Perbedaan Gejala Keputihan Hamil dan Keputihan Haid

Sumber gambar: parentingorami.co.id

Keputihan seperti yang wanita tau hanya ada keputihan sebelum menstruasi namun tahukah bunda bahwa ada keputihan pasca kehamilan. Jadi keputihan bukan hanya menjelangmenstruasi tapi menjelang kehamilan. Adapun dilihat gejalanya keduanya tidak ada perbedaan yang terlalu terlihat. Namun, ada perbedaan karakteristik yang bisa dilihat.


Namun, walaupun begitu keputihan bukanlah satu satunya tanda kehamilan. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, untuk memastikan keputihan yang dialami memang benar tanda kehamilan. Agar bunda tidak salah dalam mengenali keputihan tanda kehamilan biasanya muncul sebelum haid. Kenalilah beberapa perbedaan berikut !

Saat siklus menstruasi telah selesai tapi keputihan justru muncul maka keputihan yang dialami merupakan tanda awal kehamilan. Terutama apabila keadaan ini disertai dengan berbagai tanda kehamilan lainnya seperti mual dan lemas. Secara medis keputihan yang muncul awal kehamilan terjadi karena peningkatan kadar hormone estrogen dan aliran darah pada vagina. Ciri ciri keputihan tanda kehamilan dan perbedaan keputihan sebelum haid.

Salah satu perbedaan gejala keputihan biasa dan keputihan tanda kehamilan yang cukup mencolok adalah dari sisi volume. Artinya keputihan merupakan tanda hamil umumnya memiliki volume yang lebih banyak daripada keputihan sebelum haid. Banyaknya volume keputihan berfungsi untuk mencegah bakteri maupun virus penyebab infeksi masuk ke rahim dan menimbulkan gangguan pada janin.

Kemudian perhatikan waktu kemunculan keputihan. Untuk memastikan bahwa keputihan yang timbul merupakan tanda kehamilan. Dapat dilihat dari waktu kemunculan dengan begitu keputihan tanda kehamilan umumnya muncul satu hingga dua minggu setelah pembuahan dan volumenya akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Selain itu tekstur juga ternyata menjadi perbedaan.

Memang tidak mudah membedakan keputihan tanda hamil dan keputihan haid namun dari segi tekstur keputihan tanda hamil umumnya lebih kental dibandingkan keputihan biasa. Serta warnanya pun juga berbeda karena keputihan tanda hamil cenderung lebih putih dan keputihan yang terjadi sesat sebelum menstruasi berwarna sedikit kekuningan. Apabila keputihan yang muncul berwarna sedikit kehijauan dan disertai bau tidak sedap maka menandakan adanya infeksi jamur di vagina.

Keputihan biasanya juga muncul disertai dengan bercak darah. Sebab keputihan tanda hamil dapat dimulai muncul sejak usia kandungan satu minggu di usia awal kehamilan inilah dinding rahim yang masih menyimpan sisa sel telur yang tidak terbuahi akan luruh dan digantikan dengan didning rahim yang dipersiapkan untuk kehamila baru. Sehingga timbullah terjadi keputihan tanda kehamilan tersebut.

Perhatikan juga tanda-tanda awal kehamilan yang lainnya. Keputihan yang muncul sebagai tanda kehamilan dapat disertai dengan tanda tanda lain seperti : payudara menjadi lebih lembek atau justru membengkak, lebih sering buang air kecil, mual dengan atau tanpa disertai muntah, tubuh terasa lelah terus-menerus, dan kram perut. Itu semua menandakan keputihan tanda kehamilan awal bukan keputihan haid.

Nah, sudah tidak bingung kan bund, membedakannya antara keputihan tanda kehamilan dan keputihan haid baca terlebih dahulu artikel ini sampai selesai supaya menjadi faham. Jadi apabila, mengalami tanda serupa coba hitung kembali kapan terkahir kali berhubungan seksual dan berakhirnya masa subur kita. Ini dilakukan untuk lebih memastikan yang dialami adalah keputihan tanda hamil atau malah hanya keputihan mentruasi. Untuk melakukan pencegahan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk emndapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut.

No comments