Saturday, August 4, 2018

Digibank, Aktivitas Perbankan dalam Genggaman Tangan


Bang bing bung yook...kita ke Bank
Bang bing bung yook...kita nabung
Tang ting tung hey, jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung.

(Mari menabung, )

Menabung sudah menjadi budaya bagi bangsa Indonesia. Mulai dari yang paling sederhana sesimpel menyimpan uang di bawah bantal atau laci lemari, hingga menggunakan fasilitas deposit bank untuk surat surat berharga. Menabung juga merupakan salah satu bentuk strategi menjaga cashflow alias aliran keuangan dalam rumah tangga.

Saya ingat sekali awal saya membuka tabungan di sebuah bank, yang awet dan suvive sampai saat ini, pada usia 8 tahun atau kelas dua SD. Saya jadi tertarik menabung karena saya membaca sebuah artikel di majalah Bobo (whuaaa...ketebak deh saya angkatan lama) yang mengisahkan seorang anak yang mendapatkan bunga setelah menabung di bank.

Keuntungan dan teknologi digibank by DBS



Bahagia, saya diantar bapak menuju bangunan di sekitaran Ngasem untuk membuka buku tabungan. Tulis-tulis di formulir, tanda tangan, lalu buku tabungan saya dicetak. Seusai menerima buku tabungan, saya masih berdiri di depan mba teller (dengan naik ke atas bangku). Bapak bilang kalau sudah selesai buka tabungan dan mencetak buku tabungan. Saya kekeuh menunggu sesuatu.

Dengan wajah masih penuh harap, saya bertanya, "Pak, katanya kalau menabung di bank nanti dapat bunga, mana bunganya?" Kata Bapak, bunganya kalau sudah menabung dan bulan berikutnya mungkin akan dapat bunga. Nah bulan berikutnya saya datang lagi menabung, tapi pulangnya tetap tidak dapat bunga.

Tawa bapak meledak. Bunga yang dimaksud bank adalah hasil dari uang tabungan saya yang diputarkan untuk investasi, sementara saya berharapnya dapat bunga dalam arti denotatif semacam mawar atau krisan gitu #doeeeng.

Betapa membuka tabungan di masa itu masih konvensional sekali ya. Harus datang ke Bank, lalu antri, lalu isi beberapa formulir. Lumayan riweh ternyata. Nah di jaman digital seperti ini, ternyata melakukan aktivitas perbankan hanya ada dalam genggaman.

Berkaca dari pengalaman masa lalu, lahirlah digibank by DBS. Platform pelayanan aktivitas perbankan berdasar aplikasi ini diharapkan memudahkan nasabah untuk bertransaksi bahkan melakukan pembukaan rekening tanpa perlu datang ke kantor cabang Bank. 


Penghargaan untuk DBS

Tentang DBS

DBS Bank adalah salah satu bank terkemuka di Asia, dengan 280 cabang. Berkantor pusat di Singapura,  saat ini kian berkembang dan merambah China, Asia Tenggara dan negara Asia bagian selatan. Bank ini juga mendapat berbagai penghargaan, diantaranya ‘Bank of the Year, Asia’ oleh The Banker, ‘Best Bank in Asia-Pacific’ oleh Global Finance, ‘Asian Bank of the Year’ oleh IFR Asia, dan ‘Best Retail Bank in Asia-Pacific’ oleh The Asian Banker. Bank ini juga disebut sebagai ‘Safest Bank in Asia’ oleh Global Finance dari 2009 hingga 2016.

Aplikasi Digibank

Dengan adanya aplikasi digibank, akses untuk melakukan hal hal perbankan bisa lebih mudah. Selain mudah dan menyingkat waktu, apa saja sih kelebihannya? Yuk kita kulitin satu-satu:

Digibank by DBS

1. Transfer ke semua rekening gratis tanpa biaya
2. Gratis tarik tunai di semua ATM
3. Isi ulang M-tix, Go-Jek dan TCASH dapat bonus 25% dari nominal isi ulang.
4.  Cashback 50.000 setiap pembukaan rekening melalui aplikasi digibank by DBS

Mancaaap? Iya banget. Digibank diharapkan menjadi sebuah aplikasi yang membuat nasabah melakukan segala bentuk transaksi perbankan dalam satu genggaman saja. Keuntungan aplikasi digibank dijabarkan sebagai berikut:

1. Bank bukan lagi tempat, tapi adalah semua kegiatan transaksi perbankan. Jadi orientasi transfer, ambil uang, pengajuan kredit tidak harus pergi ke luar rumah.
2. Saat ini hampir semua Bank sedang berupaya melakukan perubahan menjadi bank digital. Karena kebutuhan mengerjakan berbagai hal secara online, begitu pula semua aktivitas perbankan.
3. Persaingan sekarang menuju persaingan dunia digital, sehingga kemudahan akses perbankan berlomba lomba ditawarkan.
4. Instan
Mudah sekali membuka rekening tabungan dengan digibank.  Download aplikasi lalu ketemu agent, dilanjutkan  foto KTP maka rekening bank kita sudah jadi.
5. Live more, Bank less
Tiap transfer berbayar, bank lokal membebankan biaya 5000 rupiah hingga 6.500 rupiah untuk sekali transaksi. Kebayang deh 10 kali transfer udah ilang 65.000 (padahal bisa dipake kulineran #eh). Dengan digibank tidak ada biaya administrasi, tidak perlu datang ke cabang, hidup lebih enjoy tanpa ribet transaksi keuangan.
6. Understand the customer pain points, their job to be done. 
Membantu menghilangkan keribetan yang ada dengan mengurangi jarak dan waktu untuk melakukan transaksi perbankan.
5. Design everything' with DFNO
Mendesain semua kebutuhan perbankan secara online (livechat juga), baik itu ubah password aplikasi, reset password tidak perlu bertemu dengan bagian customer service.
6. Digibank is whole Bank in your mobile (pocket)
Di manapun bisa bertransaksi. Selain lewat aplikasi mobile phone, di laptop juga bisa mengakses digibank
7. Breaking Technology.
Cukup scan KTP by metric sidik jari dan scan e KTP namun dijamin tetap aman karena mengikuti aturan Bank Indonesia dan OJK. Ada virtual asisten (juga ada spending tracker) supaya tidak overbudget.

Cara install aplikasi digibank

1. Download digibank di AppStore atau Googleplay atau dengan klik disini
2. Pastikan nomor telepon yang terdaftar dalah nomor telepon aktif
3. Memiliki alamat email
4. Langsung bisa membuka akun lewat aplikasi kemudian janjian dengan agent untuk verifikasi akun hanya dengan fingerprint dan eKTP.

Login digibank. Credit @imasatrianto

Aneka aktivitas perbankan by digibank. Photo : digitalnewsasia.com 

Beberapa aktivitas perbankan yang bisa dilakukan secara online dengan digibank by DBS
Di zaman yang serba digital ini, digibank menjadi solusi one stop shopping untuk semua transaksi perbankan dengan banyak kelebihan dan kemudahan dibanding Bank konvensional. Berani mencoba untuk Live More Bank Less? Bertransaksi branchlesspaperless, signatureless, limitless.

Download Digibank App
Customer Care : 1500 327 / +6221 298 52800
Atau klik DBS Customer Care Form

Source: DBS.com

No comments:

Post a Comment