Sunday, January 27, 2019

5 Film Animasi Terbaik Oscar, Wajib Tonton.



Tale as old as time...
True as it can be...
Barely even friends, then somebody bends
Unexpectedly...
Siapa yang kenal dengan potongan lagu di atas. Kalau ada yang menebak itu lagi OST Beauty and The Beast, yup bener banget!
Sejak lama film Disney sudah menguasai pasar film genre kartun anak anak ya. Perjalanan hidup Walt Disney pun nggak kalah dengan berwarna warninya film film produksi Disney. Saking besarnya nama Disney, sudah jadi langganan menyabet piala Oscar kategori Best Animated Pictures. 

Tentang Walt Disney
Walter Elias Disney ( / ˈ d ɪ z n i / ; [1] 5 Desember 1901 - 15 Desember 1966) adalah seorang pengusaha, animator, pengisi suara dan produser film Amerika. (Wikipedia). 


Selama hidupnya, ia mendapatkan 26 Academy Award
(22 kompetitif, 4 kehormatan) 3 Penghargaan Golden Globe Award 1 Emmy Award. Walt Disney mulai dikenal setelah ia mengembangkan karakter Mickey Mouse di tahun 1928. Pada 1950-an, Disney berekspansi ke industri taman hiburan , dan pada 1955 ia membuka Disneyland.

Walt Disney (Wikipedia)

Beklah, setelah kenalan sama bapak Walt Disney yang telah berhasil membuat masa kecil saya bahagia, saya pengen lanjut dengan bikin list film yang selama lima tahun terakhir menjadi best animation movies. Film film Disney ini tak hanya menghibur secara sinematografi namun ada nilai nilai yang tersirat didalamnya.

Oscar 2013 Frozen
Frozen adalah film yang bercerita tentang persaudaraan dua orang putri (Elsa dan Anna) yang masing masing memiliki konflik dengan diri sendiri. Elsa dengan rasa bersalah karena memiliki keistimewaan yang tidak mampu dikendalikan, sementara Anna adalah gadis yang berjuang mencari cinta sejati. Pada akhirnya mereka dihadapkan pada keadaan dimana cinta yang sesungguhnya adalah cinta kasih tulus dari adik kepada kakak dan sebaliknya. Menyentuh dan dihiasi dengan sountrack yang easy listening membuat film ini jadi idola gadis gadis kecil. Saya pun jika masih anak anak, so pasti akan minta semua dekorasi kamar dibuat berwarna biru dengan sentuhan musim dingin, khas nuansa di film ini.

Oscar 2014 Big Hero 6
Jika Elsa dan Anna adalah kisah persaudaraan anak-anak perempuan, maka Big Hero sukses membawa kisah persaudaraan antara kakak beradik laki laki yang begitu menyentuh. As usual, Disney sangat pandai mengaduk aduk emosi, terutama saat kejadian meninggalnya sang kakak, Tadashi karena menyelamatkan orang lain yang ternyata sengaja membakar dan meledakkan gedung untuk tujuan jahat.

Pada akhirnya pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa emosi tidak akan mampu mengembalikan orang tercinta yang sudah meninggalkan kita. Film ini juga bercerita tentang pengorbanan sebuah robot kesehatan demi keselamatan Hiro, juga tentang kerjasama team yang selalu berhasil mengalahkan kejahatan. Action, comedy, haru diolah menjadi film yang pas untuk sajian hiburan anak-anak bertema futuristik dan kepahlawanan.

Big Hero (junkee.com)

Oscar 2015 Inside Out
Kebahagiaan Riley yang sempurna ternyata harus berputar 360 derajat. Sejak orangtuanya memutuskan untuk pindah ke San Fransisco, sebuah kota kecil untuk mengikuti sang ayah yang pindah kerja. Berbagai emosi dalam perjalanan beradaptasi dengan lingkungan baru dikemas menarik dengan kehadiran Joy, Fear, Sadness, Anger dan Disgust yang secara bergantian mengatur perasaan Riley. Kenangan Riley diibaratkan sebagai bola bola yang akan disimpan dalam memori otak dan kemudian hilang jika ada kejadian yang secara signifikan mempengaruhi perasaan Riley. Ternyata pengalaman yang didapatkan anak sangat mempengaruhi kerja otaknya dalam merespon keadaan yaa


Film ini tidak membosankan untuk ditonton beberapa kali, karena memang memberikan sudut pandang yang mencerminkan cara berpikir manusia pada umumnya. Kabarnya, film ini juga terinspirasi dari penelitian ilmiah tentang cara kerja otak manusia lho. Jadi, apa sebenarnya yang bisa mempengaruhi perilaku seseorang dan bagaimana cara menghadapinya bisa dipelajari dari menonton film ini. Nilai kekeluargaan yang kental tersaji cantik dalam gambar yang colorfull dan dinamis di film ini.

Zootopia

Oscar 2016 Zootopia
Perjuangan polisi kecil yang memiliki masa lalu kurang menyenangkan digambarkan dengan baik dalam film ini. Bagaimana perjuangan Judy Hopps melewati berbagai rintangan dan tantangan selama bekerja sebagai abdi negara. Yang menarik adalah kemampuannya untuk membulatkan tekad mengejar apa yang ia cita-citakan memberikan inspirasi pada kita untuk tak pernah lelah berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita.

Tokoh polisi kelinci sebenarnya cukup unik. Karena biasanya seekor kelinci identik dengan hal yang lucu, jinak dan manis. Jadi ingat pernah jalan-jalan melihat peternakan kelinci di Taman Rekreasi Bhumi Merapi


Oscar 2017 Coco
Film berlatar budaya Mexico ini termasuk yang mengambil sudut pandang sangat unik. Diceritakan Miguel Rivera, anak laki laki berusia 12 tahun yang sangat mengagumi Ernesto de la Cruz, penyanyi pujaan banyak orang sementara keluarganya sudah menganggap musik adalah kutukan. Kakek Miguel adalah seorang musisi yang pergi meninggalkan sang nenek dan sejak saat itu keluarga Miguel banting setir mengerjakan bisnis sepatu.

Namun sebagai cucu yang memiliki darah seni, Miguel merasa bahwa musik sudah mengalir dalam darahnya. Ketika tidak bisa mengikuti festival musik karena gitarnya dirusak oleh nenek Miguel sendiri, maka ia berniat meminjam gitar milik Ernesto De La Cruz. Tiba tiba kejadian mistis terjadi dan Miguel terjebak dalam kehidupan setelah kematian.

Meskipun banyak tengkorak lalu lalang dalam film ini, namun tidak mengurangi keindahan animasi yang disajikan. Sebagai film musikal, Coco merangkum pesan bahwa keluarga adalah mereka yang selalu bisa diandalkan dalam setiap kesulitan.

Keajaiban keajaiban Disney tidak hanya bisa kita nikmati di film film saja loh. Walt Disney juga membuka taman hiburan yang pasti memanjakan para pecinta animasi di seluruh dunia. Siapa yang tak kenal dengan Disneyland? Ini adalah surganya para pecinta Disney. Konsep untuk Disneyland dimulai ketika Walt Disney mengunjungi Griffith Park di Los Angeles bersama putrinya, Diane dan Sharon. Dia ingin menciptakan sebuah taman hiburan tempat keluarga bisa bersenang senang bersama. Disneyland didedikasikan untuk cita-cita, impian, dan kerja keras yang telah menciptakan Amerika, dengan harapan bahwa itu akan menjadi sumber kegembiraan dan inspirasi bagi seluruh dunia. (Walter E. Disney , 17 Juli 1955) (sumber: Wikipedia)

Tokyo Disneyland (Tokyodisneyresort.jp)

Salah satu Disneyland yang sangat menarik hati untuk dikunjungi adalah Tokyo Disneyland. Sudah sejak lama cita-cita saya ingin pergi ke Jepang dan mengunjungi Wahana yang satu ini. Apalagi di Tokyo Disneyland ada sebuah wahana bernama Monsters, Inc. Ride and Go Seek. Meski tidak masuk menjadi salah satu pemenang Oscar, tapi film Monsters Inc sendiri merupakan salah satu film yang sarat nilai positif. Sully sang monster memberikan pesan bahwa kita tidak boleh menilai seseorang berdasarkan fisiknya saja. Sully yang notabene monster paling menakutkan, ternyata berhati mulia.

Monster, Inc Ride and Go Seek (tokyodisneyresort.jp)

Tokyo Disneyland
Tokyo Disneyland terbagi menjadi dua bagian yaitu Tokyo Disneyland dan Tokyo Disney Sea. Disneyland Tokyo buka dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam. Cukup waktu untuk bisa mengeksplorasi keseluruhan taman, meski tidak akan bisa menikmati seluruh wahana dalam waktu satu hari saja saking banyaknya. Ada waktu waktu tertentu di sore hari untuk bisa meljhat tokoh tokoh disney berparade dan kita bisa foto foto bareng sama tokoh dianey favorit kita. Untuk memudahkan pembelian tiket dan kenyamanan selama berlibur, kita bisa pakai Disney FASTPASS system.

Berikut beberapa tips untuk yang baru berkunjung di Tokyo Disneyland untuk yang pertama kalinya:
1. Cari tahu mengenai Tokyo Disney Resort
2. Siapkan waktu untuk liburan
3. Cek hotel sebaiknya 6 bulan sebelum keberangkatan
4. Rencanakan aktivitas selama berkunjung
5. Persiapan akhir seminggu sebelum keberangkatan
6. Cari tau ke bagian informasi melalui guidemap yang tersedia untuk update aktivitas seru di Tokyo Disneyland setiap harinya.

Giu

Oh iya, guidemap ini bisa didapatkan di bagian kiri dan kanan pintu masuk Disneyland Tokyo ya. Membantu banget untuk peta penjelajahan wahana disana.
Menikmati wahana Monsters, Inc. Ride and Go Seek jangan kelupaan ya, asik banget. Karena disini kita bisa menjelajah pabrik yang terlihat di film Monster, Inc. juga bertemu tokoh tokoh dalam ukuran asli mereka. Anak anak pasti happy sekali menikmati aktivitas ini.

Kita cukup duduk manis di kereta mini yang akan membawa kita menyusuri rute petualangan Monster, Inc yang terkenal itu. Cocok banget untuk yang punya balita biar gak capek gendong, tapi yang dewasa pun dijamin juga bisa menikmati.

Kalau kalian paling suka film Disney yang mana nih? Cerita dooong kenapa bisa film itu jadi favorit.

45 comments:

  1. aku udah nontonn semua,, keren banget dan paling aku suka itu COCO ahhhhhh sukses bikin aku merinding dan mewek padahal cuma animasi tapi ahhhhhh keren ... haru

    ReplyDelete
  2. Aku sudah nonton juga...zootopia itu awal2 punya filmnya, bolak2 di tonton terus sama anak2. Monster inc apalagi 😁 seru deh

    ReplyDelete
  3. Aku seneng liat film kartun yg animasinya bagus, filmnya mengajak ke kebaikan dan menghibur. Apalagi kl bisa foto bareng sama tokohnya.

    ReplyDelete
  4. Tokyo Disneyland itu salah satu destinasi impianku. Pengen bawa bocah main di sana deh rasanya...

    ReplyDelete
  5. Film ini cocok banget untuk ditonton oleh semua usia anak. mksih ya bun infonya

    ReplyDelete
  6. Semuanya udah saya tonton. Dan 4 dari 5 animasi itu saya suka banget, kecuali Inside Out. Memang dalam dan bagus pesan di Inside Out. Tetapi, gak bikin saya sampai terkesan atau tertawa seperti film yang lainnya

    ReplyDelete
  7. Aduh..jadi pengen lihat Coco nih.. Pengen lihat film animasi yg konon bisa mengharubiru perasaan kita ya ..

    ReplyDelete
  8. Semua filmnya udah kau tonton semua hihihi, anakku penggemar film kartun juga soalnya. Sampai hapal aku dulang2 nonton filmnya kalau pas tayang di Netflix atau tv kabel padahal udah nonton di Bioskop

    ReplyDelete
  9. Wah iya nih semuanya disukai anak-anak terutama zootopia ya alloh anak-anak sampai ulang2 dan aku mabok sampe tau tiap percakapannya "I'm just a dumb bunny" masih terngiang2 itu. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. Paling berkesan buatku adalah Coco
    Aku udah nonton berkali-kali dan tetap suka
    Sampai-sampai kami pernah bikin kegiatan bedah film untuk Coco, membahas beberapa adegan menarik dan pesan-pesan moralnya

    ReplyDelete
  11. Paling senang sama karakter Big Hero dan Monster Inc hahaha,,, mereka lucu aja, gede-gede tapi gemesin.

    ReplyDelete
  12. wah ternyata dari 5 film diatas, aku baru nonton walt disney and frozen ajaa... :)) abis anakku gak suka sihhh

    ReplyDelete
  13. Aku baru nonton frozen sama zootopia. Yang lain boleh deh masuk daftar film akhir pekan buat refreshing. Hehe

    ReplyDelete
  14. Kecuali Coco aku belum sempat nonton mba yang lainnya keren, apalagi yang inside out sama big hero kaya pesan moralnya :)

    Cita-cita aku nih pengen ke Tokyo Disneyland

    ReplyDelete
  15. Sampe sekarang saya masih penasaran pengen nonton Coco, Mba. Karena banyak yang bilang filmnya menyentuh banget

    ReplyDelete
  16. Aku nonton semua kartun Disney...
    Yang paling sering diulang-ulang yaa Frozen.
    Hihihi~

    Karena anak-anak suka karakter kaka-beradik yang saling menyayangi.

    Dan Disneyland Tokyo...wajib dikunjungi bangeett...
    Keren sekali pokonya maah...

    Kalau bisa, beli tiket terusan untuk 2 atau 3 hari.
    karena sejari penuh, gakan puas main di sana.

    ReplyDelete
  17. Dari 5 film di atas yang aku belum nonton inside out, dan memang benar semua dilm kartun disney kental dengan nilai humanisme dan membuat saya sebagai penonton dewasa pun menyukainya karena walaupun dikemas dengan lucu dan menarik tapi tetap memiliki pesan luar biasa

    ReplyDelete
  18. Coco ini sudah ditonton kami sekeluarga berkali-kali sampai anak-anakku tahu lagu kesukaan Coco, remember me. Bagus banget

    ReplyDelete
  19. Keren sekali cita cita dan harapan yang bisa menginspirasi dunia.

    Inilah yang bisa membawa Disney berkembang dan makin di sukai anak anak di belahan dunia

    ReplyDelete
  20. Mau juga berkunjung ke Disneyland Tokyo, impian banget ya buat anak-anak, juga orang dewasa yang dulu mengalami masa kecil nonton film Disney

    ReplyDelete
  21. Aku pecinta berat Disney mbaaa.. dan film animasinya udah aku tonton semua! Aku sudah mengunjungi 4 disney park nih, termasuk di Orlando, Paris, Tokyo dan Anaheim :)

    ReplyDelete
  22. aku mah suka banget nonton inside out, wajar kalai film animasi yang satu ini mendapat penghargaan oskar, pesan moralnya dapet banget

    ReplyDelete
  23. Klo film produk Disney selalu baguss selain anak2 ku juga suka mba serial kartunnya,, film beauty n the best fenomena bngt y

    ReplyDelete
  24. Pengen banget nonton inside out tapi belum kesampaian. Terimakah tips untuk main ke disney land tokyo nya mba. Mana tau ada rezeki menikmati kota tokyo nanti

    ReplyDelete
  25. animasi dari luar terutama amerika itu keren2 ya

    ReplyDelete
  26. Wah, film favorit anak-anakku semua ini. Gak bosen-bosen mereka nonton. Hampir tiap Minggu nyetel DVD-nya. Keren-keren emang ya

    ReplyDelete
  27. Cuma Frozen doank yg pernah kutonton. Monster Inc jg sih.
    Wah Disneyland Tokyo itu kyknya destinasi impian semua org ya mbak, gak cuma anak2 tapi dewasa :D
    Kalau ke Tokyo Disneyland dan Disne Sea kyknya gk cukup seharian yaaa hehe. Moga2 klak bisa ke sana :D

    ReplyDelete
  28. Yang Inside Out aku suka banget Mbaaak. Soalnya pekerjaanku sering bahas juga tentang temperamen, emosi dan juga karakter, jadi seneng aja lihat bahasan itu dikemas tapi dengan cara lain yang super beda dan kreatif tapi tetap based on ilmiah. Salut!

    ReplyDelete
  29. Aku paling suka big hero 6. Belajar bekerja sama untuk memecahkan masalah, bahasanaya juga ringan.. Tapi hampir semua suka kok

    ReplyDelete
  30. Kecuali Coco aku belum sempat nonton mba yang lainnya keren, apalagi yang inside out sama big hero kaya pesan moralnya :)

    Cita-cita aku nih pengen ke Tokyo Disneyland

    ReplyDelete
  31. Anak2ku nih yg suka film animasi kalau liburan dulu sk nyari jg. Kalau aku pribadi ga suka film

    ReplyDelete
  32. Baru nonton disney dan frozen. Nahh khusus frozen udah ga keitung deh berapa kali karena anakku suka banget. Sampe leptopnya aku dikuasai anakku

    ReplyDelete
  33. Dari semua itu, aku baru nonton Frozen, Big Hero, Zootopia ama Inside Out aja mba haha tapi aku sukaaa buanget sama film-filmnya Disney. Ceritanya selalu punya nilai yang berkesan dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  34. Walt Disney memang bagus2 filmnya. Gak heran kalo sampe dijadikan tempat wisata seperti Tokyo Disneyland itu.

    ReplyDelete
  35. Aku belum pernah nonton yang Zootopia saja sepertinya. Ah jadi pemgen nonton ulang Coco karena ceritanya about family.

    ReplyDelete
  36. Makasih ya infonya keren banget ada banyak pilihan nonton film kece. Bakal penasaran nih mau nonton juga

    ReplyDelete
  37. Semua film besutan Disney tuh keren2, mewakili tontonan di masa kecil juga sih, jadi kita yang udah ibu2 gini tetep sukaaaa banget. Seakan mengenang masa kecil dengan menonton film kartun. Ga pernah bosen lho nonton kartun tuh.

    ReplyDelete
  38. Big hero the best sih emang, nonton ini berkali-kali gak bosen. Dan plot twist nya itu awal pertama kali nonton bikin tercengang sendiri gituu..

    ReplyDelete
  39. Kapan ya kita bisa bikin film sebagus Disney? Ada aja idenya. Garapannya juga keren bangett

    ReplyDelete
  40. kalo anak2 seneng bgt nonton Zootopia..sampe diulang2 g tau d brp kali.. tapi emang bagus sih .. banyak pelajarannya .. dont jugde from it's cover bener bgt .. weits daleeemm ..

    ReplyDelete
  41. Film film disneyland favorit saya dari sejak kecil sampai punya 2 orang anak yang juga suka film film disney,,,,sampai sekarang sukaa banget film filmnya.......

    ReplyDelete
  42. Wahhh harus nonton nih, supaya tau dan gak ketinggalan film :D

    ReplyDelete
  43. Itu filmnya memang bagus-bagus semua, tapi aku missed ga nonton Coco sih hehehe.. Zootopia suka banget, moral story nya dalem.

    ReplyDelete
  44. Ah ya, aku pengen ke disneyland juga
    Pengen ketemu mickey mouse. Hehe

    ReplyDelete
  45. selalu mau nonton sih kalau film2 oscar ini

    ReplyDelete