Tuesday, August 8, 2017

#DIY Membuat Nama Flanel Tas Anak

Membuat nama flanel

Hai Bundas,
Masih gagal move on dari momen masuk sekolah pertama kemarin ya?

Kali ini saya mau share sedikit kreasi membuat nama anak dengan bahan flanel. Karena tas murid harus diberi nama, maka saya punya ide untuk kasih nama flanel. Pernah lihat sih ada sajadah, kaos dan lain lain diberi nama flanel, iseng iseng saya coba untuk bikin buat anak sendiri.

Nama anak ini mencegah tas anak tertukar dengan yang lain (karena ini tas AFRA sejuta umat) jadi daripada salah ambil dan supaya anak anak juga makin hafal dengan bentuk tulisan huruf huruf yang menyusun nama mereka, dinamainlah tas anak anak. Bahasa kerennya "dipersonalisasi"



Saya bukannya bisa jahit, wong mesin jahit ibu aja ngendon jadi meja gelas dapur #hiks. Satu saat in sha Allah saya pengen memanfaatkan mesin jahit ibu yang dulu belinya seharga 10 gram emas (sekarang mungkin sekitar 5 juta) merk butterfly. Mubadzir banget kan rasanya kalau nggak dioptimalkan? Doakan saya istiqomah hehehe...semangaat

Saya pernah belajar menjahit jaman SMP, meskipun bukan jahit pakai mesin jahit sih. Ada pelajaran PKK yang mengharuskan kita belajar tusuk tusuk sederhana. Ternyata bermanfaat banget ya, sekarang ada gak sih mata pelajaran PKK?

Taplak kristik buatan saya jaman SMP
Buat yang belum tau, pas PKK itu kita diajarin jadi ibu (dan bapak) rumah tangga yang baik. Belajarnya kalau saya nggak salah inget mulai dari pelajaran mencuci, menggelantang baju, menata meja, tips trik membersihkan perabot dari kayu, perak, aluminium, hingga pelajaran menjahit. Lengkap banget yaaa...saya berhasil bikin sarung bantal dengan hiasan sulam bunga dan taplak meja dengan hiasan kruistik. Dari jaman saya SMP sampai saat ini taplaknya masih bagus loh, ibu saya hebat banget ngerawat dan nyimpennya hihihi.

Jadi yuk mari cus apa saja yang dibutuhkan buat bikin DIY nama flannel pada tas.

Bahan:
1. Kain flanel
Sebaiknya yang warnanya kontras dengan warna dasar. Misal merah diberi hitam, orange diberi hijau, kuning diberi biru, dan lain lain

Tas Afta
2. Benang yang kontras dengan warna flanel untuk memberikan kesan lucu dan imut #apasih
3. Jarum jahit dan jarum pentul
4. Spidol dan kertas putih untuk membuat pola

Pola dasar

Cara buat:
1. Tuliskan nama anak di kertas putih. Ini akan menjadi pola yang akan kita potong.
2. Gunting nama yang sudah kita buat tadi, lalu letakkan di kain flanel kemudian tusuk dengan jarum pentul supaya tidak berubah posisi. Setelah itu gunting kain flanel sesuai dengan pola.

Flanel siap tempel

3. Setelah kain flanel jadi, posisikan pada tas menggunakan jarum pentul. Nah, mulailah kita jahit di tas menggunakan tusuk feston.
4. Kerjakan hingga semua bagian flannel menyatu dengan tas.

Flannel nama sudah jadi

Simple banget yaaa...
Buat saya pribadi, ini memudahkan saat mau memasukkan buku atau peralatan sekolah, baju ganti maupun bekal ke tas anak anak dan nggak tertukar. Semoga bermanfaat yaa

Tas Afra yang sudah diberi nama

Bunda bunda gimana nih? Ada tips trick apa menyambut anak masuk sekolah?
Salam
/Aya

No comments:

Post a Comment