Tekko, Family Restaurant Citarasa Nusantara

Tekko Family Restaurant
Hai Bunds,
Siapa nih yang jadi team makan dulu sebelum ngemol? Biasanya alasan apa sih yang bikin bunda dan keluarga milih untuk makan dulu sebelum jalan-jalan? Setelah melalui survey internal yang saya bikin kecil-kecilan, ternyata ada beberapa hal yang bikin bundas enggan makan atau jajan di mall, beberapa saya tuliskan di poin poin ini  ya:
1. Takut gak cocok rasanya
Namanya juga makan di resto ya, kalau bukan resto langganan biasanya ada kekhawatiran jika ekspektasi tidak sesuai harapan. Apalagi buat ibu ibu yang masaknya level advance. Disini prinsip ekonomi berperan penting. Merasa sia-sia udah bayar mahal, tapi jatohnya gak dimakan alias mubadzir.
2. Mahal
Setuju nggak kalau banyak banget resto di mall itu harganya lumayan mahal. Well, mahal itu relatif ya. Kalau ngajak pacar sih cuma bayar berdua doang, tapi kalau ngajak satu keluarga dan keluarga besar gitu? Wah, per porsi bisa njelimet itungannya. Sekali-kali bolehlah, tapi kalau jadi langganan karena anak udah terlanjur cocok sama rasanya gimana?
3. Pilihannya terbatas
Biasanya satu resto di mall gak banyak menyediakan variasi menu. Jadi bingung kalau si kakak minta pempek, adiknya minta lotek. Ibu lagi pengen Ayam bakar, ayah minta iga penyet. Akan jadi perdebatan tak berujung nih milih resto yang bisa menyediakan menu favorit masing-masing.
Pic: yoannafayza.com

4. Tempatnya kurang instagramable
Hari gini resto di mall juga harus ada nilai tambah dong ya. Buat saya pecinta spot foto kece, resto yang unyu-unyu dekorasinya pasti jadi pilihan. Salah satu cari resto, selain karena enak danmurah pasti juga cari yang viewnya bagus. Makan enak juga bisa kerena suasananya kan ya? Jadi gak salah juga dong meskipun ke mall tetep nyari yang suasananya enak. Kalau biasa aja apa bedanya sama makan di rumah sendiri, ya nggak?
5. Resto menyediakan tempat untuk anak-anak atau highchair untuk bayi atau tidak
Bete juga loh, kalau jajan mau happy -happy, tapi jadi bete karena harus makan sambil gendong si kecil. Tapi sekarang sih udah hampir semua resto ya menyediakan highchair sebagai fasilitas standar restonya.

Pic: Tamasyaku.com
Lima poin diatas ternyata memang jadi pertimbangan kebanyakan ibu-ibu dalam memilih tempat makan di mall. Nah, ada gak kira-kira resto yang bisa jadi rekomendasi memenuhi semua syarat syarat yang diminta para ibu bijak diatas? Ada dong. Yuk kenalan.
Namanya Tekko Family Restaurant. Resto ini hadir di Jogja City Mall sejak Desember 2018 lalu. Tekko Family Restaurant  didirikan pada 28 Januari 2009, pertama kali buka di Pantai Indah Kapuk.  Hingga saat ini memiliki 45 cabang yang  beroperasi  diberbagai kota besar beberapa provinsi di Indonesia, JABODETABEK, Yogyakarta, Jambi, Palembang, Belitung & Batam. Menu di semua cabang Tekko memang disamakan. Ada 200 menu makanan yang bisa jadi pilihan. Mengangkat konsep Hidangan Nusantara, Tekko JCM ingin melestarikan menu warisan leluhur.

Konro bakar saus madu
Jika berkesempatan makan di Tekko, kalian kudu cobain Iga penyet dan koro saus bakar madunya, gaes. Enak bet…asli. Kemarin tuh kami blogger Jogja sempat diundang untuk seseruan di Meeting Room-nya Tekko. Ruang private berapasitas 10-15 orang ini bisa dipakai tanpa charge apapun dengan pemakaian sekitar 1-2 jam. Ruangan dilengkapi dengan layar viewer jadi kalau buat meeting tipis tipis sambil presentasi dan makan siang enak banget.
Pas pertama kesana tuh gampang banget nemu lokasinya. Jadi kalau misal janjian sama orang untuk ketemuan, dijamin enggak repot nyari muter muter. Dari pintu utama JCM, setelah naik tangga sebelum masuk pintu, bisa langsung ambil kiri. Nah Tekko Family Restaurant terletak di teras JCM paling pojok. Ada ruangan outdoor untuk yang smoking, dan ada ruangan indoor untuk yang non smoking.
Meeting room
Setelah masuk ke area resto, langsung hapy karena interiornya tradisional modern. Eh gimana sih ya jelasinnya. Dia pakai konsep bata dan batako expose yang kesannya tradisional, dengan lampu gantung klasik tapi penataan foto-foto makanan di dinding bikin terkesanlebih modern. Ruangan di Tekko ini muat untuk 150 sitting yang bisa digunakan untuk acara pribadi, ulang tahun, gathering, pertemuan, presentasi, launching produk/presentasi, arisan, hingga wedding reception. Termasuk juga untuk acara lamaran, baby shower atau wedding shower gitu kali ya. Meeting room juga nyaman sekali. Berasa homey karena dekorasinya juga menarik dengan warna warna hangat.
Sudut di Tekko
Lanjut ke pilihan menu ya. Disini memang semua menunya masakan nusantara. Semua masakan yang dihidangkan sehari - harinya adalah masakan – masakan tradisional rumahan khas cita rasa asli Indonesia mulai masakan, Jawa, Sunda, Jogja, Sumatera, Sulawesi, termasuk Betawi, dan lainnya. Ada penawaran khusus untuk menu dan paket- paketnya juga. Diantaranya ada menu-menu khusus dengan harga spesial. Mulai dari Pecel  Sayur,  Paket Ayam Bakar, Nila, hingga menu unggulan Iga, mulai Rp. 15.000/porsi. Menu – menu pilihan resep warisan leluhur Nasi Goreng, Ketoprak, Bakmi Goreng, higga Nasi Uduk dibandrol Rp. 20.000/porsi, dengan minimal pembelian 2 porsi.  Itu sudah termasuk Ice Tea loh. Paket lunch/dinner box, paket tour/sharing set menu,  prasmanan juga disediakan disini.
Saya dan teman teman sempat mencicip beberapa menu andalan di Tekko Family Restaurant ini. Mau direview satu satu ya.
Ketoprak

Nasi Uduk, Ketoprak, dan Iga Penyet

Menu Serba Rp. 20.000

Menu serba 20.000 ini pasti jadi godaan besar buat para mahasiswa yang hobby nongkrong ke mal. Ada menu nasi goreng lengkap dengan kerupuk dan lalapan. Rasanya cenderung manis tapi enak dan porsinya cukup mengenyangkan. Menu yang kedua adalah Nasi goreng lengkap dengan telur sunny side up, lalapan, kerupuk dan acar. Ini pasti jadi menu favorit anak-anak. Bisa minta untuk dibuat pedas atau tidak pedas. Menu yang lumayan jarang ditemukan juga di Jogja ini adalah ketoprak. Ini termasuk makanan kesukaan saya. Bihun rebus dan kecambah yang disiram saus kacang, aduh duh bikin auto ngeces deh kalau saya. Oh iya, ada Nasi Uduk juga. Lengkap dengan sambal goreng tempe, ayam dan telur dadar. Hidangan lengkap sehat dalam satu piring.

Pecel plus Nasi


Menu Harga Special.

Selain menu serba Rp.20.000/porsi, ada juga menu istimewa pecel hanya Rp.15.000 sudah dengan nasi dan rempeyek kacang. Ada juga paket ayam bakar dari harga Rp.39.500 turun harga jadi Rp.30.0000 free ice tea. Untuk pecinta menu ikan, disediakan menu Ikan Nila hanya Rp.35.000 dari  Rp.45.000 free nasi dan ice tea, serta Paket Iga 40.000 free ice tea. Iga penyet dan konro bakar saus madunya beneran enak dan lembut loh.
Sate Maranggi

Gurami Saus Asam Manis 

Menu Reguler

Memiliki berbagai menu unggulan semua olahan dari Iga, mulai Iga Sup, Iga Penyet, Iga Bakar, Garang Asem, Hingga Konro Bakar Saus Madu. Begitupun dengan menu ayam. Olahan ayam di Tekko sangat beragam, seperti: Ayam Penyet, Sate Ayam, serta Ayam Bakar.  Untuk Ikan Dari Nila, Bandeng Presto, Pindang Gurame, Gurame Asam Manis, Sup Ikan Gurame dan Nila,Dori Crispy, serta  Gulai Kepala Kakap. Oh iya, gurame saus asam manisnya endeus. Kami kemarin juga  mencicipi.
Jamur Crispy

Mendoan
Tak lupa untuk penggemar menu sate, mereka dimanjakan dengan beberapa pilihan selain ayam, antara lain: Sate Kambing dan Sate Marangi khas Purwakarta. Dan untuk melengkapi variasi menunya, banyak pilihan tumisan sayur, hotplate, Sayur Asem, Soto Ayam, Bakso Tahu,  sampai Soto Betawi khas Jakarta.  Bahkan sambil menunggu pesanan utama, customer dapat memesan menu pendamping/camilan, seperti: Tahu Pong, Jamur Crispy, Mendoan, Tahu Kipas, dan Bakwan Jagung. Jamur Crispynya juga juwarak. Apalagi dicamil anget-anget, wah dijamin gak bisa berhenti ngunyah.
Mangga Cincau dan Kelapa Muda Jeruk

Alpukat Kerok

Jus Kedondong dan Jus Bit
Aneka Minuman
Tekko Family Restaurant juga banyak menyediakan pilihan menu minuman untuk menemani santap kita. Mulai dari jus buah seperti jus kedondong, nanas, pepaya, pakcoy, terong belanda, buah naga, hingga alpukat kerok, es kelapa jeruk dan es mangga cincau. Alpukat keroknya sungguh recommended. Beli satu kayanya pengen nambah.
Tekko merupakan Restaurant keluarga, menyediakan menu–menu tradisional  yang dapat dinikmati oleh anak – anak, remaja, dewasa  dan orang tua. Jadi kalau mau bawa keluarga besar kesini udah pas banget. Tekko diambil dari dialek jawa yang artinya Datang.  Selama sepuluh tahun ini, Tekko sudah mendapatkan  banyak apresiasi, diantaranya: Indonesia Digital Popular Brand Award 3 tahun berturut – turut 2017 – 2019, The Best Franchise Choice Award 2019, The Best Franchisee 2018,  Restaurant Award 2018, dan Rising Business award 2017 dari Tras n Co, FranchiseGlobal.com  dan WALI.

Pic: ranselmungil.com
Pengalaman kemarin menyisakan kesan yang sangat baik untuk saya pribadi bersama teman-teman. Jelas saya akan balik lagi karena masih penasaran  dengan beberapa hidangan yang belum kami coba. Yuk, kapan kita ke Tekko JCM bareng?
Salam Kuliner
/Aya




  

18 comments

  1. Haruskah aku memesan tiket KA ke Jogja sekarang juga demi mnikmati endeusnya menu di Tekko Family Resto iniii?
    Bikin kemecer banget ini Maaak. Mupeeenggg cuss ke JCM!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Kalau aku kebalikannya nih, kalau mau jalan-jalan, makan dulu di rumah, supaya bisa jalan-jalan sampai puas di mall. Sebelum pulang baru makan lagi. Terus langsung pulang deh. Kalau makan dulu sebelum jalan-jalan, suka ngantuk dan begah.

    Dan biasanya pilih makan di resto yang ada di mall aja. Salah satunya ya Tekko. Aku suka konro bakarnya. Enaaak

    ReplyDelete
  3. Aaakkkk...makanannya mingini semuaaaaa. kalau deket bisa langsung terbang kemari nihh.

    ReplyDelete
  4. Hari Sabtu lalu, makan bertiga sama anak-anak di Tekko Supermal Karawaci. Pesan soto betawi, bebek kremes dan iga sup. Mantap jiwaaa!!
    Sayang di Jakarta enggak luas tempatnya dan menu serba 20 rb itu enggak ada.
    Tapi memang untuk sajian Nusantara Tekko bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
  5. aku langsung lapar liat kethopraknya. Enak banget sepertinya.. aku belum pernah njajan di sini mba. Beberapa kali lewat pas ke JCM, tapi ga mampir..takut harganya selangit. Ternyata nggak juga yaa

    ReplyDelete
  6. Aduh aduh... Konro bakar saus madunya menggiurkan banget... Pengen nyobain mendoan sama alpukat keroknya juga, hihihi...

    ReplyDelete
  7. Pernah makan di Tekko JCM ini sekali, enak. Tempatnya juga lumayan lega. Bocah masih bisa ngider.

    ReplyDelete
  8. Tampilan ketopraknya menggoda.
    Wah masih ada menu makan 20 ribuan, bahkan 15 ribuan di mall. Pas banget ini buat mahasiswa yang pengen ngerasain makan di mall tapi anggaran terbatas

    ReplyDelete
  9. Asik banget tempatnya. Menunya juga banyak, dari pecel sampai iga bakar ada semua. Terus menu serba 20,000 juga ada ya, hahaha cocok banget kalo bawa keluarga besar kesini..

    ReplyDelete
  10. Menunya Indonesian banget ya, ku sua aku suka, apalagi ada ketopraknya tuh keihatannya maknyus deh

    ReplyDelete
  11. Tekko deket rumahku selalu ramai apalagi kalau weekend, Mbak. Mungkin alasannya karena banyak varian menu seperti yang Mbak sebutkan tadi. Cita rasa makanannya juga mudah diterima lidah dengan berbagai selera. Harga standart dan bener banget tepatnya cocok buat kumpul kemudian pepotoan. Kalau bukber aku juga suka reservasi restoran ini.

    ReplyDelete
  12. Harganya lumayan ya mbak 15 ribu udah dapat nasi pecel rempeyek. Ini menu murah meriah yaaa, kejangkau. Enaknya lagi bisa sambil ngemollll

    ReplyDelete
  13. Aku langsung laper ini kak.. Pengen cobain makanannya inih.... Duh enak enak semua ya... Apalagi ada gado gado.. Istimewa deh ya

    ReplyDelete
  14. Manteb ya Tekko ini, walau di mall harganya masih ramah kantong, apalagi buat yang makan ramai2 sekeluarga :D
    Pilihan menunya pun beragam dan bagusnya mengusung selera nusantara. Duh aku jadi lapeeerr :D

    ReplyDelete
  15. Tapi tempatnya bagus juga kok mba instgramble juga spotnya. Aku belum pernah makan di sini biasanya makan di yang semirip namanya. Next ke sini ahhh kok gurami asam manisnya menggiurkan

    ReplyDelete
  16. Dulu pertama kali nyobain iga penyet itu di Tekko daerah Tangerang. Sekarang menu ini jadi populer banget ada di mana-mana. Tapi yang paling berkesan sih waktu makan di Tekko gitu. Sekarang makin banyak ya outletnya. Semoga makin sukses dan tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan selain makanannya yang enak-enak banget.

    ReplyDelete
  17. Ayuukkk~
    Ambience nya enak banget di Tekko Restaurant.
    Nyaman dan kalau buat makan bersama keluarga juga oke banget.

    ReplyDelete
  18. Mahal dan gak cocok rasanya, ini dua hal yang kerap bikin saya dag dig kalau mau kulineran di resto. Iya kalau sdh bayar mahal, dan rasanya gak cocok, bisa baperan double itu ya.

    ReplyDelete