Menjadi Muslimah Sukses Dunia Akhirat

Talkshow Muslimah Sukses Dunia Akhirat
Misi penciptaan manusia ada tiga yaitu, Beribadah kepada Allah (Q.S Adz Dzariyat 56), menjadi khalifah di muka bumi (Q.S Al Baqarah 30), dan menjadi khoiru ummah (menjadi umat terbaik dengan menyeru pada kebaikan dan mencegah kemungkaran, Q.S Ali Imron 30). 


Tiga tujuan utama tadi mengawali talkshow "Muslimah Sukses Dunia Akhirat". Acara ini adalah semacam mini seminar dan kajian keputrian. Diselenggarakan oleh brand New Lactivers yang sekaligus juga memperkenalkan logo baru plus visi dan misi bisnis Lactivers yang baru. 


Baca: Tips memilih baju menyusui 

Buat saya kajian pembuka event ini sangat menarik, disampaikan oleh Ustadzah Diana Rahmawati seorang muslimah, konsultan pengembang dakwah Islam yang juga punya beberapa bisnis juga. Muslimah berbisnis? Kenapa enggak. Dalam rangkaian kajiannya ustadzah Diana juga menyampaikan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh terkait seorang muslimah yang ingin juga berkecimpung di dunia bisnis.



Lalu sukses di dunia itu seperti apa? Yaitu ketika misi penciptaan manusia itu terwujud.



Sukses akhirat? Adakah ketika kaki menginjak surga, dicapai dengan mewujudkan misi penciptaan di dunia.



Sebelum mendengarkan kajian, supaya hati menjadi tenang, acara lancar, ada pembacaan ayat Al Quran yang bikin adem. 



Isi kajian lengkap ustadzah Diana bisa dibaca disini ya: 



Dalam kehidupan akan banyak pencarian. Dalam Al Quran manusia hidup misinya ada 3:


1. QS Ad Dzariat: 56 - Menyembah Allah
"Tidak kuciptakan manusia kecuali unuk menyembahku"
Harus menghamba kepada Allah, siap disuruh suruh oleh Allah. Begiu juga saat mengajarkan ke anak anak. Menjadi anak shalih sehingga saat baligh siap disuruh suruh Allah...

2. QS Al Baqarah: 30 - Menjadi Khalifah Fil Ardli
"Pemimpin di muka bumi". 
Manusia adalah makhluk paling sempurna, sehingga seharusnya menjadi pengatur bukan menjadi perusak. Sekarang banyak yang jadi perusak di muka bumi. Kekayaan alam habis, banjir, dan distribusi pangan yang kurang merata.

3. QS Ali Imran: 110 - Menjadi Khairul Ummah 
"Kalian umat terbaik yang diciptakan untuk manusia yang menyeru pada kebaikan  dan mencegah kemungkaran"

Tiga misi ini harus selalu nempel. Allah menciptakan dengan kita dengan tujuan yang sudah disebut diatas. Allah tidak ciptakan untuk cari makan. Ada yang kemaruk, duit dimana mana, makan sampai muntah muntah. Sementara masih ada yang kekurangan gak bisa makan. Problemnya adalah distribusi. Pemerintah yang baik akan mengatur distribusi dengan baik sehingga semua ummat sejahtera.

Untuk mencapai sukses akhirat adalah saat ini. Setelah mati ada alam akhirat, akan diputuskan kita layak masuk surga atau di neraka akibat perbuatan hari ini.

Diskusi kedudukan wanita dalam Al Quran

Wanita dalam AlQuran

Wanita dalam islam sangat sangat mulia. Tertu tidak sebatas sumur dapur kasur. Islam memuliakan wanita dengan syariatnya sampai sampai ada satu surat dalam AlQuran tentang wanita. 

Apa saja peran wanita menurut Quran?

1. Ummu wa robatul bait. Ibu dan pengatur rumah tangga.
Mendidik dan mengasuh anak anak dan menjadi madrasah pertama pengasuhan anak
2. Tidak boleh menjadi penguasa
3. Boleh bekerja atau beraktivitas di luar asalkan sesuai dengan hukum syara.

Perintah yang harus ditaati terkait diperbolehkannya wanita keluar rumah:  

1. Laki laki menundukkan pandangan (An Nur 30-31)
2. Merasa selalu diawasi oleh Allah.
3. Menjauhi perkara syubhat
(Pergi ke diskotik dihindari. Gak ada para pencari ilmu Islam di diskotik kan?) Syubhat itu sangat dekat dengan maksiat.
4. Islam mendorong para perjaka dan gadis untuk menikah. Yang belum menikah segera menikah. 
5. Memiliki sifat iffah (menjaga kehormatan) QS An Nur
6. Agar memilik sifat malu, mengenakan pakaian sempurna di kehidupan umum.

Wanita makhluk special.

Orang yang gak dekat sama Allah akan mencari cara gimana berbuat maksiat sama kita. Di kehidupan khusus bolah dandan dan mempercantik diri. Dalam kehidupan khusus hanya ada perempuan sesama wanita dan mahram.

Larangan:

1. Islam melarang pria dan wanita untuk berkhalwat (berdua tanpa adanya mahram) tidak harus di tempat bertutup lho, saat orang butuh ijin untuk bergabung sama kita itu udah disebut berkhalwat, kalau sekedar menyapa boleh

2. Islam melarang tabaruj, An Nur 30 dan 31. Tabaruj berarti menampakkan perhiasan dan kecantikan terhadap yang bukan mahram. Contohnya adalah memakai wewangian berlebihan dengan tujuan menggoda kaum laki laki yang bertemu.

3. Islam melarang perbuatan yang dapat menunjukkan aspek sensualitas kewanitaannya. Bekerja berkreasi karena memiliki kemampuan itu boleh. Tapi jika memanfaatkan wajah cantik, molek, badan tinggi semampai, kulit putih, rambut lurus termasuk pekerjaan yang menunjukkan. Sensualitas. Contoh: penyanyi dangdut.

4. Melontarkan tuduhan tidak baik ke wanita suci. Aturan dibuat Allah untuk kenyamanan wanita. Wanita sangat suka mengomel, Daripada ngomelin anak dan suaminya, sebaiknya dipakai untuk berdakwah.

Aktivitas dunia selaras dengan misi akhirat

1. Visi dan misi bisnis kita.
Visi melangit adalah visi yang bisa diteruskan meski 100 tahun lagi saat kita sudah tidak ada masih berjalan. Visi dan misi yang baik adalah ketika kita meninggal anak turun kita yang melanjutkan. Misalnya sebuah misi untuk melahirkan generasi pemimpin, pembangun peradaban mulia. Sampai terwujud generasi pemimpin, pembangun peradaban mulia maka akan terus diusahakan untuk tercapai. Visi sangat penting supaya usaha ada energinya. 

2. Harus memahami Al Quwwah 
Al quwwah adalah dorongan kita untuk berbisnis. Ada 3 dorongan berbisnis yaitu: materi, insaniah, spiritual. Bisnis jika dorongannya sekedar dapat untung biasanya usia nggak panjang. Bila sekedar kemanuasiaan, ketika banyak lembaga serupa biasanya akan tutup.

Untuk dorongan spiritual harus karena Allah. Ingin berguna untuk ummah dan sebagai jalan dakwah, insyaAllah akan bertahan jangka panjang. 
Tidak perlu takut bersaing jika ada bisnis serupa, kalau kita percaya sama Allah dan menjalankan sesuai visi dan misi kita, insyaallah rejeki untuk kita tidak akan tertukar.

3. Bisnis berkah.
Ziadatul khoir, jika bisnis berkah akan membawa kita bertambah shalih. Sebelum visi tercapai nggak akan berhenti, terus berlangsung sampai tercapai

Bisnis terdiri dari tiga bagian: input, proses, output, yang ketiganya harus terikat hukum syara. Permodalan, llenis bisnis, jenis barang harus halal yang diperbolehkan Qur'an, aqad harus syar'i tidak boleh boleh mengandung riba. Sistem marketingnya tidak boleh menonjolkan sensualitas. 

4. Tawwakal
Proses sudah dilakukan, terserah Allah. Apakah bisnis akan menjadi besar atau segini gini aja. Allah maha tau. Jika kita sukses tetep nggak sombong, bangkrut juga gak stress. Allah pemilik segala sesuatu, Allah sangat baik. Kalau bangkrut pasti ada sesuatu. Mungkin memang itu ujian kita supaya bertambah taqwa.

5. Doa jangan sampai terlewat.
Sebesar apapun doa kita, kalo Allah berlum berkehendak ya belum jadi rejeki kita di dunia, bisa jadi dipending untuk diberikan di akhirat.

Kurang lebih itu isi materi dari Talkshow Muslimah Sukses Dunia Akhirat oleh Ustadzah Diana Rahmawati. Gimana? Ternyata saya juga masih harus banyak belajar dan introspeksi bisnis saya. Jika ada hal hal yang mungkin saya masih belum benar dalam menuliskannya, mohon masukan di komen ya Bundas :)

Salam Hangat
/Aya

1 comment