Friday, March 1, 2019

Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Ilona Juwita CEO ProPS

Di era digital seperti saat ini memasuki Revolusi Industri 4.0 tentunya banyak sekali hal-hal baru bermunculan. Profesi yang dulu tidak pernah kita bayangkan ternyata sama menjanjikannya dengan profesi bonafid saat ini.

Berbekal rasa keingintahuan saya sebagai emak blogger  yang mau tidak mau harus meng-upgrade ilmu dan pengetahuan untuk bisa mengikuti arus jaman, maka saya antusias ikut acara "Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan" . Baca tagline ini serasa hati saya bergejolak bak dapat surat cinta pertama dari Uda #eh. Siapa sih yang gak mau blognya lancar menghasilkan pundi-pundi rupiah.



Acara ini adalah bentuk #KEBelajar dan menggandeng ProPS, salah satu Google Channel Partner sebagai lembaga yang sudah dipercaya oleh Google untuk mendapatkan keistimewaan mengelola pemasangan iklan di blog-blog kita.

Suasana KEBElajar. Pic @bookpacker

Acara yang dipandu oleh MC seru mas Aji ini menghadirkan CEO ProPS mba Ilona Juwita, Mak Sumarti Saelan dan Mak Carolina Ratri sebagai wakil dari KEB dan sekaligus presenter untuk tema "Pilar Post" Pastinya acara ini manfaat banget buat keberlangsungan trafik sebuah blog.

Diadakan tanggal 16 Februari di Kunena Eatery, salah satu kafe kekinian di Jogja bagian Utara, sekitar 50 blogger berkumpul siap untuk menyerap ilmu dan energi baru untuk mempercantik dan membuat blog-nya lebih menghasilkan.

Materi yang disampaikan mba Ilona Juwita kali ini buat saya merupakan hal baru. Selama ini mengelola blog hanya dengan menerima content placement, review product, atau undangan liputan. Selain membuat postingan organik yang berkisar keseharian saya di parenting, kesehatan anak anak atau beberapa tips dan DIY tentu saja.

Belajar Google Adsense buat saya kok kayanya "gak nyampe". Bingung karena ribet dan udah takut duluan untuk memulai. Tapi karena yang menyampaikan materi kali ini adalah ahlinya, jadi penjelasannya lumayan bisa dipahami untuk saya yang memang gak punya basic IT sama sekali.

ProPS

ProPS

Sebelum ke materi, kenalan sedikit dengan ProPS yuk. Sebagai Google partner, tentunya ProPS sudah terpercaya untuk menyeleksi web yang dirasa berkualitas untuk menjadi partner Google dalam menampilkan iklan.

Berikut adalah layanan yang disediakan oleh ProPS:

  • Enable DoubleClick Ad Exchange to highquality, niche, & segmented publishers.
  • Free DFP Implementation & Ad Ops Service
  • AdSense Enabler and Optimization
  • Connect with Top-performing Ad Networks
  • Consultation & Training

Menurut mba Ilona, saat ini monetisasi blogger berkisar dari 5 poin dibawah ini:

1. Content Marketing
Pembuatan artikel dan video, sponsored post atau content placement

2. Social Influencer
Pekerjaannya berhubungan dengan posting desain materi dari client, sebaai trainer, speaker maupun konsutan

3. Affiliate Link
Dengan affiliate kita mengumpulkan trafik dengan memasang link afiliasi di blog kita. Setiap penjualan produk yang berasal dari klik halaman web kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

4. Iklan
Iklan yang diletakkan di blog kita bisa dalam bentuk banner maupun text

5. Berjualan Produk Digital
Berjualan produk digital bisa berupa ebook, kursus dan training, workshop, gambar, foto, video atau memberlakukan sistem membership untuk orang yang mau membuka konten-konten kita.

Mak Carolina Ratri. Pic @bookpacker

Dari sebuah tampilan web, kita punya banyak kesempatan untuk menaruh aneka tools untuk mebuat blog kita menghasilkan uang, diantaranya dengan memasang banner iklan, dengan melakukan penjualan afiliasi, dengan CPM (pengiklan akan membayar jika iklannya terlihat) dan Pay Per Click (pengiklan akan membayar kepada kita jika postingan iklan di klik oleh pembaca)

Mba Ilona melanjutkan, jumlah pengiklan akan sangat tergantung dengan hal-hal pendukung sebuah iklan itu sampai kepada calon konsumen, diantaranya banyaknya page kita yang diakses oleh pembaca, page latency,  serta konten yang berkualitas. Tanpa disadari, datangnya iklan ke web kita salah satunya juga dipengaruhi oleh layout web serta kemudahannya diakses dan dilihat dalam tiga detik pertama serta apakah web kita kompatibel dengan mobile view.

Plug-in yang terlalu banyak akan sangat mepengaruhi page latency, sehingga kita perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain:
1. Cari plugin yang menghabiskan banyak storage
2. Cari alternatif plugin yang lebih ringan
3. Matikan fitur plugin yang tidak digunakan
4. Hindari penggunaan dua plugin dengan fungsi sama
5. Non aktifkan fungsi wordpress yang tidak digunakan.

Kolaborasi KEB dan PrOPS. Pic: @bookpacker

Jika selama ini saya hanya mengenal Google Adsense yaitu bentuk iklan PPC (Pay per click) yang hanya akan menghasilkan uang jika iklan kita di klik, kali ini saya jadi tau tentang bentuk iklan CPM dengan Google Ad Manager  (Click per impression). Tanpa perlu di klik, kita akan dibayar oleh advertiser jika iklan advertiser terlihat oleh pembaca.

Nah, supaya iklan kita langsung terlihat oleh pembaca, maka perlu sekali untuk memparhatikan poin-poin berikut:

1. Pastikan sumber trafik dari page berkualitas
2. Pastikan penempatan iklan memiliki keterlihatan yang tinggi dan potensi klik yang tinggi
3. Pastikan setiap slot menampilkan aneka pilihan size iklan
4. Dari berbagai iklan yang ditawarkan, pastikan kita pelajari lebih lanjut untuk mempertimbangkan potensi revenue

Berbicara tentang potensi penghasilan, saat ini untuk web yang punya pangsa pasar global sudah mulai dilirik dengan rate biaya iklan yang cukup tinggi. Karena pasar yang lebih luar, tentunya konten buatan kita pun harus disesuaikan.  Beberapa tips yang bisa dipakai jika kita ingin memaksimalkan targeting yang menyasar pembaca global, kita bisa melakukan hal hal berikut:

1. Tentukan Target Audience
○ Penduduk negara berbahasa inggris?
○ Penduduk negara dengan bahasa lain?
2. Produksi konten yang “evergreen”
3. Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience
4. Pastikan tidak menggunakan konteks yangmenyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
5. Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur), karena setiap negara memiliki istilah berbeda
6. Ketika menggunakan image, pastikan yang dipahami secara universal
7. SEO.
Manfaatkan keywords yang populer di negaratersebut untuk kemudian ditempatkan di kontenyang relevan
8. Gunakan jasa translator dan berikan akreditasi

Materi selanjutnya adalah materi dari mba Carolina Ratri menganai pillar post sebuah blog. Apa sih itu pilar post?

Fotoumpul dulu sebelum pulang

Menurut mba Carra, pilar post merupakan sebuah artikel yang menyangga blog kita dengan measukkan traffic yang stabil dan banyak. Pillar post bukan sebuah postingan kebetulan lho, tentunya setiap artikel bisa dibuat menjadi pillar post dengan memperhatikan beberapa hal diantaranya:

1. Menentukan Ide
2. Riset keyword
3. Gunakan outlinesemo
4. SEO Checklist

Dua materi yang disampaikan di acara kemarin bermanfaat banget terutama buat blogger yang memang harus selalu up to date dan mau upgrade blog yang dikelola sehingga semakin hari makin baik performance-nya. Yang gak kalah penting pastinya membuat blogger makin kreatif menggali ide untuk membuat konten-konten yang bermanfaat untuk pembacanya.

Sekali lagi, terimakasih untuk KEB dan ProPS yang telah berkolaborasi  untuk event kemarin.  Semoga KEB makin semangat lagi berbagi ilmu tentang blogging. Semoga kami juga bisa menjadi partner team ProPS untuk mewarnai kancah bisnis dunia maya yang hasilnya nyata .

30 comments:

  1. Cool...seperti biasanya. Boleh share ya??��

    ReplyDelete
  2. Wah ada Google Ad manager juga to Mbak? Ih aku kudet nih. Adsense aja belum tahu yang wah gimana. Makasih sharingnya Mbak, nanti pas butuh aku tandain lagi coba ah.

    ReplyDelete
  3. Wah, artikel yang informatif dan lengkap, Kak. Izin share, ya.

    ReplyDelete
  4. Mbaaak, makasih untuk tulisannya yaa.. Ini adsense saya masih 20an ribu aja. Hahahahaaha.... Ya Allah..

    Saya jadi pengen belajar bikin konten yang evergreen, deh. Kadang nulis di blog tu asal biar ada isinya aja.. huhu.. jadi curhatan-curhatan doang isinya.

    ReplyDelete
  5. Izin bookmark ya mba. Ini hrs dipelajari betul nih hehe. Buat sy dl nulis aja cukup tp jaman now mah enggak ya karena banyak elemen pendukungnya

    ReplyDelete
  6. Ilmunya berharga banget Mbak. Sebelum menekuni blog dengan monetise yang sekarang seringnya kerja sama dengan brand, sebetulnya aku sempat naksir berat untuk monetise dengan cara adsense. Jadilah belajar segala macam yang berkaitan SEO on page off page, dan setting blog mesti seperti apa. Tapi endingnya, sekarang malah saya nggak pakai adsense! Hahaha... Tapi ilmu penunjang belajar adsense itu sangat kepake banget ketika kita ngebuils blog sampai urusan blogpost.

    ReplyDelete
  7. Aku masih belum paham nih untuk iklan yang pay per impression. Caranya gimana nih agar blog kita dipasang iklan seperti itu? Cukup menarik lho ini.

    ReplyDelete
  8. Kadang suka takjub dg blogger yang bisa berpenghasilan dari blognya lewat iklan-iklan yg dipasangnya. Seperti jadi blogger itu hrs optimal ya mbak jangan setengah2 agar blognya bisa berpenghasilan dan kita juga bisa berbagi ilmu lewat tulisan di blog.

    ReplyDelete
  9. Woww.. Ada yg br lg dr google ya. Sy br denger pilar post ini Mba. Boleh mak, dijabarkan lg ttg Pilar Post lebih lanjut hehe. Sy jd pengen belajar

    ReplyDelete
  10. saya juga baru tahu, ternyata google adsense juga bisa by impression ya :D saya juga masih banyak belajar lagi tentang iklan, terima kasih mba sharingnya

    ReplyDelete
  11. Tes komen dulu. Ngilang sampai 2 kali kala pakai ponsel padahal belum disalin dan klik tombnl tengah untuk nyalin malah layar jadi korong, komennya tiada.. Senang KEB adakan acara gini, bisa nambah ilmu, dan tulisan Mbak detail banget, saya jadi semangat bahwa blog bisa menghasilkan. Semoga ke depannya bisa mengikuti jejak narablog senior. Aamiin. Sukses, ya.

    ReplyDelete
  12. Dulu pasang adsense ya pasang aja ngikutin adik dan penghasilannya lun maish receh, baru tahu ternyata ada beberapa jenis adsense jadi pengen ngulik lagi biar hasilnya maksimal

    ReplyDelete
  13. TFS utk materi ini mna .jadi nambah pengetahuan nih buat blogger gaptek macam saya nih..hehe.. pengen tahu BHMN prosedurnya kerjasama dgn Props ya?

    ReplyDelete
  14. Suka banget kalau ada ulasan terkait meningkatkan performance seorang blogger dalam mengelola blognya. Apalagi masalah plugin, bener aku kemarin install plugin yang ternyata fungsinya sama jadi buat lemot juga saat buka blog. Ntar aku terapkan mbak semua tips nya.

    ReplyDelete
  15. Adsense ku kurang optimal, aku harus baca ulang lagi nih untuk mengaplikasikan trik agar bisa mendapatkan penghasilan dari CPM Google ads manager

    ReplyDelete
  16. Lengkap kap
    Saya baru nomor satu aja mb jenis monetize blognya
    Moga2 bisa merambah ke yg lain hehehe

    ReplyDelete
  17. Materinya berat tapi cakep yaa.. gara-gara ini aku sadar PRku masih banyak banget, saking banyaknya sampai gak tau mau mulai dari mana dulu buat benahin si blog hahhaa

    ReplyDelete
  18. Auto bookmark. Ini info penting buat para blogger ya mba, saya juga baru tau. Muakasih banget sharingnya mba :))

    ReplyDelete
  19. Revolusi industri mau tidak mau memaksa kita ikut di dalamnya supaya gak ketinggalan jaman juga, apalagi anak-anak jaman sekarang juga sangat dekat dengan teknologi sehingga sebagai orangtua bisa memantau juga. ALlhamdulillah dapat ilmu mengenai ProPS ya, duh aku pingin banget dapet materi ini.

    ReplyDelete
  20. Aku lagi balas emailnya PROPs nih. Langsung tertarik gabung ke mereka. Pengen juga dapet duit dr iklan.

    ReplyDelete
  21. Ilmunya keren banget ya Mbk tinggal action aja nih biar ngisi blog jadi lebih semangat dan konten lebih kreatif ya

    ReplyDelete
  22. Aku selama ini lumayan dapatnya dari affiliate dan content placement juga, tapi kalau content placement biasanya aku ubah dulu.

    ReplyDelete
  23. Ikutan belajar ya Mbak dari postingannya ini aku pun jadi semangat untuk menambah postingan lagi yang berkualitas

    ReplyDelete
  24. saya belum menikmati hasil dari iklan adsense yang terpasang di blog nih, sejak terpasang setahun lalu, penghasilan yang saya dapatkan baru sekitar 600rb-an, sungguh masih jauh banget dari angka $100, hehehe

    ReplyDelete
  25. Artikelnya keren nih. Sepertinya mulai saat ini harus lebih rajin lagi posting artikel yang evergreen nih. Gak boleh malas lagi :)

    ReplyDelete
  26. Selama ini yang saya tahu, kita akan dapat keuntungan jika iklan yang kita pasang di blog, di klik oleh pengunjung.
    Ternyata sekarang, kita juga bisa berpenghasilan saat iklan yang dipasang, cukup dilihat oleh pengunjung

    ReplyDelete
  27. Ini yang bikin mupeng. Memaksimalkan iklan di blog. Tapi, aku belom pede pasang AdSense. Takut ditolak Google. :E

    ReplyDelete
  28. aku pengeeen banget deh mba ikutan acaranya KEB..udah lama ngga ikutan dan pastinya ada banyak manfaat yang didapat yaaa

    ReplyDelete
  29. Affliate link yang aku belum banget dapet ilmunya mba, hehehe keren ya sama blogger-blogger yang udah bisa penghasilannya dari iklan. semoga aku juga bisa mengikuti jejak dengan menulis konsisten. Biar dapet penghasilan juga dari iklan

    ReplyDelete
  30. Wah thanks for sharingnya mbak. Setidaknya postingan ini bermanfaat sekali buat saya untuk mengoptimalkan iklan yang tampil di blog saya. Jadi dapat pencerahan

    ReplyDelete