Friday, November 4, 2016

Mengintip Rahasia Panjang Umur a la Kaisar China




Di sebuah tayangan televisi,


"Istriku.... Aku akan mencari tanaman obat, kau tinggal di rumah ya, jaga rumah baik baik"
"Baik, suamiku. Jangan lama lama ya, semoga kau segera menemukan tanaman obat mujarab".

Ada yang sudah bisa menebak potongan adegan tersebut? Yes, buat yang abegeh (anak baru gede badannya berkat hamil anak 3 biji) kaya saya mungkin akan langsung terbayang sosok tabib Han Wen dan istrinya si siluman ular putih, Pai Su Cen.

Serial dari negri Cina itu tertanam di otak saya sejak usia SD hahaha, makannya tiap denger Cina yang terbayang di saya bukan produk KW KW-an tapi pengobatan herbalnya, salah satunya ya gara gara serial ular putih itu.

Tapi beneran gak sih kalau di Cina itu sangat mempercayai pengobatan herbal? Rasa penasaran saya sedikit terjawab setelah membaca beberapa literatur tentang jamur. Eh, jamur? Iya J.A.M.U.R

Siapa nggak kenal dengan jenis tumbuhan ini. Sekilas saya mau cerita soal jamur Ling Zhi, ya tanaman yang sudah menjadi obat sejak 2000 tahun yang lalu.
Saya dan keluarga sendiri termasuk yang suka mengkonsumsi jamur, mulai dari jamur merang, jamur tiram, jamur kuping. Kadang jadi campuran oseng oseng dan tak jarang digoreng krispi saja.




Jamur Ling Zhi
Jamur Ling Zhi (Ganoderma sp) biasa disebut jamur Reishi di Jepang. Ada cerita yang menyebutkan bahwa seorang kaisar dari Dinasti Wei sampai mengerahkan 3000 orang prajurit ke Jepang untuk mencari tanaman sebagai jamu awet muda. Jamu awet muda ini tak lain dan tak bukan adalah jamur Ling Zhi. Gimana caranya jamur bisa bikin awet muda ya? Kalau kata Dr Paulus Wahyudi Halim, Ling Zhi mampu memperbaiki aliran darah dan meningkatkan distribusi zat gizi ke kulit. Kandungan antioksidannya juga tinggi, namun bagi penderita sakit jantung koroner dan kanker, tidak disarankan mengkonsumsi Ling Zhi. Sementara sifatnya yang neovaskularitas disebut cukup efektif untuk mengatasi stroke. Pengobatan dengan herbal tentunya butuh waktu yang relatif tidak singkat. Harus telaten dan rajin.

Beberapa manfaat bagi kesehatan jika mengkonsumsi jamur Ling Zhi antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
2. Menormalkan tekanan darah tinggi
3. Mencegah stroke
4. Antioksidan
5. Antinyeri
6. Antiradang
7. Antivirus
8. Antijamur
9. Anti alergi
10. Menurunkan kadar lemak, kolesterol dan gula darah
11. Menyembuhkan bronchitis dan Hepatitis
12. Menekan efek samping kemoterapi
Khasiat tersebut berkaitan dengan kandungan asam ganoderat dan asam lusidenat, yaitu senyawa polisakarida yang berfungsi menghambat tumor.




Wow! Banyak juga ya khasiatnya! Seperti madu juga nih, pengobatan alami dengan mengkonsumsi makanan sehat :)

Apakah jamur bisa dibudidayakan? Kan enak ya kalau bisa budidaya jamur sendiri. Kebetulan kakak angkatan saya jaman kuliah saat ini menekuni budidaya jamur Ling Zhi ini loh, mba Puri namanya. Selain jamur Ling Zhi juga ada jamur kuping dan jamur tiram juga.

Jamur Tiram
Jamur tiram (pkeurotus sp) merupakan salah satu jamur yang bisa dikonsumsi. Umumnya diproduksi secara organik tanpa bahan kimia dalam budidayanya. Fungsinya selain dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah, juga membantu penurunan berat badan karena kadar seratnya yang tinggi dan dapat membantu proses pencernaan.

Jamur Kuping

Jamur kuping, bahasa sundanya "lember" biasanya tumbuh di kayu kayuan lembab. Jamur kuping sering kita temui pada masakan SOP, sayur kimlo, nasi goreng jamur, Sukiyaki karena pengolahannya cukup mudah. Biasanya dijual dalam bentuk kering dan bila direndam air akan kembali ke bentuk segarnya. Fungsinya dapat memperbaiki kondisi penyakit darah tinggi, kurang darah, datang bulan tidak lancar jika dikonsumsi rutin dan sesuai takaran.


Saat ini jamur malah tersedia juga dalam bentuk camilan yang siap "lhep". Camilan ini selain enak dan juga sehat loh. Kemarin dapet kiriman jamur crispy dari mba Puri waaah, langsung jadi rebutan sama anak anak. Mereka sukaaa..

Ada dua varian rasa, rasa pedas dan rasa gurih. Enak juga buat kriukan teman makan nasi pengganti kerupuk. Ada juga jamur Ling Zhi yang sudah dikeringkan untuk dikonsumsi sebagai obat.

Untuk pemesanan bisa hubungi:
Puri Riliana / Dwi Purnomo
HP 081398665160
Atau lewat IG @shoreafood (081328362823)

Kalau mau berkunjung ke tempat budidayanya
Dukuh RT 09/RW 02 Kelurahan Sucenjurutengah Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo.

Salam Sehat

/Aya

Gambar cover : suwaldi321.blogspot.com

1 comment: