Siapkan Performa Kendaraan untuk Arus Balik Lebaran

foto: pixabay.com


Arus balik Lebaran sebentar lagi akan dimulai. Penting sekali membawa kendaraan dalam kondisi prima. Tak mau kan tiba tiba mogok di jalan karena kendaraan kita bermasalah. Dalam postingan ini saya akan sharing sedikit tentang pentingnya perawatan rutin untuk kendaraan bermotor, agar perjalanan kita Kembali ke kota tujuan lancar dan aman.

Sebagai emak-emak yang dulunya sangat abai tenang urusan kendaraan, biasanya cuma tau pakai saja, sekarang saya udah mulai tersadar. Kalau udah kepentok akhirnya motor ngadat dan nggak bisa jalan karena hal sepele, rasanya gemes sama diri sendiri ya. Bagaimana mungkin kita membeli sesuatu tapi nggak paham dengan cara perawatannya. Berikut hal yang harus diperhatikan agar kendaraan atau motor kita selalu dalam kondisi prima dan awet dalam pemakaiannya.

1. Oli Mesin


Tanpa kita sadari, oli mesin motor yang kita pakai untuk melumasi mesin tentu memiliki masa pakai. Setelah jarak tempuh tertentu, biasanya 2500 km, oli yang berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin wajib diganti. Untuk harga perawatan oli mesin ini biasanya termasuk harga olinya sendiri (tergantung merk oli) plus harga jasa penggantian. Nggak mahal sih, tapi ini wajib banget diperhatikan secara berkala.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan


Untuk Bunda yang punya motor matic, sangat dianjurkan untuk mengganti oli gardan tiap 2 kali ganti oli mesin. Oli ini sebagai pelumas pada bagian transmisi untuk melindungi dan mengoptimalkan kinerja area CVT (continuously variable transmission). Jika telat melakukan penggantian oli gardan ini terdeteksi dengan munculnya suara kasar di area CVT karena gesekan antar komponen yang membuat logam aus.

3. Busi


Ada cerita lucu nih soal busi. Jadi kenangan banget pas awal saya dan pak suami persiapan menikah. Pas itu kami survey gedung pernikahan dengan pinjam motor bapak. Eh sampai di tengah jalan motornya ngadat. Namanya kurang paham mesin juga berkali kali starter gak bisa nyala, di dorong sambil cari penjual bensin terdekat. Habis itu karena kehabisan akal, saya telfon bapak. Kata bapak, businya kudu dibersihkan. Eh bener, setalah dibersihkan businya ternyata bisa lancar lagi jalan deh motornya. Keinget banget sampe sekarang. Ya bener juga ya, busi kan yang mengubah aliran listrik koil jadi percikan api yang bikin mesin menyala. Kalau nggak ada apinya, motor pasti sulit dinyalakan.

4. Kampas Rem


Bagian yang satu ini super penting, tapi kita (eh saya deng) sering lupa memperhatikan. Pernah juga motor saya sampai kampasnya tipis banget dan bunyi berdecit decit kalau ngerem. Bahaya banget kalau sampai lalai sama urusan kampas rem. Karena keamanan berkendara sangat dipengaruhi oleh pakem atau tidaknya rem motor kita. Sering banget kecelakaan terjadi karena gagal rem dikarenakan kampas rem sudah habis tapi tidak diganti.

Foto: Pixabay.com

5. Fiter Udara


Ruang bakar adalah bagian yang penting dalam mesin motor. Karena itu ia harus terbebas dari kotoran. Pentingnya peran filter atau saringan udara untuk menunjang performa motor karena ruang bakar yang bersih akan menghasilkan performa kendaraan yang baik. Filter terbaik menggunakan viscous paper element (bahan sejenis kertas yang dilapisi oil). Ini akan membuat tarikan motor lebih ringan, bahan bakar lebih irit dan tidak terjadi penumpukan karbon di ruang bakar.

6. Aki / Accu


Tegangan Aki harus sesuai dengan tegangan ideal baik saat kondisi mesin hidup maupun mati. Jika terdapat kebocoran atau kondisi terminal berkarat, tentu akan mempengaruhi tagangan aki. Kondisi ini harus diperiksa secara berkala. Aki motor yang lemah bisa mempengaruhi tarikan motor. Motor akan terasa lebih berat . Untuk motor injeksi yang membutuhkan aki stabil, kondiai aki lemah akan membuat mesin motor terasa berat dan berjalan lambat. Segera ganti aki jika mekanik menyarankan demikian, jangan ambil resiko berkurangnya performa motor dengan tidak mengganti aki lemah.

7. Ban.


Ban mulai gundul atau kurang tekanan (kurang angin) dalam ban tentunya sangat mempengaruhi kenyamanan bahkan keamanan dalam berkendara. Tekanan ban harus cukup agar laju motor kita optimal. Mekanik yang memeriksa kondisi ban juga akan memberikan service kepada ban motor supaya kita bisa berkendara lebih nyaman dan aman.

8. Tune up


Tune up atau pemeriksaan motor secara rutin tentu sangat penting. Pemeriksaan rutin ini untuk mengetahui bagian bagian mana pada motor yang perlu mendapat perawatan khusus maupun penggantian. Biasanya tune up rutin termasuk pemeriksaan tekanan ban, kondisi lampu, karburator, tegangan rantai, rem dan klakson.

Ada kalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada kita. Jika kita setuju, baru mekanik akan melakukan perbaikan.
abc 
Foto: Pixabay.com

Tempat Service Motor Terbaik


Memilih tempat service motor memang harus jeli. Nggak bisa pilih yang abal-abal jika kita menghandaki motor kita memiliki performa yang baik. Untuk penggunaan sehari hari saja kita pengen kendaraan tampil prima, apalagi kalau dipakai persiapan arus balik yang pastinya tantangannya lebih besar dalam perjalanan.

Saya ada rekomendasi nih, tempat service yang memiliki layanan utama service rutin 5.000 km karena menggunakan oli X-Ten yang tahan lama serta ban motor yang berkualitas. Oli ini selain tahan lama dan membuat mesin menjadi bersih, sehingga service rutinnya tidak perlu dalam waktu dekat.

Dengan tagline “service motor rasa baru” Planet Ban memberikan service lebih detil hingga ke komponen tersembunyi yang jarang diberikan tempat service yang lain. Dengan pengecekan dan penyetelan rutin dari mekanik Planet Ban, akan memberikan performa dan kenyamanan berkendara seperti menggunakan motor yang kembali baru.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?


· Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

· Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

· Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

· Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Keutamaan servis motor di Planet Ban adalah pemeriksaan yang benar benar bersih dan teliti. Di tempat service lain masih banyak debu dan kotoran di blok CVT yang membuat motor terasa lebih berat. Namun, di Planet Ban setiap part mesin akan dibersihkan dengan teliti. Termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semua akan bersih dari sisa pembakaran sehingga membuat mesin lebih enteng dan terasa baru kembali.

Efek dari performa mesin yang bersih tentunya akan jadi lebih hemat BBM ya. Selain hemat BBM, ternyata service rutin di Planet Ban yang lengkap ini sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi hanya Rp. 20.000,- service CVT plus rantai Rp. 19.500,-. Service throttle body juga hanya dikenakan biaya Rp. 20.000,-. Gimana, terjangkau banget kan?

Yang udah siap siap melenggang dengan motornya di atus balik Lebaran nanti, jangan lupa cek kelengkapan motor dan service dulu motormu di Planet Ban ya. Jangan sampai perjalanan Kembali ke rumah jadi bermasalah karena motormu ngambek gak dikasih perawatan. Hati-hati di jalan, semoga lancar sampai tujuan.

34 comments

  1. makkk aku baru tahu lho kalau di planet ban bisa service! selama ini aku kira toko ban ajahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kirain cuma toko ban loh, ternyata ada fasilitas service yang oke

      Delete
  2. Penting banget memang ya cek komponen ketika service motor. Planet Ban memang bagus banget. Pelayanannya oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini pura pura nggak tau biar suami yang urus, eh tapi sekarang udah PD kalau mau service ke Planet Ban aja

      Delete
  3. Penting banget buat dicatat tentang perawatan mesin sepeda motor ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Manda, kemana mana dipake kasian kalau nggak pernah dirawat

      Delete
  4. Aku langganan di Planet Ban udah lama mbak soalnya servisnya selain cepet juga bagusss

    ReplyDelete
  5. Otw servis ke Planet Ban, karena sebentar lagi kepake lagi buat anter jemput sekolah

    ReplyDelete
  6. Yuk, yuk! Yang mau mudik.. Siap-siap service motor ke Planet Ban, biar perjalanan lancar jayaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak seru banget mau pulang malah motor ngadat ya mak

      Delete
    2. Duh, jangan sampe ya, Aya.. Makanya sebelum mudik jangan sampe lupa diservis dulu ya motornya..

      Delete
  7. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, banyak komponen yang perlu dibersihkan dan diganti berkala mak

      Delete
  8. milih bengkel untuk service juga harus hati-hati ya mak Aya. karena kalau ga terpercaya bisa ditambah2in lo

    ReplyDelete
  9. Aku pernah cobain servis rutin d planet ban. Cepet banget, soalny cuma pke cairan khusus gt..udahannya lmyn enak tarikannya..

    ReplyDelete
  10. Aku pernah cobain servis rutin d planet ban. Cepet banget, soalny cuma pke cairan khusus gt..udahannya lmyn enak tarikannya..

    ReplyDelete
  11. Pengecekan ban, rem, aki dan busi pasti tidak boleh tertinggal apalagi dalam melakukan perjalanan panjang dan saat mudik suasana pasti beda ya

    ReplyDelete
  12. Dulu pas zaman kuliah, mudik naik motor. Sebelum berangkat biasanya tak servis dulu. Tapi kadang ada paling tak terduga biasanya adalah ban bocor. Apalagi kalau bocornya jauh dari tambal ban...repot euy.

    ReplyDelete
  13. ternyataa planet ban lengkaappp bgt ya mba.
    super sukaaa
    rekomen bgt ini ya utk service motor

    ReplyDelete
  14. Ternyata di Planet Ban bisa service motor juga.
    Kalau service di tempat terpercaya gini, perjalanan arus mudik bakal merasa lebih aman dan tentunya juga menyiapkan fisik pengemudi dengan baik.

    ReplyDelete
  15. Memang penting banget memeriksa kondisi kendaraan pribadi yang akan dipakai mudik. Pernah ngerasain banget kendaraan bermasalah. Sampai harus manggil derek. Gak pengen deh kejadian lagi

    ReplyDelete
  16. Yes, penting banget nih cek kendaraan sebelum bepergian. Aku pernah nyepelein ini, dan memilih menunda utk beli ban. Namun keputusan ini rupanya bikin ban bocor di tengah jalan. Nyesel bgd rasanya. Tapi sekarang kalau ban mulai kelihatan tipis, dahlah aku ganti, kebetulan juga di deket rumah baru saja hadir planet ban yg viral karena kualitas dr segala lini itu. Jadi urusan ban serahkan aja ke planet ban.

    ReplyDelete
  17. Serius banget
    Emang perlu service motor sebelum lebaran, atau saat arus mudik
    Jangan sampai pas di perjalanan mengalami kendala seperti motor tiba-tiba mogok lalu masih jauh akses menuju bengkel
    Hal ini juga pernah terjadi padaku sebelum besoknya lebaran gitu mbak kwkwkw
    Emang solusi banget adanya Planet Ban untuk service orderdil motor

    ReplyDelete
  18. Keren nih rekomennya kak Ika, jadi mengingatkan juga buat kita² kaum hawa biar gak hanya pintar berkendaraan aja, tetapi juga pintar menjadwalkan servis kendaraan yg digunakn

    ReplyDelete
  19. Arus balik mudik emang luar biasa ya. Sejatinya bisa balik dg waktu 5 atau 6 jam bisa jadi 2kali lipat waktu dijalan. Pripare kendaraan agar baik jalannya sangat diperlu diperhatikan. agar arus balik mudik tanpa gangguan dari performa kendaraan yg burutk

    ReplyDelete
  20. bener banget nih mba untuk mudik dan arus balik itu kendaraan kudu prima banget. saya kemarin juga sempet membawa mobil mbengkel dulu sebelum lebaran karena biar semuanya siap

    ReplyDelete
  21. Aku pernah ke planet ban buat ganti ban aja, Mbak. Belum pernah servis. Kapan-kapan aku coba deh.

    ReplyDelete
  22. aku kemarin naik kereta mudik lebaran mba, asli kalau mudik pake kendaraan tuh kudu ati2 pol Makasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  23. Servis di Planet Ban ini sudah pasti terpercaya dengan layanan yang terbaik. Kalau di rumah, yang bagian service tuh justru aku. Hehehe, mungkin karena suami uda tau banget kalau aku paling nyatet jadwal service semua kendaraan.

    ReplyDelete
  24. Duh saya tahunya naik motor aja untk perawatan atau servicenya biasa suruh suami saja yg urus, hehe. Btw lengkap y layanannya di planet ban, gak cuma jual produk buat keandaraan tapi ada juga layanan servicenya

    ReplyDelete
  25. Setuju banget aku mba penting banget kita servis ditempat yang terpercaya, saudara ku niat mudik naik motor gagal total karena servis dibengkel yg gak terpercaya alhasil motornya JD aneh

    ReplyDelete
  26. Bener banget ini. Saya pernah mudik, tapi lupa cek mesin motor, ya akibatnya mogok di jalan. Mana cari bengkel susah lagi. Makanya sekarang kalo mau jalan jauh, wajib servis motor biar aman di perjalanan.

    ReplyDelete