Piknik Keluarga dan Kulineran ke Tebet

Hotel Pop Tebet

Hari gini makin marak yah wisata kuliner dimana-mana. Hal ini sepertinya juga dipengaruhi semakin menjamurnya Acara televisi bertema review kuliner. Tambah lagi acara kontes memasak yang menghadirkan juri cakep dan cantik dengan keahlian masak yang sangat mumpuni. Nah dengan adanya kontribusi media semacam ini, menjadikan wisata saat ini kian variatif.

Jika dulu yang disebut piknik adalah liburan jauh dari rumah ke tempat wisata,  maka kini yang nge-hits adalah liburan jauh dari rumah khusus untuk mereview makanan yang lagi digandrungi di suatu daerah karena unik atau enak. Bener lho, yang unik belum tentu enak, tapi yang enak pasti punya citarasa unik. Bisa aeee...


Keseringan makan makanan rumahan, buat suami dan anak anak tuh memang bikin preferensi mereka agak sempit. Huhu... bangga juga sih kalau Shoji bilang "Bunda, nasi gorengnya enak. Boleh tambah gak?"

Sudut hijau di Pop Hotel Tebet

Satu sisi saya tersanjung di sisi lain agak prihatin. Beneran enak atau dia kelaperan karena saya telat menyiapkan makan untuknya 😅. Pada dasarnya anak-anak saya sih gak susah atau pilih pilih buat makan. Mereka sih yang penting ada rasanya dan enggak yang pedes level tamparan Thor gitu masih bisa masuk lah.

Well, saya belum pernah nyoba wisata kuliner keluar Jogja, dan di hari ulang tahun saya yang ke 17 (psst...gak boleh protes ya), saya pengen mengajak keluarga staycation di hotel sekaligus nyobain kuliner di Jakarta.

Setelah cari-cari referensi, ternyata ada beberapa sahabat di Jakarta yang bilang kalau daerah Tebet itu banyak sekali kuliner enak-enak. Saya cari yang tempatnya unik dan tentu saja harus enak. Beberapa tempat makan yang bikin saya pengen banget nyobain adalah:


1. Sate Taichan

Sate Taichan ini restonya Rachel Venya. Menu andalannya udah pasti sate yah, tapi teryata banyak menu lain juga seperti chicken wing, sate pisang nugget, ramyeon, dan sekarang gak pernah sepi. Kalau dari cerit temen temen, tempatnya lumayan luas dan pelayanannya bagus. Konsep go green yang diusung juga bikin kesan tersendiri. Mau pilih area terbuka atau AC juga bisa. Harganya lumayan terjangkau dan paling enak kalau buat kumpul sama sahabat atau keluarga, soalnya nunggu antriannya pasti lama. Resto ini buka jam 11.00 dan tutup jam 00.00. Alamat Sate Taichan di Jalan Tebet Raya N0 70 RT 02/RW 4, TebetTimur.
Tebet yaa.. banyak banget dan penuh sampe aku jarang ksana 🤭. Aku penasaran sama rumah sedep nya rachel venya. Atau sate taichan punya rachel venya juga (Ananta Sari)

2. Kota Kasablanka (Kokas)

Ini tuh semacam mall tapi juga pusat kuliner. Terletak di Jalan Casablanca N0 88, Menteng Dalam, Tebet. Buka jam 10 pagi dan tutup jam 10 malam. Pusat perbelanjaan ini punya berbagai macam gerai makanan dari mulai ala Korea, Jepang, Itali, Cina, Thailand, sampai Amerika. Jadi kalau mau cari Dimsum, Udon, Ramen, Pizza, Shabu-shabu, Steak, sushi, you name it! Semua ada. Makanan penyetan pun ada loh, jadi yang lidah lokal juga tetep bisa makan disini. Kokas juga punya member card, jadi kalau musim promo atau diskon jangan ditanya yaa...sudah pasti rame sekali.
Kl di Kokas itu mall yg lumayan gedhe jg... Tapi di sana istana makanan...
Food court nya di lantai atas lengkap, tp resto2 lainnya jg byk...
Apalagi kl pas ada event di sana... Biasa byk coklat2 import yg sale ...jg ramen atau mie2 ala Korea n Jepang yg jg ikutan Sale... Dan kadang malah adanya di situ aja...
Yg ini Kokas itu mall nya untuk org makan apa aja... Wkwkwk...
Kl yg lain mallnya utk shopping.. kl Kokas syurga makanan... (Itha)

3. Wisata Jakarta

Maksudnya Wisata Jakarta itu mengunjungi tempat tempat iconic-nya Jakarta, seperti: Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng juga deket dari hotel. Pengen juga berkunjung ke TIM dan melihat planetarium-nya. Bioskop 4D luar angkasa pasti berkesan banget buat anak anak yang memang lagi suka dengan antariksa dan kawan-kawannya. Stasiun KRL Tebet juga katanya surga kuliner harga mahasiswa, tapi sekarang kondisinya seperti apa ya?
Wah, surga kuliner itu. Itu mau kemana-mana juga dekat uni. Wisata khas jakarta ke monas, istiqlal, lapangan banteng, juga relatif dekat. (Irma Mutia Sari)

Hotel di Tebet
Masjid Istiqlal
Pic: setkab.go.id

4. Martabak Orins

Martabak ini banyak jadi rekomendasi. Tempatny di Jl Tebet Utara 1. Ada menu martabak manis dan martabak asin. Dari semua review yang saya baca kayanya positif dan fix enak. Mulai dari yang bilang rasanya pas, coklat melimpah, mentega banyak, dan adonan martabak manisnya lembut. Untuk yang martabak asin kulitnya crispy dan potongan dagingnya besar besar. Duh nulis aja bisa ngeces, gimana nyoba ya. Untuk rasa dan kualitas yang oke, bisa dibilang harga per porsi martabak cukup affordable lah, sesuai sama kepuasan pelanggannya pasti.
Jangan lupa pesen martabak orins via gofood. Klo martabak orins... itu martabak pizza yg aku rekomendasiin banget, apalagi martabak yg daging... potongan dagingnya guede guede... cuma rada mahal. seloyang 50rb an (Lusiana)

5. Bebek Kaleyo

Terakhir, ada menu bebek yang katanya restonya gak pernah sepi plus selalu penuh. Beralamat di Jalan Lapangan Raos No 49 Tebet, resto ini menyediakan live music dan ruangan ber AC juga. Meskipun resto bebek, namun juga menyediakan menu ayam untuk yang kurang suka dengan menu bebeknya. Bebek Cabe Ijo dan Bebek Goreng Kremes adalah menu andalan yang banyak jadi pilihan pengunjung. Meskipun banyak yang bilang bebek itu cenderung daginganya alot, tapi Bebek Kaleyo punya trik biar bebeknya tetep teksturnya lembut. Resto bebek dengan harga terjangkau, katanya. Oh iya, disini juga menyediakan menu nasi merah. Buat yang lagi diet, bisa lah ganjel pakai nasi merah ini ya untuk disantap bersama bebek.

Kamar di POP Tebet

Hmm... Selesai bikin itinerary untuk wisata kulinernya, tentu saja harus dipikirkan mengenai akomodasi di sana ya. Salah satu pertimbangan adalah budget untuk menginap. Karena konsep kami family picnic, otomatis musti cari tempat menginap yang harhanya  terjangkau lah. Yang penting bersih dan nyaman serta mudah aksesnya. Masih cari hotel lalu saya teringat sekitar dua tahun lalu sempat menginap di hotel sekitar Tebet, namanya Hotel POP Tebet.

Hotel ini termasuk hotel yang jadi sasaran para  karena harganya terjangkau. Meski terjangkau, tapi fasilitasnya lumayan kok. Nyaman dan cukup menyenangkan. Waktu itu saya dapat undangan untuk acara Michael Tjandra Luar Biasa, tapi karena waktu yang terbatas, belum sempat muter muter sekitaran Tebet untuk nyicip kulinernya.

Pas saya kemarin kesana dapat yang room reguler. Tempatnya bersih, tempat tidurnya luas, cukup buat bertiga saya, ayahnya sama Aisha.

Menu sarapan
Pic: pegi pegi

Ada wastafel juga dan kamar mandi dengan shower. Ruangan kamar mandi berbentuk tabung berpintu geser. Sekilas mirip sama pesawat ruang angkasa futuristik gitu. Yang saya baru tau memang pop ini mengusung konsep go green. Ada sofa panjang di sisi kamar buat menemui tamu atau buat tidur tiduran juga bisa.

Kamar standar ini menyediakan TV, AC dan juga makan pagi di resto bawah hingga pukul 9.00. Nggak ada yang perlu disiapkan selain pasta gigi dan sendal jepit yang kita beli sendiri. Beda sama sendal hotel biasa, sendal di POP ini bentuknya sendal jepit, jadi kalau pas di rumah bisa dipakai buat nyiramin tanaman di halaman betjek...

Bawa anak berkebutuhan khusus seperti Aisha, tentunya banyak yang harus disiapkan. Termasuk segala sesuatu menyangkut transportasi dan akomodasi, jadi saya mau yang pasti pasti aja deh. Pemilihan hotel POP Tebet pastinya karena saya pernah nginep disana dan tempatnya sangat mudah diakses karena tepi jalan. Mau pergi kemana mana juga nggak sulit.

Sendal jepit Pop Hotel

Lebih mudah lagi karena sekarang pesan tiket pesawat maupun hotel idaman bisa lewat pegi-pegi. Pegi-pegi ini aplikasi yang memungkinkan saya untuk booking hotel murah maupun cari promo hotel. Caranya gampil bingiitssss.

  1. Install aplikasi pegi-pegi
  2. Pilih hotel yang mau kita tuju
  3. Masukkan tanggal rencana keberangkatan dan berapa lama kita stay di hotel
  4. Cek ketersediaan kamar
  5. Bisa lihat referensi kamar, fasilitas yang ditawarkan dan beberapa review dari pengunjung yang sudah pernah singgah di hotel tersebut. 

Nah, setelah pesan kamar juga nanti mudah banget urusan pembayaran dan check in nya. Jadi sekarang kalau mau Travelling yang terjamin urusan akomodasi  alias pesan hotel dan transportasi udah pasti pilih pegi pegi dong. Kalian ada pengalaman pakai pegi-pegi gak? Share dong di komen

1 comment

  1. Mauuukkk coba kuliner endeus markindes di Tebeettt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete