Peran Media Sosial Dalam Publikasi Kegiatan MPR RI

Netizen Gathering MPRRI
Source: Nasirullahsitam.com

Diskusi Santai Bersama MPR RI

Hai Sahabat Bunsho,

Senang akhirnya Bunsho kembali berkesempatan untuk mengikuti acara bersama Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Acara kali ini bertajuk MPR Netizen Gathering "Peran Media Sosial Dalam Publikasi Kegiatan MPR RI" yang diselenggarakan di Hotel Porta Ambarukmo hari Sabtu, 17 Desember 2022 yang lalu.

Setelah sekian lama vakum dalam penyelenggaraan gathering bersama netizen dikarenakan pandemi, Alhamdulillah kali ini blogger Jogja berkesempatan berdialog dengan MPR terkait geliat sosial media MPR yang diharapkan menjadi jembatan Informasi antara MPR dan masyarakat.

Acara dihadiri oleh Plt. Deputi Administrasi sekaligus Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Ibu Siti Fauziah S.E., M.M dan Plt. Kepala Biro Sumberdaya Manusia Bapak Muhammad Jaya S.IP, M.SI sebagai perwakilan MPR RI dan blogger Jogja.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan dari Kak Indah Julianti sebagai perwakilan dari blogger Jogja. Selanjutnya ada pembukaan sekaligus keynote speech oleh Ibu Siti Fauziah S.E., M.M.

Penyelenggaraan diskusi publik kali ini bertujuan untuk meminta masukan terkait peran sosial media MPR agar mampu mengoptimalkan Informasi terkait kinerja dan posisi MPR sebagai salah satu lembaga tertinggi untuk bisa bersinergi dan menjadi bagian dari masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan negara.


Sosial Media MPR RI

Sahabat Bunsho udah tau belum akun Instagram resmi MPR RI? Untuk yang belum tau, ini akun official MPR RI: @mprgoid, langsung difollow ya. Dalam kesempatan ini MPR juga meminta masukan dari perwakilan Netizen jogja yang diwakili oleh blogger untuk sharing tips agar akun MPR RI kian dikenal masyarakat serta mampu menjadi sarana interaksi lebih hangat kedepannya nanti. Bagaimanapun juga, MPR RI adalah perpanjangan tangan rakyat yang sudah seharusnya menjadi ujung tombak masyarakat dalam menyuarakan keresahan dan kegelisahan terkait banyak kebijakan negara saat ini.

Sebagai warga negara Republik Indonesia, ternyata baru saya sadari bahwa pengetahuan umum saya mengenai ilmu tata negara udah banyak yang lupa. Kurang update juga mengenai perubahan perubahan yang terjadi di pemerintahan saat ini. Lebih tepatnya setelah meninggalkan bangku sekolah jarang banget update mengenai kondisi NKRI terbaru. Nah, Saya berharap jika sosialisasi mengenai hal hal terbaru bisa saya dapatkan melalui sosial media MPR RI, begitu juga untuk para generasi muda.

Acara berlangsung santai namun tetap serius. Masing-masing blogger diminta bantuannya untuk mengevaluasi tampilan sosial media MPR RI saat ini. Beberapa usulan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mendekatkan MPR dengan netizen cukup banyak juga. Saya coba rangkum menjadi beberapa poin ya

1. Usulan untuk membuat netizen lebih "kepo" dengan meminimalisir informasi pada gambar slide 1. Penggunaan kalimat singkat akan lebih menarik minat netizen untuk swipe ke slide berikutnya.

2. Pemilihan foto yang lebih humanis, sehingga menyentuh hati dan membangun koneksi yang lebih baik dengan follower

3. Perbanyak informasi mengenai sejarah MPR (jelajah gedung, filosofi, profil tokoh cendekia Indonesia di masa lalu)

4. Usulan penggunaan maskot MPR RI

5. Usulan memperbanyak interaksi melalui LIVE IG dan reels dengan menggunakan host

6. Usulan tentang penjadwalan konten yang berbeda pada hari hari tertentu

7. Usulan pembukaan akun MPR RI versi anak muda dengan format yang lebih santai kekinian

8. Usulan untuk mengadakan talkshow dengan mengundang selebgram yang sedang hits di kalangan anak muda saat ini untuk memberikan awareness bagi generasi muda terkait peran MPR RI

Netizen Gathering

Semoga dengan masukan dari para blogger Jogja kali ini bisa memberikan output positif bagi sosial media MPR RI dan pada akhirnya fungsi sosial media untuk mendekatkan MPR RI dengan masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya. Mari kita sama sama salin mendukung agar tercipta hubungan yang harmonis dan saling support demi kemajuan NKRI. 


22 comments

  1. bagus acaranya, jadi ini pembicaraannya nggak cuma searah aja ya, karena pihak MPR RI juga meminta masukan untuk gimana supaya akun media sosialnya makin dikenal oleh masyarakat.

    saya juga belum follow official akun nya MPR RI nih.

    ReplyDelete
  2. amin smoga sarannya segera dilaksanakan dan ada perubahan ke arah yg lebih baik ya mbaa. Wakil rakyat semakin dekat dan bijak mengemban amanahnya

    ReplyDelete
  3. Ada sosial media MPR RI. Jujur gak update banget si sama lembaga-lembaga pemerintahan itu. Semoga saja dengan masukkan-masukkan di atas kontennya jadi lebih menarik dan mampu menyasar generasi saat ini sebagai penerus bangsa.

    ReplyDelete
  4. Adanya ruang terbuka seperti ini untuk bisa saling berkomunikasi membahas isu-isu yang sedang happening di masyarakat ini menurutku langkah yang baik dari MPR RI. Sehingga ke depannya, media sosial bener-bener isinya kebaikan untuk pemimpin dan masyarakat yang dipimpin pun bisa saling mendukung dalam kebaikan.

    ReplyDelete
  5. Semoga makin banyak kerjasama terbaik antara MPR dan juga blogger dalam mempromosikan dan juga mengembangkan hubungan agar bisa menjadi lebih baikk

    ReplyDelete
  6. Wah senangnya kopdar MPR kembali diadakan ya semoga Semarang kebagian roadshownya jadi bisa ikutan nambah wawasan tentang MPR, usulnya bagus-bagus ni semoga segera diterapkan ya

    ReplyDelete
  7. Molly juga ingin banget ikutan acara2 bermanfaat kayak gini. adain juga dong bu pak anggota dewan yang terhormat, acara serupa di kota palembang. :)

    ReplyDelete
  8. Sekarang apa2 emang perlu digaungkan via sosmed yaa supaya cepat nyampai dan cepat dipahami masyarakat juga. Cuma kyknya ya gtu butuh tim sosmed yang cerdas kalau utk lembaga formal pemerintahan. Skrng kyknya mulai banyak kalau liat di sosmed apalagi yang bisa mendekati masyarakat yg usianya masih muda2 :D

    ReplyDelete
  9. Usulannya menarik-menarik, Mbak. Semoga akun @mprgoid ke depannya semakin bagus, menarik, dan inklusif bagi netizen. Karena MPR kan wakilnya netizen yang notabene adalah rakyat yaa :)

    ReplyDelete
  10. Di Balikpapan event serupa berlangsung Desember 2019, beberapa bulan sebelum pandemi melanda.

    Masih terbayang keseruan event Ngobrol Bareng MPR yang dikemas apik.

    Semoga MPR bakal sowan lagi ke Balikpapan.

    Kira-kira temanya apakah akan sama ya?

    ReplyDelete
  11. Menarik sekali acaranya,dengan adanya masukan dari para blogger Jogja tentu bisa memberikan output positif bagi sosial media MPR RI
    Sehingga sosial media bisa berfungsi untuk mendekatkan MPR RI dengan masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  12. Waah seruu banget acaranya jadi tahu tentang MPR RI ya maak...pastinya banyak ilmu yang didapatkan dari acara tersebut (gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. Tentunya MPR harus bersinergi dgn kreator konten/ blogger supaya edukasi seputar value dan pilar kebangsaan bisa tersampaikan dgn baik ya

    Keren bgt ini mba

    ReplyDelete
  14. Seru ya kopdar blogger dengan MPR, terutama tentang usulannya untuk tampilan media sosial MPR. Aku ikut juga tahun 2021 kalo gak salah, ada kegiatan seseruan bersama blogger Semarang bikin konten tentang cinta NKRI

    ReplyDelete
  15. Senang, ya, mendapat kesempatan bertatap muka langsung dengan anggota dewan. Apalagi diajak berdiskusi dan memberikan masukan agar informasi tentang kerja MPR lebih diketahui masyarakat ke depannya. Setuju sih sama poin-poin di atas. BTW, saya juga baru tahu kalau MPR juga punya akun instagram. Cus ke TKP!

    ReplyDelete
  16. Wah seru nih
    Kopdar MPR ada lagi
    Semoga bisa diadakan di Surabaya juga
    Pengen bisa hadir kembali di acara kece ini

    ReplyDelete
  17. MPR memang terlihat banget keterbukaannya. Apalagi sama saran dan kritik, mereka selalu dengerin.

    Gatheringnya lumayan ramai, ya. Aku pernah kegiatan seperti ini.

    ReplyDelete
  18. Semoga masukan dari teman-teman mendapat respon positif untuk ditindaklanjuti ya mba. Klu aku sih blm pernah ikutan acara seperti ini hehe

    ReplyDelete
  19. Sama nih dengan saat MPR bertandang ke Semarang dan bincang2 dengan para blogger. Masukan untuk memperbaharui tampilan media sosialnya penting tuh agar anak muda lebih melirik akun tersebut.

    ReplyDelete
  20. Wah, jadi kangen deh kopdar sama MPR, dulu beberapa kali aku selalu ikut yang di senayan, dll. Seru banget bahas kenegaraan, masyarakat dan banyak lagi

    ReplyDelete
  21. Senengnya bisa kopdar dan nambah ilmu, eh ini juga bisa diikuti nih usulannya. Dan emang ya Mak, sekarang tuh medsos ngaruh bgt. Orang jadi banyak info, banyak tahu juga krn medsos.

    ReplyDelete
  22. Saya setuju, kalau media sosial itu sangat memungkinkan sebagai media publikasi agenda kerja MPR atau segala informasinya. Cepat menyebar dan menyebar sangat luas.

    ReplyDelete