Tata Laksana Penanganan Luka Bakar Ringan


Hai Bunda....
Coba sebutkan 5 peralatan memasak dalam 5 detik...
1...2...3...4...5... teeeet
Wah pasti udah bisa lulus semua ya dengan pertanyaan kaya gini. Postingan saya kali ini gak jauh dari soal masak memasak dan perdapuran. Jadi saya mau cerita tentang malasnya saya turun ke dapur. Sebelum menikah, alias pas single, saya tinggal di asrama yang disediakan oleh kantor. Nah, di asrama ini ada saya dan 4 teman saya yang kesemuanya cewek. Tapi percaya nggak, di asrama ini gak ada kompor cuy. Hahaha... iya, ada sih kompor minyak tanah yang kami pakai ketika situasi darurat alias mati listrik sehingga air panas dari dispenser dan rice cooker tidak bisa digunakan.
Entahlah, mungkin karena memang kami semua ketika di rumah jarang masuk ke dapur atau memang cari praktis. Di asrama kami memang gak ada kulkas, jadi bisa buat alesan gak bisa stok sayur hehehe. Jadinya yaa...kami memilih untuk beli lauk jadi. Kalau mau dihitung secara murahnya memang beli lauk di Klaten jauh lebih terjangkau daripada masak sendiri. Ini kalau hitung hitungan dimakan sendiri loh ya. Waktu yang dipakai masak, bisa dialihkan untuk nonton TV bareng temen satu  pergi asrama atau ke angkringan dan kadang untuk baca buku. Namanya juga masih sendiri, jadi nggak mikir anak dan suami sehingga bisa maksimal me time.


Nah, gimana setelah nikah? Panik mode on sodara- sodara. Asli gagap banget urusan perdapuran. Maafkan saya ya Uda. Bikin nasi goreng buat sarapan aja, hebohnya kaya masak buat kendurian satu kampung. Mulai dari cucian yang menumpuk sampai wajan yang gosong. Bukan hanya itu, bekas luka terciprat minyak disana sini, alhasil tangan belang-belang karena waktu itu masih percaya luka bakar kudu dikasih odol.
Belajar dari pengalaman, anak-anak diajarkan sejak awal pergi ke dapur supaya gak gagap dengan aneka peralatan masak memasak. Saya biasakan mereka membantu saya di dapur dari sekarang. Meski  cuma bantu kupas-kupas atau potong-potong, mereka juga memasukkan aneka bahan makanan ke dalam panci masak. Luka bakar ringan seperti  terpercik air panas, jelas kejadian dong, karena mereka masukin ke panci dengan cara dilempar. Astaghfirulah... hahaha...
Tau gak sih bund, kalau ternyata prevalensi luka bakar di Indonesia berkisar 2,2% dan 69% terjadi di rumah. Bikin teh atau kopi kadang keciprat air panas, begitu pula jika menuang air panas untuk mandi si kecil.
Chef Rahmat menjelaskan tentang  kitchen safety

Kemarin di Acara Women’s Community bertema “Regret Comes Later”  kami dikasih kesempatan berguru tentang tatalaksana memasak yang baik dan benar serta tips menu praktis sehat  oleh Chef Rahmat. Kata beliau, keselamatan ketika memasak itu sangat penting. Jadi, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Mempersiapkan tata letak dan kondisi ideal di dapur akan mengurangi risiko kecelakaan selama proses memasak.
Beberapa tips dari Chef Rahmat, antara lain:
1. Pastikan di dapur ada ventilasi udara. Supaya sirkulasi udara baik dan nyaman, dapur juga tidak terlalu panas.
2. Sebaiknya posisi kompor dekat dengan wastafel. Supaya ketika terjadi hal hal yang kurang diinginkan, tindakan pertolongan pertama dengan sumber air mudah didapatkan
3. Posisi kompor sebaiknya rata-rata pinggang. Tidak terlalu tinggi karena akan menyulitkan selama proses memasak, juga tidak terlalu rendah, karena bikin pegel juga yaa memasak sambil bungkuk bungkuk. Ntar malah kesleo lagi.
4. Selalu sediakan kitchen towel yang bersih untuk menghindari uap panas, mengelap peralatan masak yang basah. Baik wajan ataupun panci sebaiknya dalam kondisi yang besih dan kering sebelum digunakan. Jika masih ada sisa air dan bertemu dengan minyak, ini akan terpercik dan bisa mengenai kita.
5. Kalau kita sedang memasak, usahakan tetap stay di dapur. Karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Niat Cuma ngecek hape mau balas whatsapp, taunya malah buka Youtube sampe 30 menit lamanya. Siapa tuh yang begitu? Sayaaaa... ngaku deh. Aduh, bahaya banget itu ya bund.

Dokter Bayu dan Ibu Hernita

Pada kesempatan yang sama, kami juga kedatangan dokter ahli bedah estetik, dokter Bayu Suhartadi Sp. BP-RE dan Ibu Hernita Astriani, S. Farm., Apt  yang menjelaskan mengenai tatalaksana penanganan awal untuk luka bakar ringan. Selain air panas, luka bakar juga disebabkan karena terbakar matahari, bahan kimia, listrik, tindakan menggunakan laser. 
Luka bakar adalah kerusakan pada kulit yang sering disebabkan oleh panas dan bisa sangat menyakitkan hingga mengakibatkan gejala seperti : kulit memerah, kulit mengelupas, luka melepuh, kulit hangus, pembengkakan.  Jadi tiap luka itu ada level levelnya memang sangat tergantung dengan lamanya kontak api dengan kulit serta besarnya titik api. Salah satu mom blogger, mbak Ika Puspita juga menceritakan tentang pengalamannya ketika bermasalah dengan aneka luka. Sebagai seorang ibu, wajib menyediakan Mebo dan Mederma di kotak P3 K ya bund.
Mbak Ika Puspita, blogger 

Panik gak sih kalau ternyata pas lagi mau angkat panci, eh lengan gamis kita tersambar api kompor. Duh pasti panik banget ya. Ternyata tata laksana pemadaman api yang benar tidak boleh berlari lho, tapi ada 3 step:
1. Stop : berhenti dari segala aktivitas
2. Drop : menjatuhkan diri
3. Roll : berguling untuk memdamkan api

Lapisan kulit yang terbakar

Setelah api padam, segera lepaskan baju dan dinginkan dengan air bersih suhu normal yang mengalir. Supaya panas tidak menempel terlalu lama. Setelah itu keringkan bagian luka bakar dab segera oleskan salep Mebo ke luka bakar ringan tersebut sebelum bertambah parah .
Proses penyembuhan luka bakar sangat tergantung dari pertolongan pertama yang hanya 4 jam (waktu krusial). Sehingga sebisa mungkin luka langsung ditangani dengan tepat. Kenapa dokter merekomendasikan Mebo? Karena Mebo sudah diformulasikan dengan tepat untuk menjadi salep yang akan mengurangi peluang infeksi dan mengurangi rasa sakit.
Untuk penanganan tersiram air panas juga sama ya bund. Segera lepaskan bagian baju yang tersiram air panas. Selanjutnya taruh dibawah air mengalir suhu normal dan keringkan. Oleskan juga mebo di bagian yang tersiram air panas.
Produk Mebo dan Mederma

Mebo

Mebo merupakan obat luka bakar yang mengandung zat aktif Coptidis rhizoma, Phellodendri chinensis, Scutellariae radix, Sesame Oil dan beeswax. Mebo cocok digunakan untuk luka bakar, luka jatuh dan lecet.  Zat aktif pada Mebo berfungsi untuk anti-inflamasi, anti-infeksi, dan membantu regenasi sel, sementara kombinasi Sesame Oil (Minyak wijen) dan beeswax untuk mendinginkan luka. Inilah mengapa Mebo dapat mengurangi tingkat keparahan luka bakar.
Saya dengar beberapa dokter juga menyarankan penggunaan Mebo untuk luka bakar ringan. Alasannya, karena mampu memimimalisir bekas luka dan sakit serta non antibiotik. Selain itu Mebo juga membuat area luka menjadi lembab. Hal ini juga mempercepat proses penyembuhan dan meminimalkan bekas luka.
Mbak Aya, aku kemarin kena luka terus aku kasih odol, ini kok malah berbekas gini yaaa. Huhuhu...
Saya dulu juga pernah tuh kalau ngobatin luka bakar pakai odol, tapi sekarang enggak lagi. Namanya udah kejadian dan terlambat, gimana sih? Tenang...tenang... ada juga kok produk yang bisa memudarkan luka bakar ataupun luka sayat seperti bekas operasi caesar. Yuk kenalan juga sama Mederma.

Proses pembentukan skar

Mederma

Ayoo...siapa yang pernah konsul hasil luka keloid di bekas caesar dan diresekan oleh dokter obat Mederma? Cung! Beberapa teman saya juga cerita pas konsultasi langsung sang dokter merekomendasikan Mederma untuk memudarkan bekas luka.
Bekas luka ini kalau sudah sembuh bisajadi macam macam skar bentuknya. Ada skar fungsional, atrofi, hipertrofi, dan keloid. Meskipun bagi beberapa orang bekas luka bisa jadi memori tersendiri (Yang jelas saya sih enggak) tapi pasti sedikit banyak mengurangi rasa percaya diri. Alhamdulillah ilmu pengetahuan berbasis alam dari Combiphar berhasil memformulasikan Mederma dari Cepalin  (bahan aktif dari ekstrak bawang merah), Allantoin, dan Aloe vera yang berfungsi sebagai anti radang, menghidrasi luka serta mencerahkan sehingga mampu memperbaiki tampilan dan struktur skar.
Jika Mebo digunakan sesaat setelah terjadi berbagai luka, Mederma digunakan ketika luka sudah benar-benar tertutup. Karena Mederma juga berfungsi menurunkan produksi kolagen dan menghidrasi, maka hasil penyembuhan luka akan tampak lebih baik dari sebelumnya. Untuk luka baru, Mederma digunakan 3 hingga 4 kali sehari selama 8 minggu, sedangkan untuk luka lama bisa digunakan selama 3 hingga 6 bulan dengan cara mengoleskan ke luka yang tertutup searah jarum jam. Mederma akan meresap ke dalam lapisan kulit dan memperbaiki kulit dari dalam.
Sediaan Mederma 

Jadi buat para bunda yang sering bekerja di area dapur, selain harus memperhatikan keselamatan selama memasak di dapur, juga bisa menangani aneka kecelakaan kecil dan luka bakar ringan dengan Mebo Mederma yang selalu tersedia di kotak P3K. Bunda semua sudah ada yang pernah coba? Cerita yuk.

Salam Sehat
/Aya 

19 comments

  1. Masih banyak ya masyarakat kita yang kalo keslomot panci atau sesuatu yang panas diolesnya pake odol

    ReplyDelete
  2. Ih aku mah sering banget kecipratan minyak. Mederma emang harus banget ada ya di rumah, wajiib.

    ReplyDelete
  3. Aku juga korban odol nih.. Hahahaha.
    Karena itulah saya punya luka bakar yg sangat besar di salah satu bagian tubuh. Untungnya suami gak pernah mempermasalahkan hal tsb.

    ReplyDelete
  4. Sejak menikah rasanya bagian tangan dan lengan tak mulus, selalu terkena kecelakaam di dapur. Tak terhitung berapa kali, terciprat minyak panas sampai air panas juga sudah, dan bekasnya tetap nangkring dengan manis sebagai pengingat betapa cerobohnya saya. Hu hu.
    Semoga nanti saya bisa sedia Mebo dan Mederma. Mebo untuk penanganan pertama pada luka bakar yang bisa terjadi kapan saja. Mederma juga dibutuhkan saya yang punya bekas luka caesar sekaligus banyak bekas luka lainnya, termasuk anak dan suami.
    Sepertinya luka adalah bagian dari kehidupan, ya. Akan tetapi, kita harus punya salep andalan untuk menyelamatkan.

    ReplyDelete
  5. Iya nih, emak emak ngga jauh dari dapur ya kan.. sering banget nyenggol panci panas atau terkena percikan minyak goreng.. mederma ini harus stock dirumah nih.. wajib ada dalam kotak P3K ya mbak sebagai pertolongan pertama

    ReplyDelete
  6. Bener bener aku juga pernah kena luka bakar dan olesin odol, hasilnya malah bernanah sedih mode on 😥 tapi boleh juga nih moderma hihi siapa tahu bisa ilang bekas luka bakar ini

    ReplyDelete
  7. aku juga masih penganut mitos luka bakar ditangani dengan pasta gigi mba wkwk...untunglah ya sekarang ada Mebo solusi ampuh atasi luka bakar

    ReplyDelete
  8. Aku juga pake mederma bukan buat luka bakar sih ini bekas luka jahitan kesel baget kapan ilang, semoga dengan mederma bisa memudar nih.

    ReplyDelete
  9. ini keren tips dan triknya. memang kalo emak-emak suka riweuh, kadang pas masak ditinggal nyapulah, ngepellah, harusnya mah stay terus di dapur

    ReplyDelete
  10. Aku belum punya ini mba tapi penasaran untuk bisa memilikinya mba. Pas banget buat penanganan luka bakar mba. Tapi jangan sampai kejadian deh ya

    ReplyDelete
  11. Kalau mederma pernah pakai sehabis lahiran sesar dan memang efektif banget hasilnya, mebo yang baru tau nih, btw tfs infonya ya mba :)

    ReplyDelete
  12. Mebo dan Mederma emang kudu ada di P3K kita ya Mak.
    Semoga semua sehaatt

    ReplyDelete
  13. Semoga makin banyak ya yang tau mebo soale biasanya orang2 masih pakai odol atau mentega gt padahal pantang banget.

    ReplyDelete
  14. Baru tau nih beda fungsi Mebo dan Mederma. Jadi setelah kulit diamankan dengan Mebo ketika pertama kali terkena luka bakar, ntar Mederma yang berfungsi untuk menghilangkan bekas lukanya ya. Wajib ada di kotak P3K rumah nih kalau gitu.

    ReplyDelete
  15. Tak bisa dipungkiri, kalau kadang terjadi kecelakaan di dapur khususnya terkena luka bakar, aq jg biasa kena itu tp dlu sih cma diemin aja heheh, skrg sdh ad yg bsa mengatasi luka bakar 😍

    ReplyDelete
  16. Wah aku juga mau beli Mebo ini mbak, senang di dapur dan sering banget kena luka bakar. Apalagi pakai Mebo ini dipakai adem dan cocok jadi persediaan di P3K.

    ReplyDelete
  17. Selalu sediakan kitchen towel. Noted Mbak atau remindernya. Ini yang belum saya punya. Kalau yang lain sudah sesuai.

    ReplyDelete
  18. Mebo dan Mederma ini wajib ada di rumah ya, hrs ada di kotak p3k. Oya baru tau juga tata laksana kebakaran itu seperti itu :"

    ReplyDelete
  19. Wajib memang punya salep ini di rumah ya mba.. soalnya perlu untuk jaga - jaga bangeeet

    ReplyDelete