Wednesday, November 7, 2018

Hai, Bunda dengan Anak Istimewa, Yuk Bahagiakan Dirimu.


Hai,
Ketemu lagi nih sama curhatan bunda Shoji Rey Aisha kali ini. Beberapa waktu lalu ada seorang bunda anak istimewa yang DM saya. Katanya dia merasa terganggu dengan stigma yang katanya "Anak berkebutuhan khusus itu akibat dari kesalahan orang tuanya di masa lalu."


Inhale...exhale...inhale...exhale...lalu istighfar.
Serius? Jaman begini masih ada yang tega bilang begitu sama orang tua ABK?

Bunda ini malah cerita kalau ini adalah ucapan dari seorang ustadz di pengajian yang dia datangi bersama ibunya. Setelah kejadian itu, hal ini selalu diungkit ungkit dan membuat bunda ini gak nyaman.

Bukan gimana-gimana sih, iya kalau posisi sang Ibunda sudah settle, sudah bisa menerima kondisi anaknya mungkin gak masalah. Tapi untuk seorang ibu yang baru dapat diagnosa, duuh...pasti rasanya pengen nyakar-nyakar. Bukan nyakar orang lain, tapi diri sendiri mungkin.

Nggak ada yang bilang gak boleh, boleh kok. Tapi dilihat dulu kondisinya kali yaaa...

Hmmm...
Saya diminta membahas soal berat macam ini rasanya pengen lambaikan bendera putih saja deh. Etapi ini bukan uji nyali deng. Baeqlaa...saya coba bikin jawaban versi Bunsho yaaa, kalau ada salah-salahnya atau ada yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wednesday, October 17, 2018

Ketika Terapi Anak Melelahkan Jiwa Raga



Hai Bunda,
Udah lama banget nih gak cerita perkembangan Aisha yaa. Bundanya nih lagi jumpalitan banyak amanah. Alhamdulillah udah mulai berkurang dikit dikit, jadi mau sharing aliyas curcol soal terapi Aisha saat ini. 

Beberapa kali ditanya, "Sekarang Aisha udah bisa apa?" itu membuat saya jadi bingung jawabnya. Karena jujur kondisi Aisha saat ini tidak juga terlalu berbeda dengan 2,5 tahun lalu. Jadi kalau ditanya pas usia 6 bulan, saat ini ya kurang lebih saat ini Aisha masih seperti itu.

Aisha si gadis berbackslab

Mandi masih dimandikan, pipis masih di pampers, makan masih pakai selang dan masih konsumsi bubur bayi 0-6 bulan. Angkat kepala stabil saja belum, apalagi ditanya "Sudah bisa jalan?" . Sebenernya gapapa sih, cuma namanya bukibuk kalau lagi mellow ya, pertanyaan itu akan jadi pertanyaan yang sungguh intimidatif.
"Memangnya Aisha gak diajarin jalan ya? Atau terlalu sering digendong? Atau jangan jangan gak pernah diajakin ngomong makanya belum bisa bicara sampai sekarang?" Lalu saya merasa pengen nyiram yang nanya pake air rendaman kuas sisa bikin handlettering.

"Anaknya si A itu juga terlambat kok, tapi rajin terapi sekarang udah bisa lari lari, lompat lompat, kayang dan terbang #ehh" ya itu sih karena memang derajat kerusakan otaknya berbeda ya. Anak sempurna mah, kadang udah bisa jalan sendiri padahal orang tuanya gak pernah ngajarin jalan, "Tau tau udah jalan aja gitu lho mba...padahal gak aku apa apain" Lalu disitu saya merasa nggondhuk.

Tapi sudahlah, hempas syantik saja yah yang model begitu, mari fokus pada apa yang bisa kami kerjakan untuk membantu tumbuh kembang Aisha.


Pojok Latihan

Peralatan terapi

Untuk mengimbangi dan sekaligus membuat latihan Aisha makin intensif, kami menyiapkan aneka peralatan pendukung yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan stimulasi tumbuh kembangnya. Diantaranya adalah alat alat yang biasa ada di tempat terapi Aisha. Istilahnya kami membuat sudut terapi sendiri untuk Aisha, meski belum lengkap, tapi cukuplah untuk bisa tetap latihan di rumah.

Standing Frame
Ini adalah papan dengan sabuk untuk menopang tubuh Aisha. Kami pilih yang warna pink, biar cerah ceria selama terapi dong ah. Standing frame ini hadiah dari teman teman SMA bunda. Diharapkan dengan latihan ini, Aisha terbiasa dengan posisi berdiri tegak. Aisha saat ini paling hanya tiduran dan duduk di stroller, nah dengan alat ini Aisha akan merasakan sensasi berdiri diatas kakinya serta menguatkan telapak kaki dan membiasakan kaki untuk menopang tubuhnya.

Backslab
Backslab adalah alat bantu ortopedi sebagai penyangga lutut atau lengan terutama pada kasus Cerebral Palsy. Punya Aisha warna ungu. Ini kado dari terapisnya Aisha mba Hikmah pas ultah Aisha yang ke dua. Ada dua macam backslab yaitu elbow backslab dan knee backslab. Backslab diperlukan untuk Aisha yang belum bisa mengunci bagian lutut dan lengannya sewaktu latihan.

Kalau latihan berdiri, Aisha pakai backslab di lutut untuk menjaga kakinya dalam posisi lurus sementara saat latihan on hands, Aisha pakai backslab di lengan. Alat ini terbuat dari kain beludru atau kulit sintetis yang melapisi plat besi pada bagian dalamnya.

Gym ball untuk terapi

Gym ball
Gym ball warna hijau ini dipakai Aisha untuk latihan vestibular. Gym ball juga hadiah dari Tante Dhewi, salah satu sahabat bunda. Sistem vestibular adalah sebuah sistem yang bertanggungjawab terhadap orientasi tubuh dalam ruangan, baik saat kita sedang duduk, berdiri, tidur, dan lain sebagainya. Sistem ini menilai bagaimana posisi tubuh berdasarkan gerakan dan posisi kepala.  

Secara fungsi, sistem vestibular sendiri berperan dalam keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh. Tanpa sistem ini, kita akan terlihat serupa orang mabuk dan mudah jatuh. Orang yang sistem vestibularnya terganggu akan merasakan ruangan seolah terus berputar, persis seperti orang mabuk atau terpengaruh alkohol. 

Untuk anak CP seperti Aisha, menjaga keseimbangan kepala adalah hal yang butuh perjuangan ekstra, maka dari itu, Aisha harus dilatih untuk memperbaiki sistem vestibularnya.

Sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis)
Ini adalah sepatu cantiknya Aisha. Sebenarnya AFO ini milik Akalil, sahabat Aisha di tempat terapi, tapi karena sudah tidak muat, jadi dipakai Aisha sebagai benda hibah. Digunakan untuk koreksi posisi telapak kaki Aisha yang kurang baik. Aisha masih suka jinjit-jinjit karena ada spastic juga. Nah untuk mengurangi jinjit jinjit ini, maka sebaiknya dipasang AFO supaya Aisha terbiasa dengan posisi kaki normal.

Terapi 

Terapi untuk penglihatan
Selain athropy, spastic, Aisha juga low vision alias kesulitan melihat benda. Saat ini Aisha hanya mengenali gelap terang, jadi mungkin Aisha belum bisa melihat wajah cantik bundanya yaaa. Gak usah lah ya, Sha. Tetep lebih cantik Aisha kemana mana deh. Untuk latihan penglihatan, saya bantu dengan terapi warna kontras. 

Alhamdulillah dapat buku dari mba Ayu mamanya Shita yang bisa dipakai untuk stimulasi kontras warna hitam putih. Kata mba Ayu, bisa juga pakai gambar monokrom yang di print sendiri.

Selain itu, kami juga beri terapi untuk mata Aisha menggunakan cahaya dan warna dari plastik mika warna warni. Terapi cahaya ini kami praktek dari buku Glenn Doman " Apa yang dapat Dilakukan pada Anak Anda Yang Cedera Otak" halaman 191. 

Teknisnya seperti ini:
1. Aisha disiapkan di ruang gelap dengan senter sekitar 20 cm dari matanya.
2. Sorotan cahaya ke mata kanan 2 detik sambil berkata "ini cahaya" (tutup mata kiri)
3. Matikan senter selama 5 detik
4. Lakukan hal yang sama ke mata kiri
5. Lakukan selama 60 detik
6. Istirahat 5 menit setelah lengkap satu sesi
7. Lakukan selama 4 sesi.
Jika refleks cahaya semakin baik, diharapkan peluang Aisha melihat garis bentuk juga membaik.

Metode HTHT dengan Bu Octorina

HTHT
Saat ini kami juga menerapi Aisha dengan metode kombinasi sentuhan dan musik sebagai bentuk terapi fisik dan hypnotherapy. Metode ini sebagai bentuk ikhtiar kami untuk mengatasi kejang Aisha yang tidak terkontrol obat. Terapi ini hanya membutuhkan waktu 10 menit setiap treatment dan kurang dari  1jam untuk keseluruhan terapi dalam sehari. Kuncinya adalah selalu konsisten dan disiplin.

Menjaga stamina a la saya
Jangan dikira dalam sehari cuma pegang Aisha terus ya buibu hehehe. Saya masih punya anak dua lagi yang masih dalam tahap semangat semangatnya mencoba berbagai eksperimen. Mulai dari proyek membuat tugas sekolah sampai eksperimen di sekitar rumah. Karena kami juga nggak punya ART, beberapa pekerjaan rumah juga tetap harus dikerjakan, berbagi dengan suami. Ingat, berbagi dengan suami, bukan berbagi suami hihihi. Beda loh artinya.

Nah, untuk jaga stamina tubuh, mau gak mau tetep kudu punya suplemen kan? Kadang karena saya terlalu banyak aktivitas, jadi mudah kecapekan. Kalau udah gitu, terus telat makan, lalu maagh-nya kambuh, habis itu metabolisme tubuh terganggu dan insomnia. 

Herbadrink Sari Temulawak

Kata ibu saya, temulawak itu punya banyak manfaat untuk kesehatan. Yes, kami memang aliran penyuka pengobatan alami. Punya tanaman obat juga di halaman. Ada jahe, temulawak, kunyit dan daun sirsak.

Tentang Temulawak
Sebagai tanaman asli Indonesia, Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan yang berbentuk akan dan rimpang. Termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan dibudidayakan.Sejak dulu manfaat temulawak dipercaya mampu membantu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), gangguan kantong empedu, dan penyakit liver. 

Kondisi ini umumnya diiringi gejala-gejala seperti kembung, nyeri ulu hati, dan mual. Ini sering saya rasakan kalau saya udah mulai overload kerjaan dan kecapekan. 
Saya kalau sudah kecapekan dan banyak pikiran biasanya juga jadi suka lupa makan. Kok rasanya gak berselera gitu lho. Padahal penting banget ya jaga kondisi dengan makan teratur.

Ternyata temulawak juga diklaim mampu meningkatkan nafsu makan dan merangsang produksi empedu. Dari penelitian yang dilakukan,  temulawak berpengaruh pada metabolisme lemak. Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh. Dari situ ditemukan bahwa temulawak mengandung bahan aktif selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Secara sistematis, temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak temulawak, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

Wuih, jadi sudah pas lah saya mengkonsumsi temulawak sebagai booster alami ya. 

Selain itu aneka manfaat temulawak yang lain adalah:
  • Sebagai Antioksidan
  • Memelihara fungsi hati
  • Mencegah darah kotor
  • Melancarkan haid
  • Obat untuk jerawat
  • Obat untuk komedo
  • Mengurangi radang sendi
  • Membersihkan wajah
  • bahan herbal kecantikan
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah insomnia
  • Meredakan derita asma

Herbadrink Sari Temulawak

Kadang dengan seabrek pekerjaan, suka agak ribet bikin minuman temulawak sendiri. Tapi nggak usah khawatir karena sekarang ada temulawak yang sudah dikemas dan siap saji dari Herbadrink Sari Temulawak. Dengan manfaat temulawak alami dan kandungan khasiat yang terjaga, Herbadrink temulawak lebih praktis untuk dikonsumsi. Cukup larutkan satu sachet Herbadrink ke dalam 150 ml air hangat atau air dingin dan bisa segera dinikmati.

Komposisi Herbadrink Sari Temulawak:
Ekstrak Curcuma xanthorrizha Rhizoma 2,2 gr setara dengan 800 mg rimpang segar temulawak, gula, dan bahan lain.

Manfaat Herbadrink Sari Temulawak
Minuman herbal ini dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia yang diproses melalui teknologi modern dan diolah dari bahan bahan pilihan. Berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan hati dan memperbaiki nafsu makan.

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan tubuh secara alami dengan Herbadrink Sari Temulawak yaaa.
Salam Sehat
/Aya

Thursday, October 4, 2018

Butuh Obat di Malam Hari? K24Klik.com Saja! Layanan Kesehatan 24 Jam dalam Satu Genggaman


Butuh Obat di Malam Hari? K24Klik.com Saja! Layanan Kesehatan 24 Jam dalam Satu Genggaman

Sakit bisa datang tiba-tiba tanpa permisi, bahkan saat tengah malam dan kita tidak punya persediaan obat yang tepat untuk mengatasinya. Kalau butuh obat di malam hari begini, apa yang bisa kita lakukan? Sedangkan saat itu tidak mungkin untuk keluar rumah malam-malam dan mencari apotek yang buka. Kalau pun kita beli obat ke Apotek, belum tentu obat yang kita cari tersedia di sana. Bisa dibayangkan, berapa banyak waktu terbuang hanya untuk mengunjungi satu apotek ke apotek yang lain demi mendapatkan produk kesehatan yang kita butuhkan?

Saat butuh obat di malam hari seperti ini, layanan pengiriman obat sangatlah dibutuhkan. Namun, meski menyediakan layanan delivery, tidak semua apotek melayani pengiriman pesanan obat di atas jam 10 malam. Ditengah kebingungan kita terhadap kebutuhan kesehatan yang mendesak seperti  ini, hadirlah K24Klik.com sebagai solusi. K24Klik.com merupakan  apotek online yang melayani pemesanan dan pengiriman obat selama 24 jam nonstop dalam 7 hari.

Layanan Antar 24 jam


Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan yang beragam, K24Klik bekerjasama dengan jaringan luas Apotek K-24 dan Apotek mitra di seluruh Indonesia. Sebagai apotek online terlengkap di Indonesia, K24Klik.com selalu berusaha memenuhi pesanan obat pelanggan setianya. Sehingga kita tidak perlu berkunjung dari satu apotek ke apotek lainnya untuk mencari produk kesehatan yang kita butuhkan.

Offline store K24Klik

Selain layanan pemesanan obat yang 24 jam, K24Klik.com juga menyediakan layanan live chat. Melalui live chat ini, kita dapat berkonsultasi dengan Health Consultant. Apa saja konsultasi yang dilayani? Segala informasi yang berkaitan dengan produk kesehatan seperti aturan penggunaan, efek samping maupun produk pengganti yang tepat, dan konsultasi tentang penyakit ringan. Sedangkan untuk penyakit berat yang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, kita akan tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Live Chat K24Klik
 
Sama halnya dengan layanan pemesanan obat, live chat dengan Health Consultant ini juga dilayani selama 24 jam nonstop. Di dalam live chat ini terdapat 3 departemen yang bisa kita pilih, yaitu konsultasi obat, pelacakan pesanan, juga departemen saran dan komplain. Menu live chat dapat dijumpai pada tampilan dekstop maupun aplikasi android dan iOS  . Lengkap dan praktis bukan? Yuk, download aplikasi K24Klik.com untuk kebutuhan kesehatan dalam satu genggaman. Dengan K24Klik.com, kita tidak perlu khawatir lagi saat butuh obat di malam hari.




Sunday, September 30, 2018

Rumah Mba Ayu Staycation Instagramable


Rumah Mba Ayu
Hai...
Siapa yang disini hobby ngumpulin foto cakep buat dipajang di instagram? Saya ngacung tinggi lahh...hihihi. Siapa sih yang gak seneng dengan yang indah indah? Allah aja suka segala sesuatu yang indah kan? Jadi wajarlah manusia juga demen yang indah indah.

Nah, Instagram benar benar memfasilitasi kebutuhan ini dengan baik. Berbeda dengan Facebook yang lebih banyak cerita personal atau kadang curhatan dan informasi dalam bentuk tulisan, bahkan teaser novel yang dibikin berseri sehingga bikin orang kepo untuk balik dan balik lagi ke akun sang novelis. Btw, sudah PO Elena? #ehh...

Balik ke Instagram. Begitu kita membuka akun, yang tampak berjejer adalah gambar-gambar yang bahkan bisa ditata dulu peletakannya pakai aplikasi supaya terlihat cantik, menarik, ciamik penuh estetik. Karena itulah semua orang berlomba-lomba memberi inspirasi dengan meletakkan foto-foto terindahnya di laman Instagram mereka.

Tak terkecuali saya dong hohoho #ngaku. Spot indah selalu menarik untuk dipandang dan dipajang di IG. Buat kenang-kenangan sekaligus merasakan seninya membuat foto jadi cakep. Mulai dari cari background kece, crop sana sini sampai naik turunin hue, saturasi, highlight, yekaaan?

Tuesday, September 11, 2018

Bullet Journal, Simple Step to Organize Your Life.

Pic: @bookpacker

Hai Bunds,
Ada yang baru denger namanya bullet journal? Jujur saya juga baru denger sekarang. Dalam hati bertanya-tanya, seperti saat kita lagi ngecengin cowok lalu kepo dia udah punya pacar atau belum #ehh. Lalu kekepoan saya terjawab ketika saya berseluncur di IG lalu menemukan berbagai bentuk bullet jounal.
Penampakannya ternyata seperti ini sodara sodara...jeng jeng jeng gubrak gubrak #SYahriniModeOn

Yang angkatan 90 an mana suaranya? Ayok ngacung jangan malu-malu. Kita meskipun sekarang sudah matang #uhuk... tapi disebutnya generasi paling bahagia loh. Di jaman saya SMA ternyata saya udah kenal yang namanya bullet journal a.k.a organize a.k.a planner. Nah, sekarang lagi in dengan sebutan Bullet Journal atau disingkat BuJo.
Bujo ditemukan oleh Ryder Carrol, sorang pria yang memiliki kesulitan belajar ketika kecil namun akhirnya menemukan cara belajar dan mengorganisisr aktivitas kesehariannya dengan simbol simbol tertentu. Dia adalah seorang digitar product designer yang tinggal di Brooklyn, New York.  Jurnal yang dibuat dengan perencanaan yang memungkinkan kita untuk merencanakan masa depan, melacak yang lampau dan mengkontrol kondisi saat ini.

Friday, September 7, 2018

Collect Memories Not Things with ASUS

Collect memories not things

Credit: @yoannafayzadotcom

Hai Bunds,
Mau cerita dikit yaaa. Niatnya dikit, nanti kalau endingnya panjang harap sabar, ini cobaan. Etapi cobaan yang menyenangkan mah gapapa kan ya?

Kemarin sempat ngomongin soal memories dan memorabilia sama temen temen geng emak-emak ayu. Intinya kita semua pernah punya satu buku yang menyimpan banyak kenangan. Kalah bahasa kerennya anak sekarang namanya "Bullet Journal". Nah, sebenarnya kenapa juga mesti nyimpenin barang semacam tiket nonton, struk abis makan, tiket kereta api atau tiket pesawat kalau kita pergi plesiran? Ya intinya itu cara kita mengingat kenangan kan ya?


Nah gak jauh jauh soal kenangan indah, buat saya sih udah bukan jaman kali ya ngumpulin barang-barang memorabilia. Meskipun jujur saya pernah juga sih bikin begituan jaman masih pake putih abu-abu. Lalu tiba-tiba ada lagu mengalun...

" Dulu kita masih remaja...Usia anak SMA..." tsaaahh....

Sunday, August 26, 2018

Makna Kemerdekaan untuk Aisha


Memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia, 17 Agustus 2018 kemarin, seolah menjadi refleksi bagi saya selaku orang tua dari tiga anak istimewa. Semua anak adalah istimewa, tentu saja. Masing masing juga memiliki kebutuhan khusus dalam porsinya. Sedikit cerita, Aisha terlahir dengan Cerebral Palsy, artinya ada cedera di bagian otak yang membuatnya memiliki keterbatasan dalam mengatur dan mengarahkan bagian syaraf motorik dan sensoriknya.

Terdengar seram ya? Padahal sih saya kalau lihat Aisha cuma kaya bayi dalam ukuran besar hehehe. Secara fisik dia seperti anak 3 tahun pada umummnya, namun untuk kemampuan, dia masih seperti bayi usia 3 bulan. Bedanya, bayi 3 bulan bisa menyusu dan akan bertumbuh serta bertambah kemampuannya sesuai usianya. Aisha minum dan makan lewat selang karena kemampuan menelan dan mengunyahbelum bagus. Sebagai anak dengan kebutuhan special, tentunya tidak lepas dari yang namanya perawatan dan satu paket juga dengan biaya perawatannya.

Wednesday, August 22, 2018

Silaturahmi Berbonus Wisata ke Bekasi

Source: freepik.com

“A happy family is but an earlier heaven.” —George Bernard Shaw

Berawal dari sebuah sapaan dari sepupu tercinta di DM Instagram, entah kenapa naluri mellow saya keluar. Terakhir kami bertemu ketika saya ada acara di Jakarta, tepatnya dua tahun lalu untuk jadi narasumber di acara Michael Tjandra Luar Biasa. Itu pun hanya sebentar, curi-curi waktu ketika dia liputan juga di daerah Tebet. Dia adalah salah satu wartawan ibukota yang sigap mengejar berita. Setelah itu kami belum pernah bertemu lagi.

Jakasampurna, Bekasi sempat menjadi tempat singgah saya selama liburan sekolah panjang. Bersama dua sepupu saya Ira dan Ayi, kami berbagi keceriaan masa kecil. Mulai dari memberi nama anak anak anjing dengan nama yang lucu lucu, sampai jalan jalan ke Mall berdua naik angkot sekedar beli majalah berisi poster idola idola remaja yang lagi hits pada jamannya.

Sunday, August 5, 2018

Barista Inklusi, Kesetaraan dalam Secangkir Kopi


Jadilah seseorang seperti kopi
Yang akan menyebarkan harum dan menghitamkan air yang merebusnya.
-anonim-

Saya pernah dengar filosofi kopi seperti quote diatas. Cerita lengkapnya panjang, tapi singkatnya seperti ini. Wortel, telur dan kopi ketika diolah maka akan memberikan hasil yang berbeda. Wortel yang tadinya keras, jika direbus akan menjadi lunak dan lembek. Telur yang tadinya lembek jika direbus akan jadi keras. Jadi air panas itu jadi semacam penggambaran untuk tantangan, rintangan, segala bentuk kesulitan yang dihadapi dalam hidup.

Saturday, August 4, 2018

Digibank, Aktivitas Perbankan dalam Genggaman Tangan


Bang bing bung yook...kita ke Bank
Bang bing bung yook...kita nabung
Tang ting tung hey, jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung.

(Mari menabung, )

Menabung sudah menjadi budaya bagi bangsa Indonesia. Mulai dari yang paling sederhana sesimpel menyimpan uang di bawah bantal atau laci lemari, hingga menggunakan fasilitas deposit bank untuk surat surat berharga. Menabung juga merupakan salah satu bentuk strategi menjaga cashflow alias aliran keuangan dalam rumah tangga.

Saya ingat sekali awal saya membuka tabungan di sebuah bank, yang awet dan suvive sampai saat ini, pada usia 8 tahun atau kelas dua SD. Saya jadi tertarik menabung karena saya membaca sebuah artikel di majalah Bobo (whuaaa...ketebak deh saya angkatan lama) yang mengisahkan seorang anak yang mendapatkan bunga setelah menabung di bank.

Keuntungan dan teknologi digibank by DBS

Friday, August 3, 2018

SD Pedagogia Labschool FIP UNY

Foto Kelas di SD Pedagogia Labschool

Hari ini hari pertamaku
Hari pertama ke sekolah
Senangnya hatiku diantar ayah ibu, pergi berangkat ke sekolah
Senangnya hatiku bertemu teman baru, guru baru tentulah ramah
Ayo ke sekolah....
Ayo ke sekolah...

Cuplikan lagu diatas pasti gak asing ya? Yup itu adalah lagu yang dinyanyikan Shoji dua tahun lalu ketika masuk ke TK A. Dan saat ini tidak terasa Shoji kecil sudah lebih dewasa (sedikit) dan sudah masuk SD.

Banyak yang bertanya dimana sekolah Shoji yang sekarang. Karena realitanya memang tidak banyak sekolah inklusi yang menerima ABK (anak berkebutuhan khusus), ramah ABK (dan ramah di kantong orangtuanya). 

Bukan tanpa survey kami akhirnya menjatuhkan pilihan pada sekolah Shoji saat ini. Awalnya berbekal rasa galau yang melanda hebat, seperti saat harus memilih cari calon suami baru atau balikan sama mantan #ehh

Friday, July 27, 2018

Napak Tilas Sejarah Budaya, 100 tahun The Phoenix Hotel Yogyakarta


Pulang ke kotamu
Ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna...
(Yogyakarta - KLA Project)

Kutipan lagu Yogyakarta dari KLA Project ini adalah salah satu timeless song favorit saya. Selain karena bercerita tentang kota kelahiran saya, pun di dalamnya, KLA berhasil menggambarkan nyawa kota Jogja dengan apik dan cantik.

Jogja identik dengan kota kecil yang nyaman, merangkul berbagai atribut penduduknya yang memang beragam. Yogyakarta bak Indonesia kecil yang tetep konsisten menjaga dan melestarikan ragam budaya yang memang tak pernah lekang dimakan waktu. Yogyakarta sendiri pada tahun 1946 pernah menjadi ibukota negara. Ini juga menambah nilai Jogja sebagai kota istimewa pastinya. Menurut Bung Karno, pilihan ini jatuh ke Yogyakarta karena saat itu Yogya merupakan daerah yang paling siap dari sisi politik, ekonomi hingga keamanan. 

Bicara tentang Jogja, juga tak luput dari keberadaan tugu Jogja yang sangat iconic. Seakan semua mata wisatawan maupun warga Jogja sendiri tak pernah lepas dari monumen bersejarah ini. Seperti juga tugu Jogja, ternyata disampingnya berdiri sebuah bangunan yang saat ini memasuki usia 100 tahun. Adakah yang bisa menebak bangunan apa yang saya maksud?

Friday, July 6, 2018

Kenali 5 Karakter Anak Generasi Maju



Halooo Bunda,
Sebagai orang tua, tentu saja mendambakan anak anak yang siap baik secara mental dan fisik menghadapi dunia luar pada zaman mereka nantinya. Sebagai generasi Z, anak anak masa kini sudah tak bisa dielakkan dari keberadaan gawai. Pe Er banget buat saya juga ini. 

Sebagai pendukung stimulasi tentunya keberadaan gawai ini baik, namun jika berlebihan, tentu saja ada efek samping yang harus ditanggung anak dan orangtua di masa depannya nanti.

Lalu, bagaimana seharusnya kita menyiapkan anak anak kita untuk bisa menghadapi tantangan kehidupannya kelak ya? Pfiuh. Buat saya pribadi, mendidik anak itu kuncinya main tarik ulur. Gimana juga saya tetap manusia biasa yang pasti ada capeknya, ada gak sabarnya, ada marah marahnya, ada tampang singanya. Wajar! #NgomongSambilNyruputKuahIndomi.

Wednesday, June 6, 2018

Belajar Bikin Foto Cakep bareng Chef Harisatu Zakaria


Belajar Bikin Foto Cakep bareng Chef Harisatu Zakaria

Seni memotret makanan saat ini sepertinya sedang manjadi tren di masyarakat. Terkhusus di Indonesia. Tampak dari feed Instagram yang mulai berlomba lomba menjajarkan barisan foto-foto makanan ciamik yang tentunya dijepret untuk membuat feed makin kece.

Food Photography IG @Shoreafood

Tren foto makanan di Instagram ternyata tidak melulu dihadirkan oleh produk makanan semata, oleh fotografer professional, namun juga blogger dan Influencer mulai mempelajari teknik memotret makanan sebagai bekal untuk menghias tampilan blog maupun istagramnya. Tak dipungkiri bahwa hasil foto yang ciamik tentunya memberi nilai tambah pada postingan kita sebagai blogger dan influencer.

Sunday, June 3, 2018

Jelajah Citarasa Hidangan Empat Pulau di Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro


Jelajah Citarasa Hidangan Empat Pulau di Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro.

Haluuuu
Apa cuma saya yang merasa, Ramadhan di Indonesia identik dengan acara buka bersama. Mungkin ini karena orang Indonesia sangat senang silaturahim ya. Bahkan saya sempat mendapati anekdot selama 30 hari Ramadhan sudah ada jadwal buka puasa di luar rumah tiap hari. Ada yang dapat juga? Mulai dari kumpul keluarga, teman kantor, reuni teman SD, SMP, SMA hingga arisan kampung tak ketinggalan diadakan momen buka puasa bersama.

Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman berbuka bersama teman teman blogger di Resto Malabar Horaios malioboro Hotel. Dulu, hotel ini bernama @Hom Platinum Hotel. Nah, dengan brand baru ini, Horaios ingin memberikan suasana baru, namun tetap terbaik tentunya, untuk customer. Horaios adalah hotel bintang 3 yang terletak di Jalan Gowongan Kidul No 57 Yogyakarta. Letaknya yang cukup strategis di kawasan Stasiun Jogja, memungkinkan pengunjung untuk bisa menjangkau Malioboro dengan jalan kaki saja.

Saturday, June 2, 2018

Bilingual? Yup or Nope.

Sumber 123rf.com
Bilingual? Yup or Nope.

Sejak kecil entah kenapa saya memiliki ketertarikan khusus pada bahasa Inggris. Saya mulai kenal bahasa Inggris dari acara TV Sesame Street kalau nggak salah. Di kelas 2 SD saya sudah mulai bisa baca. Jadi saat acara ditayangkan dengan bahasa Inggris, saya membaca artinya di teks.

Dulu ketika kelas 2 SD, saya belajar Bahasa Inggris tanpa tau penulisannya seperti apa, jadi saya tulis berdasar apa yang saya dengar. Misal kupu-kupu saya tulis baterflai. Saya bikin semacam kamus untuk kata kata bahasa Inggris yang saya dengar. Belum urut alphabet, hanya kumpulan kata kata dalam bahasa Indonesia yang disandingkan dengan bahasa Inggrisnya.

Friday, May 11, 2018

Workshop Menghias Jar di Lancar Paint Expo 2018

Workshop Menghias Jar di Lancar Paint Expo 2018


Hai Bunds,
Beberapa waktu terakhir saya menghabiskan waktu untuk window shopping aneka perlengkapan home decor yang sungguh unyu unyu tingkat dewa. Sesekali hanya menyimpan screenshoot dekorasi ruang yang ciamik, dan (entah kapan) kelak bisa jadi sumber inspirasi saya dalam mendekor rumah.

Untuk ibu rumah tangga yang sering berjibaku di dapur, tentunya melihat penampakan dapur yang cantik adalah sebuah nilai tambah untuk menciptakan kreasi masakan level koki jebolan MasterChef Indonesia.  Well, teorinya demikian, tapi prakteknya, saya akan lebih senang mengagumi tempat bumbu kicik kicik cantik daripada menggunakannya untuk meracik bumbu aneka masakan. Ah biarlah.

Thursday, May 10, 2018

Pertimbangan Memilih Sekolah untuk Anak Berdasar Usia


Pertimbangan memilih sekolah untuk anak berdasar usia

Hai Bunda
Kali ini #SelasaBercerita #ObrolanRumahTangga hadir lagi. Sekalian saya barengin sama #KEBloggingCollab karena temanya kebetulan senada. Kalau untuk postingan triggernya dari sini nih


Jadi mau ngebahas soal perlakuan anak menurut usianya. Karena Shoji dan Rey ini bedanya cuma 22 bulan, jadi sebenernya gak jauh jauh amat sih beda umurnya. Tambah lagi mereka satu ukuran, jadi sering dikira anak kembar. Sepertinya untuk orangtua dengan anak berjenis kelamin sama plus usia gak jauh beda, keduanya akan lebih suka memiliki benda benda yang sama.

Saturday, April 28, 2018

Cara Menyiasati Gamis Hitam Polos jadi Model Baju Terbaru


Dok Pribadi. Credit: @yoannafayza

Cara Menyiasati Gamis Hitam Polos jadi Model Baju Terbaru

Model Baju Terbaru - 

Hai Bunda, 
Kali ini saya pengen ngebahas soal gamis hitam polos nih. Mengingat ini adalah gamis sejuta muslimah yang hampir semua punya di lemari bajunya. Iga kan?

Hitam biasanya identik dengan warna yang menyimbolkan duka, tidak jarang pula pakaian berwarna hitam dikenakan pada saat acara melayat. Padahal sebenarnya jika kita mau melihat lebih mendalam, pakaian dengan warna hitam ini berkarakter dan sangat elegan.

Wednesday, April 11, 2018

ASUS ZenPower Slim 6000 mAh, Kamu Kudu Punya!

ASUS ZenPower Slim 6000 mAh. Credit: @Yoannafayza

Hai Bundas,

Ada yang penasaran ga, gimana sih kemarin ceritanya sampai dapet award di acara Lomba Flash Blogging kemenkominfo? Saya ceritain sedikit supaya ada bayangan soal Flash Blogging ya. Acara Kemkominfo kemarin mulai pukul 09.00 WIB dan materi diberikan hingga pukul 12.00 WIB.

Selanjutnya kami ada istirahat ishoma dan mulai menulis pukul 13.00 WIB. Pukul 14.00 WIB postingan sudah bisa dikumpulkan, tapi ada perpanjangan waktu lagi untuk materi ketiga. Setelah postingan selesai, kami blogger diminta mengumpulkan dengan cara mengirimkan link ke akun Twitter Kemenkominfo dan djikp (Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik) . Setelah dinilai oleh dewan juri, sekitar pukul 15.00 WIB pengumuman pemenang lombanya. Jadi bahasa awamnya Flash Blogging adalah cepet cepetan bikin postingan di blog, gitu deh.

Friday, April 6, 2018

Menuju Indonesia Maju, Flash Blogging bersama Kominfo



Di masa kini, sosial media telah menjadi jamur di musim hujan. Koneksi internet yang bertebaran serta aneka konten yang bisa diakses dengan mudah menjadikan setiap orang bisa menjadi "jurnalis" penyebar informasi. Yang perlu digarisbawahi adalah "Apakah segala sesuatu yang beredar di sosial media adalah benar?"

Dengan acara Flash Blogging bersama KOMINFO bertema "Menuju Indonesia Maju" yang diselenggarakan di New Saphir Hotel, Jumat, 7 April 2018, Kominfo ingin merangkul blogger dan jurnalis Jogja untuk lebih dekat dengan pemerintah dan menyampaikan informasi yang akurat dan juga berasal dari sumber terpercaya untuk menepis aneka pemberitaan yang berpotensi memecah belah bangsa karena kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Thursday, April 5, 2018

Ayam Geprek Campur Keju Saus Barbeque a la Kedai Prekju


Siapa yang suka keju?
Cung!
Saya ngacung tinggi kalau gitu. Meskipun banyak penggila keju, ternyata ada juga loh yang "eneg" dengan rasanya. Keju kalau jadi topping cake atau donat pasti udah biasa, nah gimana kalau jadi topping ayam geprek?

Ayam geprek?
Iya, ayam digoreng crispy lalu diuleg kasar bersama cabe. Sambel ayam kalau orang awam bilang. Dari banyaknya penjual ayam geprek di Jogja nih, salah satu yang punya inovasi ayam geprek adalah Kedai Prekju.

Tuesday, April 3, 2018

Menjadi Muslimahpreneur Sukses Dunia Akhirat


Menjadi muslimahpreneur, berbisnis dan sukses dunia akhirat 

Pagi itu, Ahad 25 Maret 2018 matahari agak malu malu, sempat gerimis tapi selanjutnya cuaca semakin bersahabat. Alhamdulillah saya dapat kesempatan mengikuti assemble class sebuah kajian yang juga akan mengupas seluk beluk bisnis islami yang diselenggarakan oleh Hijratunna

Hijratunna adalah sebuah komunitas berbasis online dan offline yang berdiri sejak  November 2017.

Sunday, March 18, 2018

#KEBloggingCollab Kesempatan Menimba Ilmu

#KEBloggingCollab Kesempatan Menimba Ilmu

KEBloggingCollab

Hai Bunds,
Kalau kemarin kemarin saya sempat pasang tagar #KEBLoggingCollab itu karena saya sedang berusaha untuk produktif dalam menulis. Salah satu alasan punya blog di awal awal saya ngeblog adalah sebagai sarana "curhat" dan semacam diary online yang satu ketika anak anak dewasa mereka bisa melihat betapa bersemangat bundanya ini menyambut kehadiran mereka. Segala bentuk pemikiran juga saya tuangkan disini. Siapa yang menyangka bahwa akhirnya blogging yang saya awali dengan "iseng-iseng" ternyata jadi "taman bermain" baru buat saya.

Thursday, March 15, 2018

Nglathak di Tengah Kota. Kuliner Kekinian Mengangkat Pangan Lokal.

Nglathak di tengah kota

Nglathak di Tengah Kota. Kuliner Kekinian Mengangkat Pangan Lokal.

Deresan. Apa yang terlintas di pikiran temen temen terutama yang di Jogja? Saya sih keingetnya masjid Nurul Ashri. Salah satu tempat femes karena sering dipakai kajian. Nah sekarang menyebut Deresan saya punya satu icon kece. Salah satu tempat makan di Jogja yang Kekinian tapi punya misi mengangkat pangan lokal.

Wednesday, February 28, 2018

Tips Rame-Rame Wisata Keluarga Jakarta di Kepulauan Seribu


foto: Pulau Tidung (sengpaku.blogspot.co.id)

Bunds, pernah gak sih ngerasa penat menjalani aktivitas sehari-hari. Buat saya yang ibu rumah tangga, rasa-rasanya memang selain saya butuh transferan suami, saya juga butuh piknik ha-ha-ha. Jangan salah lho, piknik itu nggak semata mata buang buang duit aja. Ibaratnya komputer kerja terus kan tetep harus direfresh biar gak gampang "hang"

Wednesday, February 21, 2018

Giveaway Buku Happy Pregnancy


Dear Bunda,

Kapan sih kita mulai merasa hidup kita naik level lebih bahagia setelah menikah? Saat dinyatakan sah sebagai suami istri ketika selesai akad? Saat bulan madu? Tentu saja ya. Tetapi ternyata ada yang lebih bahagia yaitu ketika ada sesuatu yang hidup dan bertumbuh di rahim kita.

Kehamilan. Iya, ini adalah momen yang ditunggu tunggu oleh pasangan suami istri pastinya. Pengalaman saya soalnya begitu sih. Kami memang gak ada rencana menunda atau gimana. Pokoknya begitu menikah, pengennya segera bisa hamil. Kalau saya pribadi salah satu yang dikejar adalah umur wkwkwkw. Emang umur lari kemana yak, kok dikejar kejar.

Pengalaman hamil tiap ibu pasti istimewa. Nggak ada yang bisa sama persis. Nggak usah beda ibu. Lha wong saya sama sama hamil, tapi pas anak pertama, kedua, ketiga jelas beda beda keinginannya. Tapi satu kesamaan dari ketiga kehamilan itu adalah: menyenangkan!!!

Saturday, February 17, 2018

Pentingnya Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan

Hai Bunda,
Di postingan kali ini saya mau sedikit cerita soal masa kecil saya. Eh bukannya sekarang juga masih kecil yaaa. Kecil dalam arti sebenarnya. Soal kecil ini dari dulu sering juga lah dibully. Karena saya pendek, ada aja yang bisa jadi bahan untuk melakukan kekerasan secara verbal (duh bahasanya jadi serius).

Intinya hal ini sering banget bikin saya enggak percaya diri. Pokoknya berusaha mencari cara gimana bisa lebih tinggi lagi. Mulai dari ikutan senam-senam narik tubuh, berenang, sampe minum obat-obatan yang berakhir dengan seluruh tubuh saya gatal karena alergi.

Pernah tuh saya sampe beli wedges tinggi banget agar bisa keliatan nambah tinggi badan saya, tapi biasanya habis itu langsung kaki pegel-pegel gak karuan. Nah, karena postur saya yang mungil ini Kata suami sih tetep proporsional tapi dalam skala kecil 😄😄😄. Sering kalau di foto sendirian kelihatannya saya normal-normal aja tingginya. Eh tapi kalau foto sama teman teman baru ketauan kalau memang paling mungil ukurannya.

Wednesday, February 7, 2018

Kalau Denger Nama "Dilan" Kamu Inget Siapa?



Nonton Dilan 1990 tapi bukunya Milea, suara dari Dilan 😄

Dilan, Film-mu bagus
Tapi aku belum nonton, gak tau kalau bioskop udah sepi
Tunggu aja (edisi emak emak gak bisa rebutan ngantri sama anak abegeh)

#aya-2017
*tapi boong

Mungkin hingga pagi tadi hanya saya (dan bapak bapak) yang belum nonton Film Dilan 1990 ini yah. Karena kebanyakan temen saya ngajakin nonton bareng ibu ibu dan temen temen geng arisan. Lha terus bapak-bapaknya gimana? Nggak tau sih kalau bapak-bapak. Yah sapa tau bapak-bapak nonton bareng sama genk rondanya yekaan.

Pengumuman, tadi siang aku sudah nonton film-mu. Baper maksimal ternyata...

Friday, February 2, 2018

Medi-Call, Homecare Zaman Now

Team Medi-call. Photo: @imasatrianto

Suatu hari ada seorang teman tanya ke saya, "Mba, apa mba Aya di rumah ada ART?"
Saya jawab, "Enggak". Selama ini kalau pas suami gak di rumah ya saya berempat sama anak anak. Rumah kami agak naik ke gunung, gak ada transportasi umum sampai ke depan rumah, jalanan depan rumah aja gak ada di GPS #eh #curcol. Otomatis, dengan kondisi kaya gitu emang mobilitas saya amat sangat terbatas.

Saya ingat banget jaman itu masih abis lahiran Rey (masih 3 bulan sih) lagi nemenin Rey di dalam kamar. Eh Shoji jatuh dari jendela.

Tadinya main diatas kursi, entah gimana dia bisa manjat jendela. Tiba tiba terdengar suara "braaakkkk...." saya panik dan langsung melihat kearah Shoji main. Ternyata dia nggak ada. Langsung saya lihat jendela terbuka dan Shoji udah ada di luar rumah, jatuh menimpa pot bunga.

Sunday, January 28, 2018

Semangat Berbagi, Meringankan Hati bersama Dompet Dhuafa

Pembatik Berkah Lestari

Hai Bunds,
Ngomongin soal kebaikan, adakah yang sering merasa banyak hutang budi sama orang lain? Saat kita lagi butuh pertolongan dan tiba tiba ada yang mengulurkan tangan untuk bantu kita? Pasti pernah lah ya?

Saya sering merasa bahwa saya dapat banyak sekali kebaikan dari orang lain, bahkan orang yang tidak pernah saya kenal sebelumnya. Saya merasa Allah menolong saya lewat uluran tangan orang lain. Kadang kadang, saya nggak sempat membalas kebaikan orang tersebut, karena mereka memang sama sekali nggak mengharapkan balasan dari kebaikan yang mereka berikan kepada saya.

Lalu bagaimana cara saya membalas kebaikan orang orang itu ya?

Wednesday, January 10, 2018

Dek Salmafina, sini Kakak Aya Bisikin


Dek Alma, salam kenal ya, aku Aya, ibu dari 3 orang anak berkebutuhan khusus. Mulai dari kebutuhan khusus ringan sampai yang berat. Nggak seberat beban hidupku sih #ehh, tapi lumayan berat seperti aku yang gak bisa diangkat dari hati suamiku #eaa

Sebelumnya Kakak, (gapapa ya ngaku ngaku kakak, wong memang aku lebih tua secara umur kan, Dek. Meskipun kalau foto wefie kita masih pantes seumuran #maunya) mau kilas balik sebentar sambil nostalgia dan membangun chemistry antara kita.