Tuesday, May 21, 2019

Menangkap Senyum Ramadan di Malioboro dengan Fuji X-A10




KEB : Nyetrit bareng Fuji dan Kumpulan Emak Blogger

Sebagai seorang blogger yang pengen terus memperbaiki konten dan tampilan blog supaya tetap menarik, wajar banget dong saya selalu ingin upgrade ilmu. Soalnya, kalau lihat blogger blogger hits gitu mupeng bener lah. Dari segi konten, dari segi foto pastinya akan bikin betah pembaca juga kan?

Fuji X-A10

Nah, kesempatan untuk bisa belajar memotret dengan baik tentunya tidak akan saya lewatkan. Beruntung KEB mengadakan acara nyetrit bareng sekalian ngabuburit menunggu buka. Langsung deh saya daftar untuk bisa ikutan acaranya.

Jujur, saya pribadi banyak mengambil foto untuk blog dengan menggunakan kamera HP. Tentu saya hasilnya akan berbeda dengan seni fotografi menggunakan kamera profesional ya. Dan kali ini saya dapat kesempatan untuk mencoba menggunakan kamera Fuji tipe X-A10.



Pic: tamsyaku.com

Acara dimulai pukul 14.00. Bertempat di kantor Fuji, para peserta mendapatkan penjelasan mengenai cara penggunaan kamera dan hal hal teknis yang perlu diperhatikan selama menggunakan kameranya. Aturan aturan dalam dunia fotografi juga dikenalkan, termasuk setting ISO, Shutter speed dan apperture juga dijelaskan dengan singkat. Saya sendiri baru datang pukul 15.30 menyusul langsung ke venue nyetrit di jalan Malioboro.

Keseruan acara dimulai ketika mas Ardian menyebutkan hadiah hadiah yang akan diberikan kepada peserta dengan hasil foto yang paling mendekati tema. Rasa-rasanya kemapuan saya menjepret momen yang sangat minim ini membuat rasa tak percaya diri membuncah. Tapi, namanya belajar dimana mana harus berani memulai kan?

Menyusuri sepanjang Malioboro berbekal kamera Fuji X-A10 yang super keren ini, penampilan saya kaya naik level jadi fotografer professional ahahay. Tantangan mengambil foto natural itu susah bener cuy. Beberapa yang saya minta untuk berpose malah jadinya malu malu gimanaaa gitu.

Pic tamasyaku.com

Beruntung di momen itu ada buka bersama yang diselenggarakan oleh komunitas Kaos Capung. Para ikhwan bergamis dengan semburat senyum menyiapkan takjil di sepanjang trotoar Malioboro. Mereka malah meminta kami blogger yang lagi nyetrit untuk bergabung buka bersama.

Masha Allah, meleleh hati melihat situasi tak biasa seperti ini. Mulailah saya jepret jepret adegan demi adegan persiapan takjil itu. Apapun yang dilakukan dengan hati akan ditangkap juga oleh hati. Dan foto mas-mas yang saya tangkap itu ternyata diapresiasi oleh tim Fuji. Bahagiaaa...

Persiapan Takjil Malioboro

Buat saya, kamera Fuji dengan setting yang tepat dan fokus manual seperti yang saya pakai kemarin beneran bisa menangkap momen dengan baik. Zoom-nya bisa menangkap senyum-senyum Ramadhan sepanjang Malioboro dengan sempurna. Selain enteng dan stylish, Fuji X-A10 juga mudah sekali digunakan bahkan untuk yang masih amatir seperti saya.

Beberapa foto yang akhirnya saya pilih untuk diikutkan lomba adalah hasil jepretan dengan Fuji X-A10.

Suasana jelang buka puasa

Gadis kecil pembawa mainan

Acara ditutup dengan buka bersama di Hotel Neo Malioboro. Wah pengalaman tak terlupakan buat saya nih.

Pic: tamasyaku.com
Semoga di Ramadah tahun ini banyak berkah dan Rahmat dari Allah mengiringi semua usaha kita ya.

34 comments:

  1. Jadi nasib foto yang diikutsertakan ke panitia itu gimana kelanjutannya?
    Kelebihan dan kekurangan kata panitia apa katanya Mbak?

    Pemasaran yg keluar sebagai "juara" siapa?

    ReplyDelete
  2. Rame ya mba yang nyetrit, hasil foto nya juga bagus fujifilm x-a10 ini.. eitts,, ada mba ima tuh ikutan, salam buat mba ima hehehe

    ReplyDelete
  3. arrkk fuji, kamera impianku. Aku pengen banget punya fuji ini, apalagi buat nyetrit dan hunting foto plua foto buat IG, hmmm bagus bgt hasilnya

    ReplyDelete
  4. Kameranya cakep. Fuji itu kamera legendaris. Saya jadi pengen coba jalan-jalan sore kayak gitu sambil motret pakai Fuji.
    Seru bisa kumpul bareng teman dan praktikkan ilmu fotografi, Saya juga pengen, hu hu.
    Saya juga berminat pada fotografi dan kerap penasaran pada hasil foto teman-teman narablog yang cakep di blog mereka. Pakai apa, ya? Saya cuma pakai kamera bawaan dalam ponsel saja. Pencahayaan sangat memegang peran penting demi kualitas foto yang baik. Omong-omong, saya penasaran dengan spek kamera Fuji.

    ReplyDelete
  5. Aih jadi kangen ke Yogyakarta nih, mba. Aku waktu itu juga ke Malioboro dan asik poto potoan pakai FUji. Tapi kayaknya asyik kalau rame-rame bepergian ya :)

    ReplyDelete
  6. Bagus memang foto mas2nya. Eh gimana? Maksudnya momennya pas banget dengan komposisi yang cukup seimbang antara gelaran takjil sama latarnya.

    ReplyDelete
  7. Wah, senangnya bisa menjadi bagian dari aktivitas keren dan informatif seperti ini.

    Aku juga punya cita-cita punya kamera mirrorless Fuji euy.
    Sepertinya banyak yang rekomendasikan brand ini untuk kategori pemula seperti aku

    Baidewei,
    Siapa dong pemenang lomba fotonya, mba?

    ReplyDelete
  8. ada informasi lengkapnya kah mba soal pengaturan manual kamera Fuji? atau mungkin tips kamera fuji yang affordable gitu buat blogger pas acara kemarin? Menarik banget sih aku baca rangkaian acaranya.

    ReplyDelete
  9. Seneng ya bisa menangkap momen kebaikan ramadan.. apalagi dengan menggunakan kamera fuji xa10, sudah yakin hasilnya oke sih.. tinggal atur speed dan lain lain.. btw aku pakai fuji xa3 sudah hampir 2 tahun.. dan so far aku puas dengan hasilnya

    ReplyDelete
  10. Seru juga nih nyetrit bareng Fuji di Malioboro. Aku lihat keseruan di timeline Ig minggu lalu. Dan hasilnya bagus tuh, aku malah suka foto anak kecil bawa mainan

    ReplyDelete
  11. wah cakep nih aku juga pengen bisa setting iso, shutterspeed mba semoga nanti ada di Cimahi belajar fotografinya nih

    ReplyDelete
  12. Aku suka fotografi dan pengen bisa motret cakep gitu. Tapi sampe sekarang belum bisa-bisa juga ngeset kameranya XD

    ReplyDelete
  13. Aahh...hunting dengan terfujilah tambah semangat pastinya, Mbak. Banyak momen2 bagus yang dijeprettt ih. Btw, asli KEB Jogja produktif bangetttt.

    ReplyDelete
  14. Peserta dipinjami kamera Fuji utk nyetrit di Malioboro ya mbak? Wah .asyik sekali ya.. Jadi pengen ikut juga kalau ada acara serupa yg berlokasi di / dekat kota saya.. Foto2nya cakep mba.. pasti bukan hanya karena kameranya tapi karena mbak sudah dapat feel dalam memotret

    ReplyDelete
  15. Kok seru yaaa
    Jalan2nya sambil ambil foto. Banyak foto bagus nih kalau Ramadan di pinggir jalan. Dan suasanya adem

    ReplyDelete
  16. Wah suka banget dengan Miroless Fuji Xa10 ini mbak, masih di harga 4,5 juta tabungan sedikit lagi khusus belui kamera semoga tercapai tahun ini hihi. Btw Malioboro itu dari berbagai sudut menyenangkan ya mbak.

    ReplyDelete
  17. ah foto candid nya bagus bagus banget, fuji xa series tone nya asik juga ya, lebih soft dari xm series

    ReplyDelete
  18. Keren banget sih ini acaranya. Berarti semua emak-emak ini pada pakai kamera Fuji, ya?

    ReplyDelete
  19. Fuji emang cakeup banget ya mba. Aku baru kali ini pegang dan lamgsung jatuh cinta hahaha sebelum2nya pake DSLR sih. Sekarang pake mirrorless emang jadi andalan bgt kalo dah emak2. Apalagi fefotoan bareng gitu ya makin seruu

    ReplyDelete
  20. Wah keren.
    Belum coba seri Fuji satu ini
    Cuma punya Fuji X-T100 yang dimaksimalkan di segala momen.

    ReplyDelete
  21. Bisa dibilang ngabuburit berfaedah banget ya kak, silaturahminya dapet moment menariknya juga dapet hehe. Btw jadj kangen ke aMalioboro terakhir kesana waktu SD haha.

    ReplyDelete
  22. Aku gak bisa pakai kamera nih kalau pakai setting manual, bisanya cuma auto aja hihihi. Keren ya kamerra Fuji temenku banyak yang pakai juga

    ReplyDelete
  23. Acara yang bermanfaat nih mbak. Bisa kopdar, dapat ilmu bisa bukber juga. Hasil bidikan kamera Fuji cakep banget mbak, diikutkan lomba juga ya...wiih mupeng nih. Jadi pengen punya kamera Fuji tentunya sangat menunjang kinerja blogger ya....

    ReplyDelete
  24. Wah, selamat ya, Mbak. Foto Mas-masnya memang berbicara banget. Pantas kalau jadi juara. Aku kalau foto untuk blog dan sosial media ya pakai HP, Mbak. Belum keturutan punya kamera yang pro. Semoga nanti ada rezekiku untuk punya kamera yang pro.

    ReplyDelete
  25. Wah, kamera idamanku sih itu. Kepengen banget punya. Dipake menangkap momen-momen kayak gitu keren hasilnya.

    ReplyDelete
  26. wah, seru banget mbak.
    aku jadi inget kalau udah lama banget nggak nyetrit atau hunting foto di jalan. jadi kangen nenteng kamera nih... :D

    ReplyDelete
  27. Wah asyik nih senyum2nya jd tampak makin ceria aja kalau dijepret kamera keren yah hehe..

    ReplyDelete
  28. Seru banget deh belajar motretnya apalagi motret aktivitas org di Malioboro gtu. Ternyata Malioboro pas puasaan pun rame yaaaa :D
    Aku jg lagi mempertimbangkan pengen beli kamera Fuji nih mbak :D

    ReplyDelete
  29. Aiiihh asyiknya bisa nyobain kamera Fuji terbaru ini. Pengin njajal juga nih X-A10 nya, selama ini motret2 ya cuma pake hape doank :))

    ReplyDelete
  30. Fuji ini kamera jaman dulu..pertama-tama punya kamera.
    Seru juga kalau sekarang ada acara bareng Fuji.
    Ini semacam komunitas gitu kah?

    ReplyDelete
  31. Aku coba searching soal Fuji X-A10 ternyata harganya terjangkau sekali ya. Bisa nih jadi rekomendasi saya kalau nanti mau beli kamera hehehe.

    ReplyDelete
  32. Seru pisan kumpul dengan komunitas asyik yang memang satu hobi dan satu semangat ua mba. Aku di Jakarta malah ngg sempeet euy

    ReplyDelete
  33. Seru bangeeet.. Aku udah ngikutin dari postingan ig-nya Manda. Emang asyik banget ya bikin acara begini

    ReplyDelete
  34. Fuji memang banyak jadi pilihan fotografer millenial ya hasilnya juga bagus bahkan ketika digunakan oleh pemula. Walhasil senyum ranadan terekam baik ya saat nyetrit kemarin.

    ReplyDelete