Manfaat Kelor, Kunyit dan Meniran Sebagai Imunomodulator Alami

 

Manfaat Kelor, Kunyit dan Meniran Sebagai Imunomodulator Alami

Imunomodulator alami dari bahan herbal? Emang bisa? Sejak musim pandemi, semua orang berlomba-lomba mencari cara untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Mulai dengan memperbanyak olahraga, minum multivitamin, dan tak ketinggalan yang menggunakan aneka herbal untuk memperkuat imunitas.

Beberapa herbal yang lagi ngehits adalah daun kelor. Saya sudah biasa memberikan serbuk daun kelor untuk tambahan makan bagi Aisha. Memang dari hasil penelitian, kelor sudah terbukti memberikan banyak manfaat. Herbal lain yang sudah dari dulu dipercaya memberikan banyak khasiat adalah kunyit. Sejak gadis, ketika datang bulan saya juga minum ramuan kunyit asem. Bikin badan terasa lebih nyaman dan tubuh juga lebih bugar selama datang bulan. Satu lagi herbal yang banyak manfaat tapi kurang banyak orang tahu adalah meniran.

Biar makin yakin sama manfaat masing masing herbal ini, saya mau sharing hasil ngulik ngulik ilmu dari Dr. (Cand). Dr. Inggrid Tania, M. Si. (Herbal) seorang ketua PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia).

Pentingnya Pencegahan dan Pemeliharaan Imunitas Tubuh


Sebagai pembuka, dr. Inggrid memaparkan mengenai perkembangan kasus covid 10. Terhitung hingga 18 maret, sudah 1 juta lebih pasien terkonfirmasi covid. Sejak awal pandemi tenaga kesehatan banyak yang jadi korban. Selama Feb Ruari 2021 rumah sakit belum siap menghadapi pasien covid 19. Terhitung awal Maret kasus sudah mulai menurun namun tetap berhati hati.

Vaksin yang sedang digalakkan saat ini bukanlah obat tapi mendorong kekebalan tubuh positif agar terhindar tertular atau sakit berat. Jadi meskipun udah divaksin ada kemungkingan Tekena tentunya masih ada, meskipun gejalanya tidak berat. Selain vaksin, untuk menjaga kesehatan harus tetap menerapkan protokol kesehatan 5M

  • Membatasi mobilitas
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Memakai masker
  • Menghindari kerumuman.

Imunomodulator Alami

Kenapa covid bisa menyerang tubuh manusia? Semua bisa terjadi karena pengaruh virus dan sistem imun dalam tubuh. Imunitas yang tidak adekuat atau jumlah virus yang terlalu banyak bisa berakibat sistem  pertahanan tubuh semakin rentan.

Tanpa kita sadari, gajala batuk atau bersin adalah salah satu cara sistem pertahanan tubuh. Contoh lain adalah produksi asam lambung, keringat dan kelenjar minyak yang merupakan mekanisme melawan pathogen yang mau masuk/nempel di tubuh. Hal ini juga didukung dengan keberadaan sel fagosit yang berfungsi memakan virus yang masuk.


Sistem imun alamiah akan membentuk antibody yang membuat tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit. Ada foto gambaran skematis bagaimana suatu pathogen berusaha masuk, manusia punya sitem pertahanan berlapis. Kulit, mukosa, selaput lemndir sampai pernafasan. Banyak dalam tubuh berperang melawan pathogen. Curcumin memiliki efek imun anti peradangan. Kunyit dianjurkan pada peradangan di paru paru serta daun kelor banyak mengandung nutrisi, vitamin dan mineral memperbaiki status gizi. Ada senyawa flavonoid yang bersifat meningkatkan respon imun. Semakin bagus meningkatkan imun.

Imunomodulator menstimulasi tubuh kita sendiri untuk melakukan pengaturan terhadap imunitas tubuh. Jadi fungsinya mendayagunakan tubuh kita. Menurunkan tekanan terhadap infeksi. Lebih kuat gak mudah tertular. Kalaupun tertular, pemulihan lebih cepat.


Banyak herbal Indonesia untuk mendapatkan efek modulasi respon. Kombinasi meniran, kunyit, dan kelor memiliki sifat anti peradangan yang saling bersinergis. Kunyit memperbaiki system pencernaan bersinergi dengan daun kelor sumber nutrisi yang seimbang.

Imugard Sebagai Imunomodulator Alami

Imugard merupakan produk dari Deltomed yang memiliki standar internasional. Kualitas mutu obat standard internasional. Imugard mengandung 3 bahan aktif dari tanaman herbal yang sudah terbukti khasiatnya.

Meniran: meningkatkan daya imun, mengaktivasi limfosit T untuk imunitas spesifik. Kalau ada penyakit spesifik menyerang sel, dibutuhkan pada tubuh.


Kelor: berfungsi sebagai imunomodulator, Antivitus, Antioksidan: mencegah radikal bebas, Antiinflamasi dan kaya akan nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan system kekebalan tubuh serta kaya Ca dan mencegah osteoporosis.


Kunyit: meningkatkan sel T , natural killer dan makrofag, sebagai antioksidan, antiinflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh dan system imun.


Kandungan Imugard

  • Meniran 250 mg
  • Kelor 125mg
  • kunyit75 mg

Cukup diminum 1 kaplet tiap hari atau bisa 2 kaplet sehari. Ketika tubuh sedang dalam imunitas rendah, bisa dikonsumsi 2 kaplet sehari. Tersedia dalam kemasan box berisi 3 blister. 1 blisternya berisi 10 kapsul dengan harga relative terjangkau 30.000/box. Ini adalah ikhtiar untuk kita menjaga kesehatan. Kalau kita punya imunitas baik kita tetep bugar dan mencegah banyak penyakit masuk ke tubuh.



Apakah sistem imun tiap orang sama atau beda?

Imunitas tiap orang bervariasi. Tiap manusia punya locus minoris: punya ke khas-an. Ada yang rentan terkena infeksi saluran nafas diindikasikan gampang pilek atau batuk. Misal lokus minoris di sistem pencernaan, sedikit salah makan aja diare merupakan contoh perbedaan orang per orang. Ada faktor gen yang diturunkan. Misal gen asma/ kanker. Misal sel dari payudara lemah.

Ada wanita hamil yang sensitif atau gampang kontraksi. Misal minum kunyit, rahimnya kontraksi, untuk kasus khusus semacam ini tentunya harus selalu konsultasi pada dokter untuk keamanan janin selama mengkonsumsi obat herbal. Meskipun terbukti aman untuk Sebagian besar orang, namun kasus khusus tentunya menjadi pertimbangan karena hanya orang tersebut dan dokter yang memahami betul histori kesehatan si calon ibu.


Kesimpulan dari webinar kali ini, bahwa tiga komponen dalam imugard yakni kunyit, kelor dan meniran bisa bersinergi memberikan hasil maksimal yang bisa dimanfaatkan sebagai imunomodulator alami. Dengan bentuk tablet tentu mempermudah proses penyiapa serta memberikan takaran dosis yang aman untuk konsumsi kita sebagai bentuk ikhtiar memperkuat pertahanan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat

 

Salam Sehat

/Aya

Kartika Nugmalia

56 comments

  1. herbal Indonesia memang banyak sekali ya manfaatnya untuk menjaga stamina, daya tahan tubuh hinggga imunitas tubuh. Lalu untuk mendapatkan manfaatnya bisa langsung aja minum Imugard

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan dari orang tua dan eyang eyang udah meyakini juga ya mbak,kalau herbal Indonesia banyak khasiat

      Delete
  2. Kita memang harus ikhtiar terus yah untuk menjaga imunitas tubuh, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Mengkonsumsi herbal salah satu caranya.

    Penasaran nih pengen cobain juga Imugard dengan kandungan kelor dan kunyit

    ReplyDelete
  3. Saya lumayan sering konsumsi daun kelor, kebetulan ada pohonnya di rumah. Tapi kalau kunyit cuma sebatas dipake jadi bumbu masak saja. Apalagi meniran, ndak pernah konsumsi. Kalo ada yang praktis seperti Imugard sangat membantu sekali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Di rumahku juga ada pohon kelor dan kunyit. Meniran memang agak susah ditemuin yaa

      Delete
  4. Kalau kunyit masih mudah ditemukan di pasar. Kelor dan meniran yang belum pernah saya lihat. Jadi pas banget deh mendingan konsumsi suplemen ini. Lebih oraktis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak pakai tumbuk tumbuk Dan rebus rebus ya mbak

      Delete
  5. Wah, kandungan herbal di Imugard ini memang berkhasiat banget ya mulai dari kelor, meniran hingga kunyit.. Dikemas bentuk kapsul gini lebih praktis nggak usah ribet merebusnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. aku juga ribet kalau rebus rebus. Ini tinggal plung hihihi

      Delete
  6. Salam satu hikmah Pandemi adalah banyak orang yang kembali atau beralih ke Herbal untuk menjaga kondisi imun tubuh. Karena kesibukan yang ada, pasti inginnya yang serba praktis seperti suplemen ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, banyak orang lebih bisa menyayangi tubuh ketika masa pandemi ini jika dibanndingkan sebelum ada pandemi ya

      Delete
  7. wwoh aku baru tahu lho kalau tanaman meniran itu namanya meniran dan merupakan herbal yang kayak manfaat jugak. klo kelor dan kunyit kan emang udah hits yaa...dan aku dah sering konsumsi keduanya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meniran itu setahuku juga cuma sayur mbak. Baru tau jugĂ  ternyata bisa jadiobat herbal

      Delete
  8. Benaran langsung kepengin beli nih. Soalnya di masa seperti ini penting banget ngejaga imun tubuh. Kalau makan satu-satu rada repot ya, enak kalau udah jadi satu kaplet gini, tinggal glek.

    ReplyDelete
  9. Meniran ini tanaman liar ya sebenarnya, suka tumbuh di pot tanaman juga. Tapi ternyata berkhasiat buat kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mbak, banyak yang bilang banyak banget di sawah sawah, ternyata berkhasiat

      Delete
  10. Kebetulan aku nanem pohon Kelor di rumah, kunyit juga sering aku minum bersama asem jadi kunir asem, meniran juga sering ada tuh di sawah tumbuh liar gitu. Tapi baru tahu kalo ketiganya bersinergi jadi imunomodulator alami yang luar biasa khasiatnya untuk daya tahan tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lengkap semua ya mak. Tapi kalau mau yang praktis tinggal ambil imugard

      Delete
  11. Kalau kunyit masih mudah didapatkan & suka buat di rumah, nah kelor & meniran ini yanga gak susah. Kalua mau konsumsi ketiganya jadi repot, untung ada imugard ya yang mengandung ketiga bahan tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak, untuk yang suka herbal lebih praktis dengan imugard

      Delete
  12. Daun kelornya aja udah banyak banget manfaatnya apalagi dipadukan dengan bahan lain yang memang udah pada tahu khasiatnya ya... mantep nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul...aku termasuk yang suka rebus rebus daun kelor buat disayur

      Delete
  13. Di tempatku malah kalau ibu hamil ngga dibolehin konsumsi kunyit, Mbak. Alasannya sih bikin kandungan kering. Makluum, orang dessss. Hihihi.

    Btw, kandungan imugard ini banyak khasiatnya, ya. Aku baru tahu sedeyail itu manfaat daun kelor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada beberapa kehamilan yang agak rentan sih mak. Paling aman emang konsul dulu ke dokter kandungan ya. biar tau riwayat kehamilannya lemah atau cukup kuat untuk konsumsi herbal

      Delete
  14. Aku baru beberapa kali makan sayur daun kelor dimasak bening tapi baru tau manfaatnya buat system imun. Wah boleh nih dimasukin list sayur yang rutin di konsumsi..

    ReplyDelete
  15. Tiga herbal di Imugard ini yang gampang ditemukan kunyit sama kelor. Kalo meniran susah nyarinya. Mending minum aja Imugard ya lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sih Mbak, kalau lagi ribet enakan yang praktis ya

      Delete
  16. Manfaat kelor itu bagus banget ya mba, apalagi sekarang suka dijadikan bahan makanan lagi. Apalagi ini jadi suplemen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah diteliti khasiatnya secara mendalam. Ternyata memang khasiat alam luarbiasa ya mak

      Delete
  17. Aku baru tahhu kalau 3 bahan ini tuh sebagai imunomodulator
    Ketiganya selalu dikonsumsi padahal
    Ternyata khasiatnya sebaik itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi selama ini kita udah punya antibodi yang baik karena konsumsi kelor, meniran dan kunyit ya

      Delete
  18. Aku baru tahu banget kalau Imugard bisa menjadi salah satu ikhtiar kita di masa pandemi.
    Terbuat dari bahan-bahan alam yang merangsang tubuh untuk memperkuat imun.

    ReplyDelete
  19. Kelor, kunyit Dan meniran Memang udah pada tahu ya khasiatnya. Beruntung sekarang, nyari ekstrak zat inj gampang. Beli aja Imugard ya

    ReplyDelete
  20. Mbak Aya, Imugard apa baik dikonsumsi setiap hari? soalnya aku pernah dengar penjelasan profesor tentang meniran dalam bentuk kapsul itu boleh dikonsumsi untuk meningkatkan imun, jadi ya pas badan mulai ngedrop aja. Dalam jangka panjang sebaiknya tidak. Maksimal 14 hari konsumsi trus stop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, jika dalam kondisi sedang driop aja dan gaboleh dalam jangka waktu lama

      Delete
  21. YEss, saya juga baru tahu tentang meniran ini. Baru tahu namanya, juga baru tahu manfaatnya. JAdi terinspirasi utk mendapatkan bibitnya dan menanamnya dirumah, berdampingan dengan pohon kelor yang sudah saya adopsi (ambil) dari rumah ortu. Dulunnya menggunakan kelor hanya sebatas buahnya utk sayur asem, semakin kesini jadi tahu manfaat daun kelor yg luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya malah belum pernah lihat buah kelor mbak

      Delete
  22. Oh, pantes saya beli obat herbal itu isinya juga meniran dan kunyit, ternyata manfaat meniran oke juga ya. Kalau kunyit emang udah say konsumsi dari dulu. Badan seger dan gak mudah bau badan kalau konsumsi bahan ini.

    ReplyDelete
  23. Sepakat banget tiga kombinasi kelor, meniran dan kunyit emang bagus banget buat daya tahan tubuh ya. Apalagi di masa pandemi gini. Dan aku senengnya ini busui juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman ya buat busui. asik nih, tetep terjaga imunitas dan menyusui lancar

      Delete
  24. Kandungan dari Imugard ini semuanya dari herbal yang mudah ditemukan di Indonesia ya.

    Kalau nggak sempat racik racik ya minum Imugard saja.

    ReplyDelete
  25. Asik asik
    Seneng kalo ada rekomendasi booster kayak gini
    semangat buat nyetok IMUGARD ah

    ReplyDelete
  26. Kelor, Kunyit dan Meniran Sebagai Imunomodulator Alami ini joss banget, digabungkan semua kebaikan ketiga bahan ini. Mengonsumsinya pastinya berasa aman ya Mbak dan pastinya bugar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman, sehat, keluarga bahagia kalau emak gak gampang ambyar ya

      Delete
  27. terima kasih infonya mba..pengen nyoba konsumsi juga,karena praktis ya..

    ReplyDelete
  28. Daun kelor, kunyit dan meniran memang oke banget ya mba khasiatnya Jadi bisa terus menjaga imunitas tubuh

    ReplyDelete