Tuesday, September 11, 2012

Makanan Shoji after 1y part 2

Melanjutkan posting makanan Shoji after 1 year yah...




Banyak sih makanan Shoji yang basicnya tuh simple simple, cuma berhubung tukang sayur yang lewat depan rumah nggak selalu punya bahan yang dibutuhkan, jadilah suka saya ganti ganti sendiri tuh bahan dasarnya hihihi, meskipun bumbunya ya cuma itu itu aja. Ini beberapa resep modifikasi yaaa... feel free untuk mengganti bahan dasarnya hihihi kerjaan emak suka eksperimen hufff. Oh ya, satu lagi, saya juga nggak punya takaran tepat untuk bumbu bumbunya ya, jadi pakai perasaan aja, klo untuk porsi kecil disesuaikan. Citarasa juga sesuai selera :) Karena saya juga nggak punya banyak waktu untuk bikin sayur dan lauk secara terpisah, saya lebih suka masak yang ada sayur dan proteinnya sekalian jadi ngirit waktu juga.

1. Kentang siram tumis sayur
Bahan: kentang di rebus, buncis potong kecil, jagung diserut, wortel cincang kasar, daging sapi giling.
Bumbu: butter, bawang boombay cincang, bawang putih geprek, cincang, merica dan sedikiiit garam.
Cara buat:
- tumis butter, bawang putih, bawang bombay, hingga harum. masukkan daging giling.
- kukus kentang, kupas dan potong potong
- siramkan tumisan diatas kentang
- done

2. Orak arik brokoli wortel
Bahan: telur, butter /mentega tanpa garam, brokoli potong kecil, wortel diserut, daun bawang iris tipis.
bumbu: bawang putih, kemiri, sedikit garam, sedikit gula (bila suka), merica (semua dihaluskan).
Cara buat:
- panaskan butter/mentega, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. 
- masukkan telur, diusesk susek hingga hancur.
- masukkan sayur dan daun bawang, beri sedikit air.
- ungkep (tutup) hingga sayuran cukup empuk
- done

3. Semur kentang, sawi hijau
Bahan: kentang potong dadu agak besar kemudian digoreng, sawi hijau iris , soun ganyong direbus sebentar, tiriskan (ini sounnya lembut banget jadi Shoji nggak keloloden *bahasa indonesianya apa ya?) ayam potong sedang.
Bumbu: merica, pala, kecap, segikit gula dan garam.
Cara buat: 
- haluskan bumbu.
- tumis bumbu lalu masukkan sedikit air.
- masukkan ayam, diungkep sebentar, lalu masukkan kentang, sawi dan soun. 
- kalau air sudah terserap, segera angkat.
- done

4. Tumis sawi capcay.
Bahan capcay: terigu, telur, air, bawang putih dihaluskan, sedikit garam.
Cara buat capcay: campur semua bahan menjadi adonan lalu goreng kemudian potong potong.

Bahan Tumis sawi: sawi hijau potong potong.
Bumbu: bawang putih, garam.
Cara buat: 
- bawang putih digeprek, lalu cincang kasar.
- siapkan minyak, tumis bawang putih,
- setelah harum, masukkan sawi hijau dan taburi garam secukupnya
- tambahkan sedikit air dan masak hingga sawi empuk.
- masukkan potongan capcay goreng
- done 

Hmm..masih banyak sih ide ide ngaco bin ajaib kreatif saya, tapi ini dulu lah yaa...lumayan buat praktek masak 4 hari ke depan

Salam sehat
/Aya

-

No comments:

Post a Comment