Friday, December 8, 2017

8 Kunci Sukses Menyusui hingga Menyapih - Jogja Oxytocin Journey

8 kunci Sukses Menyusui
Hai Bundas,

Berdasarkan data International Baby Food Action Network (IBFAN) 2014, Indonesia menduduki peringkat ke-3 terbawah dari 51 negara di dunia yang mengikuti penilaian status kebijakan dan program pemberian makan bayi dan anak (Infant-Young Child Feeding).

Kenapa bisa rendah begitu? Ternyata banyak ibu ibu yang mengikuti gerakan memberi ASI sebagai makanan terbaik bagi bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya.



Kali ini saya berkesempatan ikut dalam acara Meet Up Best Bunda yang bertajuk Jogja Oxytocin Journey bertempat di Uma Dapur Indonesia tanggal 2 Desember 2017 kemarin.

Jogja Oxytocin Journey adalah sebuah acara meet up komunitas pendukung ASI Best Bunda. Acara ini diisi dengan edukasi tentang menyusui dan piknik.

Seneng banget bisa ikutan acaranya karena dapat kesempatan mendengarkan materi tentang pentingnya menyusui oleh Ibu Arit Widowati, Sorang konselor ASI dengan 5 anak dan sedang mengandung anak ke enam, serta memiliki anak susuan berjumlah 14 orang.

Ibu Arit menjelaskan 8 tips menyusui
Tanpa komitmen kuat, rasa rasanya akan sulit ya menjalani proses menyusui yang memerlukan ASI berlimpah ruah. Nah melalui event yang berlokasi di venue yang instagrammable, kami merasakan nikmatnya berpiknik di Uma Dapur Indonesia, sehingga hormon okstosin, salah satu hormon penting dalam produksi ASI berproduksi melimpah.

Ternyata, ini adalah salah satu kunci sukses menyusui loh bunda. Jika bunda senang, maka hormon oksitosin yang memicu rasa bahagia akan dikeluarkan oleh tubuh. Perpaduan hormon oxytocin dan prolactin (yang dihasilkan dengan seringnya bunda memerah atau menyusui) akan melancarkan keluarnya ASI dari payudara.


Menandai 5 tahunan ASI Booster Tea, sebagai sponsor utama penyelenggaraan event, Jogja Oxytocin journey turut mengundang pemenang lomba foto #BanjirASI Tahap Tahap 2 dan para ibu dalam komunitas Best Bunda. Lomba foto testimoni tersebut masih berlangsung sekarang dan memasuki Tahap 3 langsung aja klik www.nakibu.com/lomba-foto.

Setelah pembukaan acara oleh ibu Li Partic, kami lagsung diajak masuk sesi diskusi dengan penjelasan surat Al-Baqarah ayat 233, Ibu Arit menjelaskan bahwa menyusui dengan keras kepala belumlah cukup. Usaha kita akan sempurna dan terasa lebih mantap jika melengkapinya dengan iman dantaqwa kepada Allah.

Ibu Li Partic membuka acara Jogj Oxytocin Journey
Nah ada delapan kunci sukses yang dipaparkan oleh Ibu Arit, saya jelaskan satu per satu ya bunda:

Kunci (1) Niat yang kuat
Mari kita buka kembali Al Quran surat dan ayat berikut ayat:
-Al Baqarah ayat 233
-Luqman ayat 14
-Ath-Thalaaq ayat 6
Lama masa penyusuan sampai 2 tahun. Baik itu menyusu pada ibu kandung maupun ibu susuan.

Tak hanya itu, hak ASI juga sangat diutamakan oleh Rasulullah dalam hadits-hadits. Salah satunya kisah wanita Al-ghamidiyah yang merupakan pezina. Diceritakan Rasulullah menunda hukuman hingga anak pezina tersebut bisa makan makanan di usia 2 tahun (disapih)

Tak hanya untuk muslim, dalam agama kristen pun terdapat petunjuk tentang Alkitab yang menjelaskan pentingnya ASI/menyusui bagi seorang bayi.
1. Petrus 2:2 menyebutkan bahwa ASI sangat dibutuhkan seorang bayi untuk tumbuh.
Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
2. Mazmur 22:10 menyebutkan bahwa dengan menyusui akan membuat seorang bayi merasa aman, karena dekat dengan ibunya.
Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.
3. Mazmur 8:2 menyebutkan bahwa pada mulut bayi dan anak yang menyusu Allah menaruh dasar kekuatan. Kekuatan di sini erat kaitannya dengan banyaknya kandungan zat antibodi/kekebalan tubuh dalam ASI
Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.
4. Hosea 1:8 menyebutkan bahwa setelah Gomer menyapih Lo-Ruhama, ia hamil untuk yang kedua kalinya. Hal ini mendeskripsikan bahwa menyusui merupakan metode kontrasepsi alami, ini sesuai dengan teori kebidanan, bahwa ibu yang menyusui bayinya secara penuh (setiap saat ketika bayi ingin hanya memberikan ASI saja tanpa tambahan apapun) sejak usia 0-6 bulan, akan menghambat masa ovulasi/menekan kesuburan (asalkan ibu belum menstruasi lagi).

Sesudah menyapih Lo-Ruhama, mengandunglah perempuan itu lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki.

Pojok Sehat ASI Lancar

Kunci (2) Yakin bahwa Allah menjamin rejeki anak sejak lahir dengan bekalnya: ASI dalam payudara Ibu.
Semua makhluk hidup dijamin rezekinya. Bahkan hewan melata tanpa kaki pun Allah jamin rejekinya. Rejeki bayi  adalah ASI yang diperoleh dari ibunya. Jadi bagi yang mengatakan ASI nya sedikit, perlu mulai belajar, bahwa Allah menciptakan jumlah ASI bertahap sesuai dengan besarnya lambung bayi.

Tubuh yang diciptakan sempurna oleh Allah ini dibekali dengan hormon hormon yang secara simultan memproduksi ASI. Prolaktin fungsinya memproduksi ASI dan oksitosin fungsinya mengeluarkan ASI dari payudara ibu.
Percuma jika ASI diproduksi banyak, tapi ibu dikejar target, stress, tegang dan sejenisnya. Sehingga ASI juga susah keluar.

Kunci (3) Windows Shopping Vendor Bersalin
Seperti ketika saya memilih rumah sakit bersalin, saya memastikan dokternya pro ASI dan pro IMD (bayi langsung ditaruh di dada ibu untuk mengenal bau dan mencari puting susu). Dengan dokter yang pro ASI dan pro IMD tentunya sudah satu langkah menuju sukses menyusui. Ditambah lagi jika rumah sakit melayani rawat gabung atau rooming in. Dengan metode ini, kapan saja bayi merasa ingin dekat dengan ibu dan ingin menyusu, tidak akan kesulitan. Bayi nyaman dekat dengan ibu, kenyang karena menyusui bisa sewaktu waktu.

Membawa bayi kemanapun kita pergi

Kunci (4) Kenali dan pahami kesalahpahaman saat awal kelahiran bayi: Tanda apakah ASI ku cukup?
Dalam 72 jam pertama kehidupannya, bayi akan sering menangis sebagai bentuk adaptasi karena kondisi di luar tidak sehangat dan senyaman dalam rahim. Hal ini kadang disalahartikan oleh ibu baru sebagai kebutuhan minum belum tercukupi. Lalu bunda galau saat disuruh menambah susu formula supaya bayi kenyang.

Hal ini bisa diatasi jika kita bisa mengukur kebutuhan ASI dari jumlah BAK bayi. Bayi umur 1 hari pipis minimal sekali, umur 2 hari minimal 2 kali. Umur 3 hari minimal 3 kali. 6 hari sampai 6 bulan pipis 6 kali sehari. Jika penambahan berat badan bayi sudah sesuai dengan grafik KMS atau sekitar 500gr/bulan maka berarti ASI sudah cukup.

5. Keajaiban Allah dalam ASI: Jumlah dan komposisi ASI sesuai kebutuhan dan masa pertumbuhan bayi.
ASI tiap ibu diciptakan spesial untuk anak anaknya. Bahkan ASI dari satu ibu untuk dua anak yang berbeda akan berbeda komposisinya. Pernah ada cerita seorang ibu yang menyusui anaknya yang sakit dan anaknya yang sehat, warnanya berbeda. Hal ini dikarenakan ada detektor air liur anak yang akan mempengaruhi komposisi ASI yang dihasilkan oleh ibu. ASI bayi 1 bulan, berbeda komposisinya dengan yang 6 bulan. Maka dari itu jika mau mencarikan donor sebaiknya disesuaikan antara usia bayi pendonor dan yang diberi donor.

Bersama team ASI Booster Tea dan para pejuang ASI

Kunci (6) Seputar Menyusui Bayi:
Terkadang ASI tidak bisa keluar dikarenakan posisi menyusui ibu yang belum tepat. Bayi tidak nyaman dan gelisah akan malas menyusu. Sebaiknya tempatkan bayi tummy to tummy dengan posisi ibu. Jika bayi sudah bisa mencari posisi nyamannya sendiri, maka biarkan bayi menyusu dengan posisi tersebut.

Problem saya ketika menyusui Shoji saat pertama kali adalah perlekatan yang tidak betul. ASI saya produksinya lancar, tapi keluarnya terhambat (membuat payudara saya bengkak) dan Shoji tidak bisa menyusu. Momen menyusui itu menjadi horor bagi saya, karena tiap melihat Shoji saya seperti melihat monster. Sakit sekali payudara saat dihisap Shoji. Setelah saya dan suami konsul ke konselor ASI dan diajarkan soal perlekatan, ternyata Shoji langsung bisa menyusu dengan nyaman dan ASI dari payudara saya yang bengkak perlahan lahan keluar juga. Shoji kenyang dan saya juga lega.

Bayi tidak bisa menyusu bisa juga disebabkan oleh adanya tongue tie. Ini adalah semacam tali di bawah lidah atau di bibir atas yang menyulitkan lidah bayi untuk menekan payudara dan sulit menyusu. Sebaiknya segera diatasi dengan operasi pemotongan tali untuk memudahkan bayi menyusu.

Jalan jalan salah satu pelancar hormon oksitosin

Kunci (7) Permasalahan seputar menyusui
Ada banyak faktor pendukung agar ibu dapat menyusui. Misalnya lingkungan seperti ayah ASI, nenek ASI, atau orang di sekitar ibu yang mendukung suksesnya ASI sangat berperan. Faktor lainnya adalah hal yang mempercepat dan memancing produksi hormon prolaktin, disebut dengan laktagog (galactagogue).

Jangan lupa ada suatu protein yang menghambat ASI yang dinamakan FIL (Fedback Inhibitor of Lactation). “FIL ini akan aktif jika ibu lama tidak menyusui. Produksi ASI akan dihambat. Jadi normalnya ibu menyusui harus menyusui atau mengleuarkan ASI-nya 8-12 kali sehari.” ujar Li Partic yang juga konselor menyusui dan childbirth educator itu.

ASI booster tea pelancar ASI

Kunci (8) Mengenali tanda ASI cukup
Bayi yang cukup ASI akan merasa nyaman dan menyusu dengan tenang. Bayi bisa langsung tertidur karena dalam ASI ada hormon endorfin. Buang air kecil lebih dari 6 kali sehari dengan warna urin tidak pekat dan bau tidak menyengat. Bayi akan melepas sendiri mulutnya dari payudara jika ia sudah puas menyusu. Pertambahan berat badannya naik sesuai dengan grafik di KMS 500gr - 1kg/bulan pada trimester pertama. Bayi akan BAB 2x sehari dengan fases berwarna kuning atau gelap dan lebih cerah setelah hari ke 15.


Tentang ASI Booster Tea
ASI Booster Tea adalah minuman pengganti teh untuk ibu menyusui. Dengan formulasi rempah-rempah yang tepat, dapat membantu meningkatkan produksi ASI hingga 900%. Tersedia dalam bentuk biji-bijian rempah-rempah (ASI Booster Tea) dan minuman serbuk praktis (ABT Superdrink).

ASI Booster Tea pertama dilaunching tahun 2012. Teh rempah ini merupakan teh pelancar ASI pertama di Indonesia. Bentuknya biji-bijian. Cara pakainya direbus kurang lebih 5 menit atau sampai mendidih, lalu diminum sarinya. Bisa ditambah gula, madu atau pemanis lainnya.

Rempah rempah yang digunakan antara lain: habatussauda, fenugreek, fennel, moringa, anise, alpinia powder, dan cinam verum powder. Habatussauda dan fenugreek setahu saya adalah thibbun nabawi atau obat obatan cara nabi. In Sha Allah halal, aman, sehat.

Tahun 2017, diluncurkan produk baru berupa minuman serbuk yang mengandung rempah-rempah praktis, bernama ABT Superdrink. Tinggal Tuang, Aduk, Minum. Dapat langsung dituang pada minuman yang sudah jadi seperti jus, susu, dll.

Jika bunda ingin nyemil sehat sekaligus melancarkan ASI, ada nih Rufani Snack. Snack MPASi pertama tanpa gula dan MSG yang bernutrisi tinggi. Mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan lemak.

Untuk info lebih lengkap, bisa langsung hubungi:

Website: www.asi.web.id
Facebook: http://fb.me/asi.web.id
Instagram: http://instagram.com/asiboostertea
Twitter: http://twitter.com/sumberinfo_ASI

Salam ASI
/Aya

No comments:

Post a Comment