Wahana Taman Air Menari Dibuka Kembali di Taman Pintar

Taman Pintar
Taman Air Menari

Hai Bunda,

Apa Kabar di bulan Juli?

Udah tau kan kalau kemarin 29 Juni diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional? Yang belum tau gapapa, saya juga taunya karena ada postingan instagram nongol di feed saya hehee. Ngomongin soal keluarga, pastinya nggak lepas dari kehidupan rumahtangga dan anak-anak kan? Sebagai seorang ibu, diharapkan kita bisa sebagai “Event Organizer” aktivitas anak-anak dalam proses tumbuh kembang mereka yang optimal.

Hmmm.. lalu yang terpikir dalam benak saya adalah “Bagaimana seorang ibu selalu memiliki ide-ide kreatif untuk terus berinovasi memberikan aktivitas menarik untuk anak. Wah, berarti ibu juga harus melek ilmu mengenai proses tumbuh kembang anak anaknya serta cara menstimulasinya dong.



Saya bahagia ketika akhirnya mendapat undangan untuk pembukaan ulang wahana Taman Air Menari di area Taman Pintar Yogyakarta. Penasaran kan? Apa sih keistimewaan Taman Air Menari di Taman pintar ini?

2 Juli saya bersama rombongan Blogger Jogja dan media mengikuti talkshow sekaligus pemaparan dokter anak yang sudah malang melintang di dunia kedokteran anak serta aktif juga di pemerintahan, dr Mei Neni Sitaresmi, PhD, SpA (K). Acara dibuka oleh Bapak Marius Tion Tonang, Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta.


Wahana Taman Air Menari ini merupakan dukungan terbaru dari Danone Indonesia. Seperti yang dipaparkan dokter Mei Neni bahwa anak perlu sekali aktivitas di luar rumah. Aktivitas ini haruslah yang berhubungan dengan air, udara, sinar matahari. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh bapak Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, bahwa Danone akan berusaha memberikan dukungan bagi anak-anak dan keluarga di Yogyakarta sebagai perwujudan misi Danone, One Planet One Health". Misi Danone ini adalah membawa kesehatan kepada sebanyak mungkin orang di dunia melalui perilaku hidrasi sehat, hidup bersih dan sehat, serta aktivitas fisik teratur.

Ternyata, 33,5% masyarakat Indonesia diatas 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Salah satu penyebabnya adalah gawai yang mendominasi banyak waktu anak untuk duduk menatap layar. Sementara, aktivitas fisik berperan penting untuk stimulasi motorik kasar, halus dan penyerapan nutrisi anak selama masa pertumbuhan. Hal ini bahkan tertampil dalam data Riskesdas tahun 2018


Untuk bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, tak hanya makanan saja yang mendapat perhatian, gaya hidup sehat orangtua dan keaktifan anak bergerak akan mengurangi berbagai penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, dan jantung. 1000 hari pertama hingga 2 tahun, ibu diharapkan mengoptimalkan pemberian makanan sehat sesuai kebutuhan anak agar  terhindar dari stunting. anak-anak memang saya biasakan juga punya aktivitas di luar fenganengatur waktu mereka bermain gawai.

dokter Mei Neni
Talk Show
Menurut Mbak Sarah Diorita, ibu dari Pitu sekaligus istri dari Eros Candra gitaris Sheila On 7 ini, gawai merupakan tantangan tersendiri untuknya. Sarah turut mengusahakan Pitu untuk mau beraktivitas fisik, termasuk mengunjungi Taman Pintar untuk mendapatkan edukasi sekaligus aktivitas positif untuk tumbuh kembang Pitu. Saya sendiri sangat sepakat dengan hal ini. Shoji dan Rey juga masih seusia Pitu, baru masuk SD dan TK besar, jadi untuk aktivitas fisik dan pola makan harus betul betul diperhatikan.


Mbak Sarah juga menyampaikan bahwa ia selalu berusaha mengenalkan makanan sehat dan mengikuti panduan "isi piringku", sebuah pola makan yang digagas untuk memenuhi berbagai unsur makanan sehat dalam setiap sesi makan anak. Isi piringku sendiri merupakan kombinasi 50% buah dan sayur serta 50% karbohidrat dan protein. Untuk anak, dianjurkan lebih banyak konsumsi protein hewani. Melibatkan anak ketika memilih dan menyiapkan makanan serta mengatur waktu untuk bermain gawai adalah kombinasi tepat untuk memberikan budaya pola hidup yang sehat.

Danone Indonesia
Pembukaan Taman Air Menari

Taman Pintar
Suasana Taman Air Menari


Selain sebagai wahana untuk stimulasi fisik, Taman Air Menari juga diharapkan memberikan stimulasi sosial anak anak untuk bermain dan berinteraksi bersama teman seusianya. Ke depannya diharapkan Yogyakarta semakin giat memberikan ruang terbuka sebagai arena bermain dan stimulasi anak. Seneng lho bisa ketemu banyak anak lain dan bermain bersama. Karena kan di usianya yang masih kanak-kanak begini, kemampuan mereka untuk bersosialisasi juga berdampak pada kepercayaan diri mereka saat dewasa kelak.



Kampanye "Isi piringku" melengkapi konsep dalam payung besar edukasi dan dukungan dari Danone. Selain aktivitas dan pola makan yang sehat, interqksi sosial membuat anak anak tumbuh sesuai dengan usianya.

Salam Sehat
Bunsho

1 comment

  1. Seneng banget ya melihat mereka kekeceh, menstimulasi tumbuh kembang dari aktivitas fisik selain nutrisi. Danone keren ya!

    ReplyDelete