Monday, June 5, 2017

Manfaat Cranberry dari Prive uri-cran untuk anyang anyangan

Cara mengatasi susah buang air kecil

Bundas,
Adakah yang pernah mengalami keluhan buang air yang tidak tuntas? Biasanya hal seperti ini disebut anyang anyangan. Yang saya tau dulu penyebabnya adalah kalau habis minum panas terus minum dingin hihihi, mitos atau fakta?

Bapak saya pernah mengalami sakit saat buang air kecil. Beliau bahkan merasakan nyeri di sekitar dubur juga. Bapak bilang kondisi seperti ini disebut anyang anyangan. Nah, kalau di rumah, anak kedua saya yang termasuk sering anyang anyangan nih. kalau pas kambuh, rewelnya luarbiasa. bolak balik ke kamar mandi karena pipisnya nggak tuntas, jelas nggak nyaman ya, apalagi buat anak 4 tahun seperti Rey. Sering mengeluh sakit buang air kecil juga jadi tanda tanda anyang anyangan.



Nah, ternyata baik bapak maupun Rey terindikasi terkena tahap lanjut dari anyang anyangan yaitu infeksi saluran kemih. yang saya amat amati sih, pas anyang anyangan itu biasanya pas kondisi Bapak maupun Rey engggak fit alias lagi turun daya tahan tubuhnya.

Penyebab anyang anyangan itu apa saja sih?
Ada banyak pendapat mengenai penyebab anyang anyangan, diantaranya adalah kuman, bakteri chlamydia, bentuk organ intim yang tidak normal, kurangnya menjaga kebersihan bagian genital, dehidrasi, penyakit diabetes, saluran uretra yang pendek, wanita yang sedang hamil karena kandung kemih tertekan oleh janin.

Tanda tanda umum Anyang anyangan
  • Kalau buang air kecil sedikit sedikit tapi lebih sering dari biasanya
  • Nyeri di anus kalau anyang anyangan pada laki laki
  • nyeri di panggul kalau anyang anyangan pada wanita
  • Saat buang air kecil terasa nyeri
  • Kondisi badan tidak fit atau merasa kurang sehat
  • Bau urine menyengat dan kadang mengandung darah.
  • Demam.

Nah, Demam itu anyang anyangan yang tarafnya udah lanjut, Rey kalau udah mulai sering buang air kecil dan mengeluh sakit buang air kecil, langsung saya bawa ke dokter. meskipun sepertinya sepele, tapi anyang anyangan perlu diwaspadai karena merupakan gejala awal infeksi saluran kemih.

Penyebab infeksi saluran kemih
Ternyata bund, penyebab infeksi saluran kemih itu macem macem loh, infeksi saluran kemih sendiri dalah kondisi yang terjadi jika bakteri dari luar tubuh masuk lewat saluran kemih dan mencapai bagian uretra. infeksi berkembang biak dengan cepat di uretra.

Bakteri yang menyebabkan infeksi antara lain E-Coli (50-90%l), proteus, pseudomonas, dan staphilococcus. Pada ibu hamil ini lebih rentan, karena ibu hamil sering berkemih dan bagian saluran kencing dekat dengan dubur.

Tips mengurangi risiko infeksi saluran kemih:
1. Perhatikan kebersihan toilet dan air yang digunakan untuk membasuk area genital.
2. Membersihkan area genital dengan cara dan arah yang benar (dari depan ke belakang)
3. Sebisa mungkin tidak menahan saat ingin buang air kecil.
4. Jaga kebersihan pakaian dalam.

Infeksi saluran kemih bisa menyerang siapa saja
Meskipun lebih sering terjadi pada wanita, tapi anyang anyangan sendiri punya resiko untuk terkena anyang anyangan ini. Untuk itu, perlu diketahui penyebab sakit buang air kecil antara lain adalah batu kandung kemih (gumpalan mineal keras dalam kandung kemih), batu ginjal (mineral kecil dalam ginjal), infeksi chlamydia (pada wanita bisa membahayakan kehamilan), prostatitis (pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat), vaginitis (peradangan vagina yang menyebabkan gatal), Herpes simpleks (luka di bagian genital karena virus) dan juga infeksi saluran kemih. Jika infeksi saluran kemih menyebar hingga ke ginjal, akan menyebabkan kondisi serius.

Nah bunda, supaya gejala tidak berlanjut, kita perlu mewaspadai anyang anyangan supaya tidak sampai pada penyakit infeksi saluran kemih. Salah satu buah yang diteliti dan digunakan di Amerika untuk mencegah infeksi saluran kemih adalah Cranberry. Buah ini kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan E-Coli pada dinding saluran kemih.

Cara kerja Cranberry:
Proantocyanidin (PAC) mencegah bakteri e-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing.

Mekanisme Cranberry mencegah penempelan e-Coli
Sayangnya, Cranberry di Indonesia tidak mudah ditemukan, tidak banyak dijual di pasaran, harga buah yang lumayan mahal, rasanya agak pahit dan asam, serta kurang praktis karena harus dibuat menjadi jus terlebih dahulu.

Buah Cranberry

Untunglah sekarang ada Prive uri-cran dari Combiphar, sediaan kapsul dan powder sachet yang praktis untuk langsung dilarutkan dan bisa diminum 2 gelas (@150ml) per hari kurang lebih selama 10 hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Untuk membaca banyak artikel kesehatan mengenai manfaat Cranberry ataupun cara mengatasi buang air kecil bisa juga tengok website resmi uri-cran di http://uri-cran.co.id

Sediaan Prive uri-cran

Gimana Bundas, praktis banget ya pencegahan anyang anyangan dengan Prive uri-cran? Buat Bundas yang punya pengalaman sama tentang cara mengatasi anyang anyangan, yuk tulis pengalamannya dan daftarkan ke:



Jangan lupa follow:

Twitter: @BPerempuan

IG: @bloggerperempuan

Facebook Page: Blogger Perempuan Network


Salam Sehat
/Aya

9 comments:

  1. Kasus kebanyakan karena sering nahan buang air kecil, ya? :'D Kadang aku juga gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ituuu...kalau ciwi ciwi hobby nahan pipis yekan?

      Delete
  2. Anyang2 an benar2 bikin aktivitas terganggu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, banget nget nget. Gemes yaa kalau udah Anyang anyangan gini

      Delete
  3. Selama ini kadang suka nahan pipis n minum air putih kurang banyak.. :(

    ReplyDelete
  4. Emang anyang-anyangan itu gangguuu banget ya mak. Untung skrg udah ada prive uri cran

    ReplyDelete
  5. yay mba, aku pun sering nahan kencing apalagi tengah malam gitu. mesti nunggu pagi baru berani ke kamar mandi.

    ReplyDelete
  6. andai dari dulu tau ada ini :( eh tp smoga ngga ngerasain anyang2an lagi ding...

    ReplyDelete