuma pakai blender aja. Kebetulan ayahnya shoji sudah investasi blender bahkan sejak kami belum menikah (saking senengnya buat jus buah) dan ternyata setelah menikah jaraaang banget digunakan. Kemaren juga kepikiran untuk pake juicer (tuh kaya blender tapi ampas dan sari langsung misah) cuman karena saya model emakirit enggak mau buang ampas yasudahlah pake blender aja hehhe

Blendernya saya pake yang kecil (biasanya buat blender biji bijian kering), bukan yang segede gaban untuk bikin jus sebanyak banyak umat…pake yang kecil aja selain ga susah bersiinnya karena sehari bisa 4 kali dicuci, potongannya pun merata. Kadang kalo pake yang besar potongannya nggak rata alias masi ada yang menggumpal.
sengaja alatnya mini mini biar cuma dipake shoji

Selain blender, Shoji juga pakai perasan jeruk, parutan, dan saringan. Alat alat yang macem macem sih bakalannya dipake pas sudah MPASI tahap lanjut. Soalnya saat yang diolah tak lagi buah, perlu lebih banyak alatnya. Telenan sama pisau itu udah wajib yaa… saya nambah lagi alat alat kaya dandang kukus, mangkok tahan panas, pisau serbaguna yang bisa buat serut serut (ini lebih efektif daripada memotong kecil kecil atau mencincang dengan pisau biasa apalagi untuk saya yang tadinya  ibu bekerja).


peralatan sederhana tapi bikin pusing kalo ilang
Untuk tempat makan Shoji, sengaja saya pilih Tupperware ukuran kecil yang satu paket, namanya small server isi 4 (ini Cuma keliatan tiga soale yang satu ketinggalan di rumah eyangnya Shoji di Jogja). Enak kalo dibawa kemana mana, ukurannya pas satu porsi mam Shoji, bisa ditutup rapet tanpa takut tumpah di tas n yang jelas emang foodgrade. Kalau mau cari tempat makan yang lain pastikan juga foodgrade or BPA free. Terus usahakan jangan taruh makanan panas di tempat plastic ya…ntar kalau sudah agak dingin atau anget anget aja disajikannya…

tempat mam-nya Shoji
Itu dulu deh…soal fungsi pasti bunda bunda jauh lebih jago bereksplorasi daripada saya hehehhe…

lanjut di MPASI 7-8 bulan yaa...

2 comments:

  1. wah wah lengkap banget hihihi
    jadi kepengen beeli blender/ juicer neh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaahhh blender ngebantu banget. Tapi biasanya sekarang lebih hobby diparut terus disaring mba Lia

      Delete