Thursday, December 27, 2018

DIY - Membuat Ketapel Sederhana


Hai Bunda
Ketemu lagi nih dengan Bunsho di postingan Do It Yourself (DIY) mainan untuk anak. Musim liburan sudah datang, dan biasanya anak anak jadi mager di depan TV aja setiap hari. Kalau nggak dikasih aktivitas, dari pagi bisa tuh ngejogrok depan tivi gak pindah pindah kecuali pas waktu sholat doang. Kadang aja sampai lupa makan dan mandi. Ya tho?

Nah kali ini saya mau berbagi tips membuat mainan jadul tapi seru untuk bermain di luar rumah. Permainan ini sangat nge-hits pada jamannya. Mainan anak cowok yang satu ini juga sering banget muncul di film film petualangan.



Yes, hari ini kita akan membuat ketapel. Karena ini adalah permainan yang mudah dibuat dan asik untuk dimainkan


Bahan membuat ketapel


Alat dan Bahan:
Dahan pohon berbentuk huruf Y
Gunting
Kain sebagai landasan peluru
Karet
Kaleng/ board sebagai sasaran

Cara membuat:
1. Potong dahan pohon yang berbentuk Y, haluskan bagian kasar menggunakan amplas
2. Potong kain/ ban berbentuk persegi panjang, beri lubang di kanan kiri untuk memasang karet
3. Pasang karet pada kain landasan, lalu kaitkan di dahan bagian ujung kanan dan kiri.
4. Selesai


Cara memainkan
Susun kaleng kaleng membentuk barisan. Jadikan kaleng sebagai sasaran tembak peluru ketapel.

Tarik kain landasan yang diisi kerikil/ biji salak ke arah kaleng, lalu lepaskan

Main ketapel
Anak bermain ketapel

Kerikil akan meluncur dan mengenai kaleng. Jika berbunyi berarti satu poin didapatkan. Bisa main bergantian dan nanti sistem penilaian berdasar poin peluru yang mengenai kaleng

Bermain ketapel
Shoji bermain ketapel

Seru kan? Shoji dan Rey seneng banget nih main di luar pakai ketapel. Yuk cobain juga.

38 comments:

  1. Wahhh jadi begitu cara membuatnya

    ReplyDelete
  2. Simpel yah ternyata cara buatnya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih langkah-langkahnya, sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Oh jadi begitu cara membuatnya, oke lah dapat di contoh terima kasih :)

    ReplyDelete
  5. Pas banget buat mainan anak-anak untuk mengisi liburan

    ReplyDelete
  6. Aku waktu kecil juga suka bikin ketapel gini

    ReplyDelete
  7. Wah jadi ingat masih kecil dulu. Mpo suka beli ketapel di Abang tukang mainan. Tapi diomelin mama karena dik suka kena ketapel mpo

    ReplyDelete
  8. Wah kalau ketapel buat nembak sesuatu asik seperti nembak buah atau kaleng.permainan sederhana tapi mengasikan

    ReplyDelete
  9. Belum pernah main ketapel gini. Seru yaa bisa buat adik laki2 saya nnti buat dicoba. 😍

    ReplyDelete
  10. Agak2 susah cari dahan pohonnya nih mbak di sini, padahal enak ya jadi bisa ngajarin anak-anak buat katapel sendiri. Mungkin nanti kalau pas gak sengaja nemu dahan yang sesuai baru aku buat

    ReplyDelete
  11. Jadi kayak permainan masa lalu ya, Mbak. Asik kalau anak-anak masih bermain seperti ini

    ReplyDelete
  12. Uwaa, kreatif banget mak. Anak anak pasti seneng banget kalo dibikinin ibunya mainan. Aku simpan ah, nanti bikin buat Bubuky

    ReplyDelete
  13. Aish begitu mudah dan sesedehana itu membuat ketapel ya.. mainan tradisional yang memang layak untuk dilestarikan, tapi memang harus dalam pengawasan orangtua jika sedang main ketapel ini.. khawatir salah nembak hehe.. thanks for sharing ya mbak

    ReplyDelete
  14. Permainan masa dulu dan sekarang akan aku ajarkan lagi sama anakku. Cara membuatnya juga mudah wah jadi ingat masa dulu di mana kakakku pernah dimarahi Ibu karena ketapel dapur jadi pecah telur sepapan hehe

    ReplyDelete
  15. Kreatif banget sih kamu kak. Pengen deh aku bikin bikin DIY gitu, kan anak jadi makim kreatif dan ga melulu beli mainan.

    ReplyDelete
  16. Aahh mainan aku waktu kecil,suka bikin juga kaya gituu, seru banget. Jaman now mah ga ada yaaa

    ReplyDelete
  17. Ketapel ini permainanku waktu kecil dulu, biasanya saya dan teman-teman suka petik asam pakai ketapel ini :)

    ReplyDelete
  18. Wahh makasih tutorial bikin ketapelnya, Mba. Bisa langsung saya praktekin nih untuk anakku :)

    ReplyDelete
  19. Waaah makaso mba info DIY ketapelnya. Saya belum pernah bikin nih. Summer ini mau bikin ah ..

    ReplyDelete
  20. Ini lucu, bisa buat latihan konsentrasi, fokus, dan ketangkasan yaa.. shojii buati arka & raya doong..

    ReplyDelete
  21. Unik juga sih bikin ketapel sendiri, tapi beneran harus nyari dahan bentuk V berarti yah hahaha.
    Ntar Fathir suruh nyobain deh, bikin sendiri :))

    ReplyDelete
  22. Jd inget waktu belajar maen ketapel waktu kecil Mba. Tapi aq gak bisa2, saking takutnya peluru ketapel kena orang

    ReplyDelete
  23. Udah lama ngg main seperti ini.. jadi pengen cobain jugaa deh mba di rumah nanti

    ReplyDelete
  24. Wah boleh juga nih permainannya. Apalagi bahannya simple dan cara buat katapelnya nggak terlalu susah. Jadi pengen buatkan untuk si kecil klu udah bisa main-main nanti.

    ReplyDelete
  25. Waah bis anih dicontek idenya buat anak2. Soalnya ini bisa jd ganti belajar memanah (tujuannya bisa fokus). Supaya anak2 bisa belajar fokus ya mbak :D

    ReplyDelete
  26. seru seru main ketapel! kalau kain diganti potongan ban bekas gitu bisa apa gak?

    ReplyDelete
  27. Permainan masa kecil anak2 bunda, wlp 1 laki2 dan 3 cewek maen bareng ketapel seruuu. Kaleng2 yg disusu kaleng susu bubuk yg memang banyak kami simimpan setelah dicuci. Ag, so sweet kalo ingat masa kecil mereka, sekarang cucu2 pun sdh besar. Ketapel tinggal kenangan.
    ...

    ReplyDelete
  28. Anakku sudah pada bisa bikin ketapel sendiri. Sampe punya dahan beberapa biji buat cadangan

    ReplyDelete
  29. Iya nih, mainan jaman dulu yang dapat dilakukan juga untuk anak-anak jaman now, hehehee

    ReplyDelete
  30. Wah wah, boleh-boleh nih idenya. Anak-anakku yang kecil suka ketepel. Aku selama ini nyari di tukang mainan. Gak pernah dapet. Padahal bisa ya bikin kayak gini. Dan sasarannya juga bisa pake kaleng kayak gitu. Nyoba bikin ah, bocah-bocah pasti pada suka :D

    ReplyDelete
  31. Dan aku teringat masa lalu karena Kakakku hobi banget buat Ketapel. Tapi pakai karet pantil, yg merah buat ban sepeda/motor itu. Belinya buanyak lagi

    ReplyDelete
  32. Waktu kecil aku sukaaaaaa banget nih kak bikin ketapel, seru aja gitu mainnya...

    ReplyDelete
  33. Permainan ini sudah jarang banget ya dimainkan anak anak. Selain sudah terlupakan juga gak banyak yang bisa buat sendiri.

    ReplyDelete
  34. Emak kreatif ya duh inget dulu kalau ke sekolah suka bawa ketapel hehe.

    ReplyDelete
  35. Kreatif banget euy mamanya. Aku lho mau dampingin anak main aja belum sempat, apalagi bikinin mainan tradisional kayak gini hehe..

    ReplyDelete
  36. Seperti nostalgia ya mba dengan masa lalu. Anak lanangku pasti seneng nih kalau diajarin bikin ketapel ini. Sama teman-temannya selalu ramai main ke rumah, bisa asyik njepret2 sasaran nih. :))

    ReplyDelete
  37. Wah membuat ketapel to? Anak cowok banget nih permainannya

    ReplyDelete
  38. Itu keren loh, simple banget lagi buatnya..

    ReplyDelete