Wednesday, September 26, 2012

Pesta Ulang Tahun Teristimewa

Hari ulang tahun paling berkesan buat saya yaa...3 tahun lalu
Kenapa???
Karena itu adalah perayaan ulang tahun paling "besar" buat saya. 
27 September 2009 adalah hari ulangtahun saya sekaligus resepsi pernikahan saya dan Uda.

Sedikit mengingat, hampir semua vendor yang saya pakai adalah "kenalan dekat" jadi kalau ditanya "Habis berapa?" haduuuhh..saya juga bingung karena semua kasih harga "pertemanan"

Mungkin resepsi kami tidak mewah, tapi buat saya sangat berkesan.Ya iyalaaah siapa yang tidak berkesan dengan resepsinya sendiri ya? Berkesan karena semua diurusin sendiri. Sementara saya masih di Klaten (tinggal di asrama kantor) dan suami saya masih di Jogja (nge-kos karena kerjaannya di Jogja). Kami ketemu cuma seminggu sekali, saat weekend, jadi tiap Sabtu dan Minggu aja kami ketemu untuk membahas rencana resepsi.

Tempat Akad Nikah
Paling awal diingatkan Ibu untuk booking tempat akad. Saya bercita cita ingin akad di Masjid, rasanya kok lebih "khidmad" gitu. Tempat suci dan ruangan serba putih. Dekorasi tidak perlu aneh aneh, plain saja, hanya meja dengan taplak putih emas dan karangan bunga (special dibuat oleh sepupu saya). Sewaktu kami menikah memang saat bulan puasa, sebelumnya juga sempat disinggung oleh Khatib bahwa Masjid akan dipakai hari Rabu pagi jam 9 untuk akad. Alhamdulillah dapat banyak doa dari jamaah Masjidnya. 

gedung ndalem chandrakiranan

Gedung Resepsi
Lalu berlanjut ke booking gedung resepsi. Karena hal ini terkait pembuatan undangan. Pilihan saya jatuh pada gedung Chandrakiranan Jogja. Tempatnya tidak besar, mungil saja kaya saya,  Toh, undangan kami juga tidak banyak, disesuaikan juga dengan budget :) Yang jadi bahan pertimbangan adalah:
- dekat dari rumah tinggal saya, jadi tetangga tidak akan kejauhan untuk datang.
- bentuknya sangat "Jawa" dan elegan sekali, tanpa banyak dekorasi juga sudah bagus.
- tempat parkir luas dan di dalam, jadi para tamu tidak kesulitan untuk mencari tempat parkir.
- harganya sesuai kantong hehehehe



Katering
Selanjutnya katering. Hmm...yang ini saya pilih dengan perimbangan Ibu saya. Karena yang akan hadir juga relasi Bapak dan Ibu, pastinya beliau punya "selera sendiri" Udah kebat kebit aja dengan estimasi bugdet, apalagi resepsi saya tak ada satu minggu berselang sejak hari raya Idul Fitri. Biasanya harga masih membumbung tinggi bak balon udara. Tapi akhirnya berdasar referensi saudara yang pernah juga bekerja di katerring tersebut, dapatlah satu nama. Katering ASRI namanya. Waktu itu salah satu syaratnya adalah dekor katering warna ungu muda, padahal mereka belum punya dekor katering warna ungu muda, tapi mau mengusahakan hehehe. Setelah deal harga, dibantu oleh saudara saya, dapat juga harga yang lumayan terjangkau :)


Dekorasi 
Untuk Dekorasi pelaminan, saya percayakan sama sepupu saya yang juga punya usaha dekorasi. Namanya KEBUN ASRI DEKORASI. Saya selalu terkagum kagum dengan hasil dekornya. Pelayanannya juga sangat professional (kata teman teman saya yang sudah pakai duluan). Ternyata benar lho, di hari pernikahan saya itu saya bener bener surprise. Padahal saya nggak bilang mau yang "begini" atau "begitu" tapi rasanya kok KLOP banget sama apa yang ada dalam bayangan saya. Konsepnya modern simple, sedikit sentuhan Jepang (dengan lampion lampion), paduan warna ungu muda dengan putih dan emas, juga rangkaian bunga yang buat saya "WOW". Selain itu, saya dapat bonus buket bunga mawar putih dan lily yang so...sweet. buketnya nggak saya buang sampai semua bunganya layu lhoo...PUAS banget deh pokoknya. Makasih banget ya mas Heru dan mba Leni. Ini kado pernikahan yang sangat istimewa buat kami.

Dokumentasi
Berlanjut ke dokumentasi. Survey survey kami lakukan, akhirnya atas referensi dari tetangga juga ketemu deh nama "Mata Angin" ternyata tempatnya dekat dari rumah dan karena tetangga saya itu juga ngakunya saya adalah "adiknya" maka bisa dapat harga diskon hihihi. Hasil foto dan videonya nggak mengecewakan sama sekali. Saya jadi terlihat "cantik" di setiap foto dan di videonya :p (*penasaran ngeditnya pake apa yaa???) 

Salon dan Rias Pengantin
Untuk salon dan Rias penganten, sudah dibooking sejak lama oleh tetangga depan rumah. Salon JUWITA namanya. Hampir semua saudara saya yang menikah di Jogja pakai jasa bu Nunung ini. Beliau sudah malang melintang di duania rias pengantin sejak lama, Saya dengar sih sempat menjuarai beberapa perlombaan rias pengantin juga. Saya juga puas dengan hasil riasan beliau. kreasi jilbabnya juga bagus bagus. Warna yang digunakan juga natural. Recomended deh yang pengen tampil cantik saat pesta.

Undangan dan Ucapan Terimakasih 
Untuk undangan dan ucapan terimakasih, special design oleh Ryan Salfarino (calon mempelai pria). Saya mau konsepnya warna ungu muda, ada gambar bunga sakura dan enggak usah pake poto poto segala. Soalnya saya belum pernah foto berdua SAMA SEKALI sebelum menikah. Foto berdua kami pertama kali adalah foto saat AKAD NIKAH :p. Selain karena Uda tidak suka difoto, kami berdua memang gak kepikiran saat itu masa ABG sudah lewat hihihi. Demi untuk membahagiakan hati saya, Uda yang perfeksionis berusaha membuat undangan dan ucapan terimakasinya seperti yang saya mau. Saya juga puas sama hasilnya. Just like what I've been dreaming of. Setelah desain undangan selesai baru kami bawa ke percetakan, kami pakai Al Fath. Dari percetakan bentuknya masih lembaran, jadi kami harus melipat satu persatu undangan itu dan memasukkannya ke plastik huufftt perjuangan berat, berasa kerja di kios fotocopy. Untuk ucapan terimakasih, kami ingin sumpit. Kenapa sumpit? karena esensinya sumpit tidak bisa dipakai kalau cuma sebelah. Biar kami selalu berdua dalam mengarungi hidup dan saling melengkapi satu sama lain ciyeeehhhh. Well, sepatu crocs juga siih, tapi kemahalan kali yaa... Kami pesan ke Evy Souvenir. Sumpitnya ada tulisan nama saya dan uda dalam huruf hiragana Jepang dan didesain oleh Uda, suamiku tercinta :)

Untuk MC pernikahan, kami percayakan pada mas Angger, beliau sudah sering sekali nge-MC dan sangat pandai membawakan acara. Kami pesankan ke beliau karena tamunya tidak hanya orang Jawa tamu dari Padang juga ada, jadi kalau bisa bilingual hihihi. 


Aransemen ulang Groovy kind of love keren banget

Orkestra
Awalnya orangtua saya sempat kaget sewaktu saya minta musik pestanya adalah orkestra dan biola. "Cari dimana ya?" pikir saya. Tapi ternyata teman bapak ada yang biasa mengajar pemain pemain biola. Akhirnya dikumpulkanlah murid murdnya itu, bahkan ada yang sengaja diterbangkan dari Jakarta karena tergabung dalam Twilite Orchestra :) Aduuuh bahagia sekali saya. Saya juga suka lagu lagu lama, dan lagu favorit saya "Groovy kind of Love" nya Phill Colins diaransemen dengan cantik sekali. 

Alhamdulillah semua sesuai dengan "Pesta Pernikahan" impian kami, berikut daftar CP-nya

Gedung Chandrakiranan:
website: http://www.tembi.org/museum-prev/candrakiranan.htm
CP: Pak Subandi
Telp (0274) 373617

Asri Layanan Manten
Alamat: Jl. Puntodewo No. 3 ( Selatan Lapangan Mancasan ), Wirobrajan, Yogyakarta, 55252
CP: Suyanti
Telp (0274) 411583

Kebun Asri Dekorasi
CP: Leni/ Heru
Wedding Decoration Specialist
Call Us @ : 0818265635 (Leni) / 0274 898278 (Telp/Fax)
Email : kebunasridekor@gmail.com
YM : kebun.asri
www.kebunasri.com
PIN BB : 2176AFBF

Mata Angin Photography
Jl KHA Dahlan No6 Yogyakarta
Telp 
+62274 7400344
+628882809262
Email: citra_mataangin@yahoo.co.id
website: 
http://www.mata-angin-photography.weddingjogja.com
http://www.weddingphotographyjogja.com/

Evy Souvenir
CP: (0274) 523139
HP: 0816687365 / 08882823004
http://evysouvenir.com

Juwita Salon Yogyakarta
Address: Jl Kadipaten Kidul 65, Kadipaten, Kraton
City: Yogyakarta
Postal code: 55132
Phone number: +62.274.381538
Website: grahasenggigi.com
Fax: 0761 839119



From Darwis Tere Liye:

*kalau kalian akan menikah

maka demikian, saran dr sy:

1. tdk usah buat kartu undangan muahal2, sy tahu, ini urusan sekali seumur hidup, mau yg spesial, mewah, tp buat apa? sebagian besar kartu undangan itu berakhir di kotak sampah. kecuali kalau kalian tulis di kartu undangannya: 'please, harga kartu undangan ini rp 20.000/buah, jd angpao hadiah pernikahannya minimal 10x
dr itu. jadi buatlah yg elegan tp sederhana. berkelas tp murah meriah. well, tips detail soal ini, tanya sama pak tukang bikin undangan. di jakarta, di dekat tebet sana, ada pasar yg penuh ratusan loket bikin kartu undangan, tinggal pilih.

2. tdk usah pakai musik2 yg aneh2. sy tahu, undangan nanti bengong kalau tdk ada hiburan. hanya saja, terserah, apakah kalian mau lbh ramai dihadiri penghuni langit atau penghuni bumi? musik gamelan, boleh. tradisional boleh. nasyid yg simpel boleh (karena ada juga nasyid yg kencang2, mengganggu). lagu jazz juga boleh. tp jangan pernah dangdutan, organ tunggal dgn penyanyi2 seksi--ada juga jazz dgn penyanyi berpakaian tak sopan. musik arab? jelas tdk boleh kalau pakai penari perut. ngerti kan? arab tdk otomatis islami.

3. tdk usah pakai foto pre-wedding segala. tdk usah deh. nanti sj, foto post-wedding. sebenarnya buat apa sih foto pre-wedding? sy coba buka kamus tebal, melongok buku2, website, tdk ada alasan kokoh kenapa foto pre-wed harus ada. buat kenangan? hehe, ini argumen lucu sekali--terserah deh kalau ada yg tdk ketawa dan tetap ngotot pre-wed.

4. pawang hujan. aduh, celaka urusan. seperti tdk punya Tuhan. di hari pernikahan yg mengharap berkah, kalian malah menugaskan orang komat-kamit baca mantera mengusir hujan--biar undangan bisa datang kinclong gitu. bagus betul. jika kalian membenci hujan, maka kalian membenci kitab suci--cek ayat2nya dlm kitab suci. ingatkan seluruh keluarga, jangan pernah pakai pawang hujan.

5. menyebut2 kebanggaan, gelar, peristiwa dll dalam prosesi pernikahan. ada saja pernikahan yg menghabiskan 10 menit utk membacakan CV pengantin. sy pikir tdk perlu, karena itu tdk ada relevansinya dgn akan selanggeng apa pernikahan kita.

6. terakhir, tentu sj, jangan bermewah2. sy tahu, pernikahan itu milik keluarga. ada keinginan orang tua, ada ambisi orang tua. tp berusahalah utk di-rem. karena eh karena, yg paling penting dr sebuah pernikahan adalah pengharapan. apa itu pengharapan? doa. doa2 yg dipanjatkan. ketika doa itu berpilin ke atas, menyatu, maka semoga berbuah keluarga yg baik2, keturunan yg baik2. please deh ah, kalau nikahnya sj sdh mewah2, hasil korupsi pula--atau uang tdk jelas, bagaimanalah akan melahirkan generasi berikutnya yg baik?

nah, silahkan. mau dituruti atau tdk sarannya. bebas.


Hmm...masukan dari  Tere Liye lumayan juga yaa... setujuh banget saya. Budget diusahakan seminim mungkin dengan hasil semaksimal mungkin hehehehe...Cari vendor yang bisa kasih harga "persaudaraan" jadi lebih hemat :)

Salam Hemat

/Aya

5 comments:

  1. Selamat ulang tahun aya. semoga panjang umur dan banyak rejeki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amieenn...maksih kis :)
      doa yang sama untuk kis dan keluarga ya... :)

      Delete
  2. Replies
    1. Terimakasih...
      salam kenal, makasih sudah mampir :)

      Delete
  3. postingan tentang pesta ulang tahun teristimewa... Sangat menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

    ReplyDelete