Sunday, March 18, 2018

#KEBloggingCollab Kesempatan Menimba Ilmu

#KEBloggingCollab Kesempatan Menimba Ilmu

KEBloggingCollab

Hai Bunds,
Kalau kemarin kemarin saya sempat pasang tagar #KEBLoggingCollab itu karena saya sedang berusaha untuk produktif dalam menulis. Salah satu alasan punya blog di awal awal saya ngeblog adalah sebagai sarana "curhat" dan semacam diary online yang satu ketika anak anak dewasa mereka bisa melihat betapa bersemangat bundanya ini menyambut kehadiran mereka. Segala bentuk pemikiran juga saya tuangkan disini. Siapa yang menyangka bahwa akhirnya blogging yang saya awali dengan "iseng-iseng" ternyata jadi "taman bermain" baru buat saya.



Postingan ini adalah respon dari trigger post Mak Idah Ceris di


Di awal bergabung di kelompok Najwa Shihab ini, jujur saya belum yakin yakin banget bisa mengikuti aturan main posting respons dan trigger untuk grup. Tapi ketika melihat semangat dan respon teman teman satu kelompok, entah kenapa seperti menemukan keasyikan dan semangat untuk menyelesaikan tiap tiap tantangan.

Jadi Tantangan
Kenapa saya bilang tantangan? Karena tema yang jadi trigger post itu kan bukan dari saya sendiri. Hasil rembugan kami yang diintepretasikan oleh masing masing anggota team Najwa Shihab. Untuk saya, menulis blog dengan memilih tema sendiri, memilih waktu tayang memang bikin saya sering merasa "terlalu santai". Ah, besok aja nulisnya. Ah, besok aja seleseinnya. Ah, pilih tema yang ringan ringan aja lah...

Ternyata saudara-saudara....
Beda domisili dari tiap anggota grup ini memang jadi bikin saya dapat banyak interest baru. Tentang wisata alam, hingga tentang hobby dan niche blog masing-masing anggota grup Najwa Shihab. Saya jelas jadi punya banyak " rumah" untuk dikunjungi.

Efek Positif
Kalau efek secara langsung ya pastinya nambah semangat untuk menulis. Karena mau gak mau jadi punya target menyelesaikan tulisan. Efek secara tidak langsung Alhamdulillah PV lumayan naik dan komen komen juga bertambah. Apalagi temen temen di Najwa Shihab dermawan semua. Kalau kita sudah selesai ngumpulin link postingan, maka kami akan share link satu kelompok ke FB masing masing.

Grup kolaborasi ini juga tempat mencari ide. Karena tak jarang teman teman di grup berbagi postingan untuk disinggahi, bahasa kerennya blogwalking. Misal ada teman yang posting tema di luar tema kolaborasi, maka akan menjadi inspirasi saya untuk menulis dengan tema yang sama misalnya.

Intinya sih seneng banget bisa ikutan #KEBloggingCollab. In sha Allah kami juga nggak berhenti dalam satu putaran dan memang punya niat melanjutkan untuk mendisiplinkan diri menulis. Meskipun memang masing masing punya kesibukan tetep saling menyemangati pastinya. Gimana? Tertarik ikutan colab blogging?

*Tulisan ini dibuat sebagai respon postingan trigger "Manfaat Blogging Collab" Kelompok Najwa Shihab

4 comments:

  1. Tantangan banget memang ikutan blogging collab ini ya mak. Tantangan biar ngga molor-molor, padahal aku yang paling sering molor nih.

    ReplyDelete
  2. Semangat terus untuk grup Najwa Shihab..

    ReplyDelete