Sunday, May 26, 2019

Yuk Hitung Zakat dengan Kalkulator Zakat


Hai Bunds,

Baru lihat kalender dan ternyata ini sudah hari ke 20 bulan Ramadhan 1440 H. Tandanya sebentar lagi Lebaran tiba. Jadi flashback 10 tahun lalu saya dan suami menyelenggarakan akad nikah. Tepatnya 19 Ramadan 1430 H. Anniversary kali ini kami rayakan dengan penuh kesyukuran. Selain karena dalam perjalanan 10 tahun berumahtangga ini kami diberi kelancaran, keberkahan rizki, ada 3 malaikat kecil yang menghiasi rumah dengan penuh kebahagiaan berlimpah.

Rasa-rasanya syukur kami atas segala karunia-Nya tak bisa dibayar dengan apapun. Karena itu, kami berusaha terus belajar mendekatkan diri pada Allah supaya kami merasakan nikmat yang lebih dan lebih lagi. Dalam perjalanan pernikahan ini kami berusaha juga saling mengingatkan. Untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Saya, terutama sebagai istri tentunya dihadapkan pada banyak hal yang memerlukan keputusan bijak. Diantaranya soal pendidikan anak, pengasuhan anak, pendapatan keluarga, pengaturan rumah, kebiasaan beribadah, dan beberapa hal lain yang memerlukan ilmu. Salah satunya soal rezeki yang kami dapatkan bersama. Tentunya dalam pengambilan keputusan keputusan yang penting ini tidak bisa dibuat asal asalan. Harus memastikan bahwa segala keputusan yang diambil harus bijak dan juga tidak melanggar syariat agama. 

Jenis harta yang dihitung sebagai zakat maal

Sebagai keluarga muslim, aturan mengenai harta dalam keluarga sudah diatur dalam Alquran secara detil. Teringat firman Allah Swt “...dirikanlah salat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang orang yang ruku’.” (QS. Al Baqarah [2]: 43). Zakat termasuk salah satu dari rukun Islam. Disebutkan sebanyak tigapuluh dua kali dalam Alquran.  Ternyata banyak sekali lho manfaat berzakat bagi diri kita, diantaranya adalah menyuburkan sifat kebaikan yang bersemayam dalam hati dan nurani seseorang. Dengan sifat baik ini, maka manusia akan bisa merasakan penderitaan orang-orang lain dan kemudian terdorong untuk mereka dengan hati yang lapang dan ringan, tanpa merasa terbebani. Jadi kalau saat ini kita masih merasa berat hati dalam menolong orang lain, mungkin sifat kebaikan dalam diri kita belum tumbuh subur. Aduh, langsung mak jleb rasanya. Tidak hanya manfaat buat diri sendiri loh Bund, tapi juga untuk perkembangan bangsa secara umum dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, dll. Maka dari itu, penting banget untuk tahu jumlah harta dan penghasilan keseluruhan kita untuk menghitung zakat penghasilan dan zakat mal.

Kata Zakat sendiri memiliki makna keberkahan, kesuburan, kesucian, dan kebaikan. Maka, sudah pasti jika kita rajin dalam berzakat, in sha Allah kita akan jadi bagian orang orang dengan sifat sifat tersebut. Siapa yang wajib mengeluarkan Zakat? Setiap muslim yang memiliki harta yang mencapai nishab (jumlah minimal tertentu yang ditetapkan atas setiap jenis harta). Wah, ribet dong ngitungnya? Orang  awam seperti saya ini gimana bisa ngitung?

Nisab zakat maal

Alhamdulillah sekarang Dompet Dhuafa sudah punya kalkulator zakat lho. Kalau mau konsultasi zakat atau ada pertanyaan mengenai bagaimana mengelola zakat dan menyalurkan zakat juga bisa lewat website . Buat bunda-bunda  yang pengen menghitung zakat yang harus kita keluarkan, bisa langung pakai kalkulator zakat dari Dompet Dhuafa. nanti akan ada juga petunjuk mengenai Nisab zakat harta (Maal) dengan pedoman harga emas saat ini. Jadi, tunggu apa lagi? Segerakan hal yang baik termasuk menyegerakan kewajiban berzakat dengan kunjungi donasi.dompetdhuafa.org/zakat  dan dapatkan edukasi mengenai zakat di zakat.or.id. cobain sendiri nikmatnya berzakat ya Bunds. Zakat adalah pembersih harta kita, karena ada hak orang lain dalam harta yang kita miliki. Insha Allah akan mampu meringankan beban kita juga, serta memperluas pintu rezeki. Yuk #JanganTakutBerzakat


Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAH), serta dana halal lainnya. Berkhidmat  dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial (Prophetic socio-technopreneurship) DD bertujuan mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem berkeadilan

19 comments:

  1. Seneng banget deh Dompet Dhuafa ada kalkulator zakat. Buat saya yang masih harus banyak belajar gini, kebantu banget dengan adanya kalkulator zakat

    ReplyDelete
  2. Ya Allah enaknyaaa sekarang mah ga ada istilah malas bertanya ke badan amil ya, ngitung zakat aja bisa dibantu begini sama Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  3. Saya sudah ke sana dan bingung dengan kalkulator zakat karena untuk yang berpenghasilan bulanan padahal honor nulis setahun cuma dapat 1 juta 200 ribu setelah potong pajak. Sedang suami yang kerja sebagai laden (asisten) tukang bangunan kerja tak selalu setiap hari, bergantung adanya proyek di kampung. Penghasilan harian 70 ribu rupiah. Kadang nganggur lama bisa 2 pekan atau lebih. Saya sendiri tak mencatat hari kerja. Satu rumah sampai beres bisa sampai 3 bulan jika bagus, tetapi sebulan kerja 24 hari karena Jumat libur.
    Apakah kami tetap wajib mengeluarkan zakat penghasilan?

    ReplyDelete
  4. kalau menurut keyakinan saya, zakat ini namaanya dana punia mbak., bisa diberikan kepada yang membutuhkan bisa juga untuk amal pembangunan tempat ibadah. Dengan rutin beramal semoga pahala baik jadi bertambah, dan sedikit demi sedikit menghapus perbuatan dosa baik disengaja ataupun tidak disengaja

    ReplyDelete
  5. Yang mau zakat tapi bingung cara menghitungnya, tinggal menyalurkan aja ke Dompet Dhuafa yang udah ada kalkulator zakat nya. Apalagi ada asas manfaat dengan menyalurkan sebagian zakat untuk modal mengembangkan usaha bagi kaum dhuafa

    ReplyDelete
  6. Wah bagus ya..kita jadi bisa belajar menghitung zakat yg harus kita keluarkan dengan adanya kalkulator Zakat ini..

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah kemajuan teknologi membuat segala urusan jadi mudah ya. Sempet juga riweuh dengan urusan penghitungan zakat. Ternyata ada kalkulatornya zakat sekarang ya. Thanks mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  8. Jadi lebih mudah ya dengan adanya bantuan kalkulator zakat ini jadi kita bisa hitung sendiri jumlah zakat yang kudu dikeluarkan itu berapa.

    ReplyDelete
  9. Wah ada kalkulator zakat gini ya mbak, saya baru tahu apalagi hadirnya dompet Dhuafa dapat memudahkan dan membantu banyak orang dalam menyalurkan zakat.

    ReplyDelete
  10. kebantu banget dengan fitur kalkulator zakat ini tapi memang untuk beberapa point masih bingung cara ngisinya, jadi aku masih minta bantual call centernya untuk bantu menentukan point-point yang dimaksud, alhamdulilah mereka mau bantu mba.

    ReplyDelete
  11. Wah asyik ya ga usah ribet lagi sudah ada kalkulator zakat nih jd lbh gampang hitung2annya..

    ReplyDelete
  12. Memudahkan kita yang gak mengerti cara menghitung zakat mal ya karena ada kalkulator zakat tinggal masuk-masukin aja angkanya.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ada kalkulator zakat di web Dompet Dhuafa ya mbak jdnya skrng kita jg jd bisa itung2 sendiri. Kalau masih kurang paham bisa serahkan langsung jg sih ke ahlinya, Dompet Dhuafa hehe :D

    ReplyDelete
  14. Jadi mudah ya berhitung zakat menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh Dompet Dhuafa ini. Yuuk hitung2 zakat kita.

    ReplyDelete
  15. Mudah banget ya hitungnya
    Ga bikin pusing dan sibuk tanya sana sini lagi
    Seperti tahun lalu
    Alhamdulillah tahun ini kudu fidyah

    ReplyDelete
  16. Apakah Dompet Dhuafa juga melayani pengambilan zakat ke rumah amil zakat?
    Aku berharap ada fasilitas ini, karena memudahkan bagi para sesepuh yang ingin berzakat.

    ReplyDelete
  17. menarik sekali dengan adanya kalkulator zakat. jujur selama ini aku suka siwer kalau ngitung sendiri makanya sengaja dilebihkan karena drpd kurang mending lebih sih menurut aku. jadi mau coba ah kalkulatornya

    ReplyDelete
  18. Asiik dnegan adanya aplikasi ini, jadi lebih mudah untung menghitung Zakat ya, mbak. :)

    ReplyDelete
  19. Sekarang mudah ya mau itung zakat, alhamdulillah pakai kalkulator zakat ini jadi gak bingung lagi

    ReplyDelete