Ketika Artis Merambah Bisnis


Soft Launch Mamahke Jogja. Photo @yoannafayza
Udah mau Ramadhan aja niiihhh...
Mumpung belum puasa, mau ngomongin artis. Psst tapi nggak ngomongin yang hosib hosib kook, ini artis yang menurut saya figur positif banget.

Salah satu tontonan Ramadhan yang gak pernah absen jadi tontonan saya adalah Para Pencari Tuhan. Yes, meski udah satu dasawarsa, sinetron ini kaya berjalan beriring sama kehidupan pribadi saya #ngakungaku.



Di sinetron itu, diceritakan tentang pertemuan jodoh dua pemeran utama yang sebenarnya berawal dari rasa sebel hihihi. Iya, mirip mirip kan sama cerita di PPT antara Aya dan Azam dan Aya dan Ryan? #eeaaa. Sama sama Aya tapi beda perawatan dan beda nasib kayaknya. Yah, walaupun Aya yang di sinetron tetap langsing sampai saat ini dan saya sudah menjadi MAJALENGKA alias mamah manjah lemaknya kathah 😂😂😂.

Persamaan berikutnya adalah hari pernikahan saya dan pemeran Aya sama sama September 2009. Dan sekarang kami sama sama jadi Mahmud Asti (mamahmuda anaknya tiga)! Yes, jago ya saya nyari nyari persamaannya hahahah.

Udah ketebak yaaa, saya mau ngomongin siapa? Yes, dari judulnya udah dikasih teaser dan selanjutnya makin mengerucut. Saya mau bahas soal adek (tsaaah....adeeek) Zaskia Adya Mecca dan bisnis barunya niih Mamahke Jogja.

Mama muda multitalenta. Photo @zaskianism
Ketika menerima undangan untuk test food di Mamahke Jogja, saya ngebayangin bacanya Mamah (ibu) ke (pergi ke) Jogja. Ternyata enggak loh sodara sodara....

Saya kemudian kepo pada akun mas Hanung, ternyata ada video beliau menyebutkan Mamahke (dalam bahasa Jawa berarti " ngunyahin"). Jawa banget dan jadi unik ya namanya?

Sedikit cerita tentang soft launching Mamahke Jogja bareng temen temen media dan blogger. Pagi itu cuaca cukup cerah, saya datang memenuhi undangan team Mamahke ke Jalan Taman, sebelah selatan area wisata Tamansari Watercastle dengan dresscode merah merona, semerah pipiku yang seolah malu malu mau ketemu sama artis pujaan hati.

Jadi, di acara thethek bareng Zaskia ini kita bisa coba coba aneka varian cake Mamahke sekaligus mendengarkan hal ihwal sampai muncul ide untuk berbisnis Mamahke.

Cerita dimulai dari Zaskia yang menceritakan awalnya terbesit ide punya bisnis. Seperti juga saya (tuh nyama nyamain lagi deh) Zaskia itu nggak bisa diem. Keliatan banget kan aktifnya kaya apa. Udah punya anak tiga, tapi masih merasa kurang kegiatan kalau pas pulang ke Jogja. Satu saat ada ide bikin oleh oleh kekinian khas Jogja karena mamah mas Hanung punya usaha katering. Zaski pengen bikin roti yang rasanya Jogja banget.

Menurut dek Ia (#tsaah...biar saya nggak dibully, soalnya kalau nyebut "Kak Ia" dicemberutin umur), awalnya mereka pingin bikin usaha gulai, tapi selanjutnya kok klik-nya sama cake. Zaskia juga belajar soal bisnis cake ini dari Irwansyah yang sudah lebih dulu punya Palembang Lamonde dan Medan Napoleon, plus masih sodaraan sama Zaskia Sungkar dengan Surabaya Snowcake-nya.

Mas Hanung menambahkan, beberapa kali beliau pengen kerjasama dengan seniman Jogja yang sama sama memulai dari bawah, ngamen bareng, namanya mas Marjuki. Mau bikin sountrack bareng di film kok enggak masuk kolaborasinya, eh ternyata berjodoh di kuliner. Kemarin sih pas testfood itu ada musik yang enak banget, eh ternyata jingle-nya dibuat sama mas Juki ini. Ajep ajep Yojo banget.

Mamahke dibranding sangat Jogja, termasuk dengan penggunaan gambar gunungan di logo Mamahke. Kata mas Hanung, filosofinya gunungan itu membuka dan menutup, diharapkan Mamahke membuka dunia baru untuk mas Hanung dan dek Ia. Termasuk buka pintu rejeki ya mas Hanung dan dek Ia.

Video keseruan waktu photo session bisa dilihat disini yaa Bundas


Buat saya pribadi, postingan Instagramnya selalu dinanti nanti, soalnya lucu lucu sih, gojekan khas Jogja, plesetan dan kata kata yang bikin jleb jleb jleb. Coba aja buka Instagram officialnya di @MamahkeJogja.


Dek Ia sendiri, seperti kita tau udah punya banyak bisnis. Mulai dari bisnis busana Meccanism, bisnis kosmetik ZAM, dan akhirnya merambah dunia kuliner dengan Mamahke. Satu yang saya ingat banget dari ucapan dek Ia, "Kesuksesan itu bukan berarti gerainya rame, bukan berarti produknya laris. Tapi, semakin banyak outlet yang dibuka, berarti aku sudah bikin lapangan pekerjaan buat banyak orang." Sebagai sesama Majapahit (mamah manja pantang sembelit), saya jelas setuju banget buat yang satu ini.

Serunya thethek bareng Zaskia
Jadiii...
Apa sih sebenarnya Mamahke Jogja ini? Mamahke Jogja adalah perpaduan dua resep keluarga mas Hanung dan dek Ia. Perpaduan makanan autenthic Jogja (semacam soft cake) dengan modern cake (pastry) di bagian tengahnya. Lembut di luar crunchy di dalam. Akan lebih enak kalau dimakan dalam kondisi dingin, menurut saya loooh...

Varian rasanya ada apa aja?
Yuk kita kepoin penampakannya plus hasil test-food dan penerawangan saya.

Mamahke varian Chocco Banana, Red Velvet, Cheese
Choco Banana
Perpaduan pisang dan coklatnya nyatu, enak semacam pisang coklat yang ada di Lekker (makanan seperti crepes jajanan anak SD #melipirditanyaumur). Kalau nyobain chocco banana berasa menikmati masa masa SD jajan crepes hihihi. Rasa nostalgia banget.

Red Velvet
Warnanya cantik menggoda macam gincunya Ariel Tatum #ehh, rasanya juga pas. Gak terlalu manis seperti bayangan saya pas liat warna merah dan rasa red Velvet kebanyakan.

Cheese
Dasarnya saya penyuka keju. Makan yang manis manis kadang suka eneg. Nah kalau nyobain yang cheese ini, kok rasanya sepotong tetep nggak puwas yaaa...pengen lagiiihhhh

Mamahke varian Chocco Greentea, Tiramisu, Double Chocco
Choco Greentea
Ini dek Ia tau banget kesukaan saya kali yak. Greentea kan lagi ngeheitz dan saya emang penyuka greentea. Biasanya sih aftertaste-nya agak ada sepet sepet, tapi ini ketutup sama coklat pendampingnya. Oke sip, bungkuuuus...

Double Chocolate
Buat penggemar coklat, ini manjain lidah banget deh. Cuma untuk yang kurang suka manis, saran saya pilih chocco banana atau chocco greentea karena coklatnya itu rasanya aseli cokelat ber-body (bahasa di mata kuliah uji sensoris sih gitcu).

Tiramisu
Haiii coffee addict! Yang ini menurut saya best of the best-nya varian rasa Mamahke. Entah kenapa ngerasa paling klop sama rasanya. Ini akan jadi pilihan pertama saya kalau disuruh milih diantara 5 varian yang lain. But overall semuanya uenaakkk...Manjakaniiiiiii alias MAmahke (N)JogJA KAton NuuuIikmateee

Nyobain Red Velvet
Konsep yang diusung Mamahke dari mas Hanung adalah kue yang praktis dan dibuka langsung dimakan. Jadi seperti bakpia, yang begitu kita buka kotaknya, langsung dijumput dan masuk ke mulut. Harapannya kalau pas lagi bawa Mamahke di kereta, di pesawat, enggak perlu repot cari sendok, cari pisau, jadi memang sudah dalam bentuk dipotong siap "lhep". Jika dalam suhu ruang, produk Mamahke bisa bertahan 3 sampai 4 hari, sementara jika di chiller bisa 5 hingga 7 hari.

Sayangnya nih sayangnya, baru dibuka outletnya besok tanggal 19 Mei 2017 heuheuuu...masih lama yes, gapapa lah, sambil nabung buat borong semua variannya lah yaaa...

Buat yang masih kepo bisa cek
Websitenya: www.MamahkeJogja.com
IG: @mamahkejogja
Line: @mamahkejogja
fb: Mamahke Jogja
Kalau ada yang mau mudik, gak seru kalau gak bawa tentengan yeeekan? Cobain bawa tentengan MamahkeJogja #oleholehkekinian dari Jogja yes.

Salam Kuliner
/Aya

21 comments

  1. Pengeeeen, kapan2 ta mampir ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyamperin aku dulu ya mak, deket banget dari situ, tinggal lompat hahaha

      Delete
  2. Eits ada aku..kebalik nih kita, kalau Dian paling suka yg double chocolate:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coklatnya banget banget yaaa...kalau udah kena coklat biasanya aku jadi gagal move on dari masa lalu #haisssh

      Delete
  3. Sinetron PPT juga kesukaanku sob saat ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss yaaah. Itu sinetron gak ada matinya 😂😂

      Delete
  4. Mamah manja lemaknya kathah... *tertohok pake banget hahahaha

    ReplyDelete
  5. sukaa sama cake. tapi jauhnya di jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya hampir tiap kota ada nih bund, kemarin ngelist udah 17 artis buka gerai bakery 😊

      Delete
  6. ini bakal saingan sama Malang strudel
    tapi aku penasaran sama yg double chocolate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah...masih satu manajemen nih kakaaak...dari Jannah.corp
      Cobain deh, enak lho. Aku masih paling favorit tiramisu

      Delete
  7. ((majalengka))XD...aku masih penasaran sm 3 rasa yang blm kucobaa nih ahaha

    ReplyDelete
  8. sekarang rata2 artis udah pada ngebisnis, buanyak banget...

    ReplyDelete
  9. Duuuh gara2 diundang artis, aku jadi semacam juru bicaranya di kampung. Ditanya mulu sama ibu2 sini hahaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kece lah mak Lus, dirimu juga aura artis looohhh, suweer

      Delete
    2. Hihihi, kece lah mak Lus, dirimu juga aura artis looohhh, suweer

      Delete
  10. Pengen nyobain juga. :D Pati enak banget tuh. :D

    ReplyDelete
  11. Aku jga pengen merambah bisnis. :'D

    ReplyDelete