Pertimbangan Memilih Mobil Pertama Keluarga


Beli mobil baru atau second?

Pilih mobil sedan, minivan atau hatchback?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu tentunya sering menjadi bahasan di keluarga muda yang memang memulai kehidupan pernikahan dari nol. Maksud nol disini adalah baik suami maupun istri gak ada yang membawa mobil dari sebelum pernikahan. Saya dan suami banget ini mah. Istilahnya mobil yang akan dibeli menjadi mobil keluarga yang pertama. Tentunya tiap keluarga akan memiliki pertimbangan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Kendaraan roda 4 merupakan alat transportasi yang kini tidak bisa disebut sebagai barang mewah lagi. Pasalnya, hampir semua keluarga muda tak perlu waktu lama untuk bisa membeli kendaraan roda empat pertama mereka bahkan sebelum mencapai usia 10 tahun pernikahan.

gambar dari garasi.id

Pernyataan tadi tentunya bukan merupakan hasil survey valid ya. Ini hanya pengalaman saya melihat teman-teman yang saat ini keluarganya sudah berhasil membeli mobil pertama. Dulu, saya pikir tidak akan sulit juga bagi saya dan suami untuk bisa membeli mobil pertama. Mengumpulkan uang muka untuk membeli mobil sudah tercapai. Tabungan kami sudah cukuplah untuk mengajukan kredit kepemilikan mobil.

Tapi banyak pertimbangan juga yang akhirnya membawa kami hingga saat ini belum juga menentukan pilihan. Ya, tentu saja karena keluarga kami memiliki anak istimewa, maka kebutuhan akan alat transportasi juga pastilah istimewa.

1.   Fitur Mobil

Sumber: garasi.id

Fitur mobil yang dulu kami inginkan sebatas hatchback alias mobil mobil kecil yang muat untuk membawa anggota keluarga yang berjumlah sekitar 4 orang saja. Cukuplah mobil model hatchback yang memiliki 4 seater. Namun ternyata ada amanah baru. Saya hamil dan tampaknya keluarga kami akan berjumlah lima orang. 

Tidak hanya itu, anggota keluarga terkecil ini, ternyata tumbuh menjadi anak yang berkebutuhan khusus. Jadilah, kami memerlukan fitur mobil yang memungkinkan kami membawa kursi roda. Jadi pilihan semakin menyempit. Jelas hatchback bukan lagi pilihan yang akan kami ambil. Pilihan kami berkisar anatara MVP atau mobil mobil dengan pintu geser yang memudahkan proses menaikturunkan kursi roda.

 Harga Mobil Baru

Setelah fitur yang kami butuhkan, pertimbangan berikutnya adalah harga mobil. Nah, untuk mobil dengan pintu geser atau pintu sliding ini harganya relatif menengah ke atas. Banyak mobil mewah yang memang manjadikan sliding door ini sebagai nilai kemewahan dari mobil tersebut. Sebut saja Kia Grand Sedona, Nissan Elgrand atau Toyota Alphard dengan harga diatas 500 juta hingga milyaran.

Untuk mobil dengan pintu geser yang cukup terjangkau, pilihan bisa jatuh ke Daihatsu Luxio, Daihatsu Grand Max atau Nissan Serena yang berkisar di harga 200 juta-an. Cukup reasonable dengan memperhatikan kebutuhan serta harga sepertinya pilihan kami mulai mengerucut.

Keunggulan Mobil Pintu Geser

Selain fungsi utamanya yaitu mempermudah angkut kursi roda, tentu kami tetap mempertimbangkan kemampuan mesin yang baik. Nissan Serena menawarkan tenaga yang cukup baik karena sudah menyematkan mesin berkapasitas 2 liter dengan kemampuan tenaga yang mencapai 145 dk dengan torsi puncak yang diraih sekitar 210 Nm. Membaca-baca berita otomotif dan berusaha membandingkan dengan mobil sekelasnya, dengan harga yang cukup terjangkau, Nissan Serena bisa bersaing dengan Daihatsu Luxio dengan mesin 1.495 cc. Dimensi interior Luxio luas sekali, menurut para pemilik Luxio, mobil ini cocok juga dijadikan mobil operasional usaha. Meskipun memang memiliki kekurangan di sistem airbag dan rem abs. Muat banyak barang, banyak penumpang namun mobil tetap stabil dan bisa bermanuver penuh dan gesit. Sementara Grand Max memberikan tambahan fitur yang mempermudah untuk pengangkutan barang. Sehingga tidak terbatas hanya untuk penumpang saja dengan harga relatif bersaing. Meskipun memang Grand Max masih menggunakan pintu geser manual, namun ternyata mobil ini termasuk banyak memikat hati calon pembelinya.

Beli Baru atau Beli Bekas


Setelah kami melongok tabungan kami, sepertinya masih butuh banyak rupiah jika ingin membeli mobil baru. Sebenarnya prinsip kami mau mobil baru ataupun lama tak masalah. Nah, hanya saja tricky sekali saat kita membeli mobil second atau mobil bekas namun tak bisa dipertanggungjawabkan baik kondisi mobil, maupun surat suratnya. Alhasil, berselancar di dunia maya menjadi jalan ninja saya. Senangnya ketika menemukan berita otomotif roda empat yang menarik dan tentunya valid sebagai acuan kita ketika ingin membeli mobil baik baru maupun bekas dengan cara pembayarannya juga. Banyak artikel yang menambah pengetahuan saya tentang permobilan alias kendaraan roda empat. Jadi saat nanti kami akhirnya menambatkan pilihan, insha Allah tidak salah pilih karena kekurangan informasi mengenai kendaraan roda empat yang ingin kami adopsi sebagai mobil pertama keluarga. Untuk mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate bisa kunjungi artikel Garasi.id ya

Salam Otomotif

/Aya

 

Kartika Nugmalia

25 comments

  1. kalua saya pribadi ntah kenapa kurang suka dengan mobil bekas, sebenernya lebih karena tidak expert untuk mengecek jika membeli second.
    dan salah satu prilaku orang Indonesia kalau mau beli mobil itu nomor satu sebenernya bukan model, warna, kapasitas, tapi harga jual. pasti setiap mau beli barang orang Indonesia udah mikirin nanti dijual lagi harganya jatoh gak ya :(

    ReplyDelete
  2. Mobil dengan pinyu geser menghemat ruang juga ya, trus kalau di parkiran gak khawatir saat buka pintu

    ReplyDelete
  3. kayaknya hampir semua yang ingin punya mobil saat sudah berumah tangga pertimbangannya sama kayak kamu deh mak, karena aku pun begitu

    ReplyDelete
  4. Aku tu pengeen banget punya mobil dengan kapasitas banyak biar bisa ajak keluarga dan saudara jalan-jalan, haha. Soalnya kerasa banget mobil kecil tu agak ribet kalau pas mau ada perlu atau acara keluarga. Nggak bisa muat banyak, huhu.
    Kalai kaya Luxio gini kan nyaman bangeeet rasanya tuh meski ramean.

    ReplyDelete
  5. mobil memang penting ya mba, soalnya untuk mobilitas memang perlu banget. Aku di Indonesia ngga pernah beli mobil baru hahaha.. tapi beli yang second dengan tahun yang muda dan kondisi prima

    ReplyDelete
  6. Aku pas awal punya mobil keluarga ya mobil second, mba. Yang penting fungsinya ya dan masih bagus

    ReplyDelete
  7. Jadi flashback ke masa-masa diskusi dengan Suami dalam hal beli mobil pertama kami 6 tahun lalu. Memang penting untuk cari info sebanyak mungkin, tanya-tanya dulu ke yang lebih berpengalaman, karena jujur pada saat itu kami masih Blank. Setelah 6 tahun berlalu, jadi pengen mobil pintu geser juga, haha Aminin dulu aja ya, karena seneng aja pastinya kalau mobil kita bisa muat banyak.

    ReplyDelete
  8. Nah, terWAJIB nih untuk paham seluk beluk Pros and Cons beli mobil baru atau bekas.
    Supaya kita ngga nyesel di kemudian hari.
    Semangaattt utk yg mau beli mobil

    ReplyDelete
  9. sebenarnya mobil bekas klo orangnya tahu mesin dan bisa merawat ya akan lebih menguntungkan ya mbak
    pilih yg bagus dan melihat tahunnya

    ReplyDelete
  10. Semoga dengan semakin banyak berita-berita otomotif nantinya bisa membantu Mbak memilih mobil yang sesuai untuk keluarga ya.

    ReplyDelete
  11. Jadi punya refrensi ya mba, karena banyak informasi seputar kendaraan yang di ulas berita otomotif
    Apalagi kini mobil sudah menjadi akomodasi yang memadai untuk lebih efisien ketika bepergian bersama keluarga. Jadi untuk segala pertimbangan nya bisa cari2 info dahulu

    ReplyDelete
  12. Kalau mau beli mobil bekas kudu yang prima ya, harus mengajak teman yang mengerti mesin biar mengecek.. Takutnya malah zonk. Pengen beli mobil deh buat keluarga, semoga dilancarkan rezekinya aamiin

    ReplyDelete
  13. Benar jika informasi mengenai kendaraan roda empat yang ingin dibeli sebagai mobil pertama keluarga perlu digali dulu sebanyak-banyaknya. Agar keputusan membeli mobil apa sesuai kebutuhan kita
    Senang kini uUntuk mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate sudah ada tempatnya di garasi id

    ReplyDelete
  14. Pertimbangan utama selain disesuaikan dg kebutuhan, harus menyesuaikan dg budget juga ya, Mbak. Pilihan cerdaas. ;)

    ReplyDelete
  15. Wah, bs dicontek nih pertimbangannya. Sebenernya yg jg bikin pertimbangan aku mau beli itu soal nilai depresiasi n manfaatnya. Biaya reparasinya jg gak terbilang murah kn kalo diitung tahunan.

    ReplyDelete
  16. Semuanya memang didasarkan pada kebutuhan masing-masing keluarga ya Mbak Aya. Terpenting sih jangan sampe beli mobil dari hasil ngutang tetangga 😌

    ReplyDelete
  17. Aku dah pengalaman mba beli Mobil seconds 5 bulan pertama memang baik2 saja tapi kesininya aduuhh ke bengkel terus akhirny cuma 2 tahun langsung jual lg,, next beli Mobil yg pintu geser lbih mudah

    ReplyDelete
  18. Mobil sudah menjadi kebutuhan yang utama untuk sebuah keluarga. Karena masalah mobilisasi dan keamanan.
    Pemilihan yang manapun, mobil baru atau second, tentu disesuaikan kembali dengan keadaan keuangan keluarga.
    Hihii~
    Yang penting semua bahagiaaa~

    ReplyDelete
  19. Kalau model sedan emang kesannya elegan cuma soal kapasitas emang terbatas banget. Kalau buat keluargaku pasti butuhnya mobil yang gede dan aku suka mobil yang pintunya geser,praktis dan meminimal risiko benturan kalau pas dibuka

    ReplyDelete
  20. nice info, btw aku gak suka sama mobil bekas better beli mobil baru. karena klo mobil bekas itu perawatannya mihil belum lagi owner terdahulu yang gak tau kita resik ato jorok yekan.

    ReplyDelete
  21. Kalau suami prefer mobil bekas karena memang harga belinya bisa hemat banget dibanding beli baru. Terus kayak bapakku dulu malah harga jual kembalinya lebih tinggi dari harga beli (bejo iki mah). Memang biar yakin gak ketipu perlu ditemenin sama temen yang tau mesin.

    ReplyDelete
  22. Allahuma sholiala muhammad, ya Allah semoga aku puynya rejeki beli mobil aamiin
    heheh biar kalau mudik nggak kepanasan nggak keujanan. Makasih tipsnya maba Nug

    ReplyDelete
  23. Mau juga dong berselancar di berita otomatif untuk menemukan jenis mobil yang bakalan jadi andalan keluarga. Berhubung anak-anak udah pada gede nih, kayaknya butuh mobil yang berkapasitas besar ya agar nyaman digunakan ketika bepergian.

    ReplyDelete
  24. dulu aku juga suka mobil sedan, tapi begitu punya anak banyak aku milih mobil yang besar sekalian mbak, biar bisa off road dan kuat bawa 8 orang heuheu

    ReplyDelete
  25. Yang pertama itu saya suka lihat dari modelnya hehe, suka yang gede dan luas biar nyaman kalau bepergian bareng keluarga.

    ReplyDelete