Kurangi Potensi Penyakit Gangguan Mental dengan Proteksi Syariah

Salah satu cara mengurangi penat adalah mendekat pada alam

Sejak kasus pertama COVID-19 dikonfirmasi di Indonesia pada 2 Maret 2020, sejak itu pula pola hidup masyarakat Indonesia mulai berubah. Sejak resmi diterapkannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tanggal 31 Maret 2020 pula ritme hidup saya dan anak-anak berubah drastis. Keluarga kami adalah keluarga kecil berisi 5 orang. Dua dewasa dan tiga anak-anak berkebutuhan khusus. Si bungsu adalah yang paling istimewa. Jika anak pertama dan kedua memiliki gangguan pemusatan perhatian (ADD dan ADHD) maka si kecil memiliki cerebral palsy dengan west syndrome sebagai penyerta. Rumah sakit merupakan rumah kedua. Resmi sejak saat itu kami kesulitan mengakses pelayanan kesehatan karena beberapa rumah sakit terkonfirmasi menangani pasien covid 19.


Saya ke Rumah sakit menggunakan transportasi umum, menggendong Aisha yang berumur 5 tahun dengan berat badan 15 kilo. Sementara berat saya tidak sampai tiga kali lipatnya. Transjogja merupakan alat transportasi yang cukup membantu karena menjangkau rumah sakit-rumah sakit yang kami datangi dengan biaya yang cukup terjangkau. Selain itu akses naik transportasi publik ini menggunakan kursi roda lebih memungkinkan. Jika kontrol dokter maupun terapi dilakukan sebulan sekali, mungkin lebih nyaman menggunakan transportasi berbasis aplikasi online, namun jika 5 hari dalam seminggu pastinya cukup menguras kantong, selain biaya untuk berobat ke rumah sakit.

Merawat anak berkebutuhan khusus

 
Sebenernya aktivitas yang saya lakukan memberi dampak posistif juga. Secara tidak langsung saya berolah raga dan memberi efek baik pada tubuh saya. Namun semenjak covid melanda, bepergian menggunakan moda transportasi Transjogja sedikit berisiko, belum lagi ketika sampai di rumah sakit menunggu antrian pendaftaran. Tidak bisa dipungkiri bahwa saya menjadi cukup khawatir dengan hal itu. Alhasil, karena dokter buka praktik di rumah, kami memilih konsultasi dan mengambil resep di praktek dokter, dan bukan di rumah sakit. Aisha pun tidak dibawa, hanya ayahnya yang bertemu dokter. Karena dokter sudah memahami kondisi Aisha, beliau cukup hafal dengan obat-obatan yang harus dikonsumsi oleh Aisha. Setelah dapat resep, baru kami tebus di apotek.

Merawat anak di rumah sakit

Memiliki tiga anak yang masing masing memiliki kebutuhan khusus yang berbeda, mau tidak mau membuat saya juga menyesuaikan kebutuhan mereka. Menyiapkan terapi perilaku, terapi motorik dan sensorik untuk ketiganya dengan porsi yang berbeda. Menyiapkan makanan untuk Aisha yang di usia 5 tahun masih makan dengan tekstur lembut, mengganti popok, memandikan, menyuapi serta melatih kemandirian serta menjadi guru les untuk dua kakaknya di rumah.

Capek?

Lelah?

Tentu saja hal ini yang saya rasakan jika melihat kondisi keseharian saya. Capek dan lelahnya nggak Cuma fisik saja, tapi ternyata juga menyerang fisik loh. Pandemi ini cukup membuat saya parno dan kadang bereaksi berlebihan menanggapi suatu hal. Membatasi bepergian benar benar hanya untuk urusan yang sangat penting. Fokus saya saat ini menjaga kesehatan baik fisik maupun mental karena anak-anak pasti sangat membutuhkan saya. Saya nggak pernah kebayang kalau saya sakit, gimana dengan mereka dan pembiayaannya tentu saja harus dipikirkan.

Tidak ada yang menginginkan hal buruk terjadi, bukan? Tapi kalau mau bersikap realistis tentunya kita harus berjaga jaga dan mempersiapkan segala sesuatunya. Hidup sehat tidak hanya soal fisik semata. Menjaga pola makan tetap sehat serta rajin berolahraga adalah cara paling ampuh untuk membekali tubuh kita dengan antibodi yang kuat dan menjaga organ tubuh untuk bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

abc
Terapi di rumah

Namun, penyakit psikis jauh lebih berpotensi untuk mempengaruhi kesehatan fisik kita. Rasa cemas berlebihan, stress yang mengarah pada depresi karena kondisi dan situasi yang berbeda dari yang kita dapatkan membuat angka penyintas penyakit mental makin tinggi.

Tips saya untuk mengurangi potensi terkena penyakit mental antara lain:

  • Mendekatkan diri pada sang pencipta dengan cara beribadah dengan lebih khusyu
  • Lebih menikmati momen Bersama keluarga lebih sering
  • Tidak terlalu memikirkan hal yang belum terjadi
  • Meditasi atau menenangkan pikiran
  • Menikmati makanan yang terhidang maupun pemandangan alam beserta suasananya

Anak-anak yang bahagia membutuhkan sosok ibu yang bahagia dan sehat secara fisik dan mental, karenanya untuk mengurangi rasa kecemasan saya akan hal hal yang belum terjadi, saya memilih salah satu proteksi kesehatan PruTect Care – Hospital.

OVO Pru-Tect Care 

Pru-Tect Care Hospital

Saat ini OVO | Proteksi bersama Prudential menghadirkan produk asuransi jiwa kumpulan syariah, bernama Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash. Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash adalah produk asuransi jiwa kumpulan syariah yang memiliki manfaat dasar meninggal dunia dan manfaat tambahan santunan rawat inap, perawatan ICU, cacat total akibat kecelakaan, meninggal dunia akibat kecelakaan serta meninggal dunia akibat penyakit menular. Diluncurkan secara resmi tanggal 28 April 2021, Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash merupakan integrasi e-money dan e-insurance dimana hal ini adalah terobosan baru di Indonesia.

Cara Pengajuan Proteksi

Pastikan kita sudah memiliki aplikasi OVO versi terbaru (versi 3.32.1 keatas). Jika belum ter-update bunda bisa download di https://ovo.id/updateaplikasiOVO

Mekanisme Pendaftaran Asuransi

Berikut adalah Langkah Langkah untuk mengajukan diri menjadi nasabah Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

a. Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo “Proteksi” → Klik “PRUTect Care - Hospital Cash”

b. Pilih paket dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada (Satu pengguna OVO dapat memiliki maksimal 1 polis PRUTect Care - Hospital Cash)

Ada 3 pilihan paket yang bisa kita pilih yakni: Silver (Mulai dari Rp8.000/bulan); Gold (Mulai dari Rp16.000/bulan); Platinum (Mulai dari Rp24.000/bulan). Jika pendaftaran kita sudah terverifikasi, kita perlu menunggu 30 hari untuk proteksi semua penyakit dan ada yang 180 hari untuk penyakit tertentu. Namun, jika terjadi kecelakaan, kebijakan masa tunggu ini bisa diabaikan.

Manfaat OVO Pru-Tect Care HOspital


Manfaat PRUTect Care - Hospital Cash

Selain memiliki manfaat dasar cover asuransi meninggal karena sebab apapun, PRUTect Care - Hospital Cash memiliki manfaat tambahan seperti:

  • Manfaat harian rawat inap
  • Manfaat perawatan ICU
  • Manfaat cacat total akibat kecelakaan
  • Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan
  • Manfaat meninggal dunia akibat penyakit menular

Keunggulan PRUTect Care - Hospital Cash

Kenapa harus PruTect Care ya? Beberapa poin yang saya jadikan alasan utama pemilihan asuransi ini adalah karena PRUTect Care - Hospital Cash merupakan asuransi berbasis Syariah. Apalagi bulanannya terjangkau banget mulai dari 5000-an per bulan untuk Paket Silver PRUTect Care - Hospital Cash 1 Tahun. Manfaat asuransi yang ditawarkan pun cukup banyak sesuai kebutuhan kita. Mulai dari santunan rawat inap sampai Rp 300.000 per hari selama 90 hari, manfaat meninggal dunia karena penyakit menular dan kecelakaan sampai Rp 63.000.000 dan manfaat-manfaat lainnya. Jadi kalaupun amit amit kita jatuh sakit, in sha Allah tidak terbebani juga dengan sakit psikis memikirkan biaya rumah sakit.

abc
Kemudahan pengajuan proteksi OVO Pru-Tect Care

Satu lagi poin plusnya Bund, registrasinya cepat dan mudah. Lewat aplikasi OVO saja. Bisa sambil rebahan di rumah. Untuk bulanannya bisa setor lewat OVO dan bisa otomatis debit juga. Untuk klaim juga bisa dilakukan online lewat aplikasi Pulse dari Prudential. Jadi mudah banget nih prosesnya. Saya sudah mendaftarkan diri saya juga loh, beneran cepat dan mudah. Step stepnya seperti berikut ini.

Kita tinggal masuk ke aplikasi OVO lalu cari produk proteksi dan logo Prudential. Setelah itu pilih asuransi yang ingin diambil, saya ambil yang perbulan dulu. Nanti aka nada pilihan auto debit juga jika kita pilih yang perlindungan selama setahun. Selanjutnya kita diminta mengisi data sesuai KTP kemudian lanjutkan saja prosesnya, jangan lupa masukkan pin untuk transaksi. Jika tampilan sudah seperti kolom terakhir, kita tinggal tunggu proses pengajuan kita diterima. Mudah dan cepat banget memang. Buat bunda yang masih suka overthinking, saya sarankan ambil proteksi Ovo ini Bund. Sedikit mengurangi beban pikiran kita terhadap hal-hal yang belum pasti kejadian. Semangat selalu ya Bund untuk tetap menjaga keluarga di musim pandemi seperti sekarang. Dengan Pru-Tect Care #SemuaTenangTerlindungi

 

Salam Sehat

/Aya

Kartika Nugmalia



18 comments

  1. PRUTect Care - Hospital Cash ini pilihan terbaik, ya. asuransi berbasis Syariah, kolaborasi PRU dan Ovo yg kredibel dan luar biasa.
    Apalagi, Ada 3 pilihan paket yang bisa kita pilih yakni: Silver (Mulai dari Rp8.000/bulan); Gold (Mulai dari Rp16.000/bulan); Platinum (Mulai dari Rp24.000/bulan).

    Wah, terima kasih banyak infonya... semangaatt selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiknya bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kita

      Delete
  2. Selalu salut sama Ibu yang mengurus anak berkebutuhan khusus, juaraa banget. Duh Aisha pasti bahagia terapinya ditemmani Ibu yang menyayanginya. Semoga selalu sehat dan dikuatan ya Mak,dan yang terpenting benar menyiapkan proteksi untuk hal2 yang ga diiinginkan nanti.
    Bhuaa, aku baru ngeh loh kalo ada proteksi via Ovo, makin dipermudah aja yaa jaman sekarang untuk perlindungan dengan Pru-Tect Care, Semua TenangT erlindungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, urusan asuransi nggak ribet lagi pake OVO

      Delete
  3. Subhanallah. Dirimu memang benar2 pilihan Allah. Semoga sehat selalu menjadi bunda trio kesayangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga kita semua bisa menjalani dengan happy ya mbak

      Delete
  4. Asuransi memang penting banget ya mba.. keren banget nih OVO juga menyediakan produk asuransi, jadi lebih memudahkan ya. btw, semangat membesarkan buah hati ya mba.. :)

    ReplyDelete
  5. memang perlu banget yaaa proteksi seoerti ini ya mba.. memang kita harus selalu siap sedia atas kemungkinan yang terburuk

    ReplyDelete
  6. Benar2 bunda yg tanggung buat trio kesayangan. Semoga selalu sehat. Apalagi sudah ada proteksi gini ya, jadi less worry

    ReplyDelete
  7. MashaAllah~
    Semoga kak Kartika sehat selalu yaa...dilimpahkan banyak-banyak kebahagiaan dan keberkahan.

    Benar sekali bahwa Ibu adalah sumber kehidupan di dalam keluarga.
    Jangan sampai sakit dan semangat berinvestasi dengan mudah dan nyaman bersama Pru-Tect Care.

    Love you, kak Kartika dan ananda tercinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Love you. Semoga selalu diberi kelancaran dalam hidup kita semua yaaa

      Delete
  8. Di masa kayak sekarang, proteksi ini penting banget. Tapi tentu, kita kudu milih yang bikin tenang juga. Ya kayak Pru Tech Syariah ini. Bisa menjadi andalan di saat diperlukan. Sehat-sehat selalu, ya Aisha dan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaak terimakasih mbak Nia, sehat sehat jugĂ  yaaa

      Delete
  9. Semangat ya mbaa.. bener deh ngurusin yang lagi sakit itu, bikin diri sendiri kadang kelelahan psikis. Udahlah fisik ya capek ditambah diri sendiri yang psikisnya kena, bubar… kalau ada persiapan asuransi yang ngurusin pembiayaan gini bisa berkurang satu deh masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, berkurang satu yang dipikirin jadi lebih fokus ngerawat yang sakit deh

      Delete