Friday, May 11, 2018

Workshop Menghias Jar di Lancar Paint Expo 2018

Workshop Menghias Jar di Lancar Paint Expo 2018


Hai Bunds,
Beberapa waktu terakhir saya menghabiskan waktu untuk window shopping aneka perlengkapan home decor yang sungguh unyu unyu tingkat dewa. Sesekali hanya menyimpan screenshoot dekorasi ruang yang ciamik, dan (entah kapan) kelak bisa jadi sumber inspirasi saya dalam mendekor rumah.

Untuk ibu rumah tangga yang sering berjibaku di dapur, tentunya melihat penampakan dapur yang cantik adalah sebuah nilai tambah untuk menciptakan kreasi masakan level koki jebolan MasterChef Indonesia.  Well, teorinya demikian, tapi prakteknya, saya akan lebih senang mengagumi tempat bumbu kicik kicik cantik daripada menggunakannya untuk meracik bumbu aneka masakan. Ah biarlah.



Pucuk dicinta ulam tiba, senang sekali saya dapat kesempatan untuk ikutan workshop menghias jar bersama salah satu blogger idola saya yang seneng banget bikin postingan DIY (Do It Yourself) di blog nya. Namanya Mak Lusi, blognya www.beyourselfwoman.com. Nah di workshop ini nanti, kami akan belajar mengakali penampilan toples toples berharga murah menjadi lebih eye catching dan lebih cantik.

Foto dulu sebelum.acara. credit: @yoannafayza

Workshop menghias jar ini merupakan rangkaian acara Lancar Paint Expo 2018 yang diselenggarakan di atrium Mal Ambarukmo Plaza. Dibuka mulai Rabu, 9 Mei 2018 hingga Minggu, 13 Mei 2018 dengan menggandeng berbagai komunitas kreatif di Yogyakarta.


Sebelum workshop dimulai, kami diajak kenalan dulu sama Mas Faiz dari divisi bisnis development Toko Cat Lancar sekilas mengenai keberadaan Toko Cat Lancar yang sejak 40 tahun lalu sudah mulai beroperasi.

Diawali dari cerita tentang sebuah toko besi di Jalan Mangkubumi yang dalam 40 tahun terakhir sudah memiliki 18 cabang yang tersebar di daerah Jogja dan Jawa Tengah. Cabang Toko Cat Lancar, antara lain di Solo 2 toko, Klaten 2 toko, Muntilan 1 toko, Magelang 2 toko, dan sisanya di Yogyakarta. Di Jogja sendiri cabangnya antara lain: Cabang Mangkubumi, Jalan Kaliurang, Jalan Magelang (2 cabang), Jalan Godean, Jalan Mungggur, Pojok Beteng Wetan, dan Jalan Wonosari.

Pada kesempatan Toko Cat Lancar Paint Expo ini ada 14 booth merk cat berkualitas dan familiar bagi kita. Sejak 19 Januari 2018 sebagai bentuk kontribusi untuk Jogja di bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan, Toko Cat Lancar meluncurkan layanan service yang kian lengkap bernama Lancar Paint Center.


Ada 8 jenis layanan Lancar Paint Center yang bertujuan meningkatkan performa Toko Cat Lancar sekaligus berbagi manfaat. Layanan itu adalah:

1. Lancar Painting service
Layanan jasa professional bergaransi. Mulai dari pemilihan warna, pelaksanaan pekerjaan, hingga supervisi.

2. Lancar Care
Dengan tagline "Cat anda bermasalah? Telpon saja Toko Cat Lancar". Melalui hotline 082223800800, Lancar Care akan berkunjung ke lokasi tanpa dikenakan biaya apapun.

3. Lancar Home Service
Bagi konsumen yang membutuhkan produk cat dengan segera, Lancar Home Service akan mengirimkan tim untuk pemilihan produk, konsultasi maupun langsung transaksi.

4. Lancar Delivery
Sebagai upaya memperlancar urusan pengiriman produk, Toko Cat Lancar melengkapi pelayanannya dengan menyiapkan berbagai armada (roda dua, tiga, mobil box hingga truck) untuk menjangkau area rumah tinggal konsumen.

5. Lancar Easy
Kemudahan berbelanja cat kian lengkap dengan adanya aplikasi pembelian cat secara online. Cukup mengunduh aplikasi mobile berbasis android, konsumen bisa melakukan transaksi tanpa mengganggu aktivitas lain.


6. Lancar Academy
Adalah sebuah program layanan pendidikan dan pelatihan untuk membentuk tenaga ahli cat yang professional. Tidak terbatas untuk profesi tukang cat saja, namun bagi khalayak luas yang ingin meningkatkan kemampuannya seputar cat dan ketrampilan mengecat bisa mengambil layanan ini.

7. Lancar Go
Merupakan layanan unit mobil Lancar Paint Center yang berupa armada Paint Truck. Paint Truck ini akan berkeliling memberikan pelayanan edukasi seputar Cat Lancar. Selain itu, Paint Truck juga akan digunakan sebagai armada untuk banyak aktivitas sosial lain.

8. Lancar Community
Layanan ini diharapkan menjadi wadah berbagai ilmu dan wawasan lintas bidang. Dengan adanya sinergi banyak pihak, diharapkan program ini menjadi semangat "guyub rukun Migunani tumraping liyan"

Sebagai bentuk apresiasi Lancar terhadap Sahabat Lancar, kita bisa mengunduh aplikasi "Sahabat Lancar" di playstore. Keuntungannya apa aja sih?
1. Gratis bonus 10.000 Lancar Poin
2. Penawaran harga khusus
3. Poin reward setiap transaksi
4. Info up to date mengenai aneka program dari Toko Cat Lancar.

Untuk poin ini bisa ditukar ketika kita melakukan transaksi pembelian di Toko Cat Lancar lho Bunds. Apresiasi program juga bertingkat, ada member Silver (0-10 juta), member Gold ( transaksi 10-100 juta) dan member Platinum (transaksi 100 juta ke atas).

Kelebihan berbelanja di Toko Cat Lancar antara lain adanya garansi hasil cat sesuai dengan klaim dari pabrik pembuat cat, seluruh tukang catnya merupakan tukang cat professional dengan pelayanan yang sesuai standar kepuasan konsumen, aneka transaksi bisa dilakukan tunai maupun kredit dengan berbagai platform Bank di Indonesia. Mantap kaan?


Nah selanjutnya, ditemani oleh maskot Toko Cat Lancar yang imut imut dan Kakak MC yang gegap gempita, acara workshop dibuka dengan ilmu mengenai teknik mewarnai jar dari Mak Lusi.

Sesi Mengecat
Untuk workshopnya sendiri dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi mengecat dan sesi menghias. Sesi mengecat dengan menggunakan cat premium yang biasa dipakai untuk cat interior ini ternyata seru banget. Kita dapat 3 warna (biru tua, tosca, dan orange) yang dapat dikreasikan dengan mencampur ataupun mengecat dengan motif. Saya sendiri lebih memilih mengecat polos sehingga nantinya bisa dihias dengan pernak pernik yang sudah disediakan.

Teknik mengecat jar bisa dilakukan dari dalam dengan mencairkan cat menggunakan air lalu memutar mutar jar/toples sehingga warna rata dari dalam. Keuntungan teknik ini adalah warna bisa lebih merata dan hasilnya lebih halus. Namun teknik ini tidak bisa digunakan untuk toples yang akan dipakai untuk menyimpan makanan. Kata Mak Lusi, teknik ini juga lebih boros cat.

Teknik kedua adalah teknik mengecat dari luar menggunakan kuas. Cara ini lebih hemat cat dan penggunaan toples tetap bisa diperuntukkan sebagai toples makanan karena bagian dalam toples tidak tersentuh cat. Ini adalah teknik yang kami lakukan. Awalnya masih agak kagok menggunakan kuas, tapi ternyata cat yang dipakai mudah menempel meski di permukaan licin. Cat nya juga mudah kering dan merata loh. Satu lagi, setelah kering ternyata hasilnya doff. Lucuuuk banget 😍😍😍

Mengecat sepenuh hati. Credit: @yoannafayza

Selanjutnya kita menghias jar menggunakan pernak pernik seperti sticker, pita, tali rami, burlap, hangtag, bunga mungil, kain perca dan lain sebagainya. Kreatifitas kita diasah untuk bisa mengkreasikan aneka toples menjadi tempat pensil, tempat bumbu, tempat sendok, vas bunga, tempat permen, kopi atau Snack buat lebaran #ehh

Bahagia banget deh bisa ikutan acara seru kaya gini. Jadi ketagihan setelah melihat hasil kreasi sendiri lho. Ada kepuasan ketika ternyata kita bisa menyulap barang barang yang tampak biasa menjadi bernilai lebih tinggi dan tentunya instagramable


Foto dulu sama semua peserta

Terimakasih Toko Cat Lancar dan Mak Lusi (beyourselfwoman.com) untuk kesempatan dan ilmunya. Pasti kepake banget deh. Habis ini langsung ngumpulin aneka kaleng dan jar yang udah buluk untuk disulap jadi lebih kece.

Salam Kreatif,
/Aya




6 comments:

  1. Acara kmaren emang seru dan nyenengiiin

    ReplyDelete
  2. Berkreasi memadupadankan warna seperti oni ternyata asyik juga ya...

    ReplyDelete
  3. Mak Aya itu fotogenik banget. Pose apapun cantik, nggak perlu dimacem-macemin. Makasih sudah datang ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Ide bagus itu mak, toples yang udah buluk di rumah bisa dipake lagi. Bentar lagi kan mau lebaran juga, nanti cobain ah.

    ReplyDelete
  5. emang perempuan itu selalu begitu ya mbak... kalau udah lihat home decor mata langsung ijooo

    ReplyDelete
  6. Workshopnya seru dan pastinya bikin pusingku ilang...ngecat toples itu sesuatuh bagiku. 😍😂

    ReplyDelete