Wednesday, November 7, 2018

Hai, Bunda dengan Anak Istimewa, Yuk Bahagiakan Dirimu.


Hai,
Ketemu lagi nih sama curhatan bunda Shoji Rey Aisha kali ini. Beberapa waktu lalu ada seorang bunda anak istimewa yang DM saya. Katanya dia merasa terganggu dengan stigma yang katanya "Anak berkebutuhan khusus itu akibat dari kesalahan orang tuanya di masa lalu."


Inhale...exhale...inhale...exhale...lalu istighfar.
Serius? Jaman begini masih ada yang tega bilang begitu sama orang tua ABK?

Bunda ini malah cerita kalau ini adalah ucapan dari seorang ustadz di pengajian yang dia datangi bersama ibunya. Setelah kejadian itu, hal ini selalu diungkit ungkit dan membuat bunda ini gak nyaman.

Bukan gimana-gimana sih, iya kalau posisi sang Ibunda sudah settle, sudah bisa menerima kondisi anaknya mungkin gak masalah. Tapi untuk seorang ibu yang baru dapat diagnosa, duuh...pasti rasanya pengen nyakar-nyakar. Bukan nyakar orang lain, tapi diri sendiri mungkin.

Nggak ada yang bilang gak boleh, boleh kok. Tapi dilihat dulu kondisinya kali yaaa...

Hmmm...
Saya diminta membahas soal berat macam ini rasanya pengen lambaikan bendera putih saja deh. Etapi ini bukan uji nyali deng. Baeqlaa...saya coba bikin jawaban versi Bunsho yaaa, kalau ada salah-salahnya atau ada yang kurang berkenan saya mohon maaf.



Intinya begini, kalau saya pribadi nih menganggap apapun yang terjadi sama anak anak saya ya secara medis bisa dijelaskan. Karena virus CMV jahat yang nyempil-nyempil di badan dan otak anak-anak saya sehingga kondisi mereka seperti saat ini. Nah kenapa bisa masuk itu virus, ya karena memang lingkungan saya dulu sebagai guru TK berhubungan dengan air liur anak, ingus anak, cebokin pipis anak, dan mungkin saya nggak cuci tangan dengan bersih. Itu bisa jadi salah satu penyebabnya.

Tapi...tapi nih tapi...
Tanpa kuasa dari Allah, maka virus virus itu juga pasti nggak akan nemplok di tubuh anak anak saya kan? Nah inilah, keyakinan kita diuji disini. Kenapa kita yang dikasih?

"Ya mungkin karena Allah tau kalau saya nggak akan bisa masuk surga dengan amalan yang saya lakukan sendiri, jadi Allah bantu saya nambah pahala dengan menitipkan calon ahli surga untuk saya dan suami rawat sebaik-baiknya. Kalau kitanya ikhlas, insha Allah nambah tuh timbangan pahala, nah kalau nggak ikhlas dapetnya cuma capek doang hehehe."

Jadi, kalau saya pribadi, saya berterimakasih sama yang udah mengingatkan. Bahwa tujuan saya dikasih anak istimewa salah satunya untuk menambah timbangan amal baik saya yang memang kayanya kurang deh kalau nggak dapat tambahan. Jadi kalau ada yang bilang karena kesalahan orang tua dimasa lalu, juga ada benarnya sih.

Itu baru sebagian curhat curhat sesama ibu anak istimewa. Lelah jiwa? Pasti dong. Lelah fisik juga karena menggendong anak 11 kg kemana mana saat berat kita sendiri cuma 39 kilo itu wow deh rasanya. Jangan nyobain, berat, Dilan aja gak kuat. Belum lagi kalau BAB, BAK, bikin makanan halus gak cuma 6 bulan, ngelatih duduk dan berdiri yang rasanya jadi "never ending story" uwowwwwoooo...

Oh iya, Bunda dengan anak istimewa saya yakin pasti ingin membahagiakan anak anaknya. Bunda dengan anak sempurna puuun. Hanya saja, kadang mereka lupa membahagiakan diri sendiri. Makanya sebagai ibu anak istimewa, perlu banget kok membahagiakan diri sendiri. Saya pernah denger Bu Octorina Basushanti bilang bahwa seorang ibu pasti akan sangat menyayangi anak anaknya, tapi terkadang lupa menyayangi diri sendiri. Padahal untuk keberlangsungan kehidupan bahagia bersama anak istimewa, seorang ibu dituntut untuk tetap waras dan bahagia.

Lazada 11.11

Nah, pas banget sama program Lazada 11.11 dimana Lazada akan memberikan banyak sekali diskon wow di tanggal 11 November besok. Di China tanggal ini diperingati sebagai hari single yaitu hari untuk memanjakan diri sendiri. Awalnya karena angka 11.11 ini semacam couple gitu kali yah, simbol dua pasangan yang saling berhadapan untuk bisa langgeng dalam hubungan. Nah, Lazada mengakomodasi dengan program banjir diskon 1111 yang disebut juga sebagai Festival Belanja 11 11. Selama 24 jam akan banyak promo barang barang yang bisa kita beli untuk menghadiahi diri sendiri.

Sepenting apa sih memberi hadiah untuk diri sendiri? Buat saya sih penting banget, karena tentunya ada kepuasan tersendiri untuk bisa berbelanja dan memanjakan diri dengan program Lazada 11.11 ini.

Ada empat barang yang saya idam idamkan banget untuk dibeli besok, apa saja dan kenapa? Sini saya ceritain satu satu

Lazada 11.11
Laptop Asus VivoBook X441UA-WX324T

1. Laptop
Udah tau dong ya kenapa saya ngincer laptop? Pastinya karena saya sendiri seorang blogger dan karena laptop saya yang lama sudah almarhum. Saya sendiri suka banget sama warna putih, jadi koleksi gadget saya memang kebanyakan pilih yang warnanya putih. Selain terlihat bersih, gadget putih juga cakep kalau jadi properti foto. Teteuuupp...

Nah yang bikin saya tambah naksir ASUS VivoBook Max X441UA ini karena udah pakai OS Windows 10 Home dan processor IntCore i3-6006U (3M Cache, 2.00 GHz).
Tipe grafisnya Intel HD Graphics 520 dan RAM  4GB udah lebih dari cukup untuk bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan saya sebagai blogger. Dengan Layar : 14 Inch dan LED Backlit HD (1366x768) bikin aktivitas menulis makin menyenangkan.

Notebook seri ASUS VivoBook Max ini teksturnya mengkilap dengan brushed-metal-effect. Nggak cuma tampilan aja yang kece, Teknologi audio eksklusif seperti ASUS SonicMaster, menggabungkan teknologi ICEpower®, ASUS Splendid, dan ASUS Tru2Life Video membuat film dan musik menjadi lebih hidup. Begadang jadi betah deh.

Kebanyakan panel LED memancarkan cahaya biru penyebab degenerasi makula dan masalah retina, dengan Mode ASUS Eyecare, bisa membuat lebih nyaman membaca di layar dan mengurangi kelelahan mata.

Mantul kan gaes, pasti hati gembira tiada tara kalau berhasil memboyong pulang ASUS VivoBook apalagi dengan hasil Belanja Lazada 11.11 yang gede diskonnya.

Skechers

2. Skechers
Nah lho... Kok sepatu? Hihihi. Entah berapa lama saya nggak beli sepatu keds. Terakhir kayanya jaman saya kerja sekitar 5 tahunan yang lalu. Saat ini ya pakai sepatu biasa aja, bukan sepatu keds, yang penting nyaman, flat, dan awet.

Tapi akhir-akhir ini saya kena virus. Virus Zumba namanya hehehe. Diajakin ibu-ibu wali kelas Rey untuk join Zumba setiap Rabu. Pertama kali nyoba kok asik yaa, lumayan lah ngumpul enggak cuma jajan dan ngunyah mulu. Alhamdulillah suami juga support banget saya mau olahraga. Pengorbanan dia mau jagain Aisha selama saya Zumba tentu tidak boleh dilewatkan yes.


Selain modelnya yang pas di hati dengan mesh halus di bagian atas, materialnya juga berkualitas. Jaminan awet dan tahan lama so pasti dong. Ditambah midsole peredam benturan dan insole memory foam pasti bikin Zumba saya semakin cihuy. Dan tentunya yang paling penting....ada ukuran 5 gaes....in sha Allah muat di kaki Cinderella saya.
Watercolor palette

3. Watercolor Palette
Sebagai handletterer sejati, salah satu me time saya adalah bikin lukisan pakai kuas-kuas di penghujung pagi. Saya rela nggak usah ke emol selama sebulan asal tiap hari bisa nguas dan dapet palet cakep 48 warna ini.

Selain cat airnya bisa diambilin warnanya dalam kotak imut sesuai dengan mood dan suasana hati, bagian tutupnya bisa jadi palet gaes.

Aduuh...kurang kece apa coba ya yang begini ini. Warna warninya nyata banget ini, pasti kalau dioles nggak akan bikin kuciwa. Dapet dua brush pen pulak. Huhuhu...kapan lagi diskon segede ini kalau nggak di Lazada 11.11 cobaaa?

Tombow Fudenosuke Soft Type

4. Brushpen Tombow Fudenosuke Soft Type
Ini adalah brushpen sejuta umat gaes. Kayanya hampir semua handlettering artist punya Tombow ini. Saya sih selama ini pake kuas nomor 0 saja sudah bahagia, tapi kalau dapat Tombow Fudenosuke dengan harga istimewah, siapa nolaaak?

Tak bisikin ya, brushpen ini kece banget kalau dipakai buat bikin tulisan kecil-kecil, rintip-rintip, imut-imut dan hasilnya sudah pasti rapih jali. Kalau pakai kuas kadang masih bleberan kemana mana karena tintanya suka ngeluyur kanan kiri. Nah dengan Tombow ini hasilnya bisa sesuai ekspektasi pokoknya. Aseli gak mungkin gak mupeng.

Jadi gimana? Udah kebayang ya serunya memberi hadiah untuk diri sendiri? Jangan lupa ya Bund,

"Selalu bahagia karena anak-anak kita bukan butuh ibu yang sempurna, mereka cuma butuh ibu yang bahagia"

Sampai ketemu di Lazada 11.11 nanti yaaa...pastikan pantengin hadiah impianmu sejak sekarang juga 😍

55 comments:

  1. Whislistnya keren keren mba, semoga terlaksana di lazada 11.11 ya

    ReplyDelete
  2. Iya mak, kita harus bahagia agar tetap semangat mengurus anak-anak. Aku juga udah punya wishlist, semoga barang yang kita inginkan bisa kita beli ya mak. Semangat

    ReplyDelete
  3. Wuoah laptop asus yg versi vivobook spesifikasinya emang selalu bikin ngiler sih kak. Aku selalu ingin beli namun belum keturutan belum selesei nabungnya hihi. Semoga wishlistnya keturutan semua yaa

    ReplyDelete
  4. Setuju mba ...untuk d sayang kelurga ga harus JD ibu yg sempurna , kesempurnaan hanya milik Allah . Cukup jadi ibu yg bahagia mengerjakan semua tugas sebagai ibu untuk keluarga

    ReplyDelete
  5. Saya ga bisa bayangkan gimana perasaan si ibu Mbak. Karena ya, namany ibu itu, anak demam sedikit aja kadang terlintas pikiran "duh, gw kecolongan ni, teledor dsb dsb" apalagi klo dikomen begitu
    Mudah2an ibunya kuat, sy salut sama kesabaran ibu2 dari anak2 ABK

    ReplyDelete
  6. Ibu bahagia, anak pun akan ikutan bahagia. Setuju banget bahwa yang lebih dibutuhkan anak-anak adalah ibu yang bahagia, bukan ibu yang sempurna.

    ReplyDelete
  7. Aku juga mau asus vivonya, cakep banget itu warnanya.. tapi kudu nabung dulu hahahaa..

    ReplyDelete
  8. Sangat disayangkan, judgement itu datang dari salah seorang pemuka agama ya, Mbak. Kan, bisa membuat mental seorang ibu menjadi jatuh. Be strong untuk para ibu istimewa :)

    ReplyDelete
  9. Ada lagi tuh Mbak yang tega bilang kalau anak berkebutuhan khusus itu jadi kayak semacam pesugihan orang tuanya. Saya sampai ngurut dada waktu dikasih tahu tetangga yang komentar gitu ke tetangganya yang lain.

    ReplyDelete
  10. Saya malah slalu slaut dan kabum pada ortu ABK yang diberi amanah luar biasa dan kekuatan serta kesabaran karena tidak semua orang mampu dengan amanah luar biasa tersebut, pas banget ya menghadiahi sendiri pada tanggal 11.11

    ReplyDelete
  11. Wuihhh barang belanjaan nya banyak tapi berkualitas deh. Semoga dapat promo diskon yaaak, jangan lupa set alarm. Kadi lah ibu yang bahagia untuk anak-anak Aya sayang

    ReplyDelete
  12. Duh wishlist 1 dan 2 samaaa. Hahaha..
    Btw bener mbak, jadi ibu juga butuh bahagia, butuh senang.
    Tapi kadang kalau mau happy2 sebentar aja udah dengerin omongan orang "ih malah seneng2 sendiri, anak gak dipikirin".

    Rasanya pengin ku piteess 🤣🤣

    ReplyDelete
  13. Aduh, sepatu skechersnya nau juga doong. Banyak yg bilang enak dipake yaa. Mesti mantengin Lazada niih buat dpt diskoonnyaa

    ReplyDelete
  14. Aku butuh banget sama lensa Mbak.
    Menambah semangat belajar fotografi. Dan pastinya bisa buka jasa foto produk

    ReplyDelete
  15. Yes, ibu yang penuh kebahagiaan, yuukk kita belanja di 11.11 yeaayy... Ah baru tau klo Mb Aya jago handlettering. Keren sekali kau mbaaa...

    ReplyDelete
  16. Semua anak adalah anugerah Tuhan 😊
    Btw aku kecantol sama brushpennya, pengen juga buat wishlist nih untuk Lazada

    ReplyDelete
  17. Semoga perjuangan membesarkan anak luar biasa seperti ananda, akan diganjar dengan kebaikan yang berlipat ganda ya mba sama Allah. Saya setuju banget kita sebagai ibu, harus menghadiahi diri sendiri supaya tetap waras dan bahagia karena peran yang kita jalanin sehari-hari berat sekaliii hihi

    ReplyDelete
  18. Aku pun begitu. Pengen beli laptop biar ngeblog makin asik. Tiap hari lihat laptop kece milik sepupu terus kepengen punya juga deh. Tapi harus nabung dulu kalau mau beli laptop.

    ReplyDelete
  19. Mari wujudkan bahagia ala kita di Lazada 11.11 ya Ayaaaa, semoga wishlistnya menjadi kenyataan ya.. aaamiinnnn

    ReplyDelete
  20. Aih aku naksir banget ama sepatunya. Bagus banget. Setuju banget kalau kita sebagai orangtua harus membahagiakan diri sendiri agar anak juga bahahia jika orangtua bahagia ya

    ReplyDelete
  21. Setuju banget, ibu yang bahagia pasti menularkan anak-anak yang bahagiaaa, Happy shopping Mbak, ikutan bikin list lah, siapa tahu bisa belanja di 11 11

    ReplyDelete
  22. Masya Allah luar biasa pastinya ibu yang dikasih anak-anak istimewa karena ibu yang anaknya normal aja masih suka marah2 ke anaknya. Thanks for sharing Mba.

    ReplyDelete
  23. Semangat selalu ya mba... Oya semoga barang 2nd incarannya berhasil dibeli pada momen 11.11 nanti ya..
    BTW..salam sayang buat ananda yya mba...

    ReplyDelete
  24. Aku nggak sabar nih nunggu 11 11 pengun cpengun cari hape yang diskonnya lumayan hihi semoga ada.

    ReplyDelete
  25. Masyaallah. Sebenarnya setiap anak itu istimewa ya. Manusia aja yang bikin penggolongan mana tipe anak yang bermasalah. Dan menambahkan beban pada ortunya yg sebenarnya udah sama repotnya dengan mereka jg.
    Semoga sukses memanjakan diri ya bun 😍

    ReplyDelete
  26. Setalah mengurus anak memangpantas bunda dikasih hadiah nih, pas banget ada promo 11-11 ya dari Lazada. Paletenya banyak yawarnanya anakku suka yang kaya gini mbak

    ReplyDelete
  27. Bentar lagi nih 11.11 dan aku gak punya wishlist yg spesifik haha.
    Aku mau liat2 dulu, sbnrnya pengen kamera buat ngevlog tapi yaaa liat2 dulu apa sesuai budget apa gak:D

    ReplyDelete
  28. Wah skecher, aq seneng bgt sama sepatu ini. Harga gak mahal2 amat, tp dipakai enak, empuk.

    ReplyDelete
  29. wuah samaan mbak
    aku juga ngincer sneaker buat zumba
    aku ngincer laptop juga, tapi yang 2 in 1
    biar enak diajak travelling

    ReplyDelete
  30. Wah, wishlistnya kece2. Betul mba, untuk.bisa membahagiakan anak, kita sebagai ibu juga harus bahagia.

    ReplyDelete
  31. Semoga semua wishlist kamu tercapai ya aku pun ga sabar nih nunggu festival belanja nanti tanggal 11.

    ReplyDelete
  32. Bunda yang bahagia memang kunci keluarga bahagia juga mba. Have fun with you wish list yaaa

    ReplyDelete
  33. kereen wishlistnya Mbak, saya juga pengen banget laptop, tapi untuk kali ini diskip dulu, budgetnya belum cukup untuk beli laptop baru, heheheh.

    eehmm, koq itu Ustadz nya tega banget sih ya ngomong seperti itu? gak mikirin perasaan orang dan gimana coba jika dia pada posisi seperti itu, huuft! :(
    semoga si Ustadz itu segera dapat hidayah, dibenerin itu kata2 klo mau dikeluarin..

    ReplyDelete
  34. Ah, Bunda yuk manjain anak dengan belanja nanti di 11.11 kurang dua hari lagi yeee. aku udha bikin wishlist juga

    ReplyDelete
  35. Jadi terharuuu..
    MashaAllah~

    Anak-anak terlahir ke dunia dengan fitrah yang dibawanya.
    Semoga Allah mudahkan kita membimbing ke fitrah anak-anak dengan menjadi Ibu yang bahagia terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  36. Ibu yang bahagia akan menciptakan anak-anak yang bahagia. Dan belanja adalah salah satu sumber kebahagiaan emak-emak hehehe. Semoga wish listnya bisa dapat semua di 11.11 besok ya, mbak.

    ReplyDelete
  37. Wah mantap ya mbak wishlistnya, aku juga langganan kalau belanja Make Up di Lazada

    ReplyDelete
  38. Listingnya keren-keren, terutama yang bisa diajak traveling kemana-mana.

    ReplyDelete
  39. Itu mulut kok jahat2 amat ya padaan? Ustadz malahan lho yang ngomong. Sedih banget baca curhatannya temen Mba aya :(

    ReplyDelete
  40. Gak ngelist makeup atau skincare Mak? Biar samaan kita. Nanti kapan kapan kita jalan bareng lagi ah ya

    ReplyDelete
  41. Wishlistnya keren keren ih. Semoga tercapai semua wishlistmu mbak. Aamiin. Ibu, apapun anaknya, berhak untuk membahagiakan diri mereka sendiri. Dirimu keren sangat mbak

    ReplyDelete
  42. Semangat terus ya Aya.. Selalu suka sama cara Aya ngasuh shoji, rey & aisha, sabar bangeet.. Selamat memanjakan diri yaa, semoga dapet harga terbaik buat wishlistnya :)

    ReplyDelete
  43. Kok sama sih pingin Vivobook, ini yang bisa dilipat itu bukan? Ayok pulpen sama warna buat handletteringnya semoga bisa gak ya mbak .Biar makin kece hasil karyanya

    ReplyDelete
  44. Naksir sepatunya euy. Keren dan kokoh, cocok buat aku yang pengin bisa bakoh kek Mak aya.

    ReplyDelete
  45. Wishlistnya semoga terwujud ya mak Aya. Kalo aku wishlistnya ga jauh2 dari tiket dan lensa kamera

    ReplyDelete
  46. Sepatunya keren ih, semoga terwujud ya wishlistnya.

    ReplyDelete
  47. semoga wishlistnya kesampean semua mba! anyway iya skechers enak banget dipake!

    ReplyDelete
  48. Terharu bacanya... Apalagi bagian "...Lelah fisik juga karena menggendong anak 11 kg kemana mana saat berat kita sendiri cuma 39 kilo ..."

    Kasih Ibu emang sepanjang jalan ya mb. Semoga terwujud wishlist nya :)

    ReplyDelete
  49. Huwowwwww aku yo pengen macem-macem iki dadine. Mungkin tanggal 11 aku gak online sik kali ya, kalo onlen bakal bahayaaa,mborongg 🤣🤣

    ReplyDelete
  50. Lazada emg bikin seneng banyak orang deh 😎😎 naksir sepatunya mb 😎

    ReplyDelete
  51. Skechers mah sepatu favorit aku jg mbak. Enak banget itu dipakenya. Sejak kenal skechers jd males ganti brand lain :D

    ReplyDelete
  52. Ak selalu kagum sama mb aya, kapan2 ngobrol bareng yuk mb ayya... oh ya btw semoga tercapai wishlistnya. . . :)

    ReplyDelete
  53. Peluuuk. Yaps, terkadang kalau belum settle, berasanya dunia gonjang-ganjing. Makanya, Mamak kudu bahagia dengan hal sederhana. Ya itu, belanja sesuai kemampuan ya, Mbak.

    ReplyDelete
  54. Mbak Aya Keren, sehat selalu yahh mbakk
    Smoga wishlistnyaa bisa terwujud yahh mbak utk dapat memanjakan diri sendiri,,
    Semangat Mbak Aya ^_^

    ReplyDelete
  55. Naaahhh hari ini nih waktunya untuk beli apa yang udah lama ada di wishlist

    ReplyDelete