Monday, January 7, 2019

Pengalaman Konstipasi Aisha


Interlac
"Bund, udah berapa hari Aisha gak pup?"

Ini adalah pertanyaan yang sering dilontarkan suami ketika mendapati kamar mandi gak ada bekas pup Aisha beberapa hari. Sampai sampai kami membuat tanda khusus di kalender untuk hari dimana Aisha sudah BAB. Buat kami, anak sulit BAB sudah menjadi langganan bahkan sejak jaman Shoji.

Kemampuan Shoji yang belum baik dalam mengunyah makanan, menjadikan dia sering sekali kesulitan BAB. Padahal serat buah buahan udah selalu jadi menu makan sehari-hari lho. Memang benar makanan yang tidak terkunyah sempurna terkadang mempengaruhi pengolahan makanan pada saluran cerna.

Pernah tuh Shoji kami bawa ke dokter anak di Klaten (Dokter Pri nama beliau) karena sudah 5 hari gak BAB. Ketika masih ASI sebelum 6 bulan sih nggak akan ngerasa panik, karena anak ASI kalau misal terlambat BAB pun katanya tetap normal. Sejak lulus ASI eksklusif dan mulai MPASI kok agak bermasalah nih urusan "ke belakang". Setelah itu Shoji diberi obat pencahar yang langsung dari dubur. Cukup efektif namun tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama nih obat semacam ini.



Rey Alhamdulillah gak ada masalah dengan BAB nya, tapi memang pernah mengalami diare yang bikin kami panas dingin karena bikin dia jadi lemes. Otomatis cairan dalam tubuhnya akan sangat kurang ya. Diare juga bisa menyebabkan dehidrasi kronis, gangguan pencernaan dan malnutrisi.

Rey dan Interlac tablet kunyah

Sulit BAB dan diare adalah dua dari sekian banyak jenis gangguan saluran cerna. Gangguan yang lain seperti gumoh (muntah ringan pada bayi) serta kolik infantil (bayi menangis terus menerus secara berlebihan tanpa sebab yang jelas). Selain itu ada juga gangguan cerna seperti sakit perut dan kembung yang pastinya akan membuat bayi tidak nyaman.

Nah, punya anak tiga, masalah juga ada tiga ya ternyata. Aisha ini termasuk yang sulit BAB tapi rawan muntah. Kadang sedih banget kalau Aisha udah mulai telat BAB nya. Bukan masalah harga mahal yang harus dikeluarkan karena pembelian obat pencahar, namun juga karena obat semacam ini tidak baik digunakan terus-menerus. Aisha jadi kehilangan kontrol untuk mengajan dan usus besarnya juga bisa bermasalah jika terlalu sering berkontraksi karena obat.

Sempat menggunakan tambahan minyak kelapa untuk makannya. Awalnya lancar jaya bak jalan tol, tapi belakangan mampet lagi. Meski secara umum untuk anak Cerebral palsy seperti Aisha, hal ini amat sangat wajar. Kemampuan otot pencernaan dan kontrol yang lemah dan aktivitas fisik yang kurang menjadikan anak-anak special ini sulit BAB lancar.

dr Diana menjelaskan mengenai saluran cerna

Beruntung kemarin tanggal 22 Desember 2018 saya berkesempatan mengikuti seminar "Tips Menjaga Kesehatan Saluran Cerna pada Bayi dan Anak" yang diselenggarakan di Vinolia Baby Shop Jalan Solo Yogyakarta. Pemateri adalah dr. Intan Diana Sari dan  Bapak Muhammad Nurhadi. Dari pemaparan beliau saya jadi tau bahwa saluran cerna dan imunitas anak bisa diperbaiki dengan adanya probiotik. Hal ini sangat mungkin terjadi karena 80% dari sistem imun dalam tubuh terletak pada saluran cerna.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup dimana bila diberikan pada jumlah yang adekuat akan memberikan manfaat kesehatan (WHO 2002)

Peserta talkshow yang antusias

Probiotik adalah bakteri baik yang dalam jumlah cukup akan mampu mempengaruhi kesehatan saluran cerna yang akan meningkatkan imunitas serta menjaga kesehatan tubuh.

dr Diana kemarin menjelaskan bahwa bayi yang lahir normal (pervaginam) sudah mendapatkan bakteri baik secara alami sejak dia melewati jalan lahir. Maka dari itu, bayi yang lahir secara sesar sesuai penelitian memang kurang mendapatkan bakteri baik dari jalan lahir ibu. Apakah ini akan mempengaruhi saluran cerna dan kesehatannya? Ya! Tapi tenang saja, ada tips tips yang bisa diterapka untuk menjaga saluran cerna, diantaranya:
  • Cukup asupan cairan
  • Gizi seimbang dan banyak konsumsi makanan berserat
  • Banyak bergerak
  • Batasi makanan berlemak
  • Konsumsi probiotik.
Interlac drops untuk bayi 0-3th

Nah, untuk mendapatkan hasil optimal, tentu saja ada syarat syarat probiotik akan memberikan manfaat bagi tubuh. Apa saja syaratnya?
  • Berasal dari manusia
  • Tidak patogen bagi manusia
  • Tahan terhadap asam lambung dan saluran empedu
  • Mampu menempel pada dinding usus
  • Menghasilkan zat antimikroba dan meningka5kan sistem imunitas tubuh
  • Tahan terhadap proses produksi dalam penyiapan sediaan
  • Secara genetik stabil

Untuk amannya, jumlah probiotik baik seperti Lactobacillus dan bifidobacterium adalah 10 pangkat 7-12. Kekurangan probiotik akan mengakibatkan dysbiosis atau tidak seimbangnya jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dalam usus. Hal ini harus ditanggulangi dengan mengkonsumsi probiotik secara rutin.

Mekanisme kerja Probiotik

Probiotik akan menempel pada fili fili usus halus yang berfungsi menyerap sari makanan. Selanjutnya akan berkolonisasi dan memproduksi zat antimikroba alami dengan fermentasi. Jika bakteri jahat lebih banyak, bakteri baik yang sedikit menyebabkan terganggunya saluran cerna karena adanya kompetisi antara nutrisi dan bakteri patogen. Jika probiotik sudah menempel dan bekerja maka akan menstimulasi respon imunitas. Kekurangan bakteri baik juga bisa disebabkan oleh antibiotik yang kita konsumsi.

Apa beda probiotik dan prebiotik?

Probiotik: bakteri baik yang bisa memberi manfaat dalam jumlah tertentu
Prebiotik: makanan untuk bakteri baik. Biasanya makannya FOS, GOS, inulin
Symbiotik: probiotik dan prebiotik dalam satu kemasan.

Interlac Probiotics

Indikasi Probiotik
1. Diare karena virus atau bakteri
2. Diare akibat antibiotik
3. Diare akibat lactose intolerance
4. Diare traveler
5. Susah buang air besar (konstipasi)
6. Kolik infantil
7. Regurgutasi pada bayi (gumoh)
8. Imunostimulan (meningkatkan daya tahan tubuh)
9. Mencegah dan mengobati alergi
10. Mencegah NEC pada bayi prematur.

Yuk kenalan dengan Interlac

Seperti yang pernah saya pelajari jaman kuliah dulu, untuk kesehatan saluran cerna memang secara rutin dan teratur kita perlu makan makanan yang menambah jumlah bakteri baik dalam tubuh. Nah sekarang ada Interlac, satu satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis, strain probiotik dari BioGaia, perusahaan Swedia yang terkenal sebagai World Leader in Prebiotics.


Komposisi Interlac

Keamanan Interlac:

Interlac terjamin keamanannya untuk semua usia dan sudah mendapatkan predikat keamanan tertinggi GRAS (Generally Recognized as Safe) dari FDA Amerika Serikat. Probiotik ini sudah teruji klinis, aman dan efektif dan direkomendasikan dokter lebih dari 90 negara.

Oh iya, saya pernah mendapati kuliahgram mengenai dermatitis atopik dari seorang dokter kulit. Dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang sangat kering sehingga menyebabkan rasa gatal luarbiasa. Saya tertarik karena ini juga saya alami. Salah satu pengobatan yang disarankan adalah mengganti sabun biasa yang dipakai dengan sabun yang tinggi pelembab juga mengkonsumsi probiotik.

Eh bagaimana bisa ya, nyambung kemana coba sakit kulit dengan probiotik. Ternyata, hal ini dibenarkan oleh dokter Diana pada saat seminar. Salah satu pengatur sistem imunitas tubuh adalah saluran cerna. Jadi, jika saluran cerna baik, maka imunitas tubuh juga akan semakin baik. Hal ini sangat bisa mengurangi alergi pada tubuh kita. Imunitas di saluran cerna ini juga bisa membantu mencegah infeksi (demam, influenza, diare) dan menaikkan imunitas bayi terhadap alergi. Pas banget ya, saya juga jadi ikutan mengkonsumsi probiotik Interlac ini demi mengurangi gejala yang ditimbulkan dermatitis atopik ini.

Nah, berdasar pengalaman saya ini, ternyata pencegahan bayi dermatitis atopik bisa dilakukan oleh ibu hamil lho. Cukup konsumsi Interlac secara rutin selama 3 bulan, 6 bulan atau 9 bulan sebelum persalinan untuk menjaga bayi tidak terdampak alergi ibu hingga usia 2 tahun.

Varian Interlac 

Varian Interlac

Untuk bayi (0- 3 tahun):

  • Interlac drops (1 x 5 tetes/hari)
  • Interlac sachet (1 sachet/hari)


Indikasi pemakaian:
Dosis: 1 kali sehari
Durasi pemakaian:
Diare: 5 hari
Konstipasi : 2 minggu
Gumoh: 4 minggu
Kolik: 3 minggu
Imunitas: pemakaian jangka panjang

Untuk anak anak dan dewasa (diatas 3 tahun)

  • Interlac tablet kunyah strawberry (1 tablet/hari)
  • Interlac tablet kunyah lemon (1 tablet/hari)

Shojiki suka tablet kunyah strawberry

Indikasi pemakaian:
Diare: 5 hari pemakaian
Konstipasi: 2 minggu pemakaian
Konstipasi kronis dewasa: 1 bulan pemakaian
Menaikkan sistem imun: pemakaian jangka panjang
Pendamping konsumsi antibiotik.

Kelebihan Interlac:


  • Produk diimpor dari Swedia (world leader prebiotics)
  • Keamanan terjamin untuk bayi hingga dewasa
  • Manfaat teruji di lebih dari 13.000 individu dan 160 uji klinis
  • Formula bebas laktosa
  • Praktis cukup 1x sehari
  • Probiotik rekomendasi dokter di lebih dari 90 negara

Kalau saya sendiri jelas sudah cobakan untuk Aisha yang drops dan sachet. Untuk Shoji plus Rey yang tablet kunyah. Aisha udah seminggu ini pakai dan Alhamdulillah pup nya lancar. Shoji dan Rey suka juga karena rasanya enak. Minta tambah padahal dosisnya cuma 1 tablet sehari hehehe. Untuk Shoji dan Rey saya gunakan untuk menambah imunitas dan memperbaiki fungsi saluran cerna.

Sebelum acara seminar berlangsung
Bersama Dr. Diana dan Bpk Hadi

Buat bunda bunda yang membutuhkan Interlac probiotics ini bisa mendapatkan di
Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics
Juga dapat dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, baby shops dan secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan Orami

Yuk tingkatkan imunitas anak anak kita dengan Interlac, teman baik ususmu. Ada yang punya pengalaman pakai Interlac juga gak? Share share di komen ya

42 comments:

  1. Bagus banget tuh produk nya

    ReplyDelete
  2. Cocok banget buat menjaga kesehatan saluran cerna bagi bayi dan anak

    ReplyDelete
  3. Cocok buat bayi dan anak yang saluran pencernaannya terganggu

    ReplyDelete
  4. Interlac ini udah lama banget saya dengar merknya. Ternyata ampuh banget mengobat sembelit maupun diare ya, mbak.

    Semoga anak-anak mbak Aya sehat selalu. Aamiiin.

    ReplyDelete
  5. Ternyata selain drops, ada juga ya kemasan sachetnya? Soalnya di rumah yang kemasan drops udah habis dan aku mau cari lagi ah.

    ReplyDelete
  6. Keponakanku pernah nggak bisa BAB selama hampir seminggu dan dia nangis terus. Kemudian keponakanku makan buah pepaya biar BAB lancar. Interlac ini bisa dibeli di Watsons kah?

    ReplyDelete
  7. aku juga pake ini mba alhamdulilah si sulung juga bebas dari sembelit aku baru tau interlac keren bangets :)

    ReplyDelete
  8. Paling sedih kalau lihat anak kena gangguan pencernaannya. Apalagi kalau sampai keliatan lemes, kasian.
    Untung aja sekarang ada interlac ya ...bisa mengatasi masalah, deh!

    ReplyDelete
  9. Aku juga pake Interlac buat anak2 mba. Soalnya kid 3 sering sembelit, jadi kasih yang tablet kunyah. Enak yaa chewable

    ReplyDelete
  10. Constipation is really annoying yaaa mba.. Alhamdulillaaaah sekarang sudah ada yang bisa diandalkan..

    ReplyDelete
  11. Lengkap banget informasi dan review nya mbak. Jadi ini bisa jadi Solusi kalau anaj susah BAB ya.

    ReplyDelete
  12. Trims infonya Mbak, bermanfaat nanti buat saya kalau punya baby. 😍

    ReplyDelete
  13. Ini problem anak2 kebanyakanyah bund, diare juga, untunglah ada Interlac yg mengerti kebutuhan bunda 😍

    ReplyDelete
  14. Walaupun gak sering, tetapi saat anak-anak saya masih balita juga pernah terkena diare dan sembelit. Kasihan banget lihatnya. Dokter anak juga selalu menyarankan untuk stok prebiotik karena bagus buat pencernaan

    ReplyDelete
  15. Interlac mah andalanku dari Kak Ghifa masih usia 1 tahunan, Mbak. Alhamdulillah cocok. Soal harga memang cukup mahal (bagiku), tapi karena interlac saat anakku terserang diare atau susah BAB jadi gak was was.

    ReplyDelete
  16. Interlac nih memang juara banget buat anak sembelit kalo pir, buah naga, sampe oralit ga mempan interlac nadi andalan

    ReplyDelete
  17. Saya dan anak juga sering ngalamin susah BAB begini Mak. Saya belum berani ngasih apapun kecuali makanan yang sekiranya bisa membantu. Mungkin perlu dicoba juga ya interlac.

    ReplyDelete
  18. Interlac bagus memang untuk sembelit, Ponakanku dulu pun juga dikasih itu baru lancar BAB

    ReplyDelete
  19. Anak ku dari bayi sampai saat ini masih setia sama interlac drop mba, lumayan susah banget dicari dan harus pake resep dokter. Tapi di kimia farma bisa di beli tanpa resep dokter. Bagus banget interlac

    ReplyDelete
  20. Paling sedih deh kalau anak lagi konstipasi gitu ya, tapi sekarang ini ada Interlac jadi aku suka sedia dirumah.

    ReplyDelete
  21. Miqdad doyan banget INTERLac yang tablet rasa strawberry itu. Dikirany permen kali ya

    ReplyDelete
  22. Interlac membantu banget ya, perlu stok di rumah ini ya. Dulu anakku ada yang mengalami susah BAB. Kudu stok ya biar persiapan

    ReplyDelete
  23. aku jadi dapet ilmu baru nih. Ternyata prebiotik dan probiotik beda ya maknanya tapi saling berkaitan.

    ReplyDelete
  24. Perhatian sekali ya suaminya dgn kesehatan si kecil. Untung ada interlac ya

    ReplyDelete
  25. Kalau di apotik Roxy sudah ada belum ya, keponakan juga lagi susah BAB.

    ReplyDelete
  26. Interlac memang baik ya untuk saluran cerna. Anakku pun pernah minum interlac waktu sulit BAB.

    ReplyDelete
  27. Jadi ingat anak2 masih kecil dulu, karena belum tau obatnya anak2 dikasih pisang hehw...konon ini melancarkan juga..

    ReplyDelete
  28. Waktu anakku yang pertama masih kecil juga pernah tuh 5 hari ga pup aku udah panik aja, Allhamdulillah sih gpp. Tapi buat jaga-jaga punya interlac penting juga ya apalagi kalau masih punya anak kecil.

    ReplyDelete
  29. Konstipasi memang ganggu banget. Anaknya begah dan kesakitan, kitanya khawatir. Alhamdulillah, rayyan anak saya juga dulu pake Interlac. berkatnya jadi gak konstipasi dan gak gampang kembung lagi perutnya. :)

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah konstipasi bukan lagi menjadi kekhawatiran ya mba karena ada interlac.

    ReplyDelete
  31. AKu sering banget nih Mba, gagal bAB, pengen tapi nggak jadi-jadi itu berlangsung berhari-hari. Berarti agak bermasalah ya, alhamdulillah untuk anak-anak ada interlac ini ya. Ada tablet kunyahnya pula. Alhamdullilah.

    ReplyDelete
  32. Mbaa akupun konstipasi nih, buang airku ga rutin setiap hari. Wah aku baca tadi interlac juga bisa buat yg dewasa yaa. Jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  33. Anakku pernah kena konstipasi, kasian bgt liatnya, tp sayangnya dlu blm kenal interlac jd sembuhinnya agak lama

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah, abia baca ini jd tau solusi kalo anak2ku nanti kena konstipasi lagi, tp mudah2an jangan sih. Sehat terus ya buat anak2 kitaa

    ReplyDelete
  35. Kebetulan aku tidak punya pengalaman menggunakan Interlac ini, Aya. Tapi ini pengetahuan baru bagiku. Ternyata kebanyakan antibiotik itu menyebabkan berkurangnya bakteri baik ya. Kasihan juga ya anak-anak yang terlalu sering mendapatkan antibiotik. Bisa-bisa bakteri baik di dalam tubuhnya kekurangan pasukan.

    ReplyDelete
  36. Bikin khawatir ya klo kiddos, punya madalah sulit buang air, Kita aja gk betah, untung Ada solusi ya yg Aman sesuai usianya lagi

    ReplyDelete
  37. Wah ada ya untuk konstipasi anak, bisa dimasukkan ke daftar belanjaan ni buat persediaan

    ReplyDelete
  38. Ponakanku pernah tuh konstipasi karena nggak mau makan buah dan sayur tapi sejak konsumsi interlac nggak pernah konstipasi lagi.

    ReplyDelete
  39. Gangguan pencernaan pada anak memang bikin cemas banget ya Mba :')
    Nggak tegaa banget kalau liat anak kehabisan tenaga mengejan karena konstipasi atau liat mereka lemas dan dehidrasi karena diare, huhuu.

    Selain makan dengan kandungan tinggi serat, perlu banget nih sedia Interlac di rumah untuk jaga-jaga.

    ReplyDelete
  40. Ngomongin probiotik dan prebiotik kok saya jadi ingat iklan di tv ya. Nanti deh akan saranin ini kalau keponakan mengalami BAB tidak lancar :)

    ReplyDelete