Pernikahan Awet Meski Membersamai Tiga Anak Istimewa, Caranya Gimana?

Menikah Itu Ibadah

Pernikahan yang dilandasi dengan komitmen, in sha Allah akan lebih kuat bertahan dalam terpaan badai.

"Mbak Aya apa gak pernah merasa capek? Apa nggak pernah merasa sedih? Apa gak pernah down?"

Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan pada saya terutama oleh bunda-bunda yang juga punya anak istimewa.

Makanya postingan kali ini mau bahas soal pernikahan. Gak terasa, 9 September 2020 lalu pernikahan Saya dan Uda sudah masuk usia 11 tahun. Sampai dengan saat ini, jelas bukan sebuah perjalanan yang mudah mengingat kami juga merawat 3 anak istimewa yang sungguh menguras fisik dan emosi.

Baca: Keajaiban Itu Bernama Speech Delay

Satu anak saja sudah menguras hati, gimana dua atau tiga ya? Kayanya dari ujung rambut sampai ujung kaki semua ikut terkuras. Kenapa terkuras sih? Kan mendingan terkurus #ahsudahlah.

Pernah juga saya baca artikel semacam ini, "Suami tinggalkan istri yang melahirkan anak cacat" Duh rasanya pengen nampol si suami pakai ulekan sambel. Gimana bisa ya, seseorang tidak mengakui darah dagingnya sendiri. Padahal sudah jelas anak adalah amanah yang dititipkan Tuhan pada kita. Kok kita mau pilih-pilih. Masih mending dikasih kan. Semua adalah murni hak Allah memberikan kita titipan. Tugas kita adalah menjaga mereka sebaik-baiknya.


Baca: Menantimu Aisha

Kalau ditanya, pasti semua mau anak yang sehat sempurna, pinter, berkembang sesuai usia, parasnya cantik atau ganteng, nurut, enggak susah diatur. Tapi sekali lagi, jika Allah memberikan kita titipan yang berkebalikan dengan itu, apakah kemudian menjadi benar ketika kita tidak mau menerima?

Begitu pula dengan pasangan hidup. Kita yang memilih dan kita yang mengusahakan untuk kehidupan pernikahan yang adem ayem, sakinah mawwadah warahmah sesuai tuntunan agama. Jadi, kalau tanya tips pernikahan adem ayem meski punya 3 anak istimewa, ada beberapa point yang selama ini kami terapkan dalam berumahtangga. Mungkin jika ada beberapa yang cocok bisa juga dicoba yah


Dua orang berbeda yang dipersatukan

1. Menyadari bahwa tidak ada pribadi yang sempurna. 

Berumah tangga itu laki-laki dan perempuan yang berpasangan pasti berbeda sifat dan perilaku. Apalagi kami yang berbeda latarbelakang, beda budaya karena berbeda suku. Saya yang Jawa dan Uda yang Minang memang untuk beberapa hal berkebalikan. Sama-sama budayanya saja bisa berbeda didikan dalam keluarga. Hal sederhana ini yang di awal pernikahan sering sekali melebar menjadi masalah. Meskipun masing-masing kita tidak sempurna, tapi pasti Allah memberikan jodoh yang berbeda untuk saling melengkapi. 

Baca: Nyalakan Cinta dengan Memorabilia

2. Mau duduk berdua mencari solusi bersama

Dalam setiap masalah, kami berusaha untuk sama-sama saling menjaga tidak ada masalah yang sampai ke luar. Istilahnya "dapur rumah tangga". Sesulit apapun itu sebisa mungkin kita selesaikan berdua. Kalau sudah mentok, biasanya kami minta pendapat pada ustadz, tapi enggak cerita kalau itu masalah kami. Hanya menanyakan bagaimana pandangan islam terhadap keadaan tersebut. Sebaiknya juga masing masing kita mau sama sama mencari ilmu.Buka lagi quran dan hadits biar lebih afdol. Karena kalau menuruti nafsu dan cari menang sendiri, udah pasti semua akan saling tuding dan saling menyalahkan. Kalau udah berkiblat pada pedoman secara agama (AlQuran) insha Allah solusinya udah dikasih sama Allah, kita tinggal jalanin aja.


3. Sisihkan waktu lebih untuk melakukan aktivitas bersama. 

Namanya satu keluarga, kadang kesukaannya beda-beda. Rey suka mendesain gambar di komputer, Shoji suka bereksperimen di halaman dengan hewan hewan kecil, Ayah kerja WFH, Bunda kalau nggak di dapur ya di kamar Aisha. Semua mengerjakan kesibukan masing masing. Tapi, kami berusaha mencari waktu melakukan aktivitas bersama, seperti nonton TV bersama, makan bersama sekeluarga, sholat berjamaah, mengaji dan Iqro juga rutin dilakukan setiap hari. Kadang sekedar duduk di meja makan sambil minum teh atau makan kwaci sudah bisa menjadi momen untuk mendekatkan satu sama lain.

Baca: Ketika Poligami Menjadi Hidangan di Meja Makan

4. Menumbuhkan nostalgia dan rasa cinta dengan melihat lagi album foto lama.

Saking seringnya kita memegang gadget, pasti banyak sekali foto yang kita ambil. Tapi berapa banyak dari kita yang kembali melihat foto itu bersama orang tersayang kita? Coba dijawab dalam hati.

Membuka album kenangan

Saya ingat sekali bu Vera Itabiliana, salah satu Psikolog keluarga pernah mengatakan "Banyak manfaat foto, selain mengulang momen, itu juga menjadi terapi bagi anak berkebutuhan khusus untuk mempertajam daya ingat". Karena itu saya senang memperlihatkan album album foto pada anak-anak. Foto ketika kami travelling ke Padang, siapa saja yang kami temui disana tersusun rapi dalam lembaran album yang menimbulkan rasa nostalgia tersendiri saat membukanya. 

Kalau pas Uda Shoji dan Mas Rey lagi marahan, Saya kasih lihat foto mereka saat kecil sayang sayangan, habis itu mereka baikan dan enggak marahan dan bertengkar lagi. Terus kami lanjutkan lihat lihat foto dan cerita cerita lagi tentang foto-foto dalam album 

Moment bahagia Shoji Rey

Sayangnya, foto foto yang kami simpan di album ternyata banyak yang terkena jamur karena lembab. Sedih sekali rasanya, apalagi itu adalah foto pernikahan yang sangat berharga kalau untuk saya pribadi. Jaman saya nikah dulu, paling keren kalau punya album foto nikah yang besar dan berat. Ternyata semakin kesini, karena dimensinya yang sangat besar itu, untuk diletakkan di rak buku nggak muat. Alhasil disimpan ya di lemari. Karena disimpan di tempat tertutup itu, jadi jarang dibuka dan jadi lembab deh.

Photobook

Sebagai seorang melankolis, mengingat masa masa indah bisa membangkitkan semangat dan kembali mengingat komitmen yang pernah saya dan Uda ucapkan bersama. 

Sebagai hadiah ulang tahun pernikahan, akhirnya Saya memesan satu album foto dan menjadikannya photobook. Saya langsung ingat Id.photobook, salah satu brand asal Jogja yang servicenya memuaskan. Akhirnya  saya putuskan untuk mencetak ulang album pernikahan saya dalam bentuk majalah. 

Setelah produknya datang, seneng banget dong. Karena ukurannya handy alias pas di tangan jadi nyaman mau buka-buka kapanpun. Disimpan di rak juga cantik. Kapan aja saya lagi down, Saya buka-buka lagi albumnya, bisa bikin semangat. Udah gitu, ukuran fotonya juga lebih besar, ada yang memang dibuat satu halaman full. Puas deh mandangin foto Uda yang ganteng banget dalam beskap putihnya (suami sendiri dipuji sendiri ya). 

Momen tak terlupakan

Kemarin memang dipesenin sama bagian customer care supaya foto fotonya berukuran diatas 500 Kb. Biar hasilnya lebih jreng dan jelas. Misal ukuran file kekecilan, bisa coba di-screenshot fotonya biar ukurannya lebih besar dan gak pecah hehehe. Hasilnya bagus dan cerah banget, padahal beberapa foto cuma diambil pakai HP. Terus kertasnya tebal dan kemarin sempat ketumpahan air minum, tinggal di lap aja udah kering seperti semula. 

Cara pesennya juga gak ribet. Di masa pandemi kaya gini, Saya batasi diri untuk keluar demi keamanan dan kenyamanan kami sekeluarga. Jadi tinggal buka IG nya Id.photobook aja, langsung DM dan dapat balasan dari admin. Kalau yang biasa belanja lewat shopee bisa juga langsung pesan via shopee atau bisa juga pakai aplikasi Id.photobook yang ada di play store. Langkah langkahnya lengkap disana.

Selanjutnya kita transfer sesuai dengan harga albumnya, nanti kita akan dapat kode order untuk kirim foto di kirimfoto.idphotobook.com abis itu tinggal duduk manis tunggu album dikirim ke rumah. Oh iya, Id.photobook ini ongkirnya gratis ke seluruh indonesia, coba. Jadi kalau mau cetak foto lumayan banyak gak perlu takut ongkir mahal ya.

Buat yang tanya, album yang saya pesan kemarin namanya Laura. Ada 48 halaman dan muat 100 foto. Kalau gak salah juga bulan Oktober ini Photobook ulang tahun ke 4. Jadi pastinya akan ada promo seru. Nanti bisa di cek langsung aja di IG Id.photobook atau website ya untuk lengkapnya.

Mengingat Komitmen Bersama

Album berisi kebahagiaan

Kalau cetak foto di Id.photobook tuh kita juga dapat voucher yang bisa dipakai di cetak foto berikutnya. Nah karena kemarin saya dapat voucher diskon 20% Saya mau bagi voucher untuk 5 orang yang beruntung ya. Cukup jawab pertanyaan "Kenapa pengen cetak foto dan pesan album di Id.Photobook?" plus tuliskan alamat IG nya ya, Bunda. Nanti pemenang akan saya umumkan pemenang giveway via IG story dan DM dari IG Saya @kartikanugmalia ya. Semoga bunda jadi salah satu yang beruntung.

Buat saya, foto itu juga saksi perjalanan kita dalam hidup. Jadi, melihat kembali foto-foto juga bikin saya lebih menghargai diri Saya sendiri, apa yang sudah saya lalui dengan baik hingga saat ini. Sebagai bentuk apresiasi bahwa kita bisa melewati semuanya dengan baik, begitu juga hal-hal yang akan kita hadapi berikutnya. Kalau kalian, apa sih makna foto bagi kalian?

Salam Nostalgia


/Aya

Kartika Nugmalia

20 comments

  1. Maaaakkkk... Semoga saling membahagiakan selalu yaaaa sekeluarga. Akutu numpuk foto banyak sekali tapi ya blm ada kepercayaan untuk nyetak dengan hasil bagus. Bahkan foto pernikahan Aja kami cuma punya satu album. Foto lainnya nggak ada yang dicetak. Pengin juga punya memorabilia yang bisa mengingatkan lagi kenapa dulu Kita sepakat untuk membangun cita dan cinta sama-sama.

    ReplyDelete
  2. Mau cetak foto nikahan 9 th yang biar ada versi ga berat sehingga lalubisa dibawa kemana-mana. Sama cetak foto bayinya anak2. Terutama kak sara dan dek bintang anak kedua dan ketiga yg blm punya foto versi cetak nya. IG @dian_ismyama

    ReplyDelete
  3. BunAy... Peluk jauuhh ❤️ semangat teruuss ya kitaa.
    Udah punya satu album dari id.photobook dan ketagihan buat cetak foto lagi disana. Alesan mau cetak foto simple bgt seh bun, supaya kita bisa menhingat kembali moment indah dan bisa jadi obat ketika ada di masa terpuruk dan juga untuk membuat diri ini anti menyerah karen foto ngengingatkan sudah sejauh mana kita berjuang. Apalagi kalo cetak fotonya di id.photobook, udah mah gak ribet, satu album bisa muat banyak foto, design nya lucu dan worth it bgt lah.

    Walaupun foto gak berarti banyak buay Kalil anakku karea Kalil CVI tapi itu pasti akan berguna untuk kami keluarga dan calon adik2 Kalil nanti hehe Aamiin

    IG: @ria.haryanti

    ReplyDelete
  4. Semoga bahagia dunia akherat bersama suami ya mba :) Emang kalo ngeliat poto-poto jaman nikahan jadi ikutan nostalgia gt. Susah senang awal membangun pernikahan, apalagi semenjak kehadiran tamu istimewa :) Aku pernah nih pesen di Id.Photobook dan emang gak mengecewakan hasilnya :)

    ReplyDelete
  5. selamat yaa amba... semoga pernikahannya selalu dilimpahi berkah-Nya. Aku juga sukaaa buat photo album karena memang lebih awet dan bagus

    ReplyDelete
  6. Sejak ada kamera digital & ponsel canggih jadi gak pernah cetak foto ya mbak. Kadang kangen juga ihat foto di albu. Praktis sih simpan di harddisk asal gak rusak, tapi untuk kenang-kenagan mau juga cetak foto lahgi ah aoalagi anakku yg kecil gak ngerti foto cetak.

    Semangat terus mbak Aya ya ibu yang special

    ReplyDelete
  7. Masha Allah... ikut bahagia mendengar kisah keluargamu yang selalu berusah merekatkan bonding dengan berbagai cara, Aya. Aku jadi kepikiran pengin juga bikin album spesial untuk pernikahanku yang alhamdulillah baru saja masuk 17 tahun di akhir September lalu.
    Semoga beruntung ya memenangkan giveaway voucher di idphotobook ini.
    Album spesial ini tentunya akan menjadi gambar manis penuh cerita yang bisa dilihat oleh anak-anak kami, agar mereka rukun selalu mengingat darimana mereka berasal muasal. :)

    ReplyDelete
  8. Melihat album foto bersama keluarga pasti menjadi kegiatan menyenangkan ya mba, anak pun jadi terlatih memorinya saya jadi semangat mengumpulkan foto di hp nih dan dibuat fisik albumnya :)

    ReplyDelete
  9. sehat dan bahagia selalu ya mba sekeluarga, aku pun cetak foto waktu si kecil masih bayi di idphotobook dan sampe sekarang anaknya udah 4 tahun masih bagus kualitas gambarnya.

    ReplyDelete
  10. Pengen punya photobook tapi belum kesampaian. Mau gerilya ah mengumpulkan foto2 anak2 dari sejak bayi. Kalau hanya disimpan di laptop, rentan rusak juga laptopnya.

    ReplyDelete
  11. Semoga sehat, bahagia dan penuh sukacita dlm keluarga ya mbakk.. btw bener deh, lihat2 foto itu sendu dan syahdu buatku, bisa ingat2 memori :)

    ReplyDelete
  12. Makna foto juga sebagai saksi perjalanan hidup bagi saya dan keluarga. Senang sekali kalau bisa lihat foto-foto dahulu, jadi ingat lagi masa-masa yang penuh cerita. Saya juga punya foto pakai idphotobook, gambarnya tetap awet ya.

    ReplyDelete
  13. Waaaaa jadi pengen cetak photo juga deh, kalo di simpen online kadang suka eror dan hilang yaa huhu

    ReplyDelete
  14. Bahagia selalu ya mbak bersama suami dan anak2nya. Btw, aku sudah sering liat iklan photobook.id tapi belum pernah coba. Hasil photobook nya oke juga ya.

    ReplyDelete
  15. Barakallah, Mbak atas 11 tahun pernikahannya. Semoga selalu dilimpahi keberkahan, sakinah mawaddah, rahmah till jannah. aamiin.

    Cakep ya kalau jadi photobook gitu... pastinya lebih awet juga daripada dicetak biasa. TRus lihat foto Uda Shoji sama Rey gemesh banget ya Allah...

    ReplyDelete
  16. Waaaah jd pengen cetak foto di Id.Photobook, yg ukurannya albumnya fleksibel dipegang, elegan desainnya, pengennya sih buat masang foto-foto tumbuh kembang anak nih, biar bsk kl anak sudah besar bs dilihat-lihat lagi deh dan mengingatkan pada masa kecilnya...🥰

    IG: ningrum_perwitasari

    ReplyDelete
  17. Cantiknyaa...
    Foto-foto masa lalu bagaikan mesin ruang waktu yang membawa kita berkelana kembali ke moment terindah kala itu.
    Keren banget id photobook.

    ReplyDelete
  18. Mantab mbak tips and solusinya. saya juga gunakan Photobox (versi laptop). anak-anak saya masih balita, tapi sering saya ajak melihat koleksi foto mereka masih bayi sambil main menebak siapa yang terpotret

    ReplyDelete
  19. Masha Allah Bunda. Terharu saya bacanya, saya bayanginnya saja nyesek. Nggak semua orang bisa setegar itu saat dikasih titipan anak istimewa, apalagi 3 anak. Bunda dan suami benar-benar kuat, insha Allah surga menanti Bunda dan suami. Sehat terus ya buat Bunda, suami dan 3 malaikat kecil kalian. Semoga Allah selalu membuka pintu kebahagiaan dan keberkahan untuk kalian.

    ReplyDelete