Berbagi Lewat Qurban Jelajah Negeri



Qurban berasal dari kata dalam bahasa Arab yakni Qoroba yang makna harfiahnya adalah DEKAT.

Qurban sendiri untuk saya pribadi punya banyak sekali makna mendalam, mengingat lima tahun lalu saya dikaruniai Aisha dua hari sebelum Hari Raya Idul Qurban. Sampai saat ini hikmah qurban masih sangat saya rasakan. Ketika itu Aisha masuk ke ruang NICU. Hampir dua Minggu lamanya kami tidak bisa bertemu dan bersentuhan.



Saat itulah, dimasa masa berat itu saya merasa bahwa tiada lagi yang bisa saya mintai pertolongan selain Allah SWT. Namun disisi lain, saya juga merasa, Allah begitu dekat di hati saya. Tiap mendekati hari raya Idul Adha, rasa syukur saya berbuncah. Karena dengan mengenang masa masa berat itu, rasa syukur saya terasa semakin berkelimpahan.


Ketika Masa Masa Sulit Datang

Kebetulan kemarin saya dan teman teman blogger mendapat undangan launching program terbaru dari Syam Organizer. Sebuah terobosan baru untuk berbagi dengan saudara seiman kita di negeri Syam.

Seperti yang kita ketahui bersama, negeri Syam sedang berada dalam tekanan akibat perang. Krisis kemanusiaan disana membuat kelaparan, kemiskinan dan kekurangan bahan pangan menjadi problematika keseharian mereka.

Musim dingin yang sebentar lagi datang, membuat masalah baru karena tenda pengungsian jauh dari kata layak dan nyaman. Rasanya malu saat tau kondisi saudara kita disana penuh perjuangan dan kita disini yang masih bisa merasakan nikmat kehidupan yang aman dan nyaman tidak terketuk hati.

Mendengar kisah Provinsi Idlib, rasanya hati lebih tergetar. Idlib sebagai tempat tujuan pengungsian tak mampu memberikan perlindungan karena kurangnya kebutuhan darurat dasar seperti air bersih layak minum dan listrik. 


Syam Organizer


Atas dasar itulah, Syam Organizer membuat 8 program kerja sesuai dengan apa yang diamanahkan UNICEF serta memberikan kesempatan bagi kita berbagi sedikit nikmat yang sudah dikaruniakan Allah kepada kita. 


1. Sham Bread Factory (Roti Untuk Syam)
Sebuah program pemenuhan kebutuhan pokok bulanan untuk 10 ribu jiwa yang tersebar di beberapa camp pengungsian. Roti untuk Syam juga memberikan santunan bulanan untuk yatim piatu, janda dan keluarga dhuafa serta dana operasional untuk pabrik roti.

2. Water For Sham
Program pengadaan tangki penampungan air untuk tiap keluarga. Dimulai dari pembuatan sumur pompa dan pengadaan mobil tangki

3. Ramadhan Peduli Syam
Program ini membagikan paket bahan makanan dan hidangan ifthar di bulan Ramadhan serta pembagian kado hari raya

4. Save the Children Of Sham
Program yang menitikberatkan pada pembangunan sekolah darurat, pengadaan bus sekolah, santunan untuk tenaga pendidik dan beasiswa pendidikan.

5. Qurban Peduli Syam
Adalah program penyembelihan dan pembagian daging qurban bagi penduduk Syam.

6. Winter Aid Project

Memberikan bantuan musim dingin mulai akhir Oktober sampai akhir Februari berupa paket bahan makanan, penghangat ruangan, tenda, selimut dan pakaian musim dingin.

7. Emergency Relief
Program ini memberikan bantuan berupa tenda darurat, bantuan perabot rumah tangga, bantuan obat-obatan, santunan untuk paramedis, pembangunan masjid darurat dan bantuan kebutuhan darurat.

Selain memberikan bantuan untuk Syam, Syam Organizer juga memberikan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala di tahun 2018 lalu serta bantuan untuk Lombok.

Qurban selalu mengingatkan saya untuk kembali menDEKAT kepada Allah. Dengan segala cobaan yang harus dihadapi. Mensyukuri apa yang sudah kita miliki saat ini dengan berbagi kepada orang lain, agar mereka juga merasakan kebahagiaan menyambut Qurban.

Segala bentuk tragedi tentunya harus mengasah kepekaan kita untuk berbagi. Karena persaudaraan itu tidak hanya diikat dengan darah, tetapi juga diikat dengan keimanan dan kemanusiaan.

Sungguhnya orang orang beriman adalah bersaudara. Allah mengingatkan kita semua supaya Allah meniadakan batas suku dan bangsa bukan saudara. Allah mengingatkan bahwa ikatan persaudaraan paling kuat adalah iman. Seperti yang disampaikan oleh Pak Saiful Haq, relawan kemanusiaan Syam Organizer.

Al Aqsha merupakan amanah untuk setiap muslim. Maka dari itulah, menjadi tanggungjawab kita bersama juga ketika sahabat kita di bumi Syam ingin juga merasakan indahnya hari raya qurban

Qurban Jelajah Negeri


Hal diatas itulah yang melandasi program Syam di tahun ini untuk mengadakan Qurban di Palestina, Suriah, Yaman, dan Indonesia. Untuk memudahkan kita mendistribusikan qurban kita ke Syam, Syam Organizer membuka rekening donasi dan memberikan layanan jemput donasi. Teman-teman juga bisa langsung berdonasi pada nomor rekening berikut: 



Untuk nominalnya bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Syam Organizer di:

Alamat
Jl. Suryodiningratan No.605, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Telpon: (0274)4287146

Website:https://syamorganizer.org/
IG: @syamorganizer
FB: Syam Organizer/

2 comments

  1. Semoga kita dimudahkan untuk berbagi melalui qurban di tengah pandemi seperti saat ini ya Aya. Aamiinn.

    ReplyDelete
  2. Ku baru tahu ada lembaga kemanusiaan di Yogyakarta, selama ini tahunya yang besar-besar semacam DD. Jadi lebih mudah ya kalau mau berdonasi.

    ReplyDelete