Wednesday, October 17, 2018

Ketika Terapi Anak Melelahkan Jiwa Raga



Hai Bunda,
Udah lama banget nih gak cerita perkembangan Aisha yaa. Bundanya nih lagi jumpalitan banyak amanah. Alhamdulillah udah mulai berkurang dikit dikit, jadi mau sharing aliyas curcol soal terapi Aisha saat ini. 

Beberapa kali ditanya, "Sekarang Aisha udah bisa apa?" itu membuat saya jadi bingung jawabnya. Karena jujur kondisi Aisha saat ini tidak juga terlalu berbeda dengan 2,5 tahun lalu. Jadi kalau ditanya pas usia 6 bulan, saat ini ya kurang lebih saat ini Aisha masih seperti itu.

Aisha si gadis berbackslab

Mandi masih dimandikan, pipis masih di pampers, makan masih pakai selang dan masih konsumsi bubur bayi 0-6 bulan. Angkat kepala stabil saja belum, apalagi ditanya "Sudah bisa jalan?" . Sebenernya gapapa sih, cuma namanya bukibuk kalau lagi mellow ya, pertanyaan itu akan jadi pertanyaan yang sungguh intimidatif.
"Memangnya Aisha gak diajarin jalan ya? Atau terlalu sering digendong? Atau jangan jangan gak pernah diajakin ngomong makanya belum bisa bicara sampai sekarang?" Lalu saya merasa pengen nyiram yang nanya pake air rendaman kuas sisa bikin handlettering.

"Anaknya si A itu juga terlambat kok, tapi rajin terapi sekarang udah bisa lari lari, lompat lompat, kayang dan terbang #ehh" ya itu sih karena memang derajat kerusakan otaknya berbeda ya. Anak sempurna mah, kadang udah bisa jalan sendiri padahal orang tuanya gak pernah ngajarin jalan, "Tau tau udah jalan aja gitu lho mba...padahal gak aku apa apain" Lalu disitu saya merasa nggondhuk.

Tapi sudahlah, hempas syantik saja yah yang model begitu, mari fokus pada apa yang bisa kami kerjakan untuk membantu tumbuh kembang Aisha.


Pojok Latihan

Peralatan terapi

Untuk mengimbangi dan sekaligus membuat latihan Aisha makin intensif, kami menyiapkan aneka peralatan pendukung yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan stimulasi tumbuh kembangnya. Diantaranya adalah alat alat yang biasa ada di tempat terapi Aisha. Istilahnya kami membuat sudut terapi sendiri untuk Aisha, meski belum lengkap, tapi cukuplah untuk bisa tetap latihan di rumah.

Standing Frame
Ini adalah papan dengan sabuk untuk menopang tubuh Aisha. Kami pilih yang warna pink, biar cerah ceria selama terapi dong ah. Standing frame ini hadiah dari teman teman SMA bunda. Diharapkan dengan latihan ini, Aisha terbiasa dengan posisi berdiri tegak. Aisha saat ini paling hanya tiduran dan duduk di stroller, nah dengan alat ini Aisha akan merasakan sensasi berdiri diatas kakinya serta menguatkan telapak kaki dan membiasakan kaki untuk menopang tubuhnya.

Backslab
Backslab adalah alat bantu ortopedi sebagai penyangga lutut atau lengan terutama pada kasus Cerebral Palsy. Punya Aisha warna ungu. Ini kado dari terapisnya Aisha mba Hikmah pas ultah Aisha yang ke dua. Ada dua macam backslab yaitu elbow backslab dan knee backslab. Backslab diperlukan untuk Aisha yang belum bisa mengunci bagian lutut dan lengannya sewaktu latihan.

Kalau latihan berdiri, Aisha pakai backslab di lutut untuk menjaga kakinya dalam posisi lurus sementara saat latihan on hands, Aisha pakai backslab di lengan. Alat ini terbuat dari kain beludru atau kulit sintetis yang melapisi plat besi pada bagian dalamnya.

Gym ball untuk terapi

Gym ball
Gym ball warna hijau ini dipakai Aisha untuk latihan vestibular. Gym ball juga hadiah dari Tante Dhewi, salah satu sahabat bunda. Sistem vestibular adalah sebuah sistem yang bertanggungjawab terhadap orientasi tubuh dalam ruangan, baik saat kita sedang duduk, berdiri, tidur, dan lain sebagainya. Sistem ini menilai bagaimana posisi tubuh berdasarkan gerakan dan posisi kepala.  

Secara fungsi, sistem vestibular sendiri berperan dalam keseimbangan, koordinasi, serta kontrol pergerakan tubuh. Tanpa sistem ini, kita akan terlihat serupa orang mabuk dan mudah jatuh. Orang yang sistem vestibularnya terganggu akan merasakan ruangan seolah terus berputar, persis seperti orang mabuk atau terpengaruh alkohol. 

Untuk anak CP seperti Aisha, menjaga keseimbangan kepala adalah hal yang butuh perjuangan ekstra, maka dari itu, Aisha harus dilatih untuk memperbaiki sistem vestibularnya.

Sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis)
Ini adalah sepatu cantiknya Aisha. Sebenarnya AFO ini milik Akalil, sahabat Aisha di tempat terapi, tapi karena sudah tidak muat, jadi dipakai Aisha sebagai benda hibah. Digunakan untuk koreksi posisi telapak kaki Aisha yang kurang baik. Aisha masih suka jinjit-jinjit karena ada spastic juga. Nah untuk mengurangi jinjit jinjit ini, maka sebaiknya dipasang AFO supaya Aisha terbiasa dengan posisi kaki normal.

Terapi 

Terapi untuk penglihatan
Selain athropy, spastic, Aisha juga low vision alias kesulitan melihat benda. Saat ini Aisha hanya mengenali gelap terang, jadi mungkin Aisha belum bisa melihat wajah cantik bundanya yaaa. Gak usah lah ya, Sha. Tetep lebih cantik Aisha kemana mana deh. Untuk latihan penglihatan, saya bantu dengan terapi warna kontras. 

Alhamdulillah dapat buku dari mba Ayu mamanya Shita yang bisa dipakai untuk stimulasi kontras warna hitam putih. Kata mba Ayu, bisa juga pakai gambar monokrom yang di print sendiri.

Selain itu, kami juga beri terapi untuk mata Aisha menggunakan cahaya dan warna dari plastik mika warna warni. Terapi cahaya ini kami praktek dari buku Glenn Doman " Apa yang dapat Dilakukan pada Anak Anda Yang Cedera Otak" halaman 191. 

Teknisnya seperti ini:
1. Aisha disiapkan di ruang gelap dengan senter sekitar 20 cm dari matanya.
2. Sorotan cahaya ke mata kanan 2 detik sambil berkata "ini cahaya" (tutup mata kiri)
3. Matikan senter selama 5 detik
4. Lakukan hal yang sama ke mata kiri
5. Lakukan selama 60 detik
6. Istirahat 5 menit setelah lengkap satu sesi
7. Lakukan selama 4 sesi.
Jika refleks cahaya semakin baik, diharapkan peluang Aisha melihat garis bentuk juga membaik.

Metode HTHT dengan Bu Octorina

HTHT
Saat ini kami juga menerapi Aisha dengan metode kombinasi sentuhan dan musik sebagai bentuk terapi fisik dan hypnotherapy. Metode ini sebagai bentuk ikhtiar kami untuk mengatasi kejang Aisha yang tidak terkontrol obat. Terapi ini hanya membutuhkan waktu 10 menit setiap treatment dan kurang dari  1jam untuk keseluruhan terapi dalam sehari. Kuncinya adalah selalu konsisten dan disiplin.

Menjaga stamina a la saya
Jangan dikira dalam sehari cuma pegang Aisha terus ya buibu hehehe. Saya masih punya anak dua lagi yang masih dalam tahap semangat semangatnya mencoba berbagai eksperimen. Mulai dari proyek membuat tugas sekolah sampai eksperimen di sekitar rumah. Karena kami juga nggak punya ART, beberapa pekerjaan rumah juga tetap harus dikerjakan, berbagi dengan suami. Ingat, berbagi dengan suami, bukan berbagi suami hihihi. Beda loh artinya.

Nah, untuk jaga stamina tubuh, mau gak mau tetep kudu punya suplemen kan? Kadang karena saya terlalu banyak aktivitas, jadi mudah kecapekan. Kalau udah gitu, terus telat makan, lalu maagh-nya kambuh, habis itu metabolisme tubuh terganggu dan insomnia. 

Herbadrink Sari Temulawak

Kata ibu saya, temulawak itu punya banyak manfaat untuk kesehatan. Yes, kami memang aliran penyuka pengobatan alami. Punya tanaman obat juga di halaman. Ada jahe, temulawak, kunyit dan daun sirsak.

Tentang Temulawak
Sebagai tanaman asli Indonesia, Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan yang berbentuk akan dan rimpang. Termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan dibudidayakan.Sejak dulu manfaat temulawak dipercaya mampu membantu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), gangguan kantong empedu, dan penyakit liver. 

Kondisi ini umumnya diiringi gejala-gejala seperti kembung, nyeri ulu hati, dan mual. Ini sering saya rasakan kalau saya udah mulai overload kerjaan dan kecapekan. 
Saya kalau sudah kecapekan dan banyak pikiran biasanya juga jadi suka lupa makan. Kok rasanya gak berselera gitu lho. Padahal penting banget ya jaga kondisi dengan makan teratur.

Ternyata temulawak juga diklaim mampu meningkatkan nafsu makan dan merangsang produksi empedu. Dari penelitian yang dilakukan,  temulawak berpengaruh pada metabolisme lemak. Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh. Dari situ ditemukan bahwa temulawak mengandung bahan aktif selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Secara sistematis, temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak temulawak, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

Wuih, jadi sudah pas lah saya mengkonsumsi temulawak sebagai booster alami ya. 

Selain itu aneka manfaat temulawak yang lain adalah:
  • Sebagai Antioksidan
  • Memelihara fungsi hati
  • Mencegah darah kotor
  • Melancarkan haid
  • Obat untuk jerawat
  • Obat untuk komedo
  • Mengurangi radang sendi
  • Membersihkan wajah
  • bahan herbal kecantikan
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mencegah insomnia
  • Meredakan derita asma

Herbadrink Sari Temulawak

Kadang dengan seabrek pekerjaan, suka agak ribet bikin minuman temulawak sendiri. Tapi nggak usah khawatir karena sekarang ada temulawak yang sudah dikemas dan siap saji dari Herbadrink Sari Temulawak. Dengan manfaat temulawak alami dan kandungan khasiat yang terjaga, Herbadrink temulawak lebih praktis untuk dikonsumsi. Cukup larutkan satu sachet Herbadrink ke dalam 150 ml air hangat atau air dingin dan bisa segera dinikmati.

Komposisi Herbadrink Sari Temulawak:
Ekstrak Curcuma xanthorrizha Rhizoma 2,2 gr setara dengan 800 mg rimpang segar temulawak, gula, dan bahan lain.

Manfaat Herbadrink Sari Temulawak
Minuman herbal ini dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia yang diproses melalui teknologi modern dan diolah dari bahan bahan pilihan. Berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan hati dan memperbaiki nafsu makan.

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan tubuh secara alami dengan Herbadrink Sari Temulawak yaaa.
Salam Sehat
/Aya

68 comments:

  1. Sangat bermanfaat banget mbak informasinya :)
    Terimakasih, dan sukses selalu ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Masha Allah semangat ya Aisha Dan mamanya

    ReplyDelete
  3. Peluk mak aaya..dikau setrong, dikau luwaar biyaasaa. Moga sehat selalu dengan herbadrink ya.

    ReplyDelete
  4. Mbk,semangat ya...
    Anakku juga dulu terapi jalan,sekarang terapi wicara.
    Aku suka herbadrink,yang temulawak itu segerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat terus terapinya yaa mba. Sehat selalu dengan temulawak

      Delete
  5. Sabtu nanti mau ke supermarket, cari sari temulawak herbadrink. Khasiatnya banyak banget ya. Pengin nyobain buat anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. temulawak ini manjur banget buat yang susah makan mba

      Delete
  6. Semoga sehat terus ya Nak Aisha. Terus berjuang. Semoga emaknya tetap semangat bersama Herbadrink...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, sehat jiwaraga berkat temulawak hheehhe

      Delete
  7. Tetap semangat Aisha dan mama 🙂 semoga selalu dilimpahi kesehatan

    ReplyDelete
  8. Speechless deh saya, Mbak. Semangatnya luar biasa. Semoga Mbak dan keluarga selalu diberi semangat, sabar, dan sehat, ya. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Mbak... senangnya bisa terapi tiap hari di rumah. Ortu aware dan peduli cara terapi yang benar. Aku share ke temanku yang anaknya CP juga ya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Herbadrinknya bikin ngiler. Buat Mamah dan Aisha semangat terus.

    ReplyDelete
  11. Semangat teruussss yaaa kakak aisha... Emaknya juga, semangat terus dan semoga diberi kesabaran seluas samudra. Aamiiin.

    ReplyDelete
  12. Mba semngat terus yah semoga sehat selalu karena Aisha butuh mamak seterong seperti mba :) btw aku belum cobain jerbadrink temulawak nih jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  13. semangat Aisha cantik bidadarinya Bunda Aya...
    semangat juga ya mbaa....jaga kesehatan juga
    keep positive :)

    ReplyDelete
  14. Tetap semangat Mbak dan semoga Aisha makin banyak kemajuannya. Dianugerahi anak istimewa berarti Ortunya istimewa juga. Sabar ngasih terapi dan kudu jaga kesehatan. Herbadrink bahannya alami, jadi ya bikin badan tambah oke

    ReplyDelete
  15. Saya juga punya gym ball mba dan emang itu multifungsi yaa, untuk terapi bisa olahraga bisa. Lancar terus yaa terapinya Aisha 😊.

    Sehat terus jg bunda untuk bersamai anak. Btw makasih infonya ya bunda ternyata temulawak bisa melancarkan haid juga ya, saya baru tau. Wajib coba nih kayanya.

    ReplyDelete
  16. Aku ngertinya temulawak cuma untuk memelihara fungsi hati. Ternyata manfaatnya selain itu banyak sekali.

    Btw, aku selalu kagum dengan orang tua anak-anak yang diberikan anugrah khusus dari Allah. Mereka pasti diberikan kesabaran yang lebih dibandingkan kami. Semangat ya Aya san Aisha, peluuuk dari Semarang

    ReplyDelete
  17. Aisha punya Bunda yang hebat. Selalu sabar dan semangat menemani Aisha.

    ReplyDelete
  18. Bunda aisha, saya spechless bacanya. Semoga slalu dilimpahi sehat lahir batin ya bund. Sy jd pengen jg cobain herbadrink

    ReplyDelete
  19. Semangat terus ya mbak, Aisha anak pinter. HerbaDrink bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh juga, jangan lupa selalu bahagia ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Strong banget, Mom <3

    Stay healthy buat Mamanya Aisha. Nggak perlu dengerin orang yg nyinyir maupun kepo.

    ReplyDelete
  21. Bunda yang kuat dan sabar ya.. Omongan org lain yg melemahkan cueki aja. Aisha yang semangat sayang..
    Oya bundanya jaga kesehatan juga biar tetap bisa semangat mendampingi aisha

    ReplyDelete
  22. Saya fokus ke buku dengan cover Owl. Aku ga nemu bukunya.
    Btw, keep spirit ya. Kelak Tuhan akan mengganti lelahmu dengan bahagia.

    ReplyDelete
  23. Aisha, semoga lancar terus terapinya yaaa... Untuk mamanya yang istimewa, perlu selalu jaga kesehatan ya. Pas nih kalau suka konsumsi temulawak, kan sekarang udah praktis banget tinggal seduh ya mba.

    ReplyDelete
  24. Ayaaaaa, semoga terus diberi kesabaran dan kekuatan yaaa. Sehat sehat jg buat ibunya, untung ada herbadrink ya.

    ReplyDelete
  25. aku kira dulu temulawak itu minuman khusus laki-laki aja loh, hahaaa soalnya suamiku dulu minum itu, eh ternyata enggak yaa.. semangat buat Aisha, semoga makin sehat teruss yaa *peluk

    ReplyDelete
  26. Semangat yaaa mak, dan jaga kesehatan agar selalu bisa mendampingi Aisha dalam segala kondisi :)

    ReplyDelete
  27. tetap semangat ya mbak untuk aisha :* hiks mulut nyinyir memang ada dimanapun, anakku telat jalan itu tetangga dan mertua berisiknya minta ampun, tapi seorang ibuk harus tetap setrong yak dan waras ... me time dulu sambil nyeruput herbadrink

    ReplyDelete
  28. Semangat terus ya Mba', salam kenal Mba' Aisha. :)
    Kemarin pas ke Jogja nggak ketemu ya. :(

    ReplyDelete
  29. Semoga semua usaha terapi dilancarkan dan berhasil. Ananda selalu sehat dan semangat..begitu juga bundanya dan seluruh keluarga..

    ReplyDelete
  30. Punya anak spesial, udah jelas ibunya uuga spesial. Saluut. Semangat terus dan semoga sehat selalu ya maak

    ReplyDelete
  31. mbak itu air bekas rendaman handletteringnya jangan langsung dipake siramin ibu2 yg banyak nanya,, aku minta, mau aku didihkan dulu.. baru aku bantu siramin. KESEL BANGET kalao ada yg nanya kayak gitu ya..

    mbak semnagatt yaa untuk ada herbadrink jugaya

    ReplyDelete
  32. Semangat mba. Semoga aisha selalu diberi kemudahan untuk sesi terapinya dan lekas ada progress. Aamiin.

    ReplyDelete
  33. Buat si Mama yg tabah dan ttegar ya, jaga kesehatan. Buat Sha semoga Allah memberikan mukjizatNya kpd Sha yang cantik ini. Aamiin

    ReplyDelete
  34. Salut! tetap semangat ya mbak. Semoga selalu diberi kemudahan

    ReplyDelete
  35. Setiap orang pasti beda-beda ujiannya dari Allah dan lhamdulillah ya mbak Aya, Allah beri ujian berupa anak yang berkebutuhan khusus, jadinya mbak Aya bisa terus dekat dengan anak.
    Harus tetap bersyukur, semangat dan jaga stamina dengan Herbadrink mbak :*

    ReplyDelete
  36. HUg you Mbak, kadang memang pertanyaan orang-orang atau statement orang -orang membuat raga yang lelah menjadikan emosi jiwa ya, sabar ya Mbak. Saya juga suka banget konsumsi temulawak jadinya, apalagi setelah tahu manfaat temulawak bagi kesehatan, terus ada kemasan praktis, jadi yaaa, seloow yuk ngeherbadrink dulu

    ReplyDelete
  37. Mbak... Semoga sehat selalu dan dek Aisha keadaannya membaik dari hari ke hari. Salam kenal dariku difable HOH. Baca coretan ini kayakmembaca hati Ibuku.

    Peluk Ibu Aisha, Ibu kuat pilihan Robbuna.

    ReplyDelete
  38. Semiga Sha mendpt mukjuzat dari Allah utk kepulihan matabga da mamanya Sha diberi jesabaran ya.

    ReplyDelete
  39. Semoga Sha yang cantik ini selalu mengalami progres dlm terapinya dan mamanya Sha yang semangat doonk, sabar dan tawakkal, ya.

    ReplyDelete
  40. never ending perjuangan ya mba, semangat. Maafkan juga yang bertanya kemungkinan ga paham. Ya maklum kadang mau perhatian tapi jadi terlalu kepo. Salut buat kisah tak pernah lelahnya

    ReplyDelete
  41. Mbaa, perjuanganmu dan Aisha luar biasa. Semangat ya untuk slalu memberikan yang terbaik untuk Aisha. Pojok khusus Aisha tampak bersih dan bagus. Tetap semangat ya. Jangan perdulikan omongan yang menyudutkan :)

    ReplyDelete
  42. Aku salut padamu, mba, luar biasa sabar dan mampu mengatasi semua proses terapi dan perawatan dengan semangat, semangat terus ya, salam untuk aisha

    ReplyDelete
  43. Buat aisha, semangat terapi ya sayang.
    Buat mbk aya, sehat selalu aamiin.
    Btw lihat herbadrink temulawak daku jd pgn. Sudah lama nih nggak konsumsi minuman dr bahan temulawak. Khasiatnya juga banyak ya mbk aya. Duuuhh jd mauuuu

    ReplyDelete
  44. Terus semangat ya Mba dan semoga selalu sehat agar bisa selalu menemani Aisha. Dede Aisha juga semangat ya cantik :)

    ReplyDelete
  45. Semangat mak Aya, semoga terapinya lancar dan progressnya bagus. Aku juga suka herbadrink temulawak

    ReplyDelete
  46. harus tetap semangat dan sehat demi Asiha ya. Allhamdulillah kalau sudah ada perlengkapan terapi di rumah jadi bisa lebih rutin ya

    ReplyDelete
  47. Titip salam untuk si adik Aisha, jadi anak yang sholeha yah dik 😊

    Mudah2an terapinya sukses dan lancar, amiin :)

    ReplyDelete
  48. Kalian berdua spesial. Dek Aisha semangat ya sayang, bundanya juga sabar banget. Bismillah semoga progresnya perlahan semakin membaik. Semangat, untung ada herbadrink yang membantu.

    ReplyDelete
  49. Semangat ya mba dan Aish, hanya orang-orang yerpilih saja yang dapat menjalani ini semua dengan ikhtiar...

    ReplyDelete
  50. Semangat ya Mba.
    Allah pasti tahu sejauh mana Mba bisa.
    Jangan pernah menyerah karena hadiahnya manis menunggu di sana.

    ReplyDelete
  51. Aishaaa.. tante boleh pinjem pojok latihannya buat leyeh2 gak? Kok kayanya nyaman banget :)

    ReplyDelete
  52. Semog selalu diberikan kesabaran untuk membimbing Aisya yaa... ibu tangguh ini dikasih ujian berkali lipat.

    ReplyDelete
  53. Semangaaat Aishaaa sayang!
    Semangat mba, si Ibu hebat!

    ReplyDelete
  54. Ya Allah mbak, semangat ya mbak, insyaAllah kalau mamanya kuat pasti Aisya akan lebih baik lagi. Keep strong mam

    ReplyDelete
  55. Semangat mamamnya. AKu jg abis ini kyknya akan bbrp kali koreksi gizi anak dan tumbang anakku mbak. Moga bisa mencontoh semangatmu. Org lain bilang apa, udah tutup kuping aja kali ya :D

    ReplyDelete
  56. Mba, maaf, aku baru tahu kalau anakmu CP. Nggak ada kata2 lain yg bisa aku tulis untuk nyemangatin dirimu, selain "SEMANGAT! InsyaAllah, Aisha merasakan kasih sayang dirimu sebagai Ibunya melalui berbagai terapi ini." Sun sayang buat Aisha cantik, ya. :*

    ReplyDelete
  57. Semangaaat my dear Aisha dan mama..I know you two will nail it! Memang ngga mudah ya mba dan please take a break if you need it

    ReplyDelete
  58. Semangat ya kak insya Allah Aisya bisa cepat lebih baik karena punya Mama yang luar biasa.

    ReplyDelete
  59. semangat terus ya Aisyah dan mamanya... herbadrink itu cocok buat nambah semangat kalian. semoga aisyah semakin pandai dan bertambah terus kepintarannya ya. aamiin.

    ReplyDelete
  60. Salut buat mba dan Aisha.
    Stay setrong ya, mba juga Aisha.

    Setuju dengan ide mba Indah, take a break when you need it!

    ReplyDelete
  61. Semangat Aisha...love u kiita semua sayang Aisha, semoga mbak Kartika nggak pernah surut juga ya semangatnya.

    ReplyDelete
  62. Masyaallah semangat terus ya Aisha dan bunda. Semoga tidak ada lagi ibu-ibu nyinyir nyakitin hati. Seandainya mereka tahu bahwa perjuangan itu berat

    ReplyDelete