Saturday, May 13, 2017

Berlibur Ke Bandung Semakin Seru Dengan Kereta Api

Alun alun Kota Bandung
Hai Bundas,
Masih nyambung sama postingan saya yang kemarin soal wisata dan kuliner. Nah setelah kemarin Jogja kedatangan oleh oleh kekinian Mamahke yang diusung sama Zaskia Mecca, ternyata di Bandung juga sudah ada wisata kuliner baru, oleh oleh kekinian Bandung Makuta yang diusung oleh Laudya Cynthia Bella.


Terakhir kali saya ke Bandung waktu hamil Aisha sekitar 2 tahun lalu. Sebagai Paris Van Java, Bandung telah berhasil membius banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Hawanya yang adem plus  beragam wisata menarik mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata belanja menjadikan Bandung ngangenin. Dulu cuma kenal Bandung dengan Cihampelas-nya, eh sekarang hampir tiap sudut kota Bandung amat sangat bisa dinikmati.



Walikota Bandung, kang Emil, juga membawa banyak perubahan positif untuk kota Bandung ya. Saya pernah tuh jalan jalan ke Bandung, dan hampir setiap supir taxi ramah menyebut aneka tempat untuk dikunjungi. Yang paling sering sih Alun Alun Bandung yang pakai rumput sintetis. Letaknya di samping Masjid Besar Bandung membawa nuansa tersendiri yang bikin kami ingin berlama lama disana.

Buat teman teman yang tinggal di Jakarta, maka Bandung sepertinya jadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat musim liburan. Tak heran kalau saat musim liburan tiba, Bandung jadi macet padahal si Komo nggak lewat situ yak. Kebanyakan kendaraan ternyata berplat B loh.

Oh iya, menurut temen temen saya yang kekinian (karena saya edisi kekunoan) banyak banget tempat wisata dan kuliner yang oke banget di Bandung saat ini. Terimakasih buat kakak Galih dan temen temen yang udah bantuin menyusun beberapa tempat wisata kekinian di Bandung ini:

Cihampelas Bandung
1. Cihampelas
Saya terakhir datang kesini saat masih gadis. Gak usah ditanya tahun kapan yak, yah kira kira jaman AADC masih lumayan booming hahaha...Tuaaaak kaliii sayaaa...
Saat ini Cihampelas bagian atapnya udah dipake jualan juga.

Lodge Maribaya
2. Wisata Lodge Maribaya
Katanya disini wisata kekinian anak muda. Wisata diatas tebing. Ada pemandangan hutan Pinus dan aktivitas yang memacu adrenalin.

Lembang Farm House
3. Lembang Farm House
Ini wisata keluarga. Ada rumah bibit, kampung Jepang. Mungkin semacam Wisata Bhumi Merapi kalau di Jogja




Lembang Floating Market
4. Lembang Floating Market
Ini wisata seru pasar apung seperti yang di Banjarmasin. Menurut informasi yang saya terima, kalau mau belanja disana kudu tuker koin dulu, karena jual belinya pake koin khusus. Di area Lembang Floating Market ini juga ada museum kereta api. Wah pasti anak anak saya yang cowok bakalan gak mau pulang kali yaaa kalau sempat berkunjung kemari.

Kalau buat wisata kuliner, tampaknya Bandung itu surganya makanan enak enak. Berikut yang saya rangkum dari teman teman saya yang udah merasakan kulineran di Bandung:

Tulang Jambal, Bakso Arif, Mie Sirot, Batagor Riri, Perkedel Bonfon deket stasiun tapi baru ada jam 11 malam, Nasi Bancakan, kalau agak ke arah Nagrek ada Asep Strawberry yang nasi liwetnya endess dan murah,  coba juga warung Ampera yang pertama di deket masjid agung, Bakso Boedjangan, Brownies Vanissa buat oleh2, Kartika Sari,  Soes Merdeka.  Jalan2 deket Unpad Dipati Ukur banyak makanan, sak ngon ngon enak haha (Mahargyani Yogyantari)

Dago atas (pakar, semua place and kuliner-annya enak2), Bakso Malang Langgeng Jl Sunda, Bakso Boedjangan Jl Burangrang, Cafe Upnormal (yg ini menjamuurr dimana2 ada :-D ) Tahu Tidur (Jl apa lupa, belakang Bakso Enggal Malang pokonya) Kalo t4 wisatanya enak di lembang (atas juga) buanyaak disono heheeu (Elizabeth Nugrahesti)

Macet itu bikin malesin, itu yang dulu terpikir oleh saya sewaktu mau ke Bandung. Kebetulan waktu itu acara dari kantor Oriflame bareng banyak teman kita rame rame naik kereta api. Seru banget loh ternyata naik kereta api rame rame sama teman, sama keluarga juga pastinya yeekan?

Satu Gerbong seru seruan bareng
Biar gak macet macet pakai kendaraan pribadi, yuk coba pakai kereta api ke Bandung. Nanti, disana bisa pakai mobil travel untuk anter kesana kemari. Liburan itu juga susah cari parkir soalnya hihihi. Bisa juga nanti disana pakai taxi online atau taksi konvensional.

Sebelum memulai liburan, maka pastikan tiket kereta sudah ditangan ya. Saat ini pesan tiket kereta api bisa secara online loh
 Caranya gampil banget. Pertama pilih tanggal keberangkatan dan jamnya lalu lakukan pesan tiket kereta api hingga proses selesai dan keluar nomor booking. Setelah pesan tiket kereta api kemudian lakukan pembayaran tiket bisa melalui ATM atau bisa melalui Indomart atau Alfamart.

Kalau mau berlibur ke Bandung dengan kereta api, pastikan untuk pesan tiket kereta api jauh-jauh hari yah, soalnya kalau musim liburan, tiket kereta itu laris kaya kacang goreng.

Siapa bilang naik kereta api nggak nyaman? Sekarang tiket kereta api eksekutif harganya cukup terjangkau mulai dari 100 ribu rupiah. Selain itu, kelas eksekutif juga punya tempat duduk yang nyaman serta jarak antar kursi yang lebar dan ditambah pula televisi untuk tiap gerbong. Aseeeekkk. Dipadu dengan pemandangan di luar jendela yang berupa persawahan pastinya akan membuat mata Anda termanjakan selama perjalanan menuju Bandung yekaaan, gak usah ngeliatin mobil macet bederet deret deh.

Saran saya, lakukan perjalanan menuju Bandung di pagi hari, bunda bisa pesan tiket kereta api yang berangkat pukul 05.00 WIB dari stasiun Gambir jika berangkat dari Jakarta. Untuk tiket pulang bisa membeli tiket kereta yang berangkat pukul 19.25 WIB dari stasiun Bandung sehingga bundas bisa menikmati Bandung kurang lebih selama 11 jam di hari yang sama.

Untuk tiket pulang pergi Jakarta-Bandung Bunda bisa pesan tiket kereta api Argo Parahyangan dengan waktu tempuh perjalanan 3 jam 33 menit.

Sekedar tips untuk Bunda yang menaiki kereta Argo Parahyangan, maka silakan pilih kursi dengan nomor C-D untuk rute Jakarta Bandung sedangkan rute Bandung-Jakarta silakan pilih nomor kursi A-B. Hal ini bertujuan agar bunda bisa menikmati keindahan pemandangan sepanjang perjalanan menuju Bandung. Setelah sampai di stasiun Bandung, silakan menuju pintu keluar dengan menyeberangi rel.

Keluar dari stasiun sudah menunggu angkot, taksi berargo atau mobil travel untuk mengantar bunda dan keluarga menuju ke obyek wisata. Jadi tunggu apalagi, segera pesan tiket kereta api dan nikmati perjalanan wisata ke Bandung yang berkesan.

Salam Jalan Jalan
/Aya

4 comments:

  1. Bandung banyak tempat wisatanya. pastinya ramai ya. Pakai kereta api biar gak kejebak macet.

    ReplyDelete
  2. Info menarik nih.

    Traveling dengan kereta api sekarang memang nyaman. Aku juga suka itu.

    Hmmm, kalau berangkat pagi, bisa nih, menikmati Bandung dengan puas..

    ReplyDelete
  3. Masya Allah...tambah mupeng deh ke Bandung. Udah lamaaa banget gak kesana. Btw, betul banget. Naik kereta api memang asyik. Kereta api adalah andalan keluarga saya, Mak. Untuk mudik dan tujuan lain khususnya sama anak2. Nyaman dan aman.

    ReplyDelete
  4. Waah..udah lama bgt aku gak ke bandung..terakhir kesana itu jaman habis nikah. Tp kalo naik kereta api ke bandung aku kayaknya msh blum berani deh..takut baper keinget masa lalu..😂😂😂

    ReplyDelete