Monday, July 30, 2012

Makanan Shoji setelah 1 tahun

Saya lagi mencoba nyari gambar2 Shoji beberapa bulan lalu, tapi gak banyak yang ditemukan, kayanya sih kesimpen di lappie ayah Shoji, jadi beberapa gambar aja yg mau saya pajang disini hehehe
Shoji sejak 1 tahun udah kami kenalin sama makanan keluarga, means apa yang kami makan juga dimakan ama Shoji. Jadi agak berkuranglah keribetan memasak 2 macam masakan di rumah.
Saya membiasakan masak sendiri meski saya sebenernya gak bisa masak dulu, tapi demi anak tercinta dan suami tersayang yang nggak terlalu suka beli masakan jadi, maka saya mulai menyingsingkan lengan turun ke dapur.

Oh ya btw ibu saya jago masak. entah kenapa masakan ibu, apapun itu, selalu enak dan jadi bahan patokan saya klo makan di luar. Jadi kalau gak lebih enak dari masakan ibu ya...belum bisa saya sebut enak hehehe. Oh ya, hebatnya ibu saya niih, beliau sempet sempetnya menulis resep resep masakan beliau dalam satu buku dan diberikan pada saya sebagai kado saat pernikahan saya *duh malah curcol, abis terharuuuu....

Mungkin blio tau kali ya, saya bakalan turun ke dapur juga akhirnya, jadi blio kasih resep resep andalan yg biasa dimasak di rumah daripada saya nyontek buku resep yang bumbunya udah berderet deret kaya pengumuman UMPTN (ada yang masih ngerasain hebohnya UMPTN or SNMPTN gak yaahh?? Jadul banget saya), masaknya ribet n masalah rasa belum tentu sesuai dengan lidah saya. Alhasil ibu menuliskan resep masakan yang simple simple aja,bumbunya minimalis, tapi jangan ditanya rasanya ....uenaknyaaaa...bikin bidadari kaya saya lupa diri (hayyaaahh). Ibu saya bilang, masak itu enggak saklek sama resep, karena masak itu harus pake perasaan, pake bumbu cinta, itu yg bikin masakan enak. klo pas lagi masak enggak enak hati, biasanya masakannya akan berasa aneh saya pernah ngalamin hehehe...

Ya awalnya grogi tingkat dewa saat nyiapin MPASI buat Shoji, mengingat saya menyadari kemampuan saya yang dibawah rata rata heheee...tapi modal sedikit nekad dan demi cinta, juga karena saya sadar, makanan bayi alami buatan tangan saya sudah pasti lebih banyak gizinya dan banyak cinta dibanding makanan instant. Belum lagi pengawet dan MSG yang ada di makanan instant hedeeehhh...serem deh.

Karena 6 bulan nyiapin MPASI sendiri untuk Shoji, tambah lagi tanpa gulgar sampai 1 tahun, Shoji nampaknya lebih suka dengan citarasa makanan yang alami. dan itu memudahkan saya untuk mengolah makanan tanpa bumbu macam macam.
Shoji selalu lahap makan makanan buatan saya (bangganya sayaaaa) jadi saya PD untuk menyiapkan masakan keluarga untuk Shoji dan ayahnya. Shoji dan ayahnya sendiri juga tidak suka makanan yang terlalu berbumbu. 

Well, Sekarang saya mau share beberapa resep favorit yang simple dan mudaaah banget buat pemula kaya saya tapi tetep disukai keluarga. biasanya masakan ini selalu ludes hihihi....

saya dan kumpula nemak emak pinter masak buat berbagi ilmu

Shoji udah saya biasakan makan sendiri sejak 15 bulan, jadi ya...berantakan adalah resiko yang harus dihadapi dengan lapang dada *elap keringet abis beresin kekacauan makan Shoji  

 
Shoji suka sekali Jagung :)

Menu sarapan andalan
Kalau nggak sempet masak ribet, ini resep paling simple :)
Bahan: nasi, buncis di blansing lalu potong potong, bawang putih cincang, telur, unsalted butter or salted butter untuk menumis, keju untuk taburan, tomat untuk hiasan
cara buat: tumis bawang putih dengan butter, masukkan telur, masukkan buncis potong, masukkan nasi, cetak dengan mangkok kecil, taburi keju, hias. done!

Modifikasi nasi goreng juga
Dua menu andalan buat sarapan hehhee
Sam ama menu yang diaas, tapi sayurannya lebih banyak (wortel, jagung pipilan, kapri), boleh juga ditambah udang cincang sebagai pengganti telurnya

Sausnya bisa juga dipakai untuk fu yung hay
Saya suka memanfaatkan saus...
Bahan: ikan nila, beri jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan sebentar lalu goreng, sisihkan.
Untuk Saus: potong kecil tomat (6 biji) lalu rebus dengan sedikit air hingga airnya agak orange. Masukkan bawang bombay, bawang merah dan gula plus air asam atau jeruk nipis. Tambahkan sedikit maizena yang dilarutkan ke air, lalu aduk sebentar hingga agak mengental. Kalau sudah cukup konsistensinya, turunkan dr kompor. Untuk penyajian siramkan saus ke atas nila goreng. 
Kalau mau bikin fuyunghay tinggal campur telur, serutan wortel, udang cincang, fan sedikit terigu, goreng hingga kecoklatan, siram dengan saos tomat :)

Salah satu favorit saya
Saya suka Orak arik...since...forever! hihihii
Bahan: kembang kol, wortel serut, buncis iris tipis, bakso/udang, daun baeang iris tipis, telur.
Bumbu yang dihaluskan: bawang (3 siung), sedikit merica, kemiri (i butir), garam sedikit juga.
tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambah sedikit air, masukkan telur dan masak hingga bentuknya hancur, lalu masukkan sayuran plus daun bawang, tutup wajan dan diamkan sebentar hingga sayuran empuk dan airnya kering. Selesai! :)

Another simple recipe
Terik Tahu Ceker
Bahan: Tahu/tempe, daging sapi (saya kadang ganti denan ceker), santan kental
Bumbu: ketumbar 1sdt, bawang merah 5 siung, bawang putih 3 siung, salam dan lengkuas. Boleh ditambah gula garam sedikit agar rasanya lebih gurih.
Cara masak: Santan, tahu, tempe, daging/ ceker di rebus, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan plus salam dan lengkuas, tutup wajan hingga matang :) Jadiiiiii....

Camilan Favorit
Dadar gulung keju

simple enak, banyak gizinya :p

Pisang bakar keju

For me, fruit is a must!
Buat saya tiada hari tanpa buah. jadi kami selalu sediakan buah untuk camilan Shoji. Biasanya sih buah yang lagi musim aja, soalnya harganya murah dan irit, toh buah lokal nggak kalah kok vitaminnya dengan buah impor heheh. Kadang kalo lagi pas ada duit lebih belanja di supermarket, tapi kalau lagi pas pasan, belaja buah di pasar pun jadi... Saya punya langganan penjual buah di kantor ayah Shoji. dia tiap hari bawa pepaya, pepayanya manisss sekali. Nggak ada tuh kamusnya beli pepaya dari dia rasanya tawar or hambar, Shoji suka sekali pepaya :) Buah enak, murah, vitaminnya banyak

Banyak menu lain yang simple looh, saya posting di postingan berikut yaaa...diantaranya semur kentang, sop jagung, sayur bayam manis, kare, bistik daging, dan bakmoy hehehhe...

Gimana dengan menu favorit putra putri bunda???
Salam Sehat :)
/Aya

No comments:

Post a Comment