Sunday, June 3, 2018

Jelajah Citarasa Hidangan Empat Pulau di Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro


Jelajah Citarasa Hidangan Empat Pulau di Festival Kampung Nusantara Horaios Malioboro.

Haluuuu
Apa cuma saya yang merasa, Ramadhan di Indonesia identik dengan acara buka bersama. Mungkin ini karena orang Indonesia sangat senang silaturahim ya. Bahkan saya sempat mendapati anekdot selama 30 hari Ramadhan sudah ada jadwal buka puasa di luar rumah tiap hari. Ada yang dapat juga? Mulai dari kumpul keluarga, teman kantor, reuni teman SD, SMP, SMA hingga arisan kampung tak ketinggalan diadakan momen buka puasa bersama.

Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman berbuka bersama teman teman blogger di Resto Malabar Horaios malioboro Hotel. Dulu, hotel ini bernama @Hom Platinum Hotel. Nah, dengan brand baru ini, Horaios ingin memberikan suasana baru, namun tetap terbaik tentunya, untuk customer. Horaios adalah hotel bintang 3 yang terletak di Jalan Gowongan Kidul No 57 Yogyakarta. Letaknya yang cukup strategis di kawasan Stasiun Jogja, memungkinkan pengunjung untuk bisa menjangkau Malioboro dengan jalan kaki saja.




Restoran yang luas dengan kesan elegan jadi nilai tambah buka puasa kami. Dekorasinya apik dengan beberapa display bertema etnik tradisional di bagian depan siap menyambut pengunjung untuk merasakan suasana tenang dan nyaman.

Ramadhan kali ini Horaios Malioboro Hotel memberikan promo yang menggiurkan loh. Pertama adalah rate menginap Ramadhan Package cuma IDR 380.000,- /nett/room. Ini berlaku untuk superior room dengan sahur/breakfast untuk 2 pax, ta'jil untuk 2 pax dan drop off ke Malioboro di hari Sabtu.

Spot Foto Kece di depan Malabar Resto

Yang tak kalah menarik, Horaios mengusung Festival Kampung Nusantara yaitu program iftar hanya dengan 57.000,- / pax all you can eat bisa dinikmati di Malabar Resto. Oh iya, dari 57.000 itu, 2.000 rupiah akan disumbangkan untuk charity. Kalau mau buka puasa berbanyak lebih hemat lagi. Beli 10 pax kita udah dapat 1 free pax. Oke gak tuh?

Sumber IG @horaiosmalioborohotel

Hidangan dari 4 Pulau di Indonesia
Biasanya menu yang disediakan oleh Malabar Resto hanya menu dari satu pulau saja per harinya. Namun untuk Ramadhan kali ini setiap hari ada varian menu dari 4 pulau di Indonesia yaitu Kalimantan, Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Wah kebetulan banget saya tahun ini gak bisa pulang kampung ke Solok, Sumatera Barat. Meski begitu tetep bisa mencicip lezatnya kuliner Minang yang disediakan oleh Chef dari dapur Horaios Malioboro Hotel.

IDR 57.000/pax
Wah harga yang relatif terjangkau untuk menu all you can eat di hotel bintang tiga seperti Horaios ini ya, yuk coba diintip menunya apa saja

Manok Tunu khas Kalimantan

Kalimantan:
Appetizer: Cencang Timun
Soup: Soto Banjar
Main Course: Gangan Keladi, Manok Tunu, Udang Pare Pedas, Empal Jagong, Pisang Gapit, Sambal Gami.
Snack: Barongkok

Jawa:
Appetizer: Karedok
Soup: Sayur Asem
Maincourse: Urap, Tumis Kacang Panjang Pete, Ikan Peda Sambel Ijo, Tahu Sumedang, Serabi Kuah, Sambal Terasi
Snack: Dawet

Sumatera:
Appetizer: Baberuk Kacang Panjang
Soup: Tekwan
Maincourse: Terong Sambal Ijo, Gulai Daun Singkong, Asam Pedas Patin, Telor Balado, Martabak Kari, Sambal Lado Mudo
Snack: Pulut Inti

Tumis Bunga Pepaya khas Kalimantan

Sulawesi:
Appetizer: Gohu
Soup: Brenebon Soup
Maincourse: Ricarodo, Ayam Woku, Tongkol Rica, Tumis Bunga Pepaya, Es Pisang Ijo, Sambal Dabu Dabu
Snack: Pisang Epe'

Selain menu diatas, masih tersedia takjil berupa kurma, aneka bubur manis, aneka puding jelly, aneka es buah dan aneka kolak juga. Ntaps soul pokoknya.

Nyobain Satu Satu
Akhirnya tibalah saat berbuka. Setelah berkeliling ngecim makanan mana yang pengen dicoba nanti, saya tetap sulit menentukan pilihan. Berbuka dengan segelas jus jambu dan kurma lalu dilanjut menikmati Martabak Kari. Martabaknya lembut, rasa Karinya juga gurih, ini sebaiknya porsi kecil aja, karena kalau ambil porsi besar gak bisa kalau gak habis, enak banget soalnya.

Ki-ka: pulut inti, pisang gapit, dawet, tekwan

Saya juga mengambil Pulut Inti dan Tekwan karena takut kehabisan, sementara Dawet dan Pisang Gapit juga sangat menggoda. Pulut inti adalah ketan dengan saus air gula merah. Saya kira rasanya mirip mirip sama kicak yang biasa saya beli di pasar tiban, tapi ternyata beda. Kalau kicak pakai gula pasir dan langsung dicampur bersama ketan dan nangka, sementara pulut inti ketannya disiram saus gula merah.

Tekwan
Es pisang ijo

Tekwannya lembut. Pakai udang jadi ada sensasi rasa udang berpadu dengan kuah tekwan. Tekwan ini salah satu menu andalan di Malabar Resto. Satu lagi yang jadi idola adalah Pisang Ijo. Menu dari Makassar yang satu ini emang cocok banget dipakai berbuka. Santannya gurih berpadu dengan rasa pisang yang manis pas banget buat penutup makan besar.

Untuk maincourse kemarin saya ambil asam pedas patin, urap dan gulai daun singkong. Padahal hati masih ingin mencicip Soto Banjar dan serabi, tapi apa daya perut sudah gak muat. Overall semua makanannya enak dan pengalaman istimewa bisa merasakan aneka menu hidangan Nusantara yang memang kaya rasa rempah dan perpaduan aneka sayur serta daging yang memiliki cita rasa khas masing masing pulau di Indonesia.

Buat yang pengen berbuka puasa bareng relasi, sahabat, temen geng, alumni SD sampai SMA, bisa dicoba nih mampir ke Horaios Malioboro Hotel.

Salam Kuliner
/Aya

No comments:

Post a Comment