7 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat

Ilustrasi: istockphotos

Hai sobat Bunsho
Udah agak lama nih Bunsho tidak posting tulisan mengenai pola hidup sehat. Jadi sekarang mau sedikit sharing tentang aktivitas sehari hari Bunsho menerapkan pola hidup sehat ya. Seperti yang sobat Bunsho ketahui, saat ini saya tinggal dengan suami dan tiga anak berkebutuhan khusus no ART no nanny. Tentunya banyak sekali aktivitas yang mengharuskan saya untuk sat set sigap cermat dan tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
 
Banyak yang mengakui pekerjaan ibu rumah tangga itu sangat berat sehingga butuh tenaga ekstra dan kondisi badan prima. Nah, apa saja tips yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga demi tetap terjaganya kewarasan dan kesehatan jiwa raga kita? Berikut ini adalah pola hidup sehat a la Bunsho yang selalu Bunsho terapkan sehari-hari.

1. Investasi Alat Rumah Tangga Otomatis

ilustrasi: istockphotos

Sebagai ibu dengan banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan, tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Jika semuanya harus dikerjakan secara manual, bisa bisa kita tidak punya waktu untuk istirahat maupun berolahraga. Tiap keluarga pasti punya kebijakan tersendiri terkait hal ini ya, tapi kalau dari kesepakatan saya dan suami, mendelegasikan pekerjaan rumah kepada mesin otomatis adalah solusi terbaik. Tidak mau anti teknologi intinya sih. Banyak yang bilang hasil pekerjaan mesin tentu berbeda dengan hasil yang dikerjakan oleh manusia. Hmm, kalau ini saya kembalikan ke masing masing orang ya. Barang barang seperti mesin cuci, mesin cuci piring otomatis, blender, vacuum cleaner ataupun robot sapu otomatis amat sangat meringankan pekerjaan dan mempersingkat waktu. Hasilnya kita masih punya waktu untuk bermain bersama anak ataupun berolahraga ringan. Jiwa lebih sehat, raga juga tidak terlalu lelah.

2. Tidur yang cukup

Maraton menonton drama korea adalah hiburan para ibu rumah tangga. Saya juga pernah nih nonton drakor maraton kaya gini. Soalnya tiap seri, endingnya bikin greget dan pengen lanjut ke seri berikutnya. Nah, waktu yang biasanya kita punya adalah malam hari saat anak-anak sudah tidur dan pekerjaan sudah terselesaikan. Tapi karena penasaran dengan kelanjutan cerita, sadar sadar sudah jam 2 atau jam 3 pagi kita baru selesai. Padahal berdasar jurnal kesehatan, tidur sebaiknya sebelum jam 11 malam. Itu adalah waktu hormon melatonin bekerja dengan baik. Jika menatap layar atau dalam cahaya terang, hormon melatonin bisa kacau. Keseimbangan hormon terganggu dan bisa menyebabkan insomnia jika dilakukan dalam jangka panjang. Akibatnya kurang tidur membuat badan kita terasa lemas dan kurang tenaga.

3. Bangun Lebih Awal

Dari point 1 dan 2 akan memberikan manfaat untuk kita punya waktu istirahat yang cukup dan membuat tidur kita lebih berkualitas. Bangun pagi akan membuat badan terasa lebih segar serta kita bisa mengerjakan banyak hal dengan lebih santai tanpa terburu buru. Usahakan setelah bangun, sempatkan tubuh melakukan streching ringan. Streching rutin akan menjaga kelenturan dan kekuatan otot. Selain membuat otot tetap fleksibel, stretching juga baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sendi-sendi tubuh.

4. Olahraga Rutin

Olahraga rutin bisa juga kita lakukan di sela-sela aktivitas rumah tangga. Seperti memilih berjalan atau bersepeda ke warung sayur terdekat. Atau mengikuti olahraga ringan dari aplikasi YouTube. Latihan yang dipilih bisa diselang seling untuk olahraga kardio atau olahraga dengan beban. Banyak sekali influencer instagram yang juga memberikan contoh latihan latihan sederhana yang bisa kita ikuti. Nggak perlu nunggu punya alat selengkap di gym baru mau olahraga ya. Jika memang memungkinkan, mendaftar jadi anggota klub kebugaran juga pilihan yang baik. Jadi dalam seminggu kita selalu dapat reminder untuk terus konsisten melakukan olahraga secara rutin. 

5. Minum Air Putih

Pada tubuh manusia dewasa 50-60% terdiri dari cairan. Oleh karena itu kita harus mencukupi asupan cairan dalam bentuk air. Minum air putih yang disarankan adalah 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari. Kerasa banget kalau kurang minum air putih biasanya ada rasa sakit di kandung kemih, punggung terasa pegal, merasa cepat lelah dan kurang konsentrasi. Kurang konsumsi air putih juga bisa meningkatkan resiko stroke. 

6. Pola Makan Sehat

ilustrasi: istockphotos

Olahraga dan istirahat tentunnya harus juga diimbangi dengan asupan makanan sehat ya, bun. Membeli dan mengolah sayur sendiri sebetulnya adalah solusi paling baik untuk menerapkan pola hidup sehat. Banyak juga ide kreatif untuk mengolah makanan sehat yang bisa kita ikuti. Menurut saya, makanan sehat justru makanan yang tidak terlalu banyak proses olahannya. Makin minim olahan, makin sehat pula makanan tersebut. Jangan lupakan menu seimbang dengan mempertimbangkan porsi karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, serta buah. Makro nutrien ini akan turut menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat dan fit sehingga nyaman beraktivitas.

7. Micronutrients

Banyak dari kita yang sudah merasa aman ketika macronutrients terpenuhi. Namun yang sering kita tidak sadari bahwa tubuh juga memerlukan micronutrients yang cukup juga. Kurangnya micronutriens bisa mengakibatkan sulitnya tubuh untuk sembuh dari berbagai penyakit, daya tahan tubuh yang lemah, serta gangguan pencernaan. lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat juga bisa merupakan tanda-tanda dari kurangnya micrinutrients dalam tubuh. Jika sobat bunsho sering merasakan kesemutan, kuku rapuh, sering kram otot, bisa jadi ini adalah tanda dari kurangnya kalsium dalam tubuh.

CDR

Salah satu suplemen kalsium yang bisa sobat bunsho konsumsi adalah CDR. Suplemen kalsium ini membantu mempercepat masa pemulihan, mengatasi gangguan penyerapan makanan serta meningkatkan daya tahan tubuh. CDR bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan mengatasi kekurangan kalsium. Sejak kecil Bunsho kalau sedang masa pemulihan selalu dikasih CDR ini. Begitu juga ketika hamil dan butuh asupan kalsium. Suplemen ini juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Meskipun ini merupakan obat bebas, namun jika kondisi kita memiliki alergi, atau ada penyakit bawaan tertentu sebaiknya tetap dikonsultasikan dengan dokter ya untuk mengetahui dosis aman konsumsi suplemen ini.

Jadi demikian cara menjaga pola hidup sehat a la Bunsho yang bikin hari hari Bunsho selalu bersemangat dan aktif. Yuk bunda-bunda, jalankan pola hidup sehat selalu ya. Insha Allah ini adalah investasi masa depan yang terbaik. Ketika umur semakin bertambah, badan tetap sehat, aktif nggak banyak sakit dan masih bisa mengerjakan banyak hal secara mandiri. Jadi nenek yang bisa ikutan ngajak main cucu dan tetap bahagia. 

Salam Sehat

/Aya

24 comments

  1. Nah, sering mengeluh sama kondisi tubuh dan suasana hati yang berantakan padahal itu dampak dari kebiasaan buruk atau pola hidup yang tidak sehat. Mantep ini tipsnya bisa diterapkan, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Mak muda Nugmalia: salam kenal dari Bundayati ya usia 83 th. Arahan dan saran2 yg bunda baca di sini ada beberapa yang bunda lupakan baik sengaja maupun tak sengaja karena keasyikan mengerjaka sesuatu sehingga telat tidur dan makanan masih kurang disimplin, minum kl haus saja. Pola makan hrs bunda perhatikan lebih baik lg. Untungnya cicu2 bunda yg bontot usianya sdh 17 tahun jd gak ada ug diajak main hehwhe kecuali diajarin ngeblog. Thank u 4 sharing mak Kartika. Btw akan memperhayikan lbh baik mengenai micronutrient.

    ReplyDelete
  3. Hallo Bunsho..pas banget baca ini ketika mendinginkan badan habis gobyos senam hehehe. Sudah beberapa minggu ga senam, rasanya badan ga nyaman. Senam sendiri dengan panduan YT sdh sangat membantu untuk menyegarkan badan.15 menit doang tp keringat suda bercucuran.

    Btw, investasi alat rumah tangga emang membantu banget. Aku naksir robot penyapu. Namun, di sisi lain, aku masih mau ngajarin anak2 utk melakukan kerjaan RT sih. Jadi pending dulu deh yaa..hehehe

    ReplyDelete
  4. Setuju sih kalau investasi alat rumah tangga otomatis bikin lebih hemat waktu dan tenaga banget. Terus tidur cukup dan olahraga rutin juga penting banget buat menjaga kesehatan. Jangan lupa diimbangi dengan memenuhi suplemen kalsium dari CDR biar imun tetep oke.

    ReplyDelete
  5. Akhir-akhir ini saya kepikiran konsumsi CDR lagi. Waktu masih remaja sampai anak-anak masih kecil masih rutin konsumsi CDR. Sekarang mulai agak jarang. Kayaknya harus mulai lagi, nih.

    ReplyDelete
  6. Mba Kartika sampaikan bener banget. Aku terbantu banget dengan mesin cuci otomatis satu pintu yang ngebantu kerjaan aku dan nggak bikin ribet. Tidur cukup juga menurutku memang penting sekali Yuk sama sama jaga pola hidup sehat

    ReplyDelete
  7. Sebagai ibu pekerja, aku sepakat banget dengan poin no 1. ini tuh lebih baik diberikan atau diserahkan kepada orang lain atau digantikan alat daripada harus menghabiskan waktu buat diriku sendiri dan keluarga, seperti nyetrika baju, itu kan lama kan waktunya, hehehe

    ReplyDelete
  8. Sepakat banget mba dengan berbagai tips yang sudah dishare. Aku kalau kurang tidur terasa sekali dropnya.. plus olah raga yang kontinyu yaa

    ReplyDelete
  9. Tidur cukup, makan makanan sehat, sama olahraga, itu wajib banget sih biar kita sehat selalu. Ditambah kalau perlu minum suplemen atau vitamin biar daya tahan tubuh terjaga.

    ReplyDelete
  10. semenjak jadi ibu aku makin aware sama kesehatan, karena ngerasa banget kalo udah suka begadang dan ga olahraga badan lemes terus cepat emosi. imbasnya ke anak-anak sih mereka jadi ikutan tantrum. aku juga stok suplemen untuk jaga-jaga kalo kondisi tubuh mulai ngedrop

    ReplyDelete
  11. Makasih tipsnya. Bisa langsung praktik nih di rumah. Alat-alat elektronik otomatis, beberapa aku butuh, gak semua. Olahraga, duh ini yang kudu dimulai lagi. Kadang tuh kalau udah urus ini itu, jadi males gerak

    ReplyDelete
  12. Masalah tidur ini kadang saya yang belum bisa merasa cukup. Kadang begadang atau bangun tidur cuman berapa jam. Memang harusnya sih tidur cukup kalau pengen nerapin pola hidup sehat. Selain asupan nutrisi tentunya

    ReplyDelete
  13. aku banget nomer satu barusan beli blender baru, kipas angin sampai magic com demi efisien waktu ngurus rumah tangga, lagi capek pesan sayur matang ama tetangga, alhamdulillah bisa scroll sosmed hahah...

    ReplyDelete
  14. Tidur dan pola makanku sepertinya masih berantakan, memang sudah niat mau mengembalikan itu semua sih. Karena ngaruh banget ke badan kalau pola tidur dan makannya berantakan.

    ReplyDelete
  15. Sejujurnya, aku paling rajin konsumsi adalah CDR.
    Hihih.. selain seneng ama rasanya yang seger apalagi diminum siang hari menggunakan air dingin. MashaAllaa~

    ReplyDelete
  16. Aku dah lama nih kak gak rutin juga minum CDR padahal penting banget ya buat tambahan suplemen kayak kita gini...setuju kalo pola hidup sehat itu hrs banget

    ReplyDelete
  17. Paling susah pola makan nih, meski sudah berusaha untuk makan makanan sehat tapi masih suka makan makanan engga sehat juga...

    ReplyDelete
  18. pakai robot sapu! haha ... memang yak pekerjaan rumah tangga itu ga ada habisnya. Aku delegasikan ke luar, bagi tugas dengan anggota keluarga, itu pun masih kejar-kejaran.
    btw, aku minum CDR juga dong. Pakai air dingin jadi makin segar.

    ReplyDelete
  19. Mesin cuci piring yang saya belum punya mbak. Terus pengen punya mesin setrika otomatis juga hehehe....

    Yup menjaga kesehatan itu memang penting banget, menjaga tubuh tetap bugar sehingga semua aktivitas bisa berjalan lancar, kalau perlu emang sebaiknya konsumsi suplemen untuk tubuh kita

    ReplyDelete
  20. Duh sy mash ga nahan nih sama gorengan heuheu. Usia udah 40 ++ tapi masih doyan gorengan. Bangun lebih awal itu enak ya selain bikin bugar pikiran berasa lebih fresh

    ReplyDelete
  21. no. 6 paling menantang banget ya, huhu. Sulit mengubah kebiasaan makan karena sudah terbiasa dengan pola makan dan konsumsi makanan yang seperti sekarang (bukannya gak baik ya, hanya kurang serat dan kurang protein saja)

    Aku juga lumayan rutin nih konsumsi CDR, tinggi vitamin C, lumayan lah ya jadi penambah vitamin kalau dari asupan makanannya masih kurang :D

    ReplyDelete
  22. tips menjaga pola hidup sehatnya setuju banget aku. memulai untuk hidup sehat dan menjaga habit yang sudah terbentuk itu yang berat. pelan-pelan bisa dimulai sih, lebih sadar diri bahwa hidup sehat itu menguntungkan diri sendiri. udah mulai berasa sering pegel nih badan xD mungkin karena memang ga olahraga, menganggap pekerjaan rumah itu olahraga, padahal mah bukan :D

    ReplyDelete
  23. Duh iya nih, aku dah ga pernah olahraga lagiii. Prngen banget olahraga rutin biar badannya enakeun.. huhuhu. Mau mulai rutin olahrga lagi aaaah. Makasi sharingnya ya maaak

    ReplyDelete
  24. yang paling rutin aku lakukan Tidur yang Cukup dan Minum AIr Putih yang Banyak

    ReplyDelete