The One Illuskin dan The One Everlasting EXtreme Foundation


Hai Bundas,

Seperti biasa di hari Jumat #pojokcantik hadir lagi niiih. Kali ini mau bahas soal foundation setelah kemarin posting mengenai face primer


Nah, foundation itu bisa dibilang make up wajib nggak wajib. Foundation pada dasarnya berfungsi untuk menutupi kekurangan pada kulit, seperti warna kulit kurang merata, pori pori besar atau flek dan bekas jerawat. Nah, kalau kondisi kulit sudah prima, nggak usah pakai foundation sih oke oke aja.


Perlu gak pakai Foundation setiap hari?


Buat saya pribadi, saya termasuk yang jarang pakai foundation. Secara aktivitas saya yang mayan padat (nyuci, beberes mainan, gendong aisha terapi, nyetrika....#halah) rasa rasanya foundation akan melumer seketika lah kalau dipakai aktivitas model begitu yaaa... Tapi jikalau pengen tampil sedikit berbeda untuk event di kantor (presentasi produk, pemotretan, take video #haish) saya pakai juga foundation biar make up lebih paripurna.

Yuk kita kenalan sama dua foundation kece untuk daily maupun untuk special occasions. Pertama buat yang daily dulu yaa.

1. The One Illuskin Foundation 

Foundation ini cocok banget buat daily use karena bentuknya yang cair, coverage medium alias cukup nutup tapi smooth dan natural banget hasilnya. Saya punya dua shade natural beige (30600) yang cocok buat kulit sawo matang dan nude pink (30598) yang cocok buat kulit terang.

The One Illuskin Foundation
Botolnya dari kaca dengan pump jadi sediaan foundation terjaga higienitasnya. Cuma ini punya saya entah tutup pump-nya kececer kemana (maklum suka dipake buat beauty class atau beauty demo or dandanin orang) saya emang orangnya rada slebor kalo beresin make up kelar acara hiks.

Meskipun kaca, tapi cukup kuat lah kalau gak sengaja jatuh (pernah beberapa kali jatuh juga gpp kok botolnya) isinya 30 ml cukup awet dalam masa pemakaian 12 bulan setelah dibuka. Ada SPF 20 nya juga jadi nilai plus plus untuk melindungi wajah kita dari paparan sinar matahari dan bisa melembabkan kulit wajah.

Swatch di kulit untuk The One Illuskin Foundation
Bentuknya cair, tapi bukan yang encer encer banget gitu. Warnanya pertama emang agak keliatan beda banget di kulit, tapi kalau udah ditepuk-tepuk dan menyatu sama kulit hasilnya natural. Buat acara formal bisa, meski perlu ditambah concealer untuk noda noda yang belum tercover.

Material / Ingredients: 
AQUA, CYCLOPENTASILOXANE, CYCLOHEXASILOXANE, PEG-10 DIMETHICONE, BUTYLENE GLYCOL, ISONONYL ISONONANOATE, CAPRYLYL METHICONE, SILICA, SODIUM CHLORIDE, NYLON-12, POLYGLYCERYL-4 ISOSTEARATE, CETYL PEG/PPG-10/1 DIMETHICONE, HEXYL LAURATE, STEARIC ACID, DISTEARDIMONIUM HECTORITE, ALUMINUM HYDROXIDE, IMIDAZOLIDINYL UREA, METHYLPARABEN, CAPRYLYL GLYCOL, PROPYLPARABEN, PARFUM, DISODIUM EDTA, ALUMINA, TRIETHOXYCAPRYLYLSILANE, PENTAERYTHRITYL TETRA-DI-T-BUTYL HYDROXYHYDROCINNAMATE, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499 (Sumber: Oriflame.co.id)

Color: Porcelain, Nude Pink, Natural Beige

Kelebihannya foundation ini, dia punya partikel Illuskin yang akan merefleksikan cahaya jadi bikin kulit lebih glowing. Cocok banget buat make up untuk hasil foto yang kece. Saya sendiri pake yang nude pink, tapi kalau mau tampilan rada eksotik juga bisa nyobain yang natural beige.

2. The One Everlasting Foundation Extreme

Foundation ini coveragenya medium to full. Jadi cocoknya dipake buat acara acara yang agak lama juga awet. Pernah aku coba jam 3 sore sampe jam 6 staying powernya masih ciamik. Bilas air juga foundienya masih nempel, tinggal touch up dikit udah kece lagi. Belum pernah nyoba buat berenang sih tapinya hehehe.

Penampakan dan swatches The One Extreme

Kemasannya tube, isi 30ml juga kaya yang Illuskin tadi. Enak sih kalau pas ngeluarin produknya bisa diirit irit gitu tapi kalau baru pertama kudu ati ati, bisa bisa kebablasan. Mencetnya kudu penuh perasaan supaya jumlah yang mau diaplikasikan cukup segede biji jagung, bukan biji pete.

Tutupnya anti ilang karena kudu langsung ditutup setelah dipake ya, supaya nggak kering foundationnya. Kekurangannya paling kalau tangan kita belepotan, tube foundationnya cepet banget kotor.

Bentuk foundation extreme ini macam pasta cair gitu. Lebih pekat daripada Illuskin. Karena pekat, hasil setelah diaplikasikan juga bener bener melapisi dengan sempurna.

Yes-nya adalah nggak perlu pake concealer tambahan, udah cukup pake extreme ini noda jerawat atau pori pori yang gede bisa tertutupi.

Ada dua shade yang aku punya, Natural Rose (32285) dan Natural Nude (32286) gak jauh jauh banget sebenarnya tone-nya sama sama bagus buat yang kulitnya terang. Yang natural nude lebih kearah pink, dan natural rose lebih kearah peach/krem.

Tapi jangan khawatir kalau mau agak gelap, bisa dicampur sedikit sama bedak pure color yang medium atau pakai gerusan eyeshadow warna coklat untuk disesuaikan sama warna kulit kamu (dapet ilmu dari MUA Rika Rastyana nih).

The One Extreme ini punya SPF 30 yang juga akan ngelindungin kulit. Kalau mau bagus, langsung ditutup pakai translucent powder buat ngeset foundationnya.

Material / Ingredients: 
AQUA, CYCLOPENTASILOXANE, CYCLOHEXASILOXANE, PEG-10 DIMETHICONE, BUTYLENE GLYCOL, ISONONYL ISONONANOATE, TRIMETHYLSILOXYSILICATE, CAPRYLYL METHICONE, SODIUM CHLORIDE, POLYGLYCERYL-4 ISOSTEARATE, CETYL PEG/PPG-10/1 DIMETHICONE, HEXYL LAURATE, STEARIC ACID, CAPRYLYL GLYCOL, NYLON-12, SILICA, DISTEARDIMONIUM HECTORITE, ALUMINUM HYDROXIDE, IMIDAZOLIDINYL UREA, METHYLPARABEN, PARFUM, PROPYLPARABEN, DISODIUM EDTA, ALUMINA, TRIETHOXYCAPRYLYLSILANE, HYDROLYZED CRANBERRY FRUIT/LEAF EXTRACT, PHENOXYETHANOL, ETHYLHEXYLGLYCERIN, PENTAERYTHRITYL TETRA-DI-T-BUTYL HYDROXYHYDROCINNAMATE, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499 (Sumber: Oriflame.co.id)
Color:  Porcelain, Natural Rose, Natural Nude

Tips mengaplikasikan foundation

1. Pilih tone warna yang sesuai dengan kulit kita supaya nggak jadi belang hasil riasnya. Jangan maksain pengen keliahatan putih kalau memang kulitnya gelap, nanti malah serem kaya pake topeng. Jadi sesuaikan saja tone warna foundationnya. Btw: kulit gelap itu terlihat eksotis kok kalau riasannya bagus.
2. Kalau jenis kulit kita kering, pakailah kuas. Kalau jenis wajah berminyak pakailah spon untuk mengaplikasikan foundation. Sebenernya bisa dengan tangan sih, tapi kalau kulit berminyak lebih baik pakai tools.
3. Ditepuk, bukan dioles. Mengaplikasikan foundation memang kudu sabar dengan tepuk tepuk ringan di wajah. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting rata.
4. Segera set dengan bedak tabur (sebaiknya translucent) jangan tunggu hingga foundation terlalu kering tapi juga jangan terlalu basah. Nanti kalau sering pakai pasti bisa mengira ngira sendiri kapan waktu yang tepat untuk ngeset bedaknya.

Yes, itu tadi sedikit ulasan soal foundation yaaa...
Ditunggu review produk berikutnya tentang bedak. Coming up, Bunda...

Salam Cantik
/Aya

19 comments

  1. Aku jarang dandan. Abis kalo ngantor boleh ga mandi, seragamnya daster pulak hahah... Btw baru tau loh, kalau make fondation untuk kulit kering bagusnya pake kuas. Makasih infonya ya Mak Aya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Mak Arifah kayanya termasuk yang banyak aktivitas kaan? Kejar kejar Tifa salah satunya wkwkkw

      Delete
    2. Mak Arifah kayanya termasuk yang banyak aktivitas kaan? Kejar kejar Tifa salah satunya wkwkkw

      Delete
  3. Makasih tipsnya mak.. Bisa aku praktekin juga nih cara aplikasinya walau pekenya bb cream..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...BB cream mah malah satu dayung 3 pulau terlampaui ya mak. Yang suka cepet cepet pasti pilihnya BB cream hihihi

      Delete
  4. kalo pengaplikasiannya bener, insyaallah hasilnya ga pecah ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang tuh pecah kalau pas ngeset sama lose powdernya terlalu kering Di. So far malah kalau kita makin berkeringat foundienya makin nempel dan kelihatan alami

      Delete
  5. Ya Allah...fix aku gak ngerti dan kudet about cosmetics 😄🙈

    Btw, pingin kapan2 di make over saya sama mak Aya...buat foto koleksi pribadi. Secara ga pernah dandan. Terakhir di make up tahun 2005 pas jadi manten 😃😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pake banget Mak Idolaque.... Ayuk kapan yang pas selo yaaa

      Delete
  6. Aku jarang banget pake foundation nih mak. Eh tapi The One Illuskin Foundationnya kayanya aman ya dipake sehari-hari.. Wajahku terlalu sensitif nih mak, jadi ga bisa pake foundation yang terlalu berat >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...kulit sensitif nggak usah keseringan pake foundie. Kalau yang ini in Sha Allah aman buat kulit sensitif. Karena aku juga sensitif dan so far pake ini gak ada masalah, asal bersihinnya pas malem pake deep cleansing. Kalau enggak pasti jerawatan hahaha...poriku besar banget soalnya

      Delete
  7. Mba Aya, aku juga pakai foundie kalau mau kondangan doang 😬. Lebih suka pakai cc cream karena lebih ringan. Bagus nih Mba tipsnya, saya kalau pakai foundie suka pakai sponge basah atau beauty blender, karena memang kulitku kombinasi berminyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mak Awie mah emang udah beauty blogger hahaha....ini tips buat yang pemula bangeeettt wkwkwkw

      Delete
    2. Ah mak Awie mah emang udah beauty blogger hahaha....ini tips buat yang pemula bangeeettt wkwkwkw

      Delete
  8. kalo kulity gelap,trus mau pake The one everlasting extream spf 30 pilih yg Natural Rose/Nude??

    ReplyDelete