Tuesday, October 16, 2012

Pumpkin Pudding dan Pumpkin Cake




Kemarin sempetin beli labu parang kuning pas belanja. Nahh bingung banget mau diapain, akhirnya kepikiran buat bikin puding aja buat potluck di acara kopdar HHBF. 

Bahannya simple banget looh:
1bks Ager ager, 
750 ml air
1/2 gelas gula, 
75 gr labu kuning, dikukus, diblender, 
100 ml UHT plain

Cara buatnya juga simple banget:
- kukus labu kuning, lalu hancurkan pakai blender
- campur ager ager dan gula, tambahkan air lalu jerang diatas api hingga mendidih
- matikan api, masukkan pure labu kuning
- masukkan susu
- aduk aduk hingga tercampur
- masukkan ke cetakan 


Untuk cetakannya saya cuma pakai cetakan es batu aja hehehe, berhubung punya cukup banyak cetakan es batu jadinya biar hasilnya mudah disendok sama Shoji *Shoji udah bisa makan dengan sendok looh :)
tapi ini karena sendok ketinggalan di rumah mba Nita saat kopdar, jadi mam pake tangan deh...

 

Selanjutnya...masih tersisa cukup banyak labu di kulkas, akhirnya kepikiran bikin cake labu kukus deh...Sebenarnya ini nyontek resep poffertjes tape, tapi saya modifikasi sesuai ketersediaan bahan di kulkas dan ketersediaan alat masaknya. Gak punya cetakan poffertjes dan almond plus baking powder, ya sudah gapapa...seadanya aja :)
Bahan:
1 btr telur
2 sdm gula pasir
3 sdm munjung tepung modified cassava
100 ml susu UHT plain
mentega
keju parut


Cara buat:
- kukus labu lalu haluskan (bisa dengan blender, tapi saya lagi males ngeluarin blender jadi cuma saya uleg pake cobek hehehe)
- kocok telur dan gula (saya gak pake mixer, karena yang ada cuma garpu, yaahhh dikocok pake garpu aja)
- masukkan tepung terigu
- masukkan pure labu
- masukkan susu
- masukkan adonan ke cetakan silicon cup
- kukus kurang lebih 15 menit *jangan lupa tutup kukusan dikasih kain ya, suapaya airnya gak menetes
- done :)


Selamat mencoba, 
Salam Sehat

/Aya

No comments:

Post a Comment