Wednesday, June 6, 2018

Belajar Bikin Foto Cakep bareng Chef Harisatu Zakaria


Belajar Bikin Foto Cakep bareng Chef Harisatu Zakaria

Seni memotret makanan saat ini sepertinya sedang manjadi tren di masyarakat. Terkhusus di Indonesia. Tampak dari feed Instagram yang mulai berlomba lomba menjajarkan barisan foto-foto makanan ciamik yang tentunya dijepret untuk membuat feed makin kece.

Food Photography IG @Shoreafood

Tren foto makanan di Instagram ternyata tidak melulu dihadirkan oleh produk makanan semata, oleh fotografer professional, namun juga blogger dan Influencer mulai mempelajari teknik memotret makanan sebagai bekal untuk menghias tampilan blog maupun istagramnya. Tak dipungkiri bahwa hasil foto yang ciamik tentunya memberi nilai tambah pada postingan kita sebagai blogger dan influencer.


Nah, pas banget ketika kemarin 31 Mei, Bakpia Wong Jogja berkolaborasi dengan Chef Harisatu Zakaria membuat sebuah Workshop Food Photography untuk blogger. Semangat dan antusiasme kami para blogger sangat tinggi tentunya. Berharap bahwa workshop ini akan mengantarkan kami pada ilmu perpotoan yang jelas akan semakin memberi nilai tambah pada setiap postingan kami.
Bertempat di area outdoor Bakpia Wong Jogja, Jalan HOS Cokroaminoto 149 Yogyakarta, Chef Harisatu Zakaria menjelaskan tips dan trik dalam membuat sebuah foto menjadi "pantas" dinikmati. Menurut Chef Haris, kriteria foto makanan yang baik adalah yang membuat orang berselera untuk makan. Nah kalau foto nggak bikin orang berselera, berarti fotonya masih level "B" alias "biasaajaaah".

Selama ini kita mengira sebuah foto makan yang bagus dieksekusi oleh seorang saja ya...ternyata tidak sodara sodarah. Food Photography adalah sebuah team. Ada food photographer dan food stylist. Tugas food stylist adalah mengatur sedemikian rupa agar makanan tampil kece dan siap dijepret oleh food photographer. Makanya, harus ada komunikasi yang bagus supaya ide dari food stylist ditangkap dengan baik oleh food photographer.

Gak lucu banget kalau food stylist menata untuk potrait, eh photographer ngambilnya landscape. Seperti aku tanpa dirimu cuy. Kosong!

Chef Harisatu Zakaria membagi ilmunya

Jadi yuk ya yuk langsung aja masuk ke tips dan trik buat bikin foto makanan makin kece. Kuncinya ada di food stylist dan food photographer tentunya, tapi sebaiknya dua penanggungjawab ini benar benar menguasai objek foto dengan baik. Seorang food stylist harus memastikan objek foto memesona untuk dipandang,  sedangkan food photographer bertanggungjawab sebagai petugas seni mengabadikan makanan, menonjolkan makanan, dan mengatur tata cahaya.

Jenis Food Photography


Dok Harisatu Zakaria

1. Clear shot / photo shot
Bersih, menonjolkan makanan. Biasanya berlatar putih dan fokus pada satu objek saja.

Dok: Hari satu Zakaria

2. Editorial
Makanan yang bercerita di satu frame. Ada majalah, ada kopi dan properti untuk mendukung suasana dalam sebuah foto.

Dok: Harisatu Zakaria

3. Stock photo
Ada aktivitas dalam foto. Tidak harus selalu hasil jadi sebuah masakan namun bisa juga proses memasak atau proses pembuatan sebuah makanan.

Tren photography
Tren foto yang kekinian/hits adalah sudut pandang pengambilan foto yang sering kita temui. Beberapa diantaranya adalah flatlays (difoto dari atas). Untuk menghasilkan foto flatlays yang baik bisa digunakan lensa lebar, memilih background yang kontras dengan objek dan memberi ruang antara objek. Foto itu pembiasaan. Sering melihat hasil hasil foto yang bagus akan menjadi referensi kita saat mengambil foto. Perlu banyak latihan dan coba coba untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan keinginan.

Tren yang kedua adalah bentuk Lifestyle Photo. Untuk lifestyle photo banyak digunakan properti foto diluar objek makanan itu sendiri. Jika memang ingin menggunakan talent, pastikan talent yang enak dipandang. Misal ada hand in frame pastikan tangan talent cukup cantik dan mampu mendukung hasil foto supaya terasa lebih hidup. Properti yang mendukung juga sangat berpengaruh untuk menciptakan suasana tersendiri, begitu juga perpaduan warna dalam foto keseluruhan.

Hasil foto saya format landscape

Teknik Fotografi
Alat:
Body dan lensa

Basic Perlengkapan Fotografi:
Kamera, tripod, lighting (matahari, LED), reflektor, diffuser, lensa.

Menurut Chef Haris, perlengkapan sebagus apapun jika tidak bisa menggunakan dengan baik akan percuma. Semua perlengkapan bisa dibuat sendiri jika memang kita masih minim budget. Reflektor bisa dari kertas Manila diberi plastik atau kertas HVS yang dilipat jadi 2. Diffuser bisa dibuat dari kelambu, kain putih polos maupun kertas roti.

Pengaturan diafragma lensa, ISO, dan shutter speed juga perlu sekali dikuasai oleh seorang fotografer. Diafragma makin lebar hasilnya fokus merata. Semakin kecil angka, maka hasilnya semakin bokeh. Penggunaan ISO rendah, maka noise akan semakin kecil. Shutter speed adalah percepatan sensor menangkap cahaya. Karena seni fotografi adalah seni melukis cahaya, maka pastikan badan kita sehat supaya nggak tremmor. Getaran tangan sangat mempengaruhi hasil foto. Sebaiknya sih gunakan tripod untuk hasil terbaik. 

Untuk pengambilan objek diam, Chef Haris memakai shutter speed 80, sementara untuk objek bergerak di angka 250.

Contoh foto flatlays 90° @@dian.licious

Angle
Selain mempelajari teknik, mempelajari sudut pandang foto akan mampu menentukan persepsi foto.
Tips saat menentukan angle

  • Pahami bentuk makanan
  • ‌Pahami penataan makanan
  • ‌Pahami properti
  • ‌Properti besar mempengaruhi angle
  • ‌Pahami alas foto dan background untuk menghindari bocor dalam frame
Berbagai angle pengambilan gambar:

  • ‌45 derajat / Below eye level
  • ‌45 derajat (paling lazim untuk food photography)
  • ‌Diatas 45 derajat
  • ‌90 derajat (dari atas/flatlay)

Komposisi
Memudahkan menempatkan dan menonjolkan poin of interest.
Dengan adanya komposisi, maka kita lebih mudah menempatkan objek yang akan menjadi fokus kita. Ada beberapa rules untuk menjadikan komposisi foto menjadi menarik. Diantaranya adalah rules of third. Tips untuk style ini, letakkan poin utama pada perpotongan garis. Ada juga rule of fourth
Hasil jepretan saya format potrait

Food styling
Percuma foto bagus tapi penataan tidak cantik. Tips mudah untuk mendapatkan kesatuan suasana pada food styling adalah dengan memperhatikan hal -hal berikut ini:

  • Pelajari makanan
  • Jenis makanan apa?
  • Berasal dari mana?
  • Bahannya apa
  • Cara olah
  • Penyajian
  • Pelengkap
  • Kalau dimakan enaknya pas ngapain
  • Cocok dimakan dengan peralatan makan yang digunakan.

Konsep
Tips menghasilkan konsep foto yang kece:
Background pilih alas foto yang polos/bersih atau senatural mungkin.
Jangan kasih latar belakang terlalu ramai dan mengganggu

Format
Pastikan dimensi pengambilan foto horizontal (landscape)/vertikal (potrait) sesuai dengan konsep yang sudah disiapkan oleh foodstylist. Tempatkan komposisi sesuai angle yang mau diambil fotografer. Pahami juga pattern dengan memahami bentuk makanan, piring dan penataan dengan model zig-zag, triangle, line serta garnish dan condiment makanan.

Setelah mendengarkan teori fotografi, kami lanjut untuk praktek food styling dan food photography. Kebetulan cahaya mulai temaram, jadi kami sekalian belajar tentang lighting dan penggunaan difusser.
Ternyata nggak mudah ya mengambil sudut terbaik dari sebuah makanan, belum lagi penataan makanan supaya terlihat "menggoda" dan "menggiurkan. Modelnya adalah Bakpia Wong Jogja yang di styling sedemikian rupa. Wah, ternyata kalau dirias bentuk Bakpia yang sederhana bisa jadi menggugah selera.

Outlet Bakpia dan Batik Wong Jogja

Setelah berbuka kami sempatkan juga menengok bagian dalam outlet Bakpia Wong Jogja yang emang bikin penasaran. Wah ternyata disana dijual batik dan cinderamata juga loh, jadi semacam one stop shopping untuk oleh-oleh. Bakpia isi 15 dibanderol IDR 45K dan yang premium isi 15 dijual dengan harga  IDR 65K. 

Yang penasaran sama Bakpianya Baim Wong ini langsung aja cus ke

Bakpia Wong Jogja
Jalan HOS Cokroaminoto 149 Tegalrejo Yogyakarta 55165
Telp: +62811-2655-282
Web: www.bwjogja.com
Facebook: Batik Wong Jogja
                    Bakpia Wong Jogja
Instagram @batikwongjogja
                    @bakpiawongjogja


8 comments:

  1. Lengkap banget mbak.ada foto jepretan ku juga euy.hehe

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing mbak ayaaa... saved - bookmarked :)
    udah lama pengen belajar tapi masih wacana.. duduudu

    ReplyDelete
  3. Sangat kompleeet. As usual. Keren kamu Maaak

    ReplyDelete
  4. wah asyik ya bisa belajar foto biar bagus dan efeknya menarik

    ReplyDelete
  5. Tulisannya bermanfaat sekali 😊 aku suka bacanya buat pelajaran akubjuga, suka salut deh sama post ig yg bs motoin makanan layaknya photografer 😂 Tapi sayang aku blm py kameranya, paling cekrak ckrek di hp. Jd rasa ga ngerti pas baca bagian lensa nya itu, hehehe... BTW sharingnya bermanfaat 😘

    ReplyDelete
  6. Kalau mbak aya, lebih suka jadi Food Stylist atau Food Photographer?

    Soalnya kan mbak aya juga suka 2-2 nya... :D

    ReplyDelete
  7. Wihhh gambar ilustrasinya cantik, lengkap mbak aya laaff

    ReplyDelete
  8. Very good information. Lucky me I came across
    your blog by accident (stumbleupon). I've book-marked
    it for later!

    ReplyDelete