Saturday, December 3, 2016

Selamat Hari Difabel Internasional dari Aisha



Ini adalah kisahmu, Aisha...
Kutatap lekat mata bulat itu. Pipi gembulmu seolah olah mengundang bibir bunda mendaratkan ciuman disana. Perlahan lahan bunda menggelar sajadah dan memasang mukena. Ya, agar kau tak menyadari kehadiran bunda masuk ke kamar.

Sudah 14 bulan berjalan, Sayang. Dan rasanya masih baru kemarin semua bermula. Di empat belas bulan usiamu ini ada kejutan kejutan manis yang akhirnya bunda dapatkan juga.

Baca: Test Elektroensefalogram Aisha

Baru Minggu kemarin bunda mencoba menaruhmu di stroller, sebelum sebelumnya dirimu langsung mendongak dongak dan berontak. Kepala sudah langsung ada di pinggang seperti huruf C. Kamu cuma nyaman kalau digendong bunda...
Iya, cuma bunda. Bukan Ayah saat dirumah, bukan Uti saat kita berkunjung ke rumah Uti. Sampai badan Bunda pegal pegal karena kamu nggak mau ditaruh...


Tapi kejutan manis kamu berikan beberapa hari lalu. Bunda menaruhmu di stroller dan kamu mau duduk tenang bersandar sambil kepalamu diganjal guling. Terimakasih Aisha...itu sangat membahagiakan buat bunda...

Lalu kamu beri kejutan manis lagi ke Bunda, biasanya kalau Aisha makan sambil digendong, Aisha nggak mau menelan makanan. Makanan yang semi cair itu mengalir tanpa rasa bersalah keluar dari bibir mungilmu. Bunda harus buru buru mengambil lap dan membersihkan bekas makanan yang tersisa. Dari suapan pertama hingga kelima masih begitu. Dan baru lima suap Aisha langsung tutup mulut. Tapi beberapa hari lalu, saat duduk manis di Stroller bunda coba menyuapimu.

Alhamdulillah... Bubur butternut pumpkin yang bunda kukus dan lumatkan sukses kamu cecap lalu telan....habis seperempat mangkuk kecil naaak....bunda nggak habis habis bersyukur.

Hari berikutnya bunda coba melumatkan bubur kacang hijau diberi kuah santan. Aisha juga mau habiskan satu porsi seperempat mangkuk bayi.

Obat obatnya Aisha
Bunda mulai berkaca kaca Aisha, bunda senang Aisha mau kerjasama. Kalau Aisha mau makan, bunda nggak khawatir lagi menyiapkan obat untuk Aisha. Bunda sedih kalau Aisha gak mau makan, perut Aisha kosong, nanti obatnya bikin lambung Aisha sakit 😭😭😭

Kata mba Hikmah (yang bantu terapi aisha) itu obatnya lumayan keras, giginya bisa jelek kalau rutin konsumsi obat itu. Obatnya namanya Ikalep, Sha. Itu obat anti kejang yang harus rutin Aisha minum 2 ml sekali minum tiap 12 jam.

Tadi bunda sempat khawatir, Aisha tersedak waktu minum obat. Sepertinya obatnya masuk saluran nafas. Aisha keliatan susah sekali bernafas 😭😭😭. Lalu bunda merasa bersalah. Bukan karena tiap hari bunda kasih Aisha obat, bikin bunda jadi ahli meminumkan obat ke Aisha. Aisha sudah mulai tau kalau bunda mau kasih obat, dan sering sekali Aisha menolak. Entah itu tutup mulut rapat rapat, kadang langsung disemburkan. Kadang bunda pikir Aisha sudah telan, ternyata Aisha langsung nengok kanan atau kiri dan ternyata obatnya keluar lagi. Bunda bingung, Sha. Sudah berapa mili obat yang masuk, dan berapa yang harus bunda tambah. Belum lagi kalau Aisha minum piracetam. Beberapa kali bunda takut banget Aisha tersedak sampai parah.  Tadi bunda sampai nangis saking takutnya. Bunda sepertinya harus belajar metode CPR yaaa supaya bisa bertindak cepat kalau Aisha tersedak obat lagi.

Aisha kesayangannya bunda. Sungguh Aisha anak yang gak sulit. Aisha bisa main sendiri saat menyadari kalau bunda nggak ada di sekitar Aisha. Kalau sudah denger suara bunda, atau cium bau bunda, Aisha pasti langsung merengek rengek. Gapapa Aisha, bunda tau kamu sudah bisa merasakan kehadiran bunda, nak. Itu kemajuan sekali loh...

Kadang Aisha bisa terkikik kikik tanpa sebab. Dan saat melihat senyummu itu, bunda luarbiasa bahagia nak...karena Aisha jarang sekali tersenyum. Bahkan saat bunda kasih mainan atau bikin wajah wajah konyol, Aisha tetep belum merespon.

Beberapa waktu lalu Aisha kasih kejutan indah buat bunda lagi. Bunda iseng kitik kitik pinggang Aisha. Ternyata Aisha terkikik dan tertawa!!! Ah, tawa itu...tawa surga naaak...

Juga saat bunda gelitik telapak kakimu... Kamu akan menggeliat geliat lucu 😄😄😄. Dan belum ada seminggu ini, saat Aisha nenen, udah mau pegang "botol"nya! Xixiix...soalnya biasanya Aisha pasrah aja sewaktu bunda sodorin. Aisha juga udah mulai bisa ngepasin dimana harus ngenyot, karena sebulan lalu, Aisha masih bingung kalau " botolnya" belum pas.

Aisha saat terapi
Dear Aisha sayang,
Terimakasih yaa sudah bikin banyak kebahagiaan yang Aisha ciptakan buat bunda. Aisha udah makin gede dan pintar.

Malam ini Aisha bisa bobok sendiri, sebelumnya miring kanan dan kiri, tau tau udah terlelap cantik...

Banyak doa tercurah untukmu, Aisha-ku...
Semoga Bunda bisa memberikan yang terbaik dari bunda buat Aisha. Ayah dan kakak kakak juga sayang banget sama Aisha. Gak sabar pengen ajak Aisha main lari larian bareng, atau main masak masakan, atau main apa saja deh...

Terus jadi sumber semangat kami yaaa cantiiikk

Selamat hari difabel Internasional (3 Desember) semoga kedepannya dunia semakin ramah untuk kita.

Oh iya, ini ada video edukasi tentang TORCH. Kemarin Tante Grace menghubungi bunda untuk ikut partisipasi. Karena barengan jadwal periksa Aisha, baru bisa ikut bantu bantu jadi make up artist di lokasi kedua.  Seneng banget akhirnya bisa make up in tante Gesi yang cantik ituuuh. Bahagia banget bisa berpartisipasi dalam pembuatan video ini. Ketemu juga sama tim kreatif dan juga Mama Arrya salah satu narasumber di video yang sangat menginspirasi. Semoga bermanfaat untuk banyak orang yaaaa...

Video courtesy: Rumah Ramah Rubella

Dari yang makin hari makin mencintaimu...

Bunda...

20 comments:

  1. Jd pengen mewek. Aya keren sekali. Ibu istimewa untuk anak istimewa. Semangat terus ya Aya dan tetep menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speechless...dikomen sama penulis pujaan itu sesuatuuuh. Terimakasih sudah mampir dan meninggal jejak ya Yoan, terimakasih donya, doa yang sama kembali padamu 😘😘😘

      Delete
  2. Hiks mewek..aisha cantik..sholehah ya Nak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...aamiin Tante Dian. Satu saat Aisha bisa kejar kejaran sama mba Najla dan dek Sara 😘

      Delete
  3. Hebat jeng aya keep going osh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biidznillah tante Primaaaaa
      Miss you so...

      Delete
  4. Aisha sayaang, semakin sehat dan pintar ya nak 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...aamiin...terimakasih doanya Aunty. Sehat dan pintar buat semua keponakan 😘😘😘

      Delete
  5. Hi Mba salam kenal y semoga mba selalu semangat dan kuat dan Aisha cantik semakin pintar dan sehat. Salam sayang dari Cimahi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal tante. Terimakasih doanya yaaa...salam sayang. Kisskiss dari Aisha

      Delete
  6. Aishaa cantikk. . Makin pintar, selalu sehat dan nurut sama ayah bunda ya naak.Semoga aisha dan keluarga selalu bahagia. Allahhumna aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...aamiin ya Rabb... Doa yang sama kembali pada yang mendoakan. Salam kenal Tante

      Delete
  7. Semangat mak. Semoga aisha makin pintar & sehat selalu ya. Aku jg bru aja divonis anak ke 3 yg 18 bln ternyata ga bs mendengar alias tuna rungu. Disarankan memakai alat bantu untuk menyelamatkan verbalnya. Insya allah kita bisa. Semangaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ferna. InsyaAllah terus semangat juga buat kakak Shanaz yaaa...peluk eraaat

      Delete
  8. semangat mbak! Semangat Aisha. Aisha gadis cantik nan pintar {}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin. Semangat juga buat Tante Muti yaaa...
      Sukses KKN-nya

      Delete
  9. Hai Aisha cantik, disampingmu ada malaikat tanpa sayap yang menganggap kamu pun malaikatnya. Semangat ya sayang, jangan lupa bahagia.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kakak Syanu
      Komennya bikin terharuuuu....
      Doa terbaik untuk kakak...

      Delete
  10. Aisha ih itu baju yang dipakai saat terapi mirip punya Kakak Dema :D. Semangat ya Aisha dan bundanya. Dulu kakak Dema juga baru jalan usia 18 bulan krn anemia, setelah bisa jalan udah gak bisa diem deh, abis ini Aisha nih yg bakal bikin bundanya ngejar2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...aamiin...berharap bisa ngejar ngejar Aisha maha kakak Dema niiih.... Salam kenal mba April :)

      Delete