Sunday, February 24, 2019

Eksim Atopik


“Centil amat sih pake lotion segala”
Itu yang saya ucapkan pada adik saya tercinta ketika dia ketahuan memakai lotion milik ibu saya. Anak laki-laki kok centil. Sebenarnya, ini hanya karena saya sendiri nggak pernah pakai lotion seumur umur. Saya kenal deodoran aja baru setelah kuliah kayanya. Memang saya ini semacam perempuan jadi-jadian lah. Mungkin karena sepupu dan teman main saya sejak kecil kebanyakan laki-laki. Ketularan bandelnya anak laki dan mempengaruhi masalah perdandanan.

Awalnya saya nggak terlalu ambil pusing soal masalah pakai lotion ini, sampai akhirnya saya ikut kerja Praktek di daerah Jepara. Nah disini saya menghabiskan satu bulan bersama dengan teman kuliah cewek di satu kamar dan bisa dibilang 24 jam sehari sama mereka. Saya amati mereka juga bukan yang tipe centil heboh dandan gitu sih, tapi mereka pakai lotion!


Jadi diantara kami berempat yang cewek, yang gak bawa lotion itu cuma saya. Saya pakai lotion juga Cuma lotion anti nyamuk. Soalnya kami emang kerja praktek di perkebunan yang memang ladangnya nyamuk pennghisap darah merajalela.

Kesempatan momen wow berikutnya adalah ketika saya KKN. Saya dan kelima teman saya juga tinggal satu rumah sekitar 2 bulan dan (tetep) bawaan kosmetik paling dikit ya punya saya. Kebayang ya, betapa cueknya saya urusan penampilan. Masa masa itu sepertinya kulit saya nggak pernah bermasalah. Semua baik baik saja, Cuma saya memang dari dulu alergi matahari yang tetep males kalau disuruh pakai sunblock. Saya lebih suka bawa payung kalau diajak main ke pantai.

Salah satu ciri atopik, gampang alergi

Alasan saya nggak pakai lotion sebenarnya adalah karena rasa lengket dan nggak nyaman di kulit setelah kulit dioles lotion. Rasanya gerah gitu. Saya pernah coba salah satu merk lotion dan memang “enggak banget”.Fix mungkin saya salah mencoba lotion waktu itu ya. Kerasa banget di kaki lengket saat menapak. Eh bener gak sih telapak kaki bisa dikasih lotion?

Tapi sejak beberapa waktu terakhir ini, tepatnya setelah saya lahiran Aisha, saya mulai merasa ada yang gak beres dengan kulit saya. Jenis kulit saya kering dan perih plus gatal kalau dikit aja terpapar sinar matahari. Selama 3 tahun ini saya berobat, tapi obat-obatan tidak mempan menuntaskan sakit yang saya derita. Jadi nanti kulit saya ada bintil kecil, rasanya gatal luarbiasa. Kadang berair kadang tidak. Rasanya kalau nggak digaruk itu benar benar bikin tersiksa. Menggaruknya juga bisa sampai lecet. Kalau belum lecet, kaya belum hilang gatalnya.

Sampai akhirnya saya memutuskan menemui dokter kulit di Rumah sakit happyland. Bu dokter menanyakan keluhan kulit saya lalu main pegang pegang aja sambil bilang, “Ow, ini atopik mba namanya, gak berbahaya dan gak menular kok, cuma butuh treatment yang tepat aja.”
Bagai disambar geledek, saya langsung berasa mau pingsan. Selama tiga tahun penantian kesembuhan sakit yang jadi momok ini, dokter bilang tidak berbahaya dan tidak menular? Bhaiiiqqq....

Warnanya merah dan rasanya gatal

Padahal kadang saya merasa takut, kalau-kalau ini adalah jenis sakit yang parah, yang sudah menjalar hingga ke darah dan sulit disembuhkan. Kadang saya berpikir gimana kalau saya nggak ada, anak-anak sama siapa #Lebaaay. Tapi akhirnya saya menemukan jawabannya.

Eksim Atopik.

Eksim Atopik adalah kondisi dimana kulit terasa gatal luarbiasa dan berwarna merah merah pada kasus yang parah. Ini biasa disebabkan karena alergi. Diawali dengan bintik merah di pipi lama lama melebar (biasanya pada bayi disebut sebagai bekas ASI yang tidak dibersihkan). Rey ternyata juga mengalami kondisi yang sama. Pada Rey, gatal gatalnya ada di lipatan kulit. Ini kalau nggak digaruk gatal naudzubillah, kalau digaruk jadi tambah luka dan menyebar ke kulit sebelahnya. Salah satu indikasi atopik juga kalau sering bersin di pagi hari atau kucek kucek mata yang sangat gatal.

Awalnya dokter bilang ini salah satu akibat yang timbul karena turunan asma. Memang sih bapak saya punya Asma, tapi saya nggak pernah kumat sesek. Yang kumat sesek nafas sampai ngik ngik itu Shoji. Pada Rey kasusnya seperti saya. Kulitnya sensitif gampang alergi. Kulit sensitif ini dikit dikit bikin gatal kumat, terutama kalau berkeringat. Kalau  habis jemur cucian di kondisi agak panas udah langsung gatal sebadan. Jalan jalan siang pas kondisi lagi panas juga gatal. Kadang sampe berpikir semua baju ada binatangnya yang bikin gatal-gatal. Dulu jaman SMP dan SMA kalau upacara selalu cari tempat teduh, kalau panas dan keringetan dikit langsung gatal.

Dulu kalau saya ngeyel bertahan di bawah sinar matahari, besok paginya kulit saya bruntusan, lalu makin gatal, bengkak dan mengering lalu mengelupas. Kulit saya emang gak bisa item, tapi rasa gatalnya itu Masha Allah kayanya kudu minum obat penghilang rasa gatal baru deh hilang gatalnya.

Eksim atopik di tangan Rey

 Hal yang mempengaruhi eksim atopik
  • Keturunan dari orangtua
  • Lahir tidak lewat jalan lahir
  • Kurang konsumsi ASI,
  • Terlambat dikenalkan dengan makanan padat
  • Terlalu higienis sehinga sistem pertahanan tubuhnya jadi lemah

Yang perlu dilakukan kalau punya kulit atopik
  •         Ganti sabun mandi dengan sabun berpelembab. Karena atopik itu timbul karena kulit yang terlalu kering.
  •        Tidak mandi dengan air panas. Air panas akan bikin kelembaban kulit ikut menguap atau terkikis.
  •         Setelah mandi gunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit
  •         Lotion yang dipakai paling bagus yang mengandung ceramide, tidak wangi dan memperbaiki kelembaban kulit.
  •         Minum probiotic interlac


Mencoba Jadi Centil

Eh bukan deng, mencoba untuk memperbaiki kelembaban kulit. Sekarang saya usahakan mandi air dingin lebih sering (biasanya kalau mandi kepagian selalu pakai air hangat yang  cenderung terlalu panas). Mulai merutinkan pakai lotion juga (kebetulan dapat lotion dari NIVEA waktu acara beareng beberapa waktu lalu) dan Taraaa...Alhamdulillah kulitku udah berkurang banget gatal gatalnya. Tetep menghindari paparan sinar matahari dan pakai sun screen juga pastinya yaa...
 Sedikit review tentang Nivea body lotion ya. Ini ada 2 macem yang saya punya

Nivea body lotion

1.     Nivea Instant White Firming Body Serum
Mengandung SPF 33 (UVA1, UVA, UVB). Dengan Q10 dan vitamin C untuk kulit normal atau kering. Aku suka karena baunya lembut dan bisa langsung meresa di kulit. Pas dipegang gak kerasa licin atau berminyak dan emang terasa lebih halus. Kalau dari produknya ada jaminan kulit lebih cerah dalam 14 hari dengan pemakaian teratur. Ini dipakai untuk siang hari karena ada tambahan tabir suryanya. Kemasannya ada dua, 180 ml dan 70 ml. yang mungil bisa dibawa bawa saat travelling gitu. Praktis. Manfaatnya antara lain: melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari, menganding licorice untuk mencerahkan kulit, menjaga kelembaban kulit, formula ringan dan tidak lengket, mencegah kulit kering.

2.       Nivea Night White Firming Body Serum
Mengandung Q10 dan  vitamin E dan C. disarankan untuk kulit normal dan kering. Produknya gak ada tabir surya, karena memang buat pemakaian malam ya. Dari produk ada kegunaan untuk mengencangkan kulit, menjaga elastisitas kulit, mengurangi bintik hitam, dan membantu regenerasi kulit saat malam hari.

Nivea night body lotion

Saya udah coba pakai ini untuk menjaga kelembaban kulit, Alhamdulillah cocok dan gak ada masalah sekarang. Kalau ada temen-temen yang kaya saya kondisi kulitnya, bisa dicoba ya, siapa tau bermanfaat nih tips kali ini. ini juga sekaligus menumbangkan opini kalau pakai lotion itu centil hahaha. sesungguhnya for the sake of health ini wajib dilakukan, terutama untuk yang kulitnya super kering kaya saya.

Salam sehat
/Aya

30 comments:

  1. Wahhh sampe merah merah gitu ya badannya, jadi kaya alergi panas ku waktu dlu, tapi seakrang udah gak lagi

    ReplyDelete
  2. Aku juga gak suka pakai body lotion sebenernya maak.. bener rasanya pliket trus kulit jadi berat gitu. Sekarang setelah sadar kesaktian susncreen dan sunblock, pakainya ya itu aja buat muka & badan. Untung sekarang banyak bodylotion yang udah berSPF kaya Nivea ini yaa, jadi praktis.

    ReplyDelete
  3. Wah, atopik ya, sama kaya anak kedua saya... Memang keturunan alergi dari saya dan suami huhu... Saya baru tau nih tentang produk nivea yg ini...

    ReplyDelete
  4. Wah, aku jangan-jangan kena Eksim Atopik juga nih. Apalagi kalau parfum, deodoaran dan sejenisnya yg disemprotkan di tempat yg sama berulang-ulang dan setiap hari, maka akan timbul ruam kulit merah. Lalu gatal. Wadaw... baru tahu aku kalau itu disebut Eksim Atopik ;))

    ReplyDelete
  5. Saya naksir yang Nivea Night White Firming Body Serumnya soalnya kalau dibawa tidur bisa bekerja maksimal. Biasanya saya lebih cocok pakai-pakai yang serum atau night cream.

    ReplyDelete
  6. Bagus banget ya produk di atas, bisa mengatasi penyakit juga

    ReplyDelete
  7. Wah Bunda nggak terlalu peduli ya dulu sama kulitnya. Sama aku dulu juga wkwk. Jadi, ketika temen-temen pakai ini itu aku mah nggak tahu mereka pakai apaan itu wkwk

    ReplyDelete
  8. Gara-gara sering sama anak cowok jadi ikutan sama kayak anak cowok

    ReplyDelete
  9. Itu kulitnya pertanda alergi ya Bun. Kok ada merah-merahnya

    ReplyDelete
  10. Jadi, itu ya penyebab yang menyebabkan Eksim Atopik

    ReplyDelete
  11. Saya juga kadang suka muncul merah - merah gitu kalau pas pake kosmetik / lotion / sabun yang ga cocok dikulit, mungkin juga itu eksim atopik yah

    ReplyDelete
  12. Hm ... penyebabnya eksim atopik bisa ini juga ya: terlalu higienis sehinga sistem pertahanan tubuhnya jadi lemah ...

    Pernah dengar sih. Sebenarnya, apapun itu. Kalo kelewat higienisnya, malah kita bisa jadi lemah stamina dan sistem imunnya.

    BTW, istilahnya itu loh Mbak ... "menjadi centil" hihihi. Saya centilnya saat kepala 4 karena baru terasa perubahan pada kulit semakin cepat. Jadi lebih perhatian. Alasan lainnya ... biar suami juga makin sayang kaan :D

    ReplyDelete
  13. Mbaksuamiku juga kena pas sudah tuaaa..Dulu pertama nikah enggak, terus umur 30an dah sekujur tubuh gitu gatal..memang di keluarganya ada keturunan asma.
    Dan memang mwmakai lotion yang tepat akan membantu agar terasa nyaman.

    ReplyDelete
  14. Ya Allah aku jadi sedih kalo liat sikecil kena eskim begini
    semoga dengan nivea ini bisa memberikan yang tebaik buat buah hati ya Mba Nug

    ReplyDelete
  15. Hihi...kesannya centil. Padahal demi kesehatan kulit. Kasihan kan si kulit kepanasan terus. Padahal lotion itu ibarat jaketnya si kulit kan

    ReplyDelete
  16. Wah samaan kita, aku juga gitu. Cuma pencetusnya bukan udara panas sih, tapi kalau makanan tertentu dan suhu dingin, jadi ruam merah nggak asyik gitu. Kata dokter juga, ini bentuk alergi semacam turunan dr asma. Emang kudu ekstra ya perawatan kulitnya. Tp sekarang udah terbiasa sih

    ReplyDelete
  17. Eksim ini keliatannya sepele pdhl ganggu banget ya. Dulu saya cuek bgt jaga kelembaban kulit. Tp sekarang karena usia nambah n kelembaban berkurang mau ga mau harus dirawat kulitnya

    ReplyDelete
  18. Hehehe...bunda dpt nulukan "nenek lenje" krn masih suka lukuran, pake body lotion .Untungnya kulit bunda kulit badak, wkwkwk karena pake merek apa aja cocok yg penting gak lengket.

    ReplyDelete
  19. Sedih ya mbk kalo sikecil kenapa napa. Parno nggak karu karuan. Aku dulu nggak suka pake lotion, tapi makin kesini ternyata butuh lotion untuk menjaga kelembapan kulit

    ReplyDelete
  20. Kulitku kering juga mba. Dan kayaknya aku butuh hand body lotion seperti produk Nivea ini :)

    ReplyDelete
  21. jaman now segala permaasalahan gampang teratasi, apalagi informasi gampang buat dicari ya, kayak buat eksim atopik ini, dulu mah pas anakku bayi sulit nyari produk yang bisa meringankan eksim atopik

    ReplyDelete
  22. terlalu higienis juga gak baik ya, mba.
    Nivea itu memang bagus untuk melembabkan kulit. Aku salah satu yang pakai produk nivea untuk perawatan tangan dan kaki.

    ReplyDelete
  23. Aku dulu jarang banget Pake lotion tapi sekarang sudah jadi keharusan deh apalagi sering beraktivitas di luar.

    ReplyDelete
  24. Padahal perawatan kulit itu bukan cuma untuk perempuan saja ya.

    Eksim itu memang menyebalkan, kita mesti jaga kebersihan dan kelembaban kulit. Pakai Nivea body lotion emang enak, Mbak. Terasa lembut di kulit, karena saya juga pakai.

    ReplyDelete
  25. Baru tau mba kalo ini namanya eksim atopik, aku sepertinya pernah ngalamin. Eh iya samaan dong aku pakai lotion Nivea yang itu juga 😁

    ReplyDelete
  26. Wah ternyata kulit kering pun bisa jadi biang keringat dan gatal-gatal yang membandel ya. Iya aku pun dulu nggak aware dengan memakai lotion untuk kulit. Sampe sekarang nih, kadang suka lupa pakai lotion. Padahal penting ya untuk menajga kelembaban kulit, bukan karena kecentilan, haahhaaa

    ReplyDelete
  27. Menjaga kelembaban kulit itu penting juga ya untuk cowo. Krn biasanya cowo2 suka risih klo di suruh pake body lotiom. Tapi akhirnya kmrn pas di jepang suamiku mau juga mba pake body butter.

    ReplyDelete
  28. Wkwkwkwkwk. Aku ngakak di bagian mencoba centil. 🤣

    Aku juga tipe cewek yang enggak akrab debgan segambreng kosmetik. 🤣

    Kecerobohanku enggak mau pakai lotion hikin kulit cepet kwriput, Mbak. Ini lagi belajar oles-oles lotion biar tetep seger di mata suami. 😂

    ReplyDelete
  29. Aku prnah kena atopic ini, emang gatel banget pengennya digaruk terus. Ternyata bisa diatas dg lotion aja ya.

    ReplyDelete
  30. semoga bisa lekas teratasi yaaa Mba..aku kalau di Udara kering biasanya perlu lotion yang ekstra ..

    ReplyDelete