Tuesday, April 3, 2018

Menjadi Muslimahpreneur Sukses Dunia Akhirat


Menjadi muslimahpreneur, berbisnis dan sukses dunia akhirat 

Pagi itu, Ahad 25 Maret 2018 matahari agak malu malu, sempat gerimis tapi selanjutnya cuaca semakin bersahabat. Alhamdulillah saya dapat kesempatan mengikuti assemble class sebuah kajian yang juga akan mengupas seluk beluk bisnis islami yang diselenggarakan oleh Hijratunna

Hijratunna adalah sebuah komunitas berbasis online dan offline yang berdiri sejak  November 2017.


Hijratunna dengan slogan "Improve your islamic personality" ingin menjadi role model community untuk para muslimah yang hendak berhijrah serta istiqomah di jalan Allah. Komunitas ini juga ingin berkontribusi terhadap dakwah oleh muslimah dan bertujuan mbentuk syakhsiyah (kepribadian) Islam kepada setiap muslimah.

Dengan misi "Menjadi sarana pengembangan kapasitas diri muslimah melalui program program kegiatan yang senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT ini, Hijratunna melebarkan sayap dakwahnya.

Assemble class merupakan agenda rutin bulanan yang diselenggarakan oleh Hijratunna sebagai sarana ukhuwah " Sahabat Jannah" (panggilan untuk muslimah yang datang di acara) dalam forum besar.

Assemble Class kali ini  mengambil tema "Berbisnis dari Kampus Biru" dibuka dengan Kalam Ilahi, pembacaan ayat ayat suci Alquran. Langsung adem deh denger bacaan quran sebelum menimba ilmu. Selanjutnya pembukaan oleh MC shaliha yang imut imut  Shifa. Dengan penuh semangat Shifa mengajak peserta untuk berinteraksi dengan takbir dan yel yel.

Hijratunna! Improve your Islamic personality
Sahabat Surga! Hijrah tidak setengah setengah.

Tujuan assemble class kali ini diantaranya belajar mengenai "Apa yang perlu dilakukan untuk  mengembangkan bisnis serta cara jitu menjadi owner perusahaan". Diskusi hangat kali ini dengan  moderator Uni Atikah Fathurrohmi, salah satu founder Hijratunna yang juga muslimahpreneur sebuah brand gamis.

Ki-kanan: Medisca, Atikah, Tria

Pembicara pertama Medisca Rhoza

Mba Medisca lahir 26 April 1991 menempuh pendidikan dokter di FK UGM. Sebagai seorang dokter, mba Medisca dan suami punya prinsip pengen jadi dokter yang niatnya memang untuk menolong orang. Untuk biaya hidup, mba Medisca ingin memenuhinya dari bisnis cuci sepatu. Prinsip mba Medisca "Sepatu pengennya bersih. Mba Medisca berpendapat, sesuai dengan ajaran Islam,  "Kebersihan itu sebagian dari iman" kalau sepatu bersih dan wangi akan nyaman pakainya.

Memulai bisnis Vorsca dan Shoes and Care
Bermula dari kesukaannya terhadap sepatu, mba Medisca akhirnya menemukan ide untuk membuat semacam "laundry" tapi untuk sepatu. Salah satu yang jadi pemikiran mba Medisca adalah bahwa anak-anak kuliah kadang gak sempat untuk membersihkan sepatunya sendiri.

Shoes and Care Gimana Bisa Booming?
Ketika ada job fair, pasti penuh dengan para pencari kerja. Kenapa tidak mencoba untuk membuka lapangan kerja. Selain untuk memenuhi kebutuhan, mba Medisca juga ingin menyalurkan ilmu ke arah bermanfaat. Banyak sekali motivasinya, termasuk memberi rejeki pada orang lain. Mba Medisca mengamati bahwa sedikit sekali wirausaha di Indonesia. Disini mba Medisca ingin mengangkat dunia wirausaha menjadi salah satu bisnis yang bisa dilirik.

12 Bidang Bisnis
Berbisnislah dengan apa yang kita sukai. Ada berbagai macam bidang bisnis yang bisa ditekuni. Beberapa bidang ini yang kemarin dicontohkan oleh mba Medisca, antara lain: Laundry, art and craft, jahit, konsultasi, kursus musik, catering, fotografi, penulis, desain web, make up & hairstylist, blogger, tutor pelajaran.

Medisca Rhoza. Credit: @aqied

Creative Preneur:
Menjadi seorang entrepreneur mau tidak mau harus selalu memiliki proses kreatif. Tanpa proses kreatif, bisnis akan lebih sulit bertahan dan berkembang. Beberapa mindset yang harus dimiliki seorang creativepreneur adalah:
  1. Inovative, 
  2. ‌Agent of change, 
  3. ‌problem solver, 
  4. ‌strong leadership, 
  5. ‌visioner, 
  6. ‌risk taker

Jatuh Bangun Membangun Bisnis
Bisnis dimana mana samal, ada jatuh bangun dalam perjalanannya. Selain sebagai bisnis, sebaiknya ada motivasi lain, seperti ingin berbagim. Untuk Shoes and Care, mba Medisca menjadikan ini sebagai cara mengedukasi, terutama mengenai cara mencuci sepatu.

Kodrat Menjadi jadi Ibu dan Mengurus Keluarga
Pengalaman mba Medisca ketika berkiprah di Shoes and Care dan  toko buku online bisa diambil hikmahnya.  Ketika dapat orderan banyak dan  laris pernah keasikan packing orderan pelanggan. Lupa ngurus anak dan suami. Lalu suami memberikan batasan bahwa boleh kerja tapi anak dan rumah yang penting.

Sebelum menutup sharingnya, mba Medisca memberikan pesan pesan:
"Bermimpi sebanyak mungkin. Lalu lekas bangun untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata."
Selalu masukkan sisi kreativitas dalam konsep bisnis, selalu mau berinovasi, jadi jika ada  halangan rintangan harus kreatif lagi, bangkit kembali.

Pembicara Kedua Tria Merizka
Setelah berkenalan dengan mba Medisca, lanjut dengan mba Tria Merizka. Muslimah Preneur satu ini adalah mahasiswi lulusan Fisipol UGM yang juga merupakan owner simply homy, sheba, shofeya, simply land, juga bisnis gamis baru yang akan dibuka Albatique.
Mba Tria dulunya adalah seorang presenter TV, host, MC. Pada tahun 2009 mba Tria hijrah ke Jogja dan memulai bisnis simply homy guesthouse villa. Kemudian berlanjut jual beli properti , "Sheba" jas hujan muslimah dan  "Shofeya" gamis menyusui syar'i. Setelah ini, mba Tria sedang menyiapkan brand baru, Albatique baju batik gamis muslimah.

Pondasi Bisnis Muslimah
Tiap mengikuti seminar atau membaca buku motivasi, isinya kebanyakan tentang  how to be a entrepreneur. Nah, ketika muslimah terjun di dunia bisnis apa saja yang harus di perhatikan?

Yuk coba kita amati, para muslimah yang sukses membangun bisnis di Indonesia. Sudah sesuaikah dengan konsep tujuan hidup menurut Al-Quran?

Tria Meriza . credit: @nurul

Tujuan Hidup:
Dalam surat Ad Zariat : 56 sudah disebutkan bahwa tujuan hidup adalah untuk beribadah. Ibadah wajib, ngaji, holaqoh, hidup sesuai aturan agama dan bahkan berbisnis juga harus diniatkan untuk beribadah. 

Mba Tria menyebutkan bahwa fungsi muslimah dasar adalah sebagai ummu warobatul bait. Ibu dan pengatur rumah tangga. Seorang ibu yang keluarganya tidak terurus, belum bisa disebut muslimah sukses menurut mba Tria. Sebagai muslimah, wanita juga harus menutup aurat dengan sempurna.

How to be a Muslimahpreneur.
Menjadi ibu dan pengatur rumah tangga adalah wajib, sementara hukum bekerja adalah mubah atau boleh. Karena hukumnya yang "boleh" itu, maka harus dijalankan sesuai syariat. Syarat syarat sebuah bisnis boleh dijalankan, antara lain: 

Wajib: akad syar'i, produk halal, dll
Sunnah: sedekah (di awal)
Mubah: weekly report, learning day
Makruh: berlebih lebihan memuji produk
Haram: riba, aurat, produk tidak halal, dll

Gimana membangun bisnis:
Jurus jitu membangun bisnis berkah omzet miliaran

Great Team
  • one vision (sudah memahami sistem agama)
  • ‌disc (right man in the right place)
Ada yang leadership-nya bagus, ada yang bagus di belakang meja. Orang marketing gak bisa jadi admin. Tempatkan orang sesuai keahliannya.
  • ‌good attitude
Great system
1. Struktur organisasi: kejelasan posisi, kejelasan fungsi, tidak overlap
2. Standar operasional procedure
Pedoman baku mengapa. Siapa, dimana, kapan, bagaimana. Misal mau rekrut CS dikasih tau cara menjawab. SOP dibuatkan oleh CEO
3. Adanya rencana kerja

Suasana diskusi

Great Strategy
  • Ketahui akar penyebab masalah
  • ‌identifikasi isu internal eksternal. Analisis SWOT

Mental x tindakan = hasil
Pengetahuan, keahlian, emosi, nilai nilai, keyakinan, impian
  • ‌Mental 1 x tindakan 100 = 100
  • ‌Mental 100 x tindakan 1 = 100

Bagaimana mendapat mental 100? Kudu punya impian yang memotivasi kita melakukan sesuatu. Tujuan bisnis mau buat apa? Mau naikin ibu/bapak haji, nah impian itu yang selalu kita pegang supaya nggak pernah patah semangat. 

Forum Group Discussion
Acara ditutup dengan FGD simulasi membangun bisnis yang syar'i. Seru banget karena langsung dipilih pemenangnya berdasar proses kreatif bisnis yang bisa diwujudkan secara nyata.  Setelah dapat ilmu sebaiknya memang langsung praktek, karena ilmu yang gak diamalkan tentu akan hilang begitu saja.

Dok: Hijratunna

Alhamdulillah setelah selesai acara kami berkesempatan berfoto bersama pengisi acara dan teamn Hijratunna. Sukses selalu mba Mediscal, mba Tria dan team Hijratunna dalam memberi manfaat  kepada umat dan mengembangkan dakwah. Semoga next assemble class saya tetep bisa ikutan nih, ilmunya Masha Allah manfaat banget. 

Yang berikutnya besok in sha Allah diselenggarakan Ahad, 8 April 2018 pukul 08.30 -11.00 di Balai Kunti Mandala Bhakti Wanitatama, jangan dilewatkan yaaa


12 comments:

  1. Semoga kita bisa menjadi muslimahpreneur yang sukses dunia akhirat, ya Mak. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...gandengan terus yaa Mak Nunung

      Delete
  2. Keren banget ya, mahmud yang menginspirasi dengan bisnis dan pengetahuan agama yang selaras. Thanks sharingnya ya Mak

    ReplyDelete
  3. Useful banget nih ada acara seperti ini ya Mak..keren.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang baru baru belajar, sebaiknya nemu komunitas yang visi dan misinya sesuai sama kita ya mak

      Delete
  4. Optimis banget kalau generasi muda spt ini ya, berilmu dan memiliki visi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak Lusi. Kudu diperbanyak nih acara acara komunitas yang membangun generasi muda jadi melek bisnis

      Delete
  5. wah lengkap ya ulasannya. makasih Mbak Aya, mau kukasih linknya ke suamiku. wah tgl 8 sayangnya udah ada acara hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat yaaa...tanggal 8 aku juga absen dulu nih say

      Delete
  6. Aduh keren bgt acaranya, adain di Makassar juga dong kelasnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada di Makassar aku juga mau ikutan #tetep

      Delete