Wednesday, June 22, 2016

Tentang Mewarnai dan sosok Liya Swandari yang Penuh Warna

Liya dan suami (diambil dari FB Liya Swandari)
Hai Bundas,

Kali ini saya mau berbagi tips tentang menggambar dan mewarnai. Tips ini  saya dapat dari sahabat blogger saya mak Liya Swandari. Saya mengenal mak Liya sewaktu beliau bersedia di"make over"sama saya pakai make up Oriflame waktu itu di acara Beauty Class. Selain ngulik tips, yuk kenalan lebih dekat dengan momblogger satu ini.

Mak Liya Swandari ini termasuk salah satu mamah muda (barusan punya baby juga) yang cukup aktif di dunia tulis menulis dan beliau juga punya sanggar menggambar untuk anak anak lho. Buku yang diterbitkan belum lama ini juga mengenai panduan mewarnai untuk anak-anak PAUD, TK, hingga SD. Ada 27 teknik mewarnai yang akan bikin guru maupun orang tua mudah mengajarkan aktivitas mewarnai untuk anak anak maupun anak didiknya.

Aku Juara Mewarnai! Karya Liya Swandari

Mengenai buku ini, mak Liya cerita kalau dulunya naskah yang diajukan bukan mengenai modul mewarnai, tapi saat diajukan 4 naskah, ternyata modul mewarnai ini yang akhirnya diterbitkan. Buku ini juga merupakan modul mewarnai untuk sanggar mak Liya. Selain aktif mengajar di sanggar, keseharian mak Liya diisi dengan mengasuh Putri pertamanya, si cantik shaliha Sa'dayka dan mengerjakan aneka desain grafis via online.
Desain grafis itu maksudnya mengerjakan orderan desain untuk kartu nama, lay out buku, atau halaman depan buku. Nah, dalam buku mewarnai karya Mak Liya itu, ilustrasi semua dikerjakan mak Liya.

Sebagai seorang blogger, (psst doi pernah menang lomba berhadiah uang 5.000.000 loooh) mak Liya mencari inspirasi dari Sa'dayka dan adiknya. Biasanya seputaran keseruan tingkah laku mereka. Makin aneh tingkah mereka, makin mak Liya punya ide untuk ditulis di blog. Untuk waktu ngeblog, kata mak Liya dilakukan saat Sa'dayka sedang tidur. Silakan berkunjung ke blog senyum bahagia.com untuk lebih banyak melihat senyum manis Liya dan tingkah polah Sa'dayka dan adiknya.

Psst psst saya pun kepo dengan uang 5 juta hasil menulis sama mak Liya dipakai apa. Ternyata ditabung saudara saudara, mak Liya pengen mewujudkan impiannya punya mobil keluarga sendiri (saya puun...). Semoga segera kesampaian yaaa

Kekepoan saya berlanjut nih, kenapa yaa nama blog mak Liya ini namanya senyumbahagia.com. Ternyata awalnya pengen keluarga bahagia. Karena emang isinya blog ringan aja. Masalah rumah tangga. Masalah bisa dihadapi dengan senyuman jadi senyum bahagia.

Nama awal pun "keluarga bahagia" tapi kemudian beralih ke "senyum bahagia"
Nah kenapa akhirnya mak Liya beli domain karena ada tawaran menulis yang bayarannya lumayan dan syaratnya harus pakai .com, maka mak Liya memilih nama ini dan dibuatin domain. Hahaha...saya pun pernah tergoda tawaran model begini #ngaku.  

Saya dan suami memang gak gape gambar ataupun mewarnai hihihi, jadi mak Liya membagikan sedikit tips untuk pemula

Isi buku Aku Jago Mewarnai!

Tips untuk yang mau belajar menggambar a la mak Liya:

1. Mau. Kayak bisnis lah mak. Aseeek. Harus ada kemauan 😄
2. Gak boleh malu alias pede. Karena gambar kita itu spesial. Kita sendiri aja gak bisa lho ngulang dengan hasil yang sama persis. Apalagi orang lain.

Tips mewarnai a la mak Liya (ini bocoran isi bukunya)

"Setiap alat mewarnai mempunyai tugas masing-masing. Kalau tugasnya sesuai bakatnya, pasti bagus dong hasilnya 😄
Nah di buku saya itu ngasih info tugas alat mewarnai sesuai bakatnya 😂😂

Misal spidol. Spidol kalau untuk blok warna nggak bagus. Malah ngrusak kertas juga. Karena tugasnya tidak begitu. Harusnya diarsir, digores, atau membuat gambar.

Kalau krayon untuk mengisi. Bisa diputar putar membentuk gradasi.

Nah, pensil warna bisa keduanya."
(Liya Swandari)

Begitu hasil wawancara saya dengan Mak Liya. Sangat menginspirasi yaaa...mamah muda dan tetap berkarya dari rumah. Senang banget bisa kenalan lebih dekat dengan Umi nya Sa'dayka, lebih terinspirasi lagi untuk produktif disela sela kesibukan mengurus keluarga. Sukses terus yaaa mak Liyaa.... Mwaah...mwaaah...

Salam Cinta
/Aya




4 comments:

  1. Makasih Mak Aya yang sangat menginspirasi :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saling menginspirasi yaaa mak...
      Kapan kapan mau praktekin ilmu menggambar bareng mak Liya aah

      Delete
  2. Baru kali ini liat foto suaminya Mak Liya. Hehehe. Kapan ada beauty class lagi Mak Aya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, suami mak Liya diumpetin, gak kaya Gesi wkwkwk. Hayuk lah, kalau buat Gesi mah special boleeeh :)

      Delete